Staying ahead of the COVID-19 situation

Ingin Memulai Bisnis Jasa Ekspedisi? Pahami Tips dan Triknya Bersama Sindo Shipping!

Jasa ekspedisi adalah pengiriman barang atau pengangkutan barang. Ekspedisi pengiriman barang kini sering kita temui di Indonesia karena banyaknya orang yang sekarang melakukan transaksi via online ataupun transaksi di kota maupun negara tertentu. Pengiriman barang dari suatu kota atau negara lain akan terasa lebih mudah dengan adanya jasa ekspedisi. Hal ini menjadi poin penting bagi perkembangan pasar, sebab jasa ekspedisi menjalankan tugasnya yakni melakukan pengiriman barang secara cepat dan dapat diandalkan. Bagi anda yang tertarik dan penasaran mengenai peluang bisnis jasa ekspedisi, artikel ini sangatlah cocok bagi anda yang ingin memulai bisnis jasa ekspedisi. Yuk kita pahami tips dan triknya dari ulasan berikut ini! Selamat membaca semoga artikelnya inspiratif dan anda menyukai artikel kami.

Memulai peluang dalam jasa ekspedisi pun mulai gencar dilakukan oleh banyak orang. Bisnis jasa kirim barang ini terbilang penting dalam bidang bisnis online. Akan tetapi jika anda tertarik untuk mencoba memulai peluang usaha jasa ekspedisi, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelumnya. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

  1. Tentukan Jenis Layanan

Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis layanan yang akan diberikan nantinya. Bisnis jasa pengiriman barang dapat dikarakterisasi oleh lokasi yang mereka layani atau kecepatan pengiriman barang, material atau paket. Berikut jenis bisnis kurir yang mungkin anda pertimbangkan ketika memikirkan cara memulai layanan pengiriman :

Layanan Lokal

Jenis perusahaan ini berfokus pada kota atau lokasi tertentu. Dengan hanya memilih satu area atau wilayah, kurir bisnis dapat memberikan layanan yang cepat dan andal kepada pelanggan lokal.


Pengiriman Berdasarkan Waktu

Menggunakan opsi pengiriman cepat atau hari berikutnya dapat membantu anda menarik pelanggan yang memiliki urgensi yang lebih tinggi. Barang seperti dokumen legal sering kali membutuhkan transportasi cepat.


Pengiriman Internasional

Pengiriman komersial internasional bergantung pada persyaratan pengiriman, perjalanan pesawat, dan bea cukai internasional.

2. Pastikan Anda Memiliki Transportasi

Memiliki kendaraan sendiri tentunya hal yang harus dilakukan jika ingin memulai bisnis jasa ekspedisi. Karena pastinya membutuhkan alat transportasi untuk menjemput ataupun mengirimkan barang. Tak hanya itu saja anda juga harus memastikan wilayah pelayanan dan seberapa luas operasional jangkauan dari jasa ekspedisi yang akan dipilih nantinya.

3. Pilih Asuransi yang Aman

Untuk membantu mengurangi potensi masalah, anda harus memilih perlindungan asuransi terbaik untuk jenis layanan kurir yang anda tawarkan. Dengan mendapatkan pertanggungan asuransi yang tepat, anda tidak hanya melindungi aset bisnis anda, tetapi juga dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan jika terjadi kecelakaan. Penting untuk diingat bahwa anda bertanggung jawab atas barang yang anda janjikan untuk dikirimkan.

4. Tetapkan Stuktur Harga

Anda harus tau berapa tarif rata – rata dari layanan kurir di wilayah anda. Dalam menetapkan tarif pertimbangkan biaya operasi dan premi asuransi hingga biaya pengiriman. Setelah anda memiliki struktur harga yang pasti, tunjukkan kepada pelanggan dengan cara transparan dan jelas.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tentunya yang terpenting jika ingin memulai peluang usaha jasa ekspedisi kamu harus memberikan pelayanan terbaik untuk para calon pelanggan nantinya. Usahakan untuk selalu mengantar dan mengirim tepat waktu sesuai dengan alamat yang dituju dan meminimalisir terjadinya kerusakan dan barang yang hilang.Pelayanan yang baik juga dapat menghasilkan lebih banyak referensi dan koneksi bisnis seiring pertumbuhan perusahaan anda. Jika pelanggan puas, mereka lebih cenderung untuk merujuk orang lain baik secara online atau melalui mulu ke mulut.

6. Lakukan Strategi Pemasaran dan Periklanan

Periklanan dan pemasaran yang terampil dapat membawa bisnis kecil anda ke tingkat berikutnya, terutama pada tahap awal. Untuk menyempurnakan pesan dari perusahaan anda perlu menggunakan platform media social, iklan cetak, inbound marketing (blog, situs web, dll) program insentif dan referral bergantung pada target pasar dalam bisnis anda.

Menjadi wirausahawan tidak hanya selangkah lebih maju dalam kehidupan professional anda, tetapi juga menawarkan peluang signifikan untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadi. Diatas adalah beberapa cara sebelum anda memulai jasa ekspedisi, akan tetapi teruslah membayangkan kemungkinan masa depan untuk perusahaan dan cara – cara yang tepat agar bisnis dapat berkembang.

Banyaknya marketplace dan online shop yang ada tentu membuat persaingan yang ketat di dunia jasa pengiriman. Salah satunya yang bisa kamu pilih adalah menggunakan Sindo Shipping tentu akan memudahkan anda dalam melakukan pengiriman barang. Sindo Shipping menghadirkan peluang usaha jasa ekspedisi yang menjanjikan, dengan modal yang sangat minim yaitu dengan Rp 6.000.000 anda sudah mendapatkan bisnis ekspedisi sendiri. Tunggu apalagi, segera bergabung menjadi Mitra Sindo Shipping sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut hubungi layanan kami di 081296055142, mengenai promo segera cek official Instagram kami di @sindoshipping.

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Baskoro Tim CRM Sindo Shipping)