Bagaimana Cara Mengirimkan Barang ke Luar Negri dari Indonesia yang Cepat dan Mudah?

Di SindoShipping, kami baru saja memulai service terbaru kami yaitu pengiriman barang ke luar negri, dan pembayaran barang (remittance atau jasa bayar), jasa pembelian obat dan obat resep dokter dan klinik, dan juga jastip (jasa titip) online di Singapura.

Di Indonesia sendiri, cukup sulit untuk dapat menemukan jasa pengiriman barang ke luar negri seperti Singapura, Jepang, Malaysia, Amerika, Australia, etc, yang mudah dan murah di karena kan hanya beberapa perusahaan yang mempunyai jasa yang dapat melakukan pengiriman internasional.

Kebanyakan jasa pengiriman tidak dapat melakukan pengambilan ke alamat anda sehingga anda harus ke counter tempat pengiriman barang tersebut. Terlebih lagi banyak nya pengiriman barang yang memberikan harga murah tetapi tidak ada jaminan barang sampai atau kapan kepastian barang sampai ke tujuan. Pengurusan custom impor pun kadang menjadi masalah di negara tujuan.

SindoShipping sudah sejak 2014, melakukan pengiriman dari dalam ke luar negri maupun sebaliknya dengan menggunakan Singapura sebagai basis transit. Dengan kerjasama dengan DHL, pengiriman SindoShipping dapat mencapai ke seluruh dunia tanpa terkecuali. Sistem yang dimiliki DHL sebagai jasa kurir service terbesar di dunia sudah mumpuni dan terbukti. Khusus dari Bali, SindoShipping menyediakan jasa pengiriman ekspor ke Australia, Eropa, Amerika, dll. Kami juga menyediakan jasa pengiriman barang seni atau pindahan yang kami akan packing dengan rapi dalam bentuk LCL atau FCL.

Dengan sistem pengiriman yang mudah, anda dapat mengatur pengiriman dari alamat anda langsung di jemput menuju ke alamat tujuan di luar negri tanpa ada masalah. Jasa yang kami berikan adalah door-to-door langsung ke alamat dan pengurusan custom clearance sampai ke alamat tujuan anda.

Pertama-tama untuk jasa pengiriman ke luar negri, Sindoshipping sudah lama berkerjasama dengan DHL untuk sistem pengantaran door to door ke alamat tujuan di luar negri. Untuk custom dan biaya yang timbul di negri tujuan akan di bantu oleh staff kami dalam proses custom clearance nya dan jenis barang yang tidak dapat di kirim ke luar negri juga.

Proses clearance yang beragam, penghitungan tax di negara tujuan, barang-barang yang di larang dalam pengiriman, asuransi, dll, menjadi tugas dari bagian operasional dari SindoShipping. Kami akan mengurus semua nya mulai dari keberangkatan sampai ke negara tujuan. 

Pengirim di minta untuk mendeklarasikan produk dan mempersiapkan data-data atau biaya tax jika di perlukan. Jasa pengiriman kami door to door dengan minimum charge of 1 kg untuk pengiriman ke semua negara tujuan seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, Amerika, dll.

Sistem nya sangat mudah, anda hanya perlu mengontak salah satu customer officer kami di whatsapp 6281296055142 dan memberikan informasi yang jelas mengenai jenis barang yang akan di kirim, jumlah banyak nya, harga satuan, dan negara asal pembuatan barang tersebut disertai alamat tujuan dan alamat pengambilan. Lalu juga di informasikan ukuran kotak dan berat kotak untuk agar dapat di deklrasikan ke DHL sewaktu mengambil barang (jika anda memiliki invoice dan packing list sangat membantu proses persiapan data untuk pengiriman).

Setelah semua bookingan di bikinkan, staff kami akan membuat bookingan secara online dan anda hanya perlu mencetak dokumen yang dikirim oleh personel kami yaitu airway bill, transport detail dan invoice barang dan harus di sertakan kepada agen DHL yang mengambil barang.

Tim dari SindoShipping akan memberikan data jam pengambilan dan no konfirmasi pick up dari DHL. Terus pantau paket anda dalam proses pengiriman sampai ke tujuan anda via DHL website secara live tracking. 

Sindoshipping menggunakan Singapura sebagai transit point karena SindoShipping berbasis di Singapura dan sistem transit yang cepat dari Jakarta hanya 1 hari barang sudah sampai di Singapura dan di lanjutkan ke negara tujuan dari pihak pengirim.

Singapura merupakan basis negara transit yang memiliki efektifitas cukup tinggi dan menghubungkan sistem logistik ke berbagai pusat ibukota di seluruh dunia. Pengiriman dari Europe, Australia, Korea Jepang hanya memerlukan 3-4 hari.

Dengan basis ini SindoShipping berkerjasama dengan DHL yang memiliki jaringan cukup kuat secara internasional. Di tambah lagi bagi konsumen yang ingin mengirimkan barang ke Singapura dari semua daerah di Indonesia, DHL dapat membantu mengaturkan dari alamat anda ke alamat tujuan dengan cepat dan mudah menggunakan sistem dari SindoShipping.

Beberapa kelebihan dari jasa pengiriman luar negri dari SindoShipping via DHL adalah sebagai berikut:

1.SindoShipping mendapatkan harga company rate dari DHL Singapura, maka dari itu harga yang di tawarkan cukup kompetitif.

2. Pengaturan pengambilan barang dapat di lakukan dari alamat anda langsung tanpa harus anda keluar rumah.

3. Pembayaran dapat di lakukan setelah barang sampai di Singapura (apabila tujuan akhir adalah Singapura) ataupun negara tujuan lain nya sewaktu barang sudah sampai di proses transit di Singapura.

4. Proses custom clearance yang lebih mudah di bandingkan harus mengurus sendiri untuk proses custom nya.

5. Dapatkan diskon lebih jika jumlah barang yang di kirimkan cukup berat.

Beberapa informasi tambahan yaitu:

– Jika pengiriman dokumen melibihi 2 kg, maka akan di anggap sebagai kiriman paket

– Tata cara pengitungan volumetric adalah panjang x lebar x tinggi / 5,000 dan di bandingkan dengan berat asli yang mana yang lebih berat dan itu yang akan kita hitungkan sebagai standar berat.

Secara Internasional, DHL cukup ketat dalam menyeleksi barang-barang yang dapat di kirimkan ke luar negri. Untuk list barang yang tidak dapat di kirim adalah sbb:

Kiriman dianggap tidak dapat diterima apabila:

 

  • tidak ada deklarasi pabean ketika disyaratkan oleh peraturan kepabeanan yang berlaku.
  • mengandung barang palsu, binatang, emas lantakan/bullion, batu mulia, senjata, peledak dan amunisi; abu manusia, barang-barang illegal seperti gading dan narkotika,
  • diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya, barang berbahaya, bahan terlarang atau dibatasi menurut IATA (International Air Transport Association), ICAO (International Civil Aviation Organisation), ADR (Regulasi Transportasi Jalan Raya Eropa untuk barang berbahaya/ European Road Transport Regulation on dangerous goods), atau organisasi yang berkaitan lainnya (“Barang Berbahaya”),
  • alamatnya tidak tepat atau tidak ditandai dengan semestinya atau kemasannya cacat atau tidak layak untuk menjamin bahwa Kiriman aman untuk diangkut dengan cara biasa,
  • mengandung benda lain yang menurut keputusan DHL tidak dapat diangkut dengan aman atau sah.

Tahukah Anda bahwa perasa makanan, minyak wangi, peralatan kimia dan elektronika dapat diklasifikasikan sebagai barang berbahaya? Jika Anda bermaksud untuk mengirimkan barang-barang tersebut, baik untuk keperluan pribadi atau komersial; mohon koordinasi terlebih dahulu dengan pihak DHL Express. Jika masih ragu, gunakan panduan Material Safety Data Sheet dari pihak manufaktur untuk memastikan barang tersebut dapat diangkut dengan sebagai kargo biasa. Jika dalam hal ini, DHL Express membutuhkan pengirim untuk memberikan deklarasi akan barang kiriman sebagai barang “Not Restricted” atau “not restricted as per special provision AXX” pada waybill.

Beberapa tips sebelum melakukan pengiriman barang ke luar negri dari Indonesia:

1. Cek harga per kg inc custom tax dll.

Sebelum kamu ke melakukan pengiriman barang, di pastikan dulu bahwa harga per kilo sudah sesuai dan cek apakah barang kamu bisa mendapatkan diskon rate dengan mengirimkan secara banyak kepada staff kami, karena by sistem jika anda mengirimkan barang lebih banyak maka harga yang di tawarkan oleh DHL dapat menurun dari harga per kg nya.

Lalu harga setiap waktu bisa berubah karena harga yang di tawarkan dari situs pengiriman biasa nya bergantung dengan status USD atau bila ada kenaikan biaya operasional atau seperti additional emergency fee.

Custom tax juga berbeda di setiap negara dan pastikan jumlah invoice barang yang kamu kirimkan sudah sesuai karena penghitungan custom impor di negara tujuan bergantung pada invoice, ongkos kirim, dan asuransi barang (cif) bukan cuma hanya harga barang saja.

2. Packing barang anda dengan baik dan rapi

Pengemasan barang anda sangat berpengaruh dalam proses pengiriman karena barang yang tidak di lindungi dengan baik atau dikemas dengan baik sangat rentan rusak atau tidak sengaja terbanting sewaktu dalam proses pengiriman.

Sangat disayangkan apabila barang yang anda kirim dengan biaya cukup mahal sampai dengan keadaan yang tidak diharapkan. Maka dari itu sistem pengemasan barang harus rapi dan menggunakan hard carton jikalau bisa di dua lapis jika barang yang anda kirimkan sangat rentan terhadap bantingan (fragile). Tambahkan pula cushion atau streoform di dalam kotak untuk membantu meredam efek goncangan yang terjadi dan tidak terpengaruh terhadap barang yang dikirimkan.

Untuk mendapatkan guide lengkap bagaimana melakukan pengemasan yang baik, dapat mengklik link ini:https://sindoshipping.com/how-to-pack/

3. Siapkan Invoice atau foto barang-barang yang anda kirim dan estimasi harganya.

Invoice dan packing list merupakan dokumen yang essensial dalam proses pengiriman karena biaya custom atau pajak impor di negara tujuan akan bergantung dengan invoice dari barang tersebut.

Mohon di infokan biaya yang sebenar-benar nya untuk menghindari barang di sita oleh badan pajak impor di negara tujuan yang dapat di kategorikan sebagai penggelapan yaitu harga yang tidak sesuai dengan harga pasaran yang berlaku atau dapat juga di tagihkan biaya impor setelah di hitung ulang oleh bagian custom impor di negara tujuan.

Packing list atau ukuran box atau kotak juga cukup berpengaruh karena nanti akan di cekkan berdasarkan berapa jumlah barang dan dalam berapa kotak sehingga sewaktu barang di ambil dan di kirimkan dapat di ketahui dengan jelas berapa total barang yang di kirimkan

4. Gunakan tambahan asuransi dalam pengiriman barang.

Jasa asuransi dapat cukup berguna apabila barang yang anda kirimkan termasuk barang dengan harga yang cukup tinggi. Jangan sampai barang yang anda kirimkan rusak dalam pengiriman sehingga barang yang anda kirimkan jadi tidak bernilai.

Kami sangat menyarankan apabila anda dapat mengasuransikan pengiriman anda sehingga ada rasa aman dalam mengirimkan barang. Jika sesuatu hal terjadi, maka dari pihak pengiriman akan membantu pengganti sesuai dengan harga barang sewaktu di kirim.

Satu hal yang anda perlu ingat adalah dengan menambahkan asuransi, maka harga barang sewaktu di klaim dalam proses penghitungan pajak di negara tujuan akan bertambah, karena jumlah yang dihitung sewaktu melakukan penghitungan pajak impor adalah harga barang, ongkos kirim dan asuransi (CIF – cost, insurance, freight) yang universal di seluruh dunia.

5. Dokumentasikan paket sebelum di kirim

Mengapa dokumentasi itu penting? dikarenakan jika ada kekurangan barang atau box atau barang rusak dalam proses pengiriman, anda dapat mengclaimnya dengan jasa pengiriman.

Dan juga anda dapat menyakinkan penerima jumlah barang sebelum di kirim dan di terima sudah sesuai. Proses ini juga membantu anda sebelum anda mengirimkan barang dapat memberikan informasi ke penyedia jasa bahwa barang yang anda kirimkan sudah aman dan siap untuk di kirimkan dan sudah di packing atau di kemas dengan rapi.

Tunggu apalagi? Kontak kami sekarang untuk mengetahui rate kiriman dan juga waktu transit pengiriman barang dari Indonesia ke luar negri.

6. Terus track barang anda dengan live tracking dari perusahaan kami

Untuk mejaga rasa aman anda, anda dapat terus mentracking secara live and online barang kebederadaan anda. Dengan metode pengiriman ini anda dapat merasa yakin barang yang di kirimkan sudah melalui proses-proses pengiriman dan apabila pengiriman berhenti di suatu proses sebelum mencapai penerima, anda dapat mengecek ke tim customer service kami.

Dengan live tracking juga, anda dapat memberitahukan kepada penerima posisi barang sehingga penerima juga bisa aware keberadaan produk atau kiriman. Proses pengiriman kami dengan menggunakan DHL live tracking sangat membantu dalam keseluruhan proses pengiriman.

Tambahan informasi, syarat dan ketentuan pengiriman ke luar negri yaitu: 

  1. SindoShipping tidak bertanggungjawab apabila barang di tahan custom negara tujuan apabila tidak sesuai dengan declaration dari pengirim.
  2. Apabila barang yang di declare dan tidak dapat di kirimkan oleh DHL setelah pengecekan atau scanning, maka barang akan di kembalikan oleh pihak DHL ke alamat pengirim dan SindoShipping tidak bertanggung jawab atas kerugian, keterlambatan, ataupun jika barang di sita oleh custom Indonesia atau negara tujuan dalam proses pengiriman.
  3. Setiap klaim kerusakan harus dilaporkan selambat-lambat nya 7 hari dari hari kejadian. Barang pecah belah tidak termasuk sebagai barang yang bisa diklaim.
  4. SindoShipping tidak bertanggung jawab untuk setiap kerugian, keterlambatan dan kerusakan yang terjadi, ataupun kerugian potensi pendapatan dan jika memang kerugian dan kerusakan terjadi, SindoShipping memberikan jaminan up to 1,5 juta jaminan dan jika ingin mendapatkan full insurance, maka pembelian asuransi merupakan hal yang wajib di lakukan pihak pengirim kepada DHL.
  5. Kerusakan dan kehilangan tidak termasuk kerugian tidak langsung yang mana disebabkan antara lain : keterlambatan pengiriman, kerugian pendapatan, keuntungan, bunga, dan perbedaan harga selisih pasar, dan kerugian lainnya.
  6. SindoShipping tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan karena proses pembungkusan yang dilakukan oleh pengirim yang tidak baik, ataupun proses pengepakan dan aspek lainnya yang dilakukan oleh pengirim.
  7. Biaya bea cukai. Pengirim bertanggung jawab penuh untuk menjamin bahwa penerima di Negara tujuan bersedia menerima barang tersebut dan membayar segala biaya bea cukai yang timbul, dan jika tidak dibayar, maka pihak pengirim bertanggung jawab atas segala biaya yang mungkin terjadi.
  8. Bertanggung jawab sebagai pribadi dan membebaskan SindoShipping dari segala tuntutan hukum yang terjadi jika terjadi hal-hal yang melanggar hukum dikarenakan pengiriman paket ini.
  9. Proses penggantian kerugian atas kehilangan barang kiriman akan dilakukan dalam 7 hari kerja.
  10. Jika kiriman menggunakan fitur asuransi tambahan, maka otomatis klaim kehilangan akan diproses oleh kurir yang bersangkutan dan penggantian sesuai dengan nilai barang yang telah diinformasikan pada saat pengiriman.