PENTINGNYA PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN TEAM WORK BAGI PARA PEGAWAI SINDO SHIPPING

Sindo shipping merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang dalam jangkauan internasional. Perusahaan Sindo shipping memiliki solusi menyediakan jasa layanan pengiriman barang ke luar negeri maupun dari luar negeri ke Indonesia yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak testimoni pelanggan yang memberikan pelayanan terbaik. Agar Sindo shipping dapat memberikan pelayanan yang optimal maka perlu untuk mengintegrasikan layanannya dan menentukan keunggulan kompetitif perusahaan. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui perubahan status menjadi perusahaan terpercaya dan melakukan ekspansi bisnis franchise melalui diversifikasi dan pengembangan sumber daya manusia. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai berbagai kegiatan pelatihan yang sering dilakukan oleh tim Sindo shipping untuk membentuk karyawan dengan kinerja yang baik, tentunya perusahaan harus memberikan sebuah program pelatihan dan pengembangan bagi setiap karyawan di perusahaannya.

Menurut bantubisnismu.com, sumber daya manusia (SDM) atau team work memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Karyawan merupakan aset bagi perusahaan, karena keberhasilan perusahaan dapat diraih karena adanya karyawan yang kompeten dalam perusahaan tersebut. Dengan kualitas kinerja yang baik dari karyawan akan memberikan efek yang positif pada karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan yang mampu bersaing harus memiliki SDM yang berkualitas dan kompeten. Seperti perusahaan Sindo shipping yang sering mengadakan berbagai kegiatan pembelajaran training setiap hari Sabtu, seperti memberikan materi demi menambah pengetahuan dan keahlian yang bagus mengenai customer service experience ataupun adanya permainan edukasi (training games) bertemakan kerjasama tim. Pelatihan secara singkat ini didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan kinerja saat ini dan kinerja di masa mendatang. Hal – hal berikut ini penting untuk mengetahui konsep pelatihan bagi team work Sindo shipping, yaitu :

1) Pelatihan adalah proses secara sistematis mengubah tingkah laku para pegawai untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan berkaitan dengan keahlian dan kemampuan pegawai untuk melaksanakan pekerjaan saat ini. Pelatihan memiliki orientasi saat ini dan membantu pegawai untuk mencapai keahlian dan kemampuan tertentu agar berhasil dalam melaksanakan pekerjaannya.

2) Program training ini merupakan suatu usaha untuk memberikan kesempatan kepada pegawai untuk memperoleh pekerjaan atau bidang tugas yang sesuai dengan kemampuan, sikap dan kemampuannya. Pelatihan tersebut merupakan salah satu bentuk edukasi dengan prinsip – prinsip pembelajaran.

Selain pelatihan, faktor lain yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) atau team work yang berkualitas adalah setiap pagi saat sebelum bekerja para pegawai Sindo shipping mengadakan briefing yang bertujuan untuk berbagi informasi maupun memberikan arahan agar kegiatan bekerja dapat berjalan sesuai tujuan perusahaan.

Dalam suatu kegiatan atau acara apapun pasti ada team yang membuat suatu kegiatan atau acara agar berjalan seperti yang diharapkan oleh pembuat acara. Di suatu badan usaha maupun organisasi juga diperlukan team work, apakah pengertian dari team work. Dikutip dari wikipedia, team work atau kerja team adalah suatu kolaboratif kelompok untuk mencapai tujuan bersama atau menyelesaikan tugas dengan cara yang paling efektif dan efisien. Konsep ini terdalam kerangka tim yang lebih besar, yang merupakan sekelompok individu yang saling bergantung yang bekerja bersama menuju tujuan bersama.

Badan usaha atau organisasi mempunyai individu – individu yang mempunyai keahlian, kemampuan yang berbeda – beda tetapi semua mempunyai tujuan bersama untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan masing masing setiap badan usaha maupun organisasi adalah berbeda beda tergantung dengan misi dari badan usaha atau organisasi.

Ada pepatah “ringan dijinjing, berat dipikul” yang artinya tujuan suatu badan usaha atau organisasi menjadi tanggung jawab bersama di masing masing individu yang terlibat di dalam badan usaha maupun organisasi untuk menyelesaikan. Membentuk teamwork yang solid sangat tidak mudah diperlukan suatu proses kelanjutan yang terus dilakukan oleh badan usaha ataupun organisasi untuk memberikan training, reward and punishment.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan untuk membentuk teamwork yang dilakukan oleh Sindo shipping sebagai badan usaha yang bergerak di bidang jasa pengiriman untuk menjaga masing masing individu agar menjaga teamwork selalu solid.

1. Komunikasi antar individu di masing masing departemen

Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi teamwork, karena tanpa komunikasi yang terbangun dengan baik antar individu akan menimbulkan suatu masalah bagi badan usaha atau organisasi. di sindo shipping untuk memperlancar komunikasi antar individu dengan cara membuat grup wa, dengan begitu semua masalah bisa disampaikan dan terbaca oleh masing masing individu.

2. Briefing sebelum memulai kegiatan kerja

Setiap pagi sebelum dimulai kegiatan kerja, ada briefing yang membahas apa yang sudah dilakukan di hari sebelumnya dan apa yang akan dilakukan di hari ini, dengan adanya briefing setiap hari akan bisa diketahui apa yang menjadi kendala, pencapaian, tugas dan yang menjadi issue dengan customer bagaimana cara mengatasi.

3. Rencana kerja masing masing department

Rencana kerja dibuat dengan tujuan agar menjadi acuan bagi individu yang terlibat di dalam badan usaha atau organinasi agar alur kerja sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan masing masing kepala department. Dengan adanya rencana kerja juga untuk memantau perkembangan program yang akan dijalankan oleh masing masing departemen.

4. Training secara rutin

Setiap hari Sabtu diadakan training untuk masing masing individu dengan tujuan meningkatkan kemampuan diri agar bisa menyelesaikan suatu pekerjaan semakin cepat dan lebih baik. Training yang dilakukan secara berkala akan meningkatkan kemampuan masing masing individu di dalam badan usaha atau organisasi, karena aset dari badan usaha atau organisasi adalah individu -individu yang berkualitas.

5. Report secara berkala

Report progres suatu pekerjaan sangat penting agar masing masing individu mempunyai tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan. Dengan adanya report secara berkala bisa terpantau apa yang menjadi kendala, progress dan yang masih pending. report juga membantu manajemen badan usaha atau organisasi untuk menentukan langkah apa yang harus dijalankan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Seluruh kegiatan pengembangan karir yang dilakukan oleh Sindo shipping ditujukan untuk membantu karyawannya agar dapat menangani tanggung jawabnya saat ini maupun di masa mendatang dengan memperhatikan tugas dan kewajiban yang dihadapi sekarang. Walaupun pelatihan dapat membantu karyawan untuk mengerjakan pekerjaan mereka saat ini, keuntungan dari program pelatihan dapat diperoleh sepanjang karirnya dan dapat membantu peningkatan karirnya di masa mendatang. Dukungan pengembangan karir penting untuk membantu meningkatkan semangat para karyawan Sindo shipping. Pengembangan karir dibutuhkan sebagai dukungan kepada karyawan agar semangat di dalam menjalankan pekerjaan dengan baik. Karyawan yang mendapatkan pengembangan karir akan mampu bersikap loyal dalam bekerja kepada perusahaan.

(Kegiatan briefing yang rutin dilakukan setiap pagi)

(Pembekalan materi training customer experience team work Sindo shipping)

(Training untuk team work Sindo shipping)

(Training games team work Sindo shipping)

Adanya pelatihan atau training yang diberikan tim Sindo shipping akan bermanfaat bagi para karyawan. Dengan mengikuti sebuah training, diharapkan para karyawan Sindo shipping akan semakin bertambah pengetahuan dan kemampuannya sehingga perusahaan Sindo shipping mampu untuk berkembang dan bersaing dengan kompetitornya. Diharapkan para karyawan akan lebih kompeten untuk mencapai target dan meningkatkan laba perusahaan. Pelatihan yang diberikan merupakan proses yang akan mendidik dan melatih setiap karyawan dari segi sikap dan keterampilannya agar mampu bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Pelatihan juga harus dilakukan secara berkesinambungan agar menciptakan team work yang berkualitas dan profesional. Selain itu, ada banyak manfaat yang akan didapat karyawan maupun perusahaan dari pelatihan yang didapatkan.

Berikut ringkasan manfaat pelatihan dan pengembangan team work bagi karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Manfaat pelatihan dan pengembangan team work bagi perusahaan:

●  Perusahaan akan dapat mempersiapkan tantangan yang akan datang.

●  Perusahaan akan mampu beradaptasi dengan cepat dalam kemajuan teknologimaupun alat – alat baru.

●  Perusahaan mempu bersaing dengan pesaing – pesaingnya.

●  Perusahaan akan mampu memberikan produk atau jasa yang berkualitassehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan.

●  Perusahaan dapat mempersiapkan karyawan untuk kenaikan jabatan.

Pencapaian setiap tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi pasti membutuhkan peranan penting para team work yang mampu mengatur dan mengelola organisasi Sindo shipping dengan baik dan profesional. Hal ini dikarenakan sumber daya manusia atau team work memiliki peranan penting dalam mengembangkan dan mencapai tujuan organisasi. Setiap perubahan atau organisasi yang ingin berhasil dalam mencapai tujuannya harus dapat melakukan pengelolaan sumber daya tersebut secara baik dan profesional. Melalui team work yang berkualitas maka diharapkan dapat menjawab tantangan di masa yang akan datang.

Untuk mendapatkan team work yang berkualitas tentunya tidak bisa diperoleh dengan mudah, karena para karyawan biasanya akan bekerja secara optimal dan meningkatkan kualitas pelayanannya apabila keterampilan maupun kemauan kerja yang dipengaruhi dari kemampuan pribadi serta pengalaman dan latihan kerja yang dialami dan didukung motivasi yang tinggi. Tentunya untuk mencapai semua itu harus ada manajemen yang baik, salah satunya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Manajemen Sumber Daya Manusia dapat diartikan sebagai ilmu yang diterapkan dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia dan merupakan unsur utama perusahaan atau organisasi yang memiliki peranan yang sangat besar dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Peranan SDM ini berkembang seiring dengan perubahan serta perkembangan organisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam konteks ini SDM memegang peran penting karena sehebat dan secanggih-canggihnya teknologi yang digunakan tetapi tidak didukung oleh sumber daya manusia yang baik sebagai penggeraknya, maka proses tersebut tidak akan mampu menghasilkan output yang baik pula.

Perusahaan Sindo shipping yang terkait dengan jasa pelayanan ini harus mampu berkompetisi dengan perusahaan jasa yang lain untuk menumbuh kembangkan kualitas pelayanannya. Pelayanan yang merupakan output dari kegiatan utama perusahaan ini merupakan kunci utama untuk menarik pelanggan dalam layanan jasa pengiriman yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja perusahaan tergantung kepada kualitas pelayanan, karena banyak perusahaan dihadapkan pada kualitas pelayanan yang dituntut agar sesuai dengan standar kerja yang sudah ditentukan untuk menunjang tercapainya tujuan dan sasaran secara efektif dan efisien. Keadaan ini tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan, tidak terkecuali di perusahaan Sindo shipping karena setiap minggunya diadakan pelatihan berupa training pengembangan diri yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi. Disisi lain, motivasi kerja merupakan faktor dalam mencapai produktivitas yang tinggi yang pada akhirnya akan memberikan dampak terhadap perusahaan. Sehubungan dengan itu, melalui adanya pelatihan pengembangan kinerja karyawan setidaknya akan mendorong semangat para pekerja agar mereka mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan keterampilan untuk mewujudkan tujuan kinerja perusahaan Sindo shipping.

Kemunculan berbagai macam bisnis jasa pengiriman barang menuntut perusahaan untuk semakin profesional dalam menjalankan usahanya. Jika karyawan telah dilatih dan memiliki motivasi tinggi dalam pekerjaannya maka mereka akan memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam usahanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Tentunya memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk mempersiapkan tanggung jawab mereka dimasa yang akan datang.

Sindo Shipping berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masing masing individu yang terlibat didalamnya agar maju secara pribadi ataupun secara organisasi, dengan motto “team works make the dreamworks” maka dengan adanya team work yang solid akan membuat tujuan perusahaan lebih mudah. Jangan ragu untuk mempercayakan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia melalui Sindo shipping karena dengan pengalaman dan dan team work yang solid akan memberikan service terbaik untuk membantu pengiriman dari luar negeri ke Indonesia. Ayo segera gunakan layanan jasa pengiriman barang menggunakan Sindo Shipping yang hadir menyediakan solusi terpercaya terutama bagi anda yang membutuhkan layanan mengirimkan paket terpercaya ke berbagai wilayah dalam jangkauan Internasional. Anda dapat mudah berbelanja maupun mengirim barang yang dipesan menggunakan layanan Sindo Shipping, dan jangan lupa kami menyediakan potongan harga diskon spesial sebesar 20% yang tersedia bagi anda pengguna baru kami. Tunggu apalagi bagi kalian yang tertarik dan membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat follow instagram kami @sindoshipping atau bisa menghubungi layanan nomor whatsapp (081296055142 / 082145058370) yang tersedia di website kami. Jangan lupa, selalu terus ikuti informasi artikel terbaru kami di website resmi http://www.sindoshipping.com.

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 😉

(Naskah : Ari tim CRM Sindo Shipping & Anastasia Velista tim Marketing Digital Sindo Shipping )