TATA CARA PENERIMAAN PAKET DI MASA PANDEMI.

Dikarenakan adanya  kasus pandemic yang semakin meningkat ,Banyak Negara yang meminta agar warganya untuk tidak keluar rumah kecuali jika ada hal yang medesak, ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kasus baru yang terjadi saat ini.

Di sisi lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja online dari makanan, pakaian, membeli peralatan rumah tangga. Dibandingkan langsung ke tokonya, dengan  berbelanja online itu merupakaj metode yang baik untuk mengurangi keluar rumah,dan lebih sedikit resiko untuk tertular penyakit.

Tetapi banyak juga masyarakat yang masih khawatir untuk menerima paket dari belanja online dari dalam negeri maupun  luar negeri , karena kita ke tidaktahuan masyarakat mengenai apa saja yang akan terjadi pada paket tersebut selama di perjalanan salah satu contohnya “sudah berpindah tangan berapa kali paket tersebut”

Menurut para ahli

-Menurut WHO, dilansir dari lamannya, menerima paket dari wilayah manapun yang terpapar virus dinilai aman. Hal itu karena orang yang terinfeksi dari barang kemungkinannya rendah. Risiko tertular virus dari paket atau benda yang telah dipindahkan dan terkena berbagai kondisi serta berbagai suhu juga rendah.

Sebuah studi dari National Institutes of Health menemukan bahwa virus corona dapat bertahan hingga 3 hari pada plastik dan baja. Sementara itu virus dapat bertahan di kertas karton selama 24 jam. Selain itu di Journal of Hospital Infection yang diterbitkan 1 Maret menemukan bahwa virus corona dapat bertahan hingga 4 hari pada kayu dan kaca.

Dilansir Business Insider (19/3/2020), tidak mungkin orang dapat terkena virus corona dari kotak kardus, karena virus itu tidak dapat hidup untuk waktu yang lama di permukaan yang keras. Penularan Covid-19 secara langsung adalah dari orang yang telah terinfeksi, dengan batuk atau bersin menjadi gampang tertular. Droplets atau tetesan tersebut juga dapat menjadi salah satu sumber penularan jika mengenai orang lain.

Meski dengan adanya beberapa bukti mengenai virus corona dapat hidup di permukaan tertentu selama berhari-hari, tidak berarti Anda akan terinfeksi lewat paket, tetapi ada baiknya untuk tetap selalu berwaspada dan  menjaga kebersihan seperti paket tersebut.

Bagaimana cara menerima paket dengan aman ?

1. Sebaiknya gunakan pembayaran melalui aplikasi di ponsel anda atau transfer ke bank maupun dengan mbanking untuk mengurangi interaksi dengan pengantar.

2.Komunikasikan kepada pengantar, agar barang ditaruh di teras atau digantung di pintu pagar. Setidaknya jaga jarak 1-2meter dengan pengantar karena dengan berinteraksi secara langsung adalah salah satu faktor utama penularan virus corona. Melalui interaksi langsung, seseorang dapat tertular virus melalui droplets (cairan batuk, bersin, dan air ludah) sangat mudah menempel pada anggota tubuh dan pakaian yang anda kenakan.

3.Pastikan untuk selalu menggunakan masker, entah  sekali pakai maupun masker kain saat keluar rumah untuk mengambil paket. Masker kain juga harus dicuci setelah dipakai agar tetap aman kebersihannya.

4.Bila memungkinkan, jangan langsung membawa masuk paket ke dalam rumah, tetapi pastikan dahulu sebelum masuk rumah paket di diamkan dibawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit, lalu disemprotkan dengan menggunakan cairan alcohol 70% atau cairan disenfektan ke paket yang diterima.

5. Untuk mengambil suatu paket yang berada di luar rumah usahakan dengan menggunakan sarung tangan, bisa dengan menggunakan sarung tangan sekali pakai berbahan plastic atau bisa juga dengan menggunakan sarung tangan  berbahan kain atau sarung tangan berbahan karet

6. Jangan menaruh / meletakkan suatu paket yang telah diterima diatas sofa atau meja dalam rumah tanpa dibersihkan dahulu dengan cara yang telah disebutkan diatas.

7. Sediakan lap kain khusus yang telah diberikan disenfektan atau alcohol 70% lagi untuk membersihkan paket yang telah diterima, jika barang dalam paket tersebut berupa botol atau hal lainnya yang bisa dicuci menggunakan sabun akan jauh lebh baik di cuci dengan menggunakan sabun.

8. Untuk paket yang berisi makanan, bisa dipindahkan ke wadah yang lain yang sudah bersih seperti kotak makan, piring atau mangkuk dengan alat makan yang sudah dibersihkan dan  khusus. Untuk penggunaan alat makan, pemakaiannya jangan digabungkan dengan orang lain, harus menggunakan alat makan sendiri-sendiri.

9. Setelah selesai membuka paket yang diterima, lalu cucilah tangan dengan air yang mengalir dan sabun agar kualitas kebersihan tetap terjaga.

10. Lalu pada tahap yang terakhir, potong atau robeklah kertas yang berisi identitas kita sebagai penerima agar tidak disalah gunakan oleh orang lain dan buanglah bungkus paket pada tempat sampah.

Dari beberapa uraian diatas, tentu kita bisa menyimpulkan beberapa  pengaruh positif jika mengikuti prosedur yang telah dijelaskan diatas dengan benar, yaitu diantaranya ;

1. Terihindar dari adanya kuman dan virus terutama virus covid-19

2. Membiasakan diri hidup bersih dan sehat

3. Melatih diri menghadapi new normal karena jika mengikuti prosedur tersebut tidak adanya ketakutan berlebihan dikarenakan masa pandemic ini.

Selain dari sisi positif adapula pengaruh yang negative yang bisa kita temui jika kita  tidak mengikuti prosedur diatas dengan benar, yaitu diantaranya;

1. Kita bisa saja terkena berbagai macam penyakit yang dikarenakan oleh kuman dan virus.

2. Menjadi contoh yang kurang baik bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar dengan menerapkan hidup tidak bersih dan tidak sehat.

3. Ketakutan berlebihan dalam diri sendiri yang akan berpengaruh pula terhadap lingkungan masyarakat sekitar.

Dari penjelasan diatas, itulah beberapa cara untuk menerima paket online secara aman yang bisa kami berikan, serta sedikit dari pengaruh positif dan negative terhadap prosedur di masa pandemi, semoga dengan adanya tips yang telah kami berikan bisa bermanfaat bagi kalian yang membeli barang secara online , dan bisa mengurangi rasa khawatir kalian disaat pandemic ini  maupun menhadapi New Normal mendatang

Selain berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan hidup ,mungkin ada beberapa pembisnis online yang ingin mengirimkan barang – barang di tengah pandemic seperti ini .

Maka dari itu kami dari Sindo shipping hadir untuk membantu kalian yang ingin membeli  atau mengirim barang antar negara, serta kalian yang memiliki bisnis online yang ingin mengirimkan barang dari luar negeri ke dalam negeri maupun dari dalam negeri ke luar negeri Pengiriman barang  eksport dan import tentunya menjadi trend bisnis jaman sekarang dan juga meningkatkan perekonomian Indonesia serta menjadi suatu kebanggan sendiri untuk melakukan eksport-import. Kami menjamin ini sangat memudahkan kalian untuk melakukan bisnis  dengan pasaran mendunia yang aman dan terpercaya. Untuk informasi detail dan kerjasama bisa menghubungi  kontak kami melalui 081296055142 atau di website resmi kami www.sindoshipping.com.