Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

Tetap Produktif Selama Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Di bulan suci yang penuh berkah ini adalah waktu yang sangatlah tepat untuk selalu produktif, perlu kita ketahui bahwa bulan Ramadhan saat ini menjadi momen yang sangat tepat agar semakin kreatif, makin inovatif, dan makin produktif. Menjalankan kegiatan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan menjadi suatu tantangan untuk umat beragama muslim di seluruh dunia. Saat menunaikan ibadah puasa kita dituntut untuk menahan rasa lapar lebih dari 12jam lamanya, selain itu seseorang yang menjalankan ibadah puasa dituntut harus selalu ingat untuk dapat menjaga kesehatan agar tidak mudah tertular virus berbahaya. Ramadhan adalah waktu untuk beribadah, berdoa dan bertobat. Selain itu, kalian bisa tetap melakukan kegiatan produktif dan mencoba selalu bersikap sabar meski banyak gangguan terutama saat waktu untuk bekerja ekstra. Ramadhan bisa menjadi bulan yang sulit untuk tetap sesuai target dengan tujuan dan hal yang harus dilakukan. Selain itu, puasa tidak diragukan lagi akan melatih kita untuk lebih bersabar. Ini adalah suatu kebajikan yang diperlukan supaya mencapai kesuksesan baik di dunia ini maupun di akhirat. Ingat, saat kalian sedang mengisi energi saat waktu sahur dan berbuka puasa sebaiknya tidak perlu makan berlebihan. Dianjurkan untuk makan dalam porsi secukupnya saja saat sahur karena makan berlebihan akan membuat kalian merasa mengantuk dan tidak bertenaga. Meskipun itu, kalian tetap dapat melalui ibadah puasa dengan hikmat, apalagi jika menerapkan berbagai tips supaya kalian tetap produktif yang akan dijelaskan di bawah ini.

Di bulan Ramadhan kalian juga dapat melakukan aktivitas menunggu jam berbuka puasa atau dengan kata lain ngabuburit, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah beribadah dari rumah saja. Walaupun hanya dapat melakukan ibadah dari rumah saja, kalian tetap dapat melakukan ibadah sholat tarawih, sholat tarawih merupakan kegiatan beribadah yang hanya dapat dilakukan saat bulan Ramadan tiba. Pahalanya tidak kalah dengan ibadah saat berpuasa. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk melaksanakan shalat tarawih selama bulan Ramadhan. Selain itu, kegiatan mengaji seperti membaca Al-quran. Saat di bulan Ramadhanhal ini sangat dianjurkan bagi kita untuk memperbanyak membaca Alquran. Biasanya membaca Al-quran akan dilakukan setelah selesai melakukan sholat tarawih. Bulan ramadan memang menjadi momen yang tepat untuk semakin sering membaca Al-quran dan mendengarkan ceramah dari media internet atau televisi berjamaah dengan keluarga tersayang yang berada di rumah.

Setelah melakukan kegiatan ibadah tersebut, jangan lupa untuk membayar Zakat karena hal tersebut merupakan salah satu dari bagian rukun islam, oleh karena itu jika kalian tidak menunaikan zakat maka akan sama nilainya seperti kita tidak menunaikan kewajiban shalat, seseorang yang tidak menunaikan shalat maka tidak bisa dianggap sebagai seorang muslim sejati. Sehingga sangatlah penting untuk kalian agar segera menunaikan zakat sebagai salah satu bagian dari kewajiban rukun islam, karena hal Ini mengingatkan bahwa membayar zakat sama pentingnya dengan mendirikan shalat. Selain itu, zakat juga memiliki peran yang berfungsi untuk mendapatkan keberkahan atas harta yang sudah dimiliki. Dengan membayar zakat maka hal tersebut tidak akan mengurangi harta yang sudah dimiliki, namun akan menambah harta yang sudah dimiliki. Dengan berzakat berarti kita telah membantu saudara di sekitar kita sehingga mereka dapat terbantu karena adanya zakat yang telah dibayarkan. Terutama pada masa pandemi corona seperti saat ini, banyak saudara di sekitar kita yang membutuhkan bantuan demi menyambung hidup, jika hanya dengan zakat saja kita tidak cukup untuk membantu mereka maka kita harus memberikan lebih sebagai sedekah yang juga memiliki banyak keutamaan sebagai hal yang sunnah. Jadi dapat diketahui bahwa hikmah dari menunaikan zakat di bulan Ramadhan memang sangatlah banyak dan sebagai seorang muslim memiliki tuntutan untuk membayar Zakat Fitrah yang bersifat wajib. Sebagai seorang muslim sebaiknya jangan lupa untuk membayar zakat sebagai kewajiban umat muslim yang beriman. Tidak memandang apapun profesi dan pekerjaannya, bila penghasilannya dalam setahun atau sebulan sudah terkena nisab, maka seorang muslim wajib membayar zakatnya sebesar 2,5%. Zakat profesi bisa dilakukan setiap bulan atau dikeluarkan setiap tahun, tetapi sahabat dermawan, alangkah baiknya jika zakat dikeluarkan setelah mendapat penghasilan atau gaji perbulan. Ayo sahabat jangan lupa menunaikan kewajiban kalian untuk membayar zakat agar hati tenang dan tentram.

Tips selanjutnya, bagi kalian para kaum wanita juga dapat melakukan berbagai macam hobi positif seperti mencoba memasak resep makanan baru untuk menu berbuka puasa, hal tersebut merupakan waktu yang tepat bagi para wanita untuk mengasah bakat dan kemampuan di dapur sambil memasak menu untuk bersahur maupun berbuka puasa. Supaya terasa lebih menyenangkan kalian kaum wanita dapat mencoba berbagai macam resep – resep masakan lezat misalnya dari menonton video tutorial di media sosial seperti youtube maupun Instagram. Kaum wanita bisa mencoba resep seperti membuat es buah praktis sebagai minuman segar untuk berbuka puasa, biasanya es buah memang menjadi menu buka puasa andalan paling praktis karena rasanya enak dan segar, es buah juga dapat melepaskan rasa dahaga saat sedang berbuka puasa. Es buah praktis ini isiannya terdiri dari berbagai macam potongan buah segar, dan dicampur dengan air susu kental manis, yang diberi perasan jeruk nipis yang akan menambahkan kesegaran bagi penikmatnya. Tidak hanya itu saja, es buah praktis ini juga menyehatkan karena di dalamnya terdapat banyak varian buah – buahan, yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika es buah praktis ini banyak disukai kalangan masyarakat untuk menu berbuka puasa di rumah. Jika kalian tertarik membuatnya, berikut ini resep es buah segar dan praktis untuk buka puasa supaya kalian bisa mencoba membuat di rumah.

Bahan yang diperlukan terdiri dari: ½ buah melon, pepaya, semangka, strawberry secukupnya, 1 sachet susu kental manis, 10 sdm air perasan jeruk, 1,5 liter air, es batu.

Berikut ini adalah resep cara membuat resep es buah praktis:

1. Potong-potong semua buah sesuai selera, boleh kotak-kotak atau bulat-bulat.

2. Rebus air di panci sampai mendidih, lalu beri perasan jeruk nipis ke dalam air rebusan tersebut.

4. campurkan susu kental manis dan aduk hingga merata, setelah itu baru masukkan semua buah ke dalamnya.

5. Koreksi atau cicipi dulu rasanya, setelah itu sajikan dengan es batu dan siap disantap.

Selanjutnya, bagi kalian kaum pria bisa mulai mencoba melakukan hobi berolahraga yang mampu meningkatkan adrenalin sebagai seorang pria sejati. Bagi kalian yang merasa pria sejati, sambil menunggu waktu berbuka kalian bisa rutin melakukan kegiatan olahraga untuk seperti sepak bola, renang, bersepeda, memanjat, dan lain sebagainya. Aktivitas olahraga tersebut dapat memberikan hasil yang positif bagi kesehatan, maupun dapat meningkatkan mood dan rasa percaya diri pria sejati. Salah satu contoh olahraga yang sedang digemari oleh pria adalah bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang sedang digemari pada tahun ini, biasanya sepeda lipat dan sejenisnya kini banyak digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia. Olahraga bersepeda dapat memberikan hiburan yang menarik terutama dalam masa pandemi, serta dinilai dapat mengusir rasa kejenuhan bagi orang – orang yang rindu berolahraga di ruang terbuka. Terdapat beberapa manfaat bersepeda sebagai olahraga bagi para kaum pria seperti meningkatkan kekuatan otot. Bersepeda merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan otot dan sendi. Bila rutin dilakukan, maka bersepeda dinilai dapat meningkatkan kinerja otot dan menjadikannya lebih kuat, terutama untuk otot betis, paha atas, dan pinggul. Kekuatan otot yang dimiliki mampu menciptakan postur tubuh atletis yang lebih baik serta dapat enurunkan berat badan. Bersepeda dinilai menjadi salah satu olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak jahat dalam tubuhmu. Olahraga satu ini dapat membuat kaum pria menjadi aktif banyak bergerak, sehingga lemak dapat terbakar dengan mudah. Bila hal tersebut dilakukan secara rutin, olahraga bersepeda diharapkan mampu menurunkan dan mengontrol berat badan sehingga kaum pria dapat memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Selain itu, ada manfaat lainnya seperti mengurangi stres. Kegiatan bersepeda umumnya dilakukan di area terbuka yang bebas dari kendaraan asap bermotor. Selain itu, jalur untuk bersepeda juga umumnya dibangun di daerah yang hijau dan asri dengan pemandangan yang indah. Oleh karena itu, bersepeda mampu mengurangi rasa cemas dan stres karena udara segar yang dinikmati serta pemandangan yang indah membuat para pria bisa lebih relaks dan tenang.

Selain itu, kaum pria juga bisa mencoba bermain alat musik seperti gitar, saxophone, piano, drum atau lainnya yang bukan sekedar untuk menyalurkan hobi saja tetapi memiliki manfaat hebat lainnya. Namun ternyata bermain alat musik tidak hanya dapat membuat suasana hati menjadi lebih bahagia, tetapi bisa juga meningkatkan kecerdasan otak. Dengan bermain atau mendengarkan musik memang menjadi kegiatan untuk melepas penat yang menyenangkan. Biasanya orang – orang yang pintar bermain musik dikenal memiliki keseimbangan otak. Misalnya saja saat kalian bermain gitar, tangan kirimu akan menekan kunci gitar sedangkan tangan kananmu akan memetik senar gitar. Kemudian, mulutmu akan bernyanyi lagu yang ingin dinyanyikan. Tentunya untuk melakukan semua ini secara bersamaan, perlu adanya keseimbangan pada otak. Musik memang dapat meningkatkan kemampuan seluruh indra manusia, contohnya saja saat kalian sedang memainkan musik piano klasik. Kedua tanganmu akan bergerak sesuai dengan irama yang ingin dimainkan, kaki menginjak pedal, mata terfokus pada not yang harus dimainkan, serta mulut akan bernyanyi. Jika seluruh indra manusia sudah terlatih dengan baik, hal ini dapat meningkatkan kemampuan daya ingat agar lebih kuat dan cepat. Selanjutnya dengan bermain musik bukan hanya berpengaruh terhadap kecerdasan saja, kegiatan menyenangkan ini pun mampu melatih kedisiplinan pada diri seseorang. Sebab untuk dapat menguasai sebuah alat musik, umumnya seseorang membutuhkan proses yang memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, dibutuhkan ketekunan dan kesabaran saat berlatih alat musik, ketekunan inilah yang akhirnya dapat melatih kedisiplinan pada diri kalian terutama kaum pria karena kebanyakan kaum wanita memiliki tipe idaman yang menyukai pria atletis dan gemar bermain musik. Percaya atau tidak, peneliti membuktikan bahwa lelaki yang memiliki hobi bermusik lebih banyak disukai oleh wanita, karena rata – rata pria yang memiliki hobi bermain alat musik selalu sukses mencuri perhatian para wanita. Apapun jenis alat musik yang dimainkan oleh pria seperti gitar, drum, piano, sampai alat musik elektronik, pria tersebut akan tetap terlihat tampil keren dan mempesona dimata wanita. Selain itu, wanita juga menganggap jika pria yang gemar dan pandai bermain alat musik itu memiliki jiwa yang romantis, seromantis petikan senar gitarnya.

Selain itu, kalian bisa melakukan tips selanjutnya yaitu membuat daftar aktivitas atau pekerjaan yang akan dilakukan untuk setiap hari, kalian harus ingat bahwa pekerjaan sama pentingnya dengan beribadah. Menjalankan keyakinan beragama tentunya memang tidak mudah, pasti akan ada banyak godaan mulai dari rasa lapar, haus, bahkan emosi yang mungkin akan teruji. Apalagi saat menjalankan ibadah berpuasa kita bisa mengalami kekurangan energi yang menyebabkan konsentrasi pikiran menjadi menurun, sehingga kalian bisa jadi sulit fokus saat berada di kantor. Maka dari itu, untuk membantu kalian tetap fokus saat berpuasa harus membuat daftar hal – hal yang perlu kalian lakukan berdasarkan prioritasnya. Contohnya jika kalian memiliki catatan jadwal rapat, usahakan rapat di pagi hari saat masih segar. Menjelang berbuka puasa, tubuh kita mulai kehabisan tenaga akibat seharian beraktivitas. Sehingga akan lebih baik lagi jika rapat tersebut dapat dilakukan secara daring melalui zoom ataupun video call agar tidak membuang tenaga apalagi jika agendanya banyak.

Tips selanjutnya adalah jangan pernah membuang ataupun menunda – nunda waktu, beribadah puasa sepanjang hari saat kerja merupakan tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang berpuasa di cuaca keadaan panas. Namun, hal ini juga sangat berfungsi sebagai cara yang bagus untuk mempelajari kebiasaan yang lebih baik. Saat kita berpuasa, tidak ada waktu untuk bermalas-malasan karena kita cenderung semakin lapar seiring berjalannya hari. Salah satu kebiasaan yang berguna adalah melakukan sesuatu tepat pada waktunya, karena menunda – nunda pekerjaan sangat tidak baik. Meskipun bulan ramadhan menjadi waktu terfavorit dalam setahun, di bulan Ramadhan ini kalian akan dituntut fokus dan melakukan pengawasan yang intens pada setiap pikiran dan tindakan yang dilakukan. Pergunakanlah waktu di bulan Ramadhan ini untuk mengingatkan diri kalian sendiri bahwa pikiran dan tubuh jauh lebih mampu daripada yang kita hargai supaya menjadi suatu renungan. Ini juga merupakan waktu untuk mengamati dengan cermat bagaimana kita bertindak dan apa yang kita katakan kepada orang – orang di sekitar kita dengan mencoba menjadi sedikit lebih baik agar upaya kecil membuahkan hasil besar.

Selanjutnya, tips terakhir yang dapat dilakukan adalah berbelanja bisa menjadi cara ngabuburit paling asyik selama bulan ramadhan. Sembari menunggu waktu berbuka puasa kalian dapat membuka situs e-commerce yang menjual berbagai macam produk import berkualitas dan segera melakukan cek out daftar keranjang belanjaan yang ingin dibeli secara mudah melalui jasa layanan jastip Sindo Shipping. Ataupun gunakanlah waktu luang untuk mengembangkan bisnis kalian dengan cara mencari peluang usaha dengan berjualan produk dari situs luar negri dengan harga terbaik. Apalagi menjelang hari raya idul fitri, pastinya banyak orang akan berburu baju baru yang wajib dilakukan. Kalian dapat menggunakan jasa Sindo Shipping agar mempermudah pembelian produk e-commerce dari luar negri, dan selanjutnya kami siap untuk mengirimkan paket pesanan kalian dengan selamat sesuai dengan alamat tujuan.