Kirim Spare Part Sepeda Dari Luar Negeri masih diminati Pelanggan Sindo Shipping Karena Kualitas & Kuantitas Terbaik

Sobat shippers, kali ini kami akan memberikan info mengenai tren penjualan spare part sepeda yang meningkat sekitar 2 kali lipat. Penjualan sepeda di Indonesia mencapai 6 juta unit per tahun. Dengan potensi sebesar itu, untuk urusan spare part atau komponen, ternyata Indonesia belum mampu memproduksinya sendiri. Selama ini, masyarakat Indonesia otomatis menggunakan sparepart dari impor.

Dikutip dari beberapa sumber website, diketahui bahwa sejumlah pabrikan besar seperti Polygon, United, Pacific belum memiliki pabrik yang khusus membuat spare part secara dominan. Memang ada yang diproduksi, namun masih sangat sedikit. Alhasil demi memenuhi sebagian besar spare part, Indonesia masih harus tetap mengimpor produknya.

“Sepeda sebagian besar impor komponennya, yang bisa dari produk lokal ban dan frame. Yang lainnya masih impor,” kata Ketua Forum Industri dan Pengusaha Sepeda Indonesia (FIPSINDO) Eko Wibowo  Kedua komponen itu memang menjadi bagian utama dari sebuah sepeda. Namun, untuk komponen yang tergolong berukuran kecil, pabrikan belum berani untuk memproduksinya. Pasalnya, ketika industri sepeda belum bergeliat seperti saat ini, permintaan spare part masih sangat minim. Alhasil, belum ada yang berani memproduksi spare part secara keseluruhan. Padahal, masyarakat masih membutuhkan banyak komponen sepeda lain, mulai dari crank arm, handlebar hingga lever handle break control. Beragam komponen itu terus menjadi kebutuhan.

Saat ini Tren bersepeda populer kembali, Hal itu terbukti dari banyaknya orang – orang yang menghabiskan waktu akhir pekan atau saat luang untuk bersepeda bersama teman atau komunitasnya. Tren tersebut tentu membuat pencarian serta pembelian sepeda secara offline maupun online menjadi meningkat secara tajam. Berbagai jenis sepeda seperti sepeda lipat, touring, roadbike dan lain sebagainya laris diburu oleh orang – orang yang gemar olahraga bersepeda. Tidak hanya itu, bahkan beberapa orang juga ada yang membeli bagian – bagian atau sparepart sepeda secara terpisah. Saat ini banyak sekali toko baik offline maupun online yang juga menjual sparepart sepeda. Toko – toko tersebut ada yang menjual sparepart sepeda lokal maupun sparepart sepeda impor.

Namun, sebelum membeli sparepart sepeda kita sebaiknya mengetahui tentang apa saja bagian – bagian tersebut dan bagaimana cara atau tips memilihnya. Berikut akan dibahas sedikit mengenai hal tersebut.

Beberapa Bagian Sepeda

1.      Rangka

Ini merupakan bagian utama sepeda serta tempat dipasangkan berbagai komponen yang lain. Kita harus mengenal karakteristik rangka karena saat memilihnya perlu yang sesuai dengan postur serta kenyamanan ketika bersepeda. Rangka sendiri ada beberapa jenis yaitu aluminium, baja, serta serat karbon.

2.      Dudukan Sadel serta Sadel

Dudukan sadel akan menjadi tempat untuk sadel. Material yang dipakai cukup beragam, namun yang terpenting adalah dudukan sesuai dengan lubang di rangka sepeda. Sementara untuk sadel ada beragam ukuran dan bentuk. Pemilihan dari sadel biasanya tergantung dari selera orang masing – masing.

3.      Headset

Bagian atau part ini terdiri dari bearings, cups dan races. Bagian – bagian ini menghubungkan antara jari – jari dengan rangka. Headset ini pertama akan dipasangkan pada rangka dengan cara memasukkan headtube terlebih dahulu. Kemudian cups dimasukkan ke headtube serta bearing dimasukkan pada cups.

4.      Fork

Bentuk dari fork seperti garpu yang digunakan pada penjual siomay, fork mempunyai fungsi untuk menyambungkan rangka dengan roda depan. Ada beberapa tipe dari fork ini yang mana disesuaikan dengan tipe dari sepeda. Saat anda memilih fork, anda harus sesuaikan dengan tipe rangka.

5.      Stem dan Setang

Bagian – bagian ini diperlukan untuk menjadi kendali sepeda. Kompatibilitas dan ukuran stem serta setang sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu karena lubang stem dengan diameter setang harus sesuai, tidak boleh terlalu longgar maupun terlalu sempit. Selain itu, pemilihan setang pun perlu untuk mempertimbangkan mengenai shifter gigi dan tuas rem supaya proporsi seimbang.

6.      Rem

Ini merupakan bagian yang paling penting pada setiap jenis sepeda, hal itu karena fungsi keamanannya. Ada tiga jenis rem yaitu disc brakes, hub brakes, dan rim brakes.

7.      Roda dan Ban

Pemilihan ban tergantung sekali dengan tipe sepeda yang diinginkan. Tidak hanya itu, kita harus mengetahui sepeda akan digunakan untuk ke mana serta seberapa sering. Kita harus mempertimbangkan hal tersebut ketika akan membeli set ban sepeda.

8.      Crankset dan Bracket

Bagian – bagian ini mempunyai fungsi untuk menjadi penggerak utama sepeda. Bracket letaknya pada bagian belakang sepeda, sementara crankset berada di tengah – tengah rangka dan tempat dari pedal berada. Umumnya bagian – bagian ini mempunyai berbagai macam ukuran yang mana nantinya menentukan seberapa ringan sepeda digowes.

Itulah beberapa bagian atau part sepeda. Setelah mengetahui tentang hal tersebut, untuk selanjutnya ketahui tentang cara atau tips memilih sparepart sepeda impor. Tidak perlu bingung  bagi anda yang ingin membeli Spare Part Sepeda secara Import, segera kirim dan hubungi saja Sindo shipping. Kami bantu mulai dari memesan hingga pengiriman ke rumah. Selain itu kita juga harus pandai memilih jasa pengiriman, sebisa mungkin pilih jasa yang mampu mengirimkan barang dalam waktu yang cepat, dan terjamin keamanannya. Hal lain yang juga sangat penting diperhatikan saat hendak menggunakan jasa import adalah garansi pengiriman. Sindo Shipping merupakan solusinya, berpengalaman sejak tahun 2014 dan telah banyak membantu konsumen dalam proses pengiriman barang ke luar negeri maupun dalam negeri.

Tunggu apalagi segera coba experience menarik dengan Sindo Shipping, tidak perlu ragu atau bingung jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami. Segera hubungi customer service kami di nomor +6281296055142 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Tim Franchise Sindo Shipping)