Simak Standard Operating Procedure (SOP) Mengenai Ketentuan Pengiriman Barang dan Asuransi di Sindo Shipping

Perusahaan jasa pengiriman Sindo Shipping telah memiliki rancangan (Standard Operating Procedure) SOP untuk efektifitas kerja yang optimal. Seluruh konsumen dapat memahami dan mempelajari apa saja berbagai macam (Standard Operating Procedure) SOP yang diterapkan oleh perusahaan ekspedisi terpercaya Sindo Shipping yang membuat penyusunan (Standard Operating Procedure) SOP dengan sangat baik. Pedoman tata pelaksanaan prosedur pengiriman barang serta ketentuan mengenai asuransi, akan dijelaskan secara jelas pada artikel ini sesuai dengan standar penetapan ketentuan regulasi yang berlaku. Tujuan utama artikel ini adalah memberikan beberapa informasi penting serta manfaat mengenai berbagai SOP yang berlaku di perusahaan Sindo shipping. Hal ini sangat penting diketahui karena ketentuan SOP sangat diperlukan, terutama bagi perusahaan ekspedisi pengiriman barang seperti Sindo shipping yang memiliki sistem manajemen pengiriman barang ke berbagai tempat, baik antar negara maupun antar pulau dengan pelayanan terbaik. Tim Sindo shipping selalu melakukan kontrol secara spesifik agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan setianya yang mengharapkan pengiriman paketnya dapat dilakukan secepatnya dengan proses yang tepat dan sesuai. Seluruh pelanggan setia Sindo shipping sangat mengharapkan adanya layanan jasa ekspedisi yang harganya terjangkau dengan kualitas terbaik seperti Sindo Shipping yang memiliki program terbaik bagi para pelanggan setianya. Perlu diketahui bahwa minat masyarakat dalam memerlukan jasa ekspedisi menggunakan Sindo Shipping menjadi suatu hal yang perlu dipastikan, oleh karena itu kami akan memberikan informasi penting mengenai ketentuan apa saja yang diperlukan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi konsumen yang ingin memahami berbagai ketentuan tentang asuransi maupun prosedur saat hendak mengirimkan barang menggunakan Sindo shipping.

Perlu diketahui serta dipelajari terlebih dahulu bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan seperangkat instruksi tertulis yang mendokumentasikan mengenai kegiatan rutin atau berulang yang dirancang oleh suatu organisasi. Adanya pengembangan dan penggunaan SOP ini merupakan bagian utama dari sistem mutu yang sukses, karena perusahaan Sindo Shipping ingin memberikan informasi kepada konsumen tercinta untuk melakukan pengiriman barang atau paketnya dengan benar, dan memfasilitasi konsistensi dalam kualitas dan integritas produk atau hasil akhir yang positif. Istilah SOP merinci proses kerja yang berulang secara teratur yang akan dilakukan atau diikuti dalam suatu perusahaan jasa yang berkualitas dan terpercaya, seperti halnya Sindo Shipping yang memfasilitasi kesesuaian secara konsisten dengan persyaratan sistem teknis dan kualitas dan untuk mendukung jasa pengiriman yang berkualitas dan handal terpercaya. Adapun dalam artikel ini akan menjelaskan mengenai tindakan program dasar dan tindakan teknis seperti proses analitis, proses untuk memelihara, dan menggunakan SOP agar membantu Sindo Shipping dalam mempertahankan kontrol kualitas pengiriman barang dan proses penjaminan kualitas serta memastikan kepatuhan terhadap regulasi pemerintah yang berlaku.

SOP ini dirancang dengan benar serta memiliki nilai yang baik. Selain itu, penggunaan SOP pengiriman barang dalam Sindo Shipping perlu ditinjau ulang dan ditegakkan dan dipelajari kembali dengan benar. Harapannya dengan adanya SOP ini dapat mengembangkan kinerja perusahaan Sindo Shipping sebagai jasa layanan pengiriman terpercaya dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan melalui implementasi yang konsisten dari sebuah proses maupun prosedur dalam sebuah perusahaan. SOP yang dibuat akan memberikan instruksi dan pemahaman yang terperinci, hal ini diharapkan dapat meminimalkan peluang miskomunikasi dan dapat mengatasi berbagai permasalahan lainnya. Selain itu, SOP yang tercantum dalam artikel ini ditulis dalam format yang mudah dipahami, selangkah demi selangkah, dan mudah dibaca. Informasi yang disajikan juga jelas dan tidak terlalu rumit, sehingga informasi SOP yang disampaikan dapat dijelaskan untuk menghilangkan keraguan tentang apa yang diperlukan. Berikut ini merupakan berbagai macam Standar Operasional Prosedur (SOP) pengiriman barang yang berlaku pada Sindo Shipping;

1. Melampirkan invoice asli atau packing list sesuai dengan isi paket yang akan dikirimkan ke alamat tujuan yang di tempel di luar box.
2. Wajib memberikan nomor tracking paket jika mengirimkan paket ke warehouse Singapore dengan menggunakan kurir local atau dari e-commerce.
3. Menuliskan marking code sesuai dengan ketentuan yang sudah di berikan oleh Sindoshipping.
4. Wajib memberikan foto paket yang sudah di lengkapi dengan marking code dan alamat jika langsung diantarkan ke warehouse.
5. Untuk pengiriman barang dariย e-commerceย bisa lihat di page selanjutnya.
6. Setiap barang yang di dikirimkan ke warehouse baik menggunakan kurir lokal atauself deliveryย wajib mengirimkan foto kepada tim Sindoshipping atau ke dalam grup.
7. Jika tidak memberikan no tracking dan foto paket sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan kami tidak akan bertanggung jawab jika terjadi kehilangan atau keterlambatan pengiriman. 8. Jika ingin request untuk pick up di Singapore akan di kenakan biaya tambahan sebesar 30-70 SGD. Untuk Klinik / RS akan di pick up di jam 10-2pm dan untuk Residential Place akan di pick up di jam 2-6pm.
9. Akan dibuat grup untuk mempermudah pelacakan barang dan penagihan. 10. Nama penerima paket harus sesuai dengan nama grup yang sudah di buat. Jika tidak sesuai dan tidak ada konfirmasi kepada team sindoshipping, jika terjadi sesuatu dengan paket itu di luar tanggung jawab kami.
11. Dimensi box yang digunakan maksimal 40 x 30 x 30 cm. 12. Batas pembayaran adalah 1×24 jam setelah invoice keluar dan ditagihkan melalui grup.
13. Untuk pembayaran akan di informasikan setelah paket tiba di batam sebelum dikirim Ke alamat tujuan melalui bank transfer atas nama HERU WIJAYA dalam mata uang rupiah atau SGD. 14. Estimasi pengiriman barang melalui udara adalah 7-14 hari kerja saat barang tiba di batam.
15. Estimasi pengiriman barang melalui laut adalah 1-2 bulan dengan resiko paket tidak bisa di tracking dan basah. 16. Pengiriman dari Singapore ke Batam dilakukan setiap Senin – Jumat, dan Batam Terima Paket Selasa – Sabtu
Perjalanan dari SG – Batam membutuhkan waktu 2-5 hari kerja tergantung kondisi lapangan. 17. Untuk pick up obat di klinik atau rumah sakit diwajibkan untuk melampirkan nomor Passport dan data lengkap pasien.

Selanjutnya perlu kita ketahui bahwa di jaman sekarang, jika kita perhatikan banyak sekali konsumen yang semakin menyadari akan pentingnya jaminan barang yang dikirimkan menggunakan jasa pengiriman terpercaya. Adanya sebuah jaminan tersebut tentu saja berfungsi memberikan rasa aman dan kepastian agar terhindar dari kerugian besar ketika terjadi peristiwa yang tidak dikehendaki. Maka tidak heran bahwa semakin banyak konsumen yang mencari jasa layanan pengiriman barang yang terpercaya seperti Sindo shipping yang memiliki peraturan mengenai asuransi yang sesuai dengan ketentuannya. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai tim Customer Service yang wajib menawarkan konsumen untuk memakai program asuransi untuk barang barang berharga (branded). Apabila terjadi permasalahan barang pecah belah supaya wajib menginformasikan Packing dengan memakai box kayu (Crating) dan akan dikenakan biaya tambahan tersebut.

  • Paket yang dikirim dari dan ke luar negeri harus dipacking (dikemas) seaman mungkin (proper : Bungkus Plastik / Bubble Wrab) oleh pengirim untuk melindungi paket dari kerusakan selama proses pengiriman, semua bentuk packing menjadi tanggung jawab customer, dan jika packing tersebut tidak standard akan menjadi tanggung jawab customer. Untuk barang pecah belah harus memakai box kayu, bubble wrap dengan biaya tambahannya jika kita bantu untuk packing
  • Paket kiriman Barang berharga / Mahal / Branded atau pecah belah disarankan menggunakan asuransi. ( + 15% dari Nilai Barang )
  • Asuransi hanya mengcover jika :
    • Customer melampirkan Video Boxing
    • Batam melampirkan Video barang barang yang diasuransikan.
    • Customer melampirkan Video unBoxing
    • Komplain paket rusak atau hilang harus disampaikan kepada SindoShipping dalam jangka waktu 2 hari setelah paket diterima, apabila melewati batas waktu 2 hari maka segala bentuk komplain tidak akan dilayani.
  • Apabila terjadi kehilangan paket / rusak selama dalam proses pengiriman ke Indonesia dan negara tujuan, Sindo Shipping akan bertanggung jawab.Keputusan penggantian tergantung pada pihak Sindo Shipping untuk melakukan penggantian.
  • Sindo Shipping tidak mengganti kerusakan paket yang disebabkan oleh kejadian yang bersifat force major seperti musibah atau bencana alam, banjir, kebakaran, dan sebagainya.
  • Note : โ€œ Jika tidak memakai jasa asuransi sebagai komitmen dari Sindo Shipping, customer akan mendapatkan penggantian maksimal 1,5 juta ( Keputusan penggantian tergantung pada pihak Sindo Shipping ) jika terjadi sesuatu.

Diharapkan dengan adanya aturan SOP mengenai ketentuan asuransi ini, dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan maupun konsumen dalam memahami ketentuan yang berlaku. Maka dari itu, SOP ini merupakan menjadi alat komunikasi antara pelaksana maupun pengawas, sehingga aktivitas kerja dapat menjadi jelas. Karena SOP akan menunjukkan orientasi proses suatu perusahaan dan komitmen Sindo shipping terhadap perbaikan proses, yang akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Terutama sebagai alat untuk mengkomunikasikan suatu harapan dalam kaitannya dengan standar kinerja yang mengacu pada fungsi, proses dan kegiatan yang berjalan. Maka dari itu, SOP memang sangat berguna untuk menjaga kualitas dan konsistensi pelayanan. SOP bersama dengan leadership dan budaya perusahaan akan menjadi organizational capital yang berguna mempertajam internal proses kegiatan perusahaan. Sehingga pada akhirnya, perlu diketahui sahabat shippers bahwa dengan mengikuti dan mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) akan mendapatkan manfaat antara lain:

  • Sebagai standarisasi cara yang dilakukan kinerja tim perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
  • Dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab suatu organisasi secara keseluruhan.
  • Membantu kinerja tim menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari – hari.
  • Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas dan tanggungjawab.
  • Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan secara konkrit untukmembantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  • Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
  • Menjamin konsistensi pelayanan kepada masyarakat, baik dari sisi mutu, waktu dan prosedur.
  • Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai.
  • Memberikan informasi bagi upaya peningkatan kompetensi kinerja perusahaan.
  • Memberikan informasi mengenai pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya.
  • Sebagai instrumen yang dapat melindungi dari kemungkinan tuntutan hukumkarena tuduhan melakukan penyimpangan.
  • Menghindari tumpang tindih pelaksanaan kinerja perusahaan.
  • Membantu penelusuran terhadap kesalahan – kesalahan prosedural dalammemberikan kualitas pelayanan.
  • Membantu memberikan informasi yang diperlukan dalam penyusunan standarpelayanan, sehingga sekaligus dapat memberikan informasi bagi kualitas kinerja pelayanan.

Demikian informasi penting mengenai berbagai macam ketentuan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Sindo shipping, semoga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan serta loyalitas konsumen setia kami. Karena dengan seiringnya perkembangan jaman, perusahaan Sindo shipping tentunya wajib meningkatkan kualitas pelayanannya. Kualitas pelayanan merupakan kesan utama yang diterima konsumen, hal ini juga mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga ingin selalu menggunakan jasa pengiriman Sindo shipping. Dalam segala kondisi serta situasi seperti ini Sindo shipping selalu memperoleh pelayanan maksimal, karena telah dipercaya oleh banyak pelanggan setianya. Hubungan baik ini harus dijaga oleh perusahaan Sindo shipping melalui adanya SOP yang terstruktur, untuk mempertahankan para pelanggan setianya. Sudah banyak bukti testimoni konsumen yang merasa puas dalam menikmati layanan yang diberikan oleh Sindo shipping, sehingga pelanggan setia kami selalu mendapat nilai positif dalam kualitas layanan. Artinya kualitas pelayanan yang diberikan Sindo shipping dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan karena kualitas pelayanan yang diberikan Sindo shipping berkualitas tinggi.

Percayakanlah pengiriman paket anda dengan Sindo shipping karena di era globalisasi, semakin banyak masyarakat yang membutuhkan jasa layanan pengiriman produk. Sehingga kami tim Sindo shipping siap melayani konsumen dengan sepenuh hati dan siap dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan kepuasan yang maksimal kepada konsumen, karena tujuan dari Sindo shipping adalah selalu menciptakan rasa kepuasan pada konsumen sebagai salah satu tindakan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen dengan sebaik – baiknya. Dengan adanya sistem SOP pengiriman barang dan ketentuan asuransi, kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama dalam setiap bisnis dan sindo shipping berkomitmen untuk memberikan jasa yang terbaik bagi setiap konsumen yang menggunakan jasa pengiriman kami. Sindo Shipping hadir untuk dapat membantu mempermudah proses pengiriman barang dari seluruh dunia ke Indonesia. Dengan memberikan jasa yang aman dan nyaman, kami dapat mendorong perekonomian setiap individu yang menjual barang di Indonesia dengan sistem pengiriman yang efesien. Kami dapat membantu sahabat Shippers dalam proses bea cukai barang sewaktu barang diimpor dari luar negri dan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sehingga proses yang dijalani oleh konsumen dapat menjadi lebih lancar tanpa ada masalah sampai ke alamat tujuan. Maka dari itu, pastikan kalian harus memilih jasa ekspedisi yang berkualitas agar pengirimanmu aman dan terjamin. Bagi kalian yang sedang menjalin usaha bisnis online , dan memerlukan jasa pengiriman eksport import, Sindo shipping bisa menjadi pilihan jasa yang bisa kalian coba. Selain memberikan banyak keuntungan, perusahaan sindo shipping memiliki banyak penawaran menarik bagi anda yang ingin kirim barang dengan jumlah yang besar, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi customer service kami melalui tombol whatsapp di website ini.

Happy Shipping. Dear Beloved Shippers.