Daftar Barang yang Dilarang untuk diKirim via ekspedisi

Banyaknya perdagangan serta pengiriman barang yang terjadi di suatu negara mengakibatkan kegiatan perdagangan yang bergantung pada pengiriman barang atau komoditi yang dinamakan industri pada bidang ekspedisi. Industri pengiriman ekspedisi ini pastinya akan melalui berbagai proses yang tidak mudah, mulai dari pengurusan dokumen, pengangkutan, hingga pengiriman ke tempat tujuan. Kegiatan kirim mengirim barang, memang sudah dilakukan sejak zaman dulu, bahkan hingga sekarang. Jasa pengiriman barang memang sangat dibutuhkan saat ini, apalagi sekarang banyak yang memulai usaha online, eksport import yang menggunakan jasa ini. Maka dari inilah hal inilah mendorong terbentuknya suatu usaha jasa terbaik yang dilakukan oleh Sindo shipping. Perusahaan Sindo shipping handal bergerak dibidang seputar penanganan proses pengiriman suatu barang atau komoditi dari penjual kepada pembeli atau pengirim hingga penerima diberbagai wilayah berskala global sesuai tujuan permintaan atau pesanan konsumen. Sindo shipping sangat handal dan terpercaya membantu proses pengiriman menggunakan alat angkut.

Alat angkut inipun menjadi sarana transportasi yang sangat penting pada industri jasa pengiriman itu sendiri terbagi menjadi 4 bidang berdasarkan alat angkut yaitu, pengiriman darat, pengiriman laut, pengiriman udara, dan pengiriman multimoda. Jika kpengiriman paket via udara pastinya bergantung pada pengiriman barang yang diangkut menggunakan angkutan udara seperti pesawat. Jenis pengiriman paket yang dikirimkan pun berbagai macam mulai dari general pengiriman seperti tas, sepatu, barang furniture atau barang elektronik sekalipun. Selanjutnya ada yang namanya pengiriman special cargo seperti, ikan segar atau ikan hidup, sayuran, daging buah, binatang hingga bentuk – bentuk kiriman yang tidak umum lainnya yaitu, organ – organ tubuh manusia, jenazah, dan barang – barang berbahaya. Dapat dilihat sebelumnya bahwa pengiriman kargo terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kargo umum dan kargo khusus yang perbedaannya tentu dari penanganannya karena memiliki hal-hal yang harus saat melakukan proses pengiriman tersebut.

Dari semua jenis pengiriman atau muatan tersebut, terdapat salah satu muatan yang berbahaya dan memerlukan upaya penangan khusus terhadap barang – barang yang akan dikirim maupun diangkut. Sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh International Air Transport Association (IATA), bahwa terdapat barang yang dilarang dibawa maupun dikirimkan demi keselamatan dan keamanan pada penerbangan, atau yang disebut sebagai barang berbahaya dan dalam dunia penerbangan biasa disebut Dangerous Goods. Salah satunya barang yang tidak boleh dikirimkan adalah barang berbahaya (dangerous goods), tapi apakah kalian sudah tau apa itu barang dangerous goods? Dangerous goods adalah unsur – unsur zat bahan dan atau barang berbahaya yang sangat peka terhadap suhu udara, tekanan dan getaran serta dapat mengganggu terhadap kesehatan manusia maupun binatang, dapat menggangu serta membahayakan keselamatan penerbangan dan dapat merusakkan peralatan pengangkutan. Tetapi jika kalian ingin mengirim barang -barang dari luar negeri ke indonesia ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat mengirim barang , dikarenakan ada beberapa barang yang tidak bisa dikirimkan, jadi untuk mencegah terjadinya masalah , mari kita bahas barang – barang yang tidak boleh dikirimkan. Ada beberapa jenis kargo tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa klasifikasi klasifikasi, yaitu.

Kelas 1 – Explosives 

Pada Kelas 1 bahan peledak, yaitu bahan – bahan yang dapat dengan mudah dikatakan dalam respon paling berbahaya. Bahan – bahan eksplosif tidak hanya bahan peledak saja, namun juga termasuk semua bahan yang secara sendiri, atau pun dalam campuran tertentu jika mengalami, kekerasan, atau gesekan dari luar dapat mengakibatkan peledakan yang biasanya diikuti oleh kebakaran. Hal ini terjadi karena pengaruh pengaruh kimia atau buatan yang terjadi di dalam bahan tersebut sehingga hanya melalui oksidasi pengaruh dari luar tertentu bahan – bahan yang akan dimuat tersebut harus dilakukan dengan teliti untuk memeriksa risiko yang terjadi ketika alat angkut (biasanya pesawat) dapat terbang dengan selamat sampai ke tujuan. Contoh bahan eksplosif adalah garam logam yang peka.

Kelas 2 – Gasses

Next pada Kelas 2 Gas, yaitu barang yang berupa gas bertekanan dan mudah terbakar, seperti LPG, thinner, bensin, Hydrogen, acetelyne dan lain sebagainya.

Kelas 3 – Flammable Liquids

Kelas 3 Flammable Liquids, yaitu cairan yang mudah menyala atau terbakar dan uap dari bahan yang termasuk kelas ini dapat mengakibatkan pingsan bahkan kematian. Contoh dari barang berbahay ini seperti petrol, acetone, benzene, butanol dan lain sebagainya. 

Kelas 4 – Flammable Solids

Selanjutnya di Kelas 4 Padatan yang Mudah Terbakar, bahan yang sifatnya sama seperti kelas – kelas sebelumnya berbentuk padatan. Bahan padat yang menyala tahun ini, on on on going on entry on the source of on the outside like percikan fire or the fire of this is ready. Tidak hanya itu, jika mengalami sebuah gesekan sekalipun dapat memperkirakan barang ini juga akan ikut menyala.

Kelas 5 – Oxidizing Subtances

Selanjutnya untuk Bahan Oksidator Golongan 5 yaitu bahan yang bersifat pengoksidasi dan berupa bahan yang mudah menghasilkan O2 yang dapat menimbulkan kebakaran. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan kebakaran jika bersentuhan dengan bahan yang mudah terbakar dan dapat menyebabkan ledakan, seperti peroksida organik atau contoh merkuri, sulfur, bitumen, asam sulfat dan asam nitrat.

Kelas 6 – Poisonous Toxic or Infectious Subtance

Kemudian pada Kelas 6 Poisonous Toxic or Infectious Subtance yaitu zat berbahaya yang bersifat racun atau menyebabkan infeksi dan dapat menyebabkan kematian atau luka pada manusia jika tertelan, terhirup atau kena kulit. Bisa juga menjadi zat yang dapat menyebabkan infeksi organisme penyebab penyakit. Contoh bahan – bahan kimia, karbon tetraklorida, dinitrobenzenes, epichlorohydrin mercuric nitrate. 

Kelas 7 – Bahan Aktif Radio

Dalam klasifikasi Bahan Aktif Radio Kelas 7, yaitu bahan berbahaya yang mengandung bahan atau kombinasi bahan yang dapat memancarkan radiasi secara spontan. Contohnya termasuk uranium dan tritium.

Kelas 8 – Korosif

Selanjutnya pengklasifikasian barang berbahaya pada golongan 8 Korosif yaitu suatu bahan yang mempunyai kecenderungan dapat membuat suatu benda disekitarnya menjadi korosi atau kejadian yang dapat menyebabkan korosi, seperti kerusakan logam, karat besi, noda perak, besi baja. skala yang terjadi dalam panas. Pengaratan ini terjadi secara otomatis karena reaksi kimia, suhu, dan keasaman. Contoh bahan yang mengandung zat korosif adalah asam asetat, asam sulfat, natrium hidroksida, fenol dan masih banyak lagi. 

Kelas 9 – Miscellaneous Dangerous Cargo

Dan untuk itu Klasifikasi terakhir barang berbahaya Class 9 Miscellaneous Dangerous Cargo adalah berbagai macam zat atau zat berbahaya yang ada tetapi tidak mencakup kelas barang bahaya lain. Zat ini termasuk zat berbahaya lingkungan, zat suhu tinggi, dan GMM (Genetically Modified Organisms) atau GMO (Genetically Engineered Microorganisms), yaitu organisme hasil rekayasa genetika dan mikroorganisme hasil rekayasa genetika yang merupakan organisme hidup yang telah diubah secara genetik melalui teknik seperti kloning gen dan rekayasa protein. Barang – barang yang dikirimkan tersebut biasanya merupakan bahan baku perusahaan industri – industri yang proses produknya memanfaatkan bahan kimia.

Muatan berbahaya atau biasa disebut pengiriman barang berbahaya tersebut harus diberi tindakan khusus dan penanganannya tidak dibolehkan asal – asalan. Karena setiap barang yang termasuk dalam kelas Dangerous Goods pasti memiliki sifat sensitif yang dapat diterapkan terutama keselamatan saat penerbangan dalam mengirimkan barang. Penanganan tersebut berupa bagaimana cara pengemasannya, pemuatan ke dalam pesawat kargonya, hingga tata letak yang harus diukur dengan tepat agar tidak mengkontaminasi pada muatan – muatan lainnya. Jika hal tersebut disepelekan, sehingga tidak diragukan lagi akan mengakibatkan banyak kerugian baik itu materi, lingkungan, atau yang lebih parahnya adalah korban jiwa. Oleh karena itu, penanganan yang melibatkan kargo pengiriman barang berbahaya harus diperhatikan dengan baik setiap detailnya untuk meminimalisir kemungkinan kecelakaan yang terjadi.

Selanjutnya, pada pembahasan ini kami akan membahas penanganan kargo Miscellaneous Dangerous Goods. Menurut buku Dangerous Goods Regulations dari IATA, Miscellaneous Dangerous Goods yaitu salah satu jenis pengiriman berupa kargo berbahaya golongan kelas 9 yang ciri – ciri bahan atau barangnya tidak termasuk dikelas lain sesuai kelas barang berbahaya. Berikut beberapa daftar contoh benda atau zat yang termasuk dalam Miscellaneous Dangerous Goods:

  • Asbestos, amphibole (amosite, tremolite, actinolite, anthophyllite, crocidolite)
  • Asbestos, chrysotile
  • Capacitors
  • Carbon Dioxide, solid (dry ice)
  • Consumer commodities
  • Chemical and first aid kits
  • Life-saving equipment
  • Engine, internal combustion
  • Vehicles (powered by flammable gases), Vehicles (powered by flammable liquids)
  • Polymer bees
  • Battery powered equipment or vehicles
  • Zinc dithionite

Deklarasi pengiriman untuk barang berbahaya, pernyataan yang dibuat oleh pengirim saat mengirimkan kargo berbahaya. Berdasarkan deklarasi pengirim barang berbahaya IATA, pengirim harus siap untuk menyatakan bahwa kargo telah dikemas, diberi label, dan diumumkan sesuai dengan Peraturan Barang Berbahaya (DGR) IATA. MSDS atau Material Safety Data Sheet, yaitu dokumen yang memuat data tentang sifat-sifat suatu zat yang terdapat pada suatu barang, baik sifat kimiawi maupun fisik yang mungkin berisiko atau tidak berisiko. Tidak hanya itu, saat menerima kiriman cargo ada beberapa hal yang harus ditentukan yaitu penentuan berat kiriman dan pengecekan dokumen. Selain itu, operator juga harus memastikan pengemasan barang berbahaya tersebut sesuai dengan regulasi yang ditentukan.

Selain itu, ada beberapa jenis barang yang patut diwaspadai terutama yang perlu sobat shippers ketahui mengenai jenis barang yang patut diwaspadai. Ada tiga jenis barang paket yang terdiri dari kiriman paket berbahaya, kirim paket terlarang, dan kiriman larangan terbatas. Mengenai kirim paket berbahaya atau dangerous goods sendiri sudah dijelaskan secara lengkap sebelumnya. Singkatnya, dangerous goods sendiri meliputi semua barang berbahaya yang berpotensi menyebabkan kebakaran dan meledak jika dikirim melalui ekspedisi udara. Sementara itu yang termasuk kirim paket terlarang adalah semua barang yang dilarang oleh undang – undang. Jika barang yang termasuk dangerous goods masih bisa dikirim dengan regulasi tertentu, maka barang yang terlarang sama sekali dilarang dikirim melalui jasa pengiriman atau transportasi apapun. Contoh kirim paket barang terlarang adalah;

  1. Narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang lainnya
  2. Senjata api, senjata, senjata api atau senjata asli, replika maupun suku cadangnya
  3.  Barang yang melanggar kesusilaan
  4. Uang, surat berharga, perak, emas, permata, perhiasan, serta barang berharga lainnya
  5. Barang palsu dan atau dipalsukan, banderol-banderol, serta stiker pajak palsu
  6. Barang yang dilarang masuk negara tujuan sesuai dengan peraturan negara setempat

Sementara itu kirim paket dengan isi barang larangan terbatas adalah barang yang bisa dikirim dengan mendapatkan izin dari balai karantina. Contohnya adalah hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung dan lainnya serta tanaman. Cara kirim paket berupa hewan maupun tanaman lewat udara tidak sama seperti barang pada umumnya. Meski demikian, anda tetap harus mendapatkan lisensi dari balai karantina. Selain itu, kemasannya pun harus memenuhi ketentuan yang sudah berlaku.

Barang-barang lain yang termasuk dalam kategori Dangerous Goods meliputi:

  • Segala Jenis Binatang (Hidup / Mati)
  • Barang – barang Perishable (barang- barang yang memerlukan dokumen tambahan / Karantina)
  • Emas, Berlian, Perhiasan Berharga
  • Segala jenis barang yang mudah terbakar cair,padat,gas
  • Cairan kimia yang mudah meledak
  • Aerosol
  • Korek api / matches
  • Barang Pecah Belah
  • Jenazah
  • UPS (Uninterruptable Power Supply)
  • Senjata Air Soft Gun
  • Senjata api dan sejenisnya
  • Benda / Senjata Tajam
  • Barang dengan nilai budaya tinggi
  • Narkoba dan obat-obatan terlarang

Makanan basah

Ketika mengirim barang-barang makanan ke luar negeri melalui jasa ekpedisi , aturannya tergolong sederhana: Anda tidak bisa mengirim makanan yang digolongkan sebagai barang mudah rusak (hal-hal yang bisa meledak atau yang bisa rusak / basi saat transit).

Berikut ini adalah syarat makanan yang tidak bisa dikirimkan :

  1. Anda tidak bisa mengirim makanan frozen atau yang harus disimpan di lingkungan yang dikontrol suhu saat transit (didinginkan, dibekukan) karena akan rusak saat mereka mencapai tempat tujuan.
  2. Jangan mengirim makanan yang dibatasi untuk diimpor ke negara tujuan.
  3. Selalu pastikan item makanan Anda memiliki label yang jelas menampilkan semua bahan dan ‘penggunaan menurut tanggal’ karena petugas pabean dapat memeriksa ini setelah diimpor.
  4. Selalu mengemas barang-barang makanan Anda sehingga mereka dapat menahan paket yang ditempatkan terbalik selama transit, dan selalu membungkus masing-masing barang secara terpisah di dalam paket Anda untuk perlindungan optimal.
  5. Selalu periksa batasan impor di negara tempat Anda mengirim, untuk menghindari pengiriman makanan yang dilarang ke tujuan.

Begitulah beberpa contoh makanan yang tidak boleh dikirimkan ke Indonesia maupun ke luar negeri , tetapi itu semua juga tergantung persyaratan di setiap negara.

Berikut adalah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai barang-barang yang tidak boleh dikirimkan ,nah jika kalian mengirim barang sesuai prosedur , maka pengiriman pasti akan lancar.

Disini Sindo Shipping hadir untuk membantu masalah anda karena sindo shipping merupakan jasa pengiriman barang yang melayani jasa pengiriman barang eksport import yang sudah terjamin mudah dan aman

Kami percaya bahwa tujuan perusahaan kami adalah untuk menyederhanakan proses pengiriman barang anda ke Indonesia. Layanan perusahaan kami adalah:

  • Membantu Anda mengatur pengiriman Anda dari titik asal ke tujuan Anda dengan mudah. Seolah-olah diperlukan, kami dapat mengatur penjemputan berdasarkan permintaan Anda dan waktu penjemputan untuk tujuan pengiriman di titik asal.
  • Memungkinkan Anda untuk mengakses informasi secara real-time di mana lokasi barang Anda selama transit. Kami percaya bahwa perusahaan kami perlu memberi Anda informasi real-time online di mana lokasinya adalah karena kami menghargai pengiriman Anda dan kami memahami betapa pentingnya bagi Anda untuk dapat menemukan barang Anda di setiap langkah pengiriman sampai mencapai tujuan Anda dengan aman.
  • Menangani pengurusan bea cukai dan pembayaran bea. Dengan keahlian kami dan sistem perantara pabean kami, kami akan membantu Anda dan perusahaan Anda untuk membayar pajak ke bea cukai dan menangani dokumen berdasarkan permintaan bea cukai Indonesia atas nama Anda.Dukung perkembangan perusahaan Anda ke tingkat selanjutnya. Karena kami yakin bahwa tugas kami adalah membuat Anda dan perusahaan Anda terus berkembang jika Anda ingin membangun pelanggan yang berbasis di Indonesia sebagai pengecer atau penjual online, pengiriman kami yang tepat waktu akan membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Kami juga menyarankan jika kalian ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia ,kalian bisa menggunakan jasa pengiriman  SINDO SHIPPING karena sindo shipping melayani jasa pengiriman eksport import dan juga sudah bekerja sama dengan DHL sehingga memudahkan kalian untuk mengirim barang dari mana saja dan kemana saja,dan juga sistemnya door to door sehingga bisa mempick-up barang anda dan mengirim barang anda ke tempat tujuan dengan aman,dengan tentunya dengan biaya yang kompetitif. Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan Asuransi atau Jaminan Barang anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman, Dengan begitu anda pun tentu akan lebih merasa nyaman saat melakukan pengiriman barang dengan memilih Sindo Shipping sebagai pilihan anda. Sudah banyak testimony yang kami dapatkan dari costumer kami ,jadi jika kalian berkenan ingin menggunakan jasa kami kalian bisa menghubungi  kontak kami melalui 081296055142 atau di website resmi kami http://www.sindoshipping.com