Simak Tips Dari Sindo Shipping Untuk Menjaga Kesehatan agar terhindar kolesterol dengan Blackmores

Sobat shippers kali ini kami akan bahas kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel – sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Akibatnya, banyak orang tidak sadar memiliki kadar kolesterol tinggi, sampai muncul komplikasi serius seperti penyakit jantung atau stroke. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan tes darah untuk mengetahui normal atau tingginya kolesterol. Untuk orang dewasa, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol tiap 4 – 6 tahun sekali, mulai usia 20 tahun. Walaupun jarang, kolesterol tinggi dapat terjadi pada anak – anak. Pemeriksaan kolesterol pada anak – anak disarankan dilakukan saat mereka berusia 9 – 11 tahun, dan diulangi pada saat berusia 17 – 21. Pada anak – anak dari keluarga penderita diabetes dan kolesterol tinggi, pemeriksaan kolesterol disarankan pada saat anak berusia 2 – 8 tahun dan diulangi pada usia 12 – 16 tahun.

Pada banyak kasus, kolesterol tinggi sering tidak menunjukkan gejala khusus sampai timbul komplikasi, seperti penyakit jantung atau stroke. Meski tak memiliki gejala khas, tapi beberapa kondisi ini patut diwaspadai sebagai tanda kolesterol tinggi:

Mudah lelah

Melansir Buku Mengenali Keluhan Anda: Info Kesehatan Umum untuk Pasien (2013) oleh Dr. Ayustawati, PhD, gejala kolesterol tinggi tidak spesifik. Tapi, biasanya beberapa kondisi seperti rasa cepat lelah bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Hal itu terjadi sebagai dampak dari munculnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.

Suka mengantuk

Sering mengantuk bisa menjadi salah satu dampak tidak langsung dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Suka mengantuk dikaitkan dengan asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang. Dengan ini, keluhan sering mengantuk dan mudah lelah pun dapat terjadi.

Nyeri kaki

Nyeri kaki juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi lainnya. Serupa dengan asal usul rasa lelah akibat kolesterol tinggi, penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah di kaki, dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian kaki.

Tengkuk terasa pegal-pegal

Melansir Buku Ramuan Herbal Penurun Kolesterol (2008) oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, meski bisa disebabkan oleh banyak hal, tengkuk terasa pegal – pegal pada kenyatannya bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Kondisi ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak akibat kolesterol tinggi tersebut dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

Nyeri dada

Penumpukan plak akibat kadar kolesterol tinggi juga bisa terjadi pada pembuluh darah jantung. Jika hal tersebut terjadi, pengidap kolesterol tinggi bisa mengalami gejala nyeri dada. Kondisi inilah yang menjadi awal mula terjadinya penyakit jantung atau serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi.

Terjadi xanthomata

Kolesterol tinggi dapat ditandai dengan xanthomata (penumpukan kolesterol) yang terlihat dalam jaringan tubuh, terutama dalam kulit dan urat. Xanthomata bisa merupakan pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan.

Terjadi xanthelasma

Kolesterol tinggi dalam darah juga dapat ditandai dengan xantgelasma, yakni bercak – bercak kuning di bawah kelopak mata.

Muncul gumpalan di urat

Bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik, penumpukan kolesterol kadang terlihat di kulit seperti gumpalan separuh biji kacang yang bisa dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari. Oleh karena tidak memiliki gejala yang spesifik dan bahkan bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali, tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui secara apasti apakah kadar kolesterol dalam darah normal atau tidak. Minta dokter untuk memberi tes kolesterol setelah anda berusia 20 tahun, kemudian periksa kembali setiap 4 hingga 6 tahun. Sementara, jika Anda punya faktor risiko mengalami kolesterol tinggi, melakukan tes darah lebih sering akan lebih baik. Apabila saat tes darah, kadar kolesterol darah total diketahui berada di atas 240 miligram per desiliter (mg/dL), Anda dapat didiagnosis mengidap kolesterol tinggi.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai:

Makanan cepat saji

Melansir My Food Data, makanan cepat saji, seperti hamburger, hot dog, dan pizza dapat mengandung 465 mg kolesterol per pesanan atau per saji yang merupakan 155 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Sementara, dalam 100 gram bahan makanan cepat saji saja, dapat menyediakan 173 mg kolesterol atau 58 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Hati sapi

Hati sapi termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga konsumsinya perlu dibatasi agar tidak menyebabkan masalah kesehatan. Dalam 100 gram bahan hati sapi, terkandung 494 mg kolesterol yang merupakan 164 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian bagi orang dewasa. Tak hanya bagian hati, sebagian besar organ dalam atau jeroan sapi maupun hewan lainnya juga termasuk sumber makanan tinggi kolesterol yang harus diwaspadai, seperti jantung, usus, babat, atau otak.

Daging ayam yang berlemak

Daging ayam yang berlemak, seperti pada bagian paha ayam dan sayap ayam dapat menyediakan kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Misalnya saja, dalam 100 gram bahan paha ayam, terkandung 127 mg kolesterol atau 42 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Sedangkan dalam satu buah sayap ayam, bisa menyediakan 40 persen jumlah kolesterol harian. Maka dari itu, konsumsi daging ayam berlemak perlu dibatasi meski termasuk sumber protein yang baik.

Udang

Udang, seperti semua makanan laut lainnya, memang mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi, sehingga menjadikannya sehat. Namun perlu diketahui, bahwa udang memiliki kolesterol paling banyak dibanding ikan atau makanan laut apa pun. Dalam 100 gram udang, dapat terkandung 252 kolesterol yang merupakan 84 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Dengan begitu, penting untuk membatasi konsumsi udang agar terhindari dari penyakit.

Es krim hingga Chocolate mousse

Ragam makanan penutup tertentu, seperti chocolate mousse hingga es krim bisa menjadi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Dalam 1/2 cup (200 gram) chocolate mousse, terkandung 283 mg kolesterol yang merupakan 94 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Sementara itu, dalam 1/2 cup es krim manis, dapat menawarkan 33 persen kebutuhan kolesterol harian. Selain mengandung kolesterol tinggi, makanan penutup ini kerap ditambah gula, lemak, dan kalori tidak sehat. Sering-sering menikmati makanan ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan secara keseluruhan dan menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu. Penelitian telah mengaitkan tambahan asupan gula dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan kognitif dan kanker tertentu. Selain itu, makanan ini sering kali tanpa disertai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berkembang.

Telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa dimakan. Telur merupakan sumber protein yang sangat mudah diserap dan sarat dengan nutrisi bermanfaat, seperti vitamin B, selenium, dan vitamin A. Namun sayang, telur tetap saja mengandung kolesterol tinggi. Dalam satu butir telur berukuran besar, dapat mengandung 187 mg kolesterol atau 62 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Maka batasi konsumsi telur demi kesehatan, terutama bagi yang sudah terlanjur mengidap kolesterol tinggi. Batasi diri, paling tidak makan telur maksimal 1 butir sehari.

Krim kocok

Krim kocok atau whipped cream adalah bahan makanan yang sering digunakan untuk mempercantik kue. Krim kocok ini biasanya dibuat dari 30 persen lemak susu dan termasuk makanan tinggi kolesterol. Dalam 100 garam krim kocok, terkandung 111 mg kolesterol yang merpakan 37 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Daging olahan

Melansir Health Line, daging olahan, seperti sosis, dan bacon adalah makanan kolesterol tinggi yang harus dibatasi. Konsumsi daging olahan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan angka penyakit jantung dan kanker tertentu seperti kanker usus besar. Sebuah tinjauan besar yang melibatkan lebih dari 614.000 peserta menemukan bahwa setiap tambahan 50 gram daging olahan per hari dikaitkan dengan risiko 42 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung. Dalam 100 gram bacon sendiri, dapat terkandung 99 mg kolesterol yang merupakan 33 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Mentega

Penggunaan atau konsumsi mentega perlu dibatasi karena bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Dalam 100 gram mentega, terkandung 215 mg kolesterol yang merupkan 72 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Gorengan

Makanan yang digoreng, seperti daging goreng dan stik keju adalah makanan tinggi kolesterol yang perlu dibatasi konsumsinya. Hal itu dikarenakan, bahan makanan tersebut sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan merusak kesehatan dengan banyak cara lain. Selain itu, konsumsi makanan yang digoreng telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes. Beberapa jenis makanan lain yang digoreng juga dapat menjadi penyebab kolesterol, apalagi jika digoreng menggunakan minyak satur atau mentega yang mengandung lemak trans.

Suplemen yang dikonsumsi

Untuk mencegah terjadinya kolesterol anda dapat mengkonsumsi Blackmores Bio Ace Excell, Blackmores Bio Ace Excell adalah suplemen dengan kandungan formula antioksidan kuat yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Kombinasi bahan-bahan berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas adalah zat yang diproduksi ketika tubuh memproses makanan dan bereaksi terhadap lingkungan. Bisa juga berasal dari paparan asap rokok, asap kendaraan bermotor, efek kemoterapi, atau makanan yang terkontaminasi.

Tanpa antioksidan yang cukup, zat radikal bebas dapat memicu stres oksidatif yang bisa merusak sel dan fungsi tubuh. Dampaknya, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, peradangan, hingga kanker. Antioksidan juga sebetulnya diproduksi secara alami dalam tubuh. Hanya aja, tubuh membutuhkan antioksidan tambahan dari makanan atau suplemen supaya lebih maksimal menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Blackmores Bio Ace Excell juga mengandung biji anggur dan selenium berbentuk organik. Kedua bahan tersebut membuat suplemen ini lebih mudah diserap dalam tubuh sehingga manfaatnya jadi lebih maksimal.

Sekian ulasan kami tentang menjaga kesehatan agar terhindar kolesterol dengan blackmores. Jika ingin beli vitamin import jangan khawatir, sekarang Sindo Shipping memiliki layanan Jastip. Anda juga bisa membeli skincare dan perlengkapan lainnya secara online dan jangan lupa jika anda ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, anda bisa menggunakan jasa pengiriman Sindo Shipping.

Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan asuransi untuk paket anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman hingga paket diterima di alamat tujuan dalam keadaan baik. Sudah banyak testimoni yang kami dapatkan dari customer loyal kami, jadi jika anda berkenan ingin menggunakan jasa kami anda bisa menghubungi kontak kami melalui 081296055142

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut bisa hubungi Customer Service Sindo shipping yang siap melayani customer 24 Jam, melalui Whatsapp call dan text di nomor berikut :

  1. +62 821-4505-8370
  2. +62 815-4684-0079

Jika anda ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

JASTIP: jastipsindo_

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 😉

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)