Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

7 Trend Mengenai Pembelian dan Pengiriman Barang Branded ke Indonesia

Pada tahun 2022, banyak trend-trend baru dalam barang branded di seluruh dunia dan juga tidak hanya di Indonesia. Dengan banyak nya kaum millenial yang mulai mengerti dan memilih barang branded sebagai konsumen bukan hanya untuk mendapatkan status lebih dari barang branded yang di bawa tetapi mulai menjadi bagian dari essentialism atau barang yang dibutuhkan sesuai dengan lifestyle.

Perusahaan yang menjual barang-barang branded mengalami deep dive pada tahun 2020 dikarenakan pandemi covid yang terjadi tetapi pada 2021 perusahaan branded mengalami bounce back di karena kan pasar yang mulai beradaptasi dengan e-commerce dan online shopping experience. Perusahaan-perusahaan pun mulai beralih ke social media dan juga melihat trending dan price point yang lebih cocok untuk kaum millenial.

Projection untuk penjualan barang branded yang di prediksi sampai tahun 2025 menjadikan arah yang unik bagi para produsen, beberapa cara yang dilakukan juga melihat perkembangan penjualan barang branded seperti tas wanita yang dijadikan investment oleh para pembeli dan pengguna menjadi pasar yang cukup berkembang sehingga brand-brand dapat lebih berfokus ke pengembangan brand dan produk dan menciptakan market limited edition yang menjadi penggerak penjualan dan trend.

Berikut adalah 7 trend yang diprediksi akan menjadi mengembangan dalam hal pengembangan brand-brand terkenal untuk meningkatkan demand dari barang branded di Indonesia:

1.Barang branded akan lebih di perhatikan sebagai investment

Pada 2021 menjadi tahun dimana pengembangan pasar penjualan barang second hand untuk barang-barang luxury dan pada diprediksi berkembang terus dari tahun ke tahun karena bantuan faktor dari online marketplace dan kaum millenial sebagai next gen konsumer. Di pasar second hand luxury, pada tahun ini mencapai USD 33 billion dan lebih dari 10-15 persen dari penjualan barang baru di pasar branded.

Perkembangan ini menjadi refleksi dari pengembangan yang dapat di katakan sebagai kemewahan setelah konsumerism tren yang dimana kemewahan yang di anggap tradisional menjadikan inklusifitas atau hanya untuk kaum tertentu saja yang dimana tidak semua orang bisa mempunyai barang-barang atau brand tertentu karena ada nya barrier dari harga, barang yang sulit didapat, dan kesulitan lain nya dalam memperoleh barang branded tersebut.

Hal lain yang juga mendorong pasar second hal branded untuk terus berkembang adalah pengembangan dari suatu brand yang melihat adanya celah untuk menempatkan image dari brand atau perusahaan yang menjadi suatu value atau nilai bagi pemakai brand tersebut. Social value juga di pandang sebagai hal yang dapat meningkatkan status dari pemilik barang branded dan bagaimana dapat mempengaruhi secara tidak langsung nilai kultur dari pengguna.

2.Mulai banyak kolaborasi antar brand 

Di tahun 2020 and beyond menjadikan tahun di mana brand-brand mulai banyak saling berkolaborasi antar brand untuk dapat menjadikan pilihan tambahan bagi pengguna brand satu dan yang lainnya untuk mencoba jenis barang dengan value atau nilai yang berbeda tetapi dikolaborasikan menjadi satu barang.

Sebagai contoh adalah perpaduan dari brand nike dan louis vuitton yang menghasilkan sepatu dengan style yang tradisional seperti nike yang memliki banyak fans dan pengguna dan memadukan dengan style of luxury dari louis vuitton yang cukup bangga dengan kualitas dan bahan yang di berikan dalam setiap produk yang dihasilkan.

Selain itu, barang yang dikolaborasikan juga mendapat nilai lebih karena hanya di produksi sebagai limited edition yang dimana barang hanya di produksi dalam jumlah yang terbatas yang secara tidak langsung dapat menaikkan harga dalam pasar second market dan status inklusifitas bagi pemakai karena barang tidak mudah didapat di pasaran karena di produksi secara limited atau terbatas.

3.Brand status mulai di tinggalkan dan beralih ke self expression

Brand status yang dulu menjadi hal motivasi utama dalam pembelian barang branded berubah menjadi bentuk self expression dari pengguna. Dikarenakan banyak pembeli datang dari gen millenial yang melihat secara jangka panjang bahwa pembelian barang-barang branded bukan hanya untuk menaikkan status derajat sosial tetapi merupakan hal dimana menjadi extension dari self expression dari pengguna.

Generasi millenial dan generasi Z melihat bahwa barang branded menjadi bentuk dari keseharian yang dipergunakan karena didasarkan dari personal preference atau personal style dari suatu individu yang juga dapat memiliki nilai barang yang dapat bertahan lebih lama karena kualitas barang atau produk.

Secara tidak langsung pemilik brand-brand terkenal juga mulai memilih banyak dari brand ambassador ke arah millenial generation yang juga cukup mempengaruhi dari lifestyle harian pengguna yang juga secara tidak langsung ingin mengikuti style dari brand ambassador yang dipilih oleh perusahaan pemilik luxury brand.

4.Social media akan menjadi critic dan creators for brand

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh social media sangat berpengaruh dalam pengembangan marketing dan sosial bagi perusahaan pemilik brand. Social media sendiri dapat menjadi venue dimana perusahaan pemilik brand dapat melihat kritik atau masukan atau juga idea untuk menciptakan barang yang diinginkan oleh pengguna dari brand tersebut.

Hal terpenting juga adalah memperhatikan perihal tujuan dari perusahaan pemilik brand untuk menyamakan secara sosial, kultural, dan nilai perlindungan lingkungan ke generasi millenial yang di prediksi pada tahun 2025 dapat menjadi mayoritas konsumer yang cukup berpengaruh di social media dan penjualan barang branded.

Pada tahun 2021 sendiri generasi millenial menjadi konsumen tertinggi hingga 63 persen yang berkembang dari 44 persen di tahun 2019 yang diprediksi terus berkembang hingga 70 persen di tahun 2025. Generasi millenial ini sangat aktif di social media yang dimana perusahaan pemilik brand dapat lebih berinvestasi dengan market research dari social media yang sering dipergunakan oleh generasi millenial.

5.Barang branded akan menjadi hal yang essential dan diperlukan sehari-hari

Perusahaan pemilik barang branded juga harus dapat mengerti bahwa penggunaan barang branded ke depan nya akan berubah dari barang yang mungkin hanya di pakai di waktu tertentu saja menjadi barang harian yang akan sering dipakai sehingga perusahaan pemilik brand juga harus terus menginvestasikan diri mengenai innovasi dan kualitas barang dalam jangka panjang.

Dengan ini juga perusahaan pemilik brand dapat juga menjaga nama baik perusahaan dan kualitas barang secara sustainable dan berkelanjutan yang juga dapat menjadikan benchmark bagi para brand pesaing. Secara fungsi, barang-barang branded yang dibeli akan beralih fungsi dari luxury social status ke arah essensial goods item for daily.

6.Purchase point beralih ke “kapan”?

Dengan berkembangnya online shopping dan e-commerce, perusahaan pemilik barang-barang branded harus dapat melihat bahwa titik pembelian dari konsumer yang semula berawal dari “where” atau “dimana” akan berubah menjadi “kapan” di karenakan pengaruh aksesibilitas yang didapatkan dari konsumer tidak terbatas oleh batas-batas tempat atau toko tempat pemebelian.

Diprediksi sendiri 2022 and beyond bahwa brick and mortar shop atau toko penjualan barang-barang branded sendiri akan menurun dan pengembangan online market akan terus berkembang. Selain dipengaruhi oleh generasi millenial yang menjadi main purchase community and market for branded goods.

Selain itu juga, penjualan barang-barang limited edition juga mulai digandrungi oleh konsumen karena pengaruh barang atau edisi barang yang tidak diproduksi secara massal. Pertanyaan “when” atau “kapan” barang akan di release atau apakah akan ada edisi kedua dan ketiga dan seterusnya menjadi perhatian khusus bagi konsumen dalam hal purchase point.

7.Online shopping menjadi hal utama dalam penjualan branded

Hal yang menjadi trend dari penjualan barang- barang branded adalah pengalihan dari penjualan via toko menjadi online shopping yang dimana ada perubahan dari 2019 yang hanya mendapatkan 12 persen dari total penjualan menjadi 2x lipat di 2021 menjadi 22 persen atau sekitar USD 62 billion dan diprediksi dapat menyentuh 30% di 2025.

Penjualan juga banyak langsung dari brand online direct website dibandingkan dari marketplace. Alasan utama nya adalah authenticity atau keaslian produk dapat lebih terjamin yang kurang lebih pada tahun 2021 mandapat angka persentase 40 persen dari online segments. Di sini perusahaan pemilik brand dapat terus berinventasi dengan kemudahan mempurchase atau membeli barang secara online dengan menawarkan discount atau program yang hanya dapat didapatkan via online shopping.

Fungsi SindoShipping dalam pelayanan pengiriman barang branded ke Indonesia

Di Asia Tenggara, Indonesia diprediksi menjadi top market dan juga jika dilihat dari perkembangan marketplace dan unicorn perusahaan startup di Indonesia, negara ini dapat menjadi powerhouse dalam e-commerce atau perkembangan internet secara global. SindoShipping memposisikan diri sebagai jembatan bagi para konsumen di Indonesia yang ingin membeli produk dari luar negri ataupun bila ada perusahaan-perusahan dari luar negri yang ingin mengirimkan barang ke Indonesia tanpa ada masalah dengan mudah dan efisien.

Misi perusahaan kami adalah menyederhanakan proses pengiriman dari luar negri yang rumit menjadi mudah ke Indonesia. Kami menyediakan jadwal pengiriman harian Singapore – Batam sehingga kami dapat mengirimkan barang kiriman anda secara efektif dan kami juga berkomitmen untuk memberikan layanan jasa pengiriman terbaik ke Indonesia.

Perusahaan kami bekerja sama dengan jasa kurir lokal Indonesia seperti Pos Indonesia, JNE, TIKI, DHL, EMS, JNT, WAHANA, dll dan Internasional dengan FEDEX, UPS, TNT, DHL, USPS, dll. Konektivitas menjadi prioritas untuk perusahaan kami dalam melakukan proses pengiriman barang untuk anda. Kami menyadari, betapa penting nya aksesibilitas dan waktu dalam setiap pengiriman yang kami lakukan untuk setiap order yang anda punyai.

Beberapa kelebihan SindoShipping dibanding penyedia jasa pengiriman lainnya ke Indonesia adalah:

1. Perusahaan SindoShipping sudah berdiri sejak 2001

Dengan pengalaman yang kami punyai dan didirikan sejak 2001, kami cukup berpengalaman dalam proses pengiriman barang ke Indonesia secara efektif. Dibantu juga dengan koneksi kami dengan stakeholder sistem pengiriman di Indonesia mulai dari partner-partner pengiriman kami, sistem bea cukai, dan peraturan-peraturan yang informatif yang kami kuasai sehingga dapat membantu pengiriman anda lebih cepat dan mudah dalam prosesnya.

2. Didirikan di Singapura sebagai hub pengiriman barang internasional

SindoShipping berdiri di Singapura yang merupakan hub dalam pengiriman internasional di Asia Tenggara. Dengan banyaknya perusahaan pengiriman barang yang menjadikan Singapura sebagai hub utama penerbangan dalam proses pengiriman cargo menjadikan Singapura sangat terkonektivitas dengan airlines atau maskapai cargo dengan level internasional. Yang secara tidak langsung dapat mempercepet proses pengiriman anda karena banyaknya jadwal penerbangan ke Singapura dalam proses transit.

3. Kami memiliki jadwal pengiriman setiap hari ke Indonesia

Dengan volume pengiriman barang yang cukup tinggi setiap harinya, memberikan SindoShipping ruang untuk dapat memudahkan anda melakukan pengiriman barang ke Indonesia dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan perusahaan pengiriman lain yang hanya memiliki jadwal penerbangan 1 atau 2 kali seminggu sehingga barang anda lama tertahan dalam proses transit. Dengan flow yang berjalan setiap harinya, anda juga dapat dengan mudah mentracking barang kiriman anda secara live and online sehingga tidak ada penumpukan barang di transit yang menyebabkan anda mendapatkan produk pesanan anda labih lambat.

Sindo Shipping membantu anda mengatur pengiriman anda dari alamat asal pemesanan barang atau alamat awal pengiriman ke alamat dimanapun di Indonesia. Dengan sistem tracking online, anda dapat mengakses informasi secara real-time dimanapun lokasi barang anda selama transit dalam proses pengiriman. SindoShipping juga membantu anda dalam menangani proses bea cukai dan pembayarannya dengan mudah untuk anda. Dengan keahlian kami dan sistem perantara kepabeanan kami, kami akan membantu anda atau perusahaan anda dalam proses pembayaran pajak ke bea cukai.

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi terbaik mengenai pengiriman barang ke Indonesia.