Cegah COVID-19 dengan 4 Sehat 5 Sempurna Ala Sindo Shipping

Setelah penyakit mulai menyerang, terkadang kita baru sadar kalau ada yang salah dengan gaya hidup. Salah satu yang paling berpengaruh adalah pola makan. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Pengaturan pola makan yang sehat dan seimbang perlu diimbangi dengan olahraga dan istirahat cukup. Melalui pengaturan pola makan yang baik, perkembangan penyakit dapat dicegah. Berdasarkan hal tersebut, pembahasan dalam artikel ini dibuat agar banyak masyarakat mengenal lebih jauh mengenai pentingnya pola makan sehat dan seimbang bagi kelangsungan hidup baik manfaatnya. Selamat menyimak artikel dari kami, semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi bagi anda.

Dikutip dari (baixardoc.com), makanan adalah suatu hal pokok bagi manusia untuk dapat melanjutkan hidup. Makanan yang kita makan adalah berasal dari bahan pangan yang terlebih dahulu mentah, kemudian diolah dengan cara dimasak agar makanan tersebut dapat mudah dicerna oleh tubuh dan mudah dimakan. Adapun bahan pangan yang dapat dimakan dalam keadaan mentah tanpa dimasak, sedangkan susu adalah sesuatu penyeimbang bagi tubuh manusia yang kita dapat dari hewan peliharaan seperti sapi dengan cara diperas dan diolah. Makanan yang kita makan tidak hanya dimakan begitu saja melainkan mempunyai manfaat besar bagi tubuh kita agar tubuh tetap sehat karena pada makanan tersebut terdapat berbagai zat yang berguna bagi tubuh. Makanan tersebut tidak hanya berdiri sendiri melainkan saling ketergantungan dengan yang lain agar makanan yang dimakan berguna, makanan tersebut adalah empat sehat lima sempurna.

Makanan yang dikatakan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Paling tidak, dalam sehari kita perlu memperhatikan makanan yang mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna itu. Contoh makanannya bisa seperti nasi, sayuran, daging/ikan, buah – buahan, dan kalau perlu ditambahkan dengan susu. Pengertian makanan 4 Sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang lengkap dan mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Masing – masing zat gizi ini terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda. Karena itu menu makanan harus beraneka ragam. Agar kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh terpenuhi. Makanan Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa 4 sehat 5 sempurna dimakan orang setiap hari, yaitu:

1. Makanan Pokok

Makanan pokok adalah makanan utama yang banyak mengandung karbohidrat. karbohidrat sendiri berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Makanan pokok di setiap daerah berbeda – beda. Orang barat memilih gandum sebagai makanan pokoknya, sedangkan orang asia dan oriental memilih nasi. Di beberapa tempat di Indonesia adalah yang memilih jagung atau sagu sebagai makanan pokoknya. Karena jenis makanan pokok yang telah disebutkan tadi merupakan salah satu sumber karbohidrat. Contohnya makanan pokok antara lain adalah: nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi – umbian lainnya.

2. Lauk-Pauk

Lauk pauk identik sebagai makanan sumber protein. Protein yang ada pada lauk pauk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain – lain.

3. Sayur-Mayur

Sayur mayur merupakan salah satu makanan sumber vitamin dan mineral. Sayur – sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh. Contoh: Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.

4. Buah

Buah serupa dengan sayur mayur, yaitu merupakan makanan sumber vitamin dan mineral. Buah – buahan pada makanan juga memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, pepaya, pisang, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

5. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan sumber protein, mineral dan asam lemak essensial. Susu dan produk olahannya seperti keju, mentega, yogurt, dll mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Susu berfungsi sebagai makanan pelengkap pada menu empat sehat 5 sempurna. Karena hanya sebagai pelengkap maka tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Tapi kebanyakan di sarankan di konsumsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh terutama pada anak – anak yang masih dalam taraf tumbuh kembang. Susu biasanya di minum saat sarapan ataupun sebelum tidur.

Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi dalam Tubuh

Pada masa pandemi COVID-19 kita harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang merupakan kekuatan pertahanan tubuh melawan bakteri, virus dan organisme penyebab penyakit yang mungkin kita sentuh ataupun konsumsi dan hidup setiap hari. Untuk mencegah penyebaran virus ini harus dibarengi sistem imun yang kuat, tentunya dengan meningkatkan pola hidup dengan makanan dengan gizi seimbang.

Pola makan sebagai salah satu indikator gaya hidup, memiliki pengaruh terhadap sistem imun seseorang. Pola makan sehat, yaitu tinggi serat dan rendah lemak, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Pola makanan yang sehat dan kaya akan serat, protein, dan asupan gizi seimbang sangat perlu diterapkan tengah pandemi COVID-19, sekaligus untuk mendukung pemerintah mengurangi penyebaran COVID-19. Zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Selain itu, zat gizi mikro juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit dengan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Selain menjaga pola makan sehat bergizi dan seimbang, jangan lupa ajak teman maupun keluargamu untuk hidup sehat. Praktikkan juga cara mencegah penularan virus COVID-19 yakni dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan tetap tinggal di rumah. Bila terpaksa harus ke luar rumah karena ada kepentingan mendesak, selalu gunakan masker dan jaga jarak aman dengan orang sekitar minimal dua meter.

Pola makan yang sehat merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin dan mineral. Dengan menjaga pola makan sehat bergizi dan seimbang sangat penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh yang kuat agar tidak tertular virus COVID-19. Jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan kesehatan bersama Sindo shipping, karena anda bisa kirim suplemen vitamin dan obat dari luar negeri menggunakan jasa kami. Selain melengkapi gizi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin, anda juga harus rajin berolahraga supaya badan selalu sehat. Jika anda ingin membeli dan mengirim alat olahraga dari luar negeri, anda bisa gunakan Sindo shipping yang terpercaya dan terjamin aman.

Jika, anda membutuhkan vitamin atau suplemen dari luar negeri via online. Kalian bisa menggunakan jasa Sindo shipping baik itu dengan Jastip ataupun order ke store website-nya langsung via online, dimana Sindo shipping dapat membantu kalian sebagai jasa pengirimannya. Percayakan pengiriman suplemen atau vitamin kalian dari luar negeri ke Indonesia dengan menggunakan jasa Sindo shipping. Untuk informasi lebih lanjut, kalian dapat menghubungi web kami ini, atau bisa hubungi +6281296055142 /+6282145058370. Tetap ikuti informasi artikel lainnya di website ini dan promo dari kami di Instagram @SINDOSHIPPING.

Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat dan tidak lupa kami ingin mengingatkan kalian harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai Covid-19 ini dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Stay Healthy and Keep Shipping with Sindoshipping!!

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Veliz Tim Marketing Digital Sindo Shipping)