CARA MENGIRIM BARANG DARI LUAR NEGERI KE INDONESIA Dengan Mudah

Pernah gak sih kalian berfikir bagaimana cara mendapatkan barang favorit kalian dari luar negeri dengan mudah? Dan bagaimanakah cara pengirimannya?

Nah di pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa produk luar negeri memiliki nilai plus dikalangan penduduk Indonesia, selain memiliki kualitas yang tak kalah baik dari produk dalam negeri, produk luar negeri juga memiliki jenis dan model yang beragam yang semakin menambah nilai dari produk tersebut. Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal dari produk dalam negeri, namun faktanya peminat produk import dari Indonesia justru semakin banyak.

Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat ini tentu saja membuat masyarakat Indonesia lebih mengenal produk luar negeri seperti : Tas Branded, Baju Branded, Sepatu Branded, Smartphone Canggih, Barang-barang handmae sampai makanan ringan yang memiliki ciri khas tersendiri dari Negara tersebut yang tentu saja menarik perhatian masyarakat.

Namun seperti kita ketahui, berbelanja produk dari luar negeri tentu tidak semudah berbelanja di dalam negeri. Karena lintas negara, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama mengenai pajak bea cukai. Sehingga secara mudahnya, jika ingin berbelanja produk dari luar negeri tentu saja akan dikenakan biaya Import.

 

Ada banyak cara untuk mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia atau yang lebih dikenal dengan proses “Import” yang tepat dan bijak, diantaranya yaitu :

1. Perhatikan Cara Pengiriman Yang Tepat

Sebelum membeli barang Import, ada baiknya kita mengetahui beberapa cara pengiriman yang biasanya dilakukan dari luar negeri ke dalam negeri. Untuk memperlancar pengiriman proses Import tersebut, kita hendaknya harus mengetahui pengiriman apa yang tepat untuk membawa barang kita agar sampai ditempat tujuan dengan tepat waktu. Adapun beberapa pilihan pengiriman barang yakni diantaranya :

– Melalui Laut : Pengiriman barang melalui jalur laut sangat tepat untuk memuat barang yang relative besar namun memerlukan waktu yang relative lama.

– Melalui Udara : Pengiriman barang melaui jalur udara sangat tepat untuk memuat barang yang relative kecil dan tentu saja memerlukan waktu singkat. Pengiriman melalui udara sangat tepat untuk memuat barang yang relative kecil dan membutuhkan waktu yang mendesak.

– Melalui Darat : Pengiriman barang melalui jalur darat biasanya digunakan untuk pengiriman barang antar pulau yang merupakan kombinasi dari pengiriman barang jalur laut dan jalur udara.

Dengan adanya pilihan pengiriman barang yang beragam tersebut, anda bisa menentukan jalur mana yang paling tepat untuk dipilih agar sesuai dengan yang anda butuhkan.

 

2. Perhatikan Metode Pembayaran Yang Tepat

Setelah mendapat konfirmasi harga antara supplier dan customer, proses selanjutnya yakni masuk kedalam tahap pembayaran. Hal ini penting bagi anda yang akan melakukan tahap pembayaran demi kelancaran barang yang akan kalian terima. Tentu saja ini penting karena ada beberapa kasus kendala dalam tahap pembayaran yang mengakibatkan terhambatnya proses pengiriman barang tersebut.

Adapun cara pembayaran yang dapat dilakukan, diantaranya :

– Transfer Bank : Transfer Bank merupakan salah satu sarana untuk mengirimkan dana ke luar negeri dimana dana dikirim ke rekening pemasok (supplier) dan kemudian barang akan dikirimkan kepada pelanggan setelah pemasok menerima dana tersebut. Namun metode ini memiliki resiko seandainya pemasok dari luar negeri ingkar janji, maka barang tidak dikirimkan dan mengakibatkan anda rugi total. Maka dari itu, selektif lah memilih pemasok yang terpercaya demi kenyamanan bersama.

– Kartu Kredit : Pembayaran dengan Kartu Kredit dapat dilakukan jika Pemasok memiliki perjanjian transaksi perdagangan dengan perusahaan kartu kredit internasional dimana para penggunanya harus memberikan Nomor Kartu Kredit yang valid. Namun metode ini memiliki resiko bagi kedua belah pihak sebab jika salah satu ada yang berniat menipu atau ingkar janji, maka tentu saja akan merugikan pihak yang memegang kartu.

– Pembayaran Kemudian : Sistem pembayaran dimana Anda belum melakukan pembayaran apapun kepada Pemasok sebelum barang dikapalkan atau sebelum barang Anda terima atau sebelum jangka waktu tertentu seperti yang telah disepakati. Dalam pembayaran ini, setelah Pemasok melakukan pengapalan barang, mereka akan mengirimkan Invoice kepada Anda, dimana dalam Invoice tersebut Pemasok akan mencantumkan tanggal dan waktu tertentu kapan Anda harus melakukan pembayaran.

Dan tentu saja masih ada beberapa pembayaran lainnya yang disetujui kedua belah pihak antara pemasok dan pelanggan. Dari keterangan diatas, tentu kita bisa melihat betapa pentingnya selektif memilih metode pembayaran yang tepat demi kelancaran dan kenyamanan bersama.

 

 

3. Menggunakan Media Online / E-Commerce Luar Negeri

Setelah mengetahui beberapa cara pengiriman dan metode pembayaran yang biasanya dilakukan untuk membeli barang Import, barulah kita bisa mentukan media yang akan kita gunakan untuk membeli barang Import tersebut. Salah satunya yakni belanja melalui E-Commerce Luar Negeri.

Bagi yang sudah terbiasa berbelanja online tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah e-commerce ini.

Untuk memilih situs E-Commerce yang memiliki Marketplace yang terpercaya tentu saja kita harus selektif agar kita dapat mempertimbangkan ketepatan waktu pengiriman barang yang kita harapkan hingga jaminan kualitas produk sampai di dalam negeri dengan aman.

Ini tentu saja memerlukan beberapa pertimbangan lainnya karena kita harus benar-benar waspada dalam menuliskan data pribadi untuk menghindari kasus data pribadi yang diretas dari situs yang tidak bertanggung jawab.

4. Menggunakan Penyedia Jasa Titip (Jastip) Luar Negeri

Penggunakan Jasa Titip ini tentu tidak asing lagi bagi kalian yang gemar berbelanja online dari luar negeri. Sesuai namanya, Jasa titip ini melibatkan seseorang yang tengah bepergian keluar negeri dan menawarkan jasa titip membeli produk yang terdapat di Negara yang tengah ia kunjungi.

Lantaran pembelian produk ini dititipkan ke seseorang, kebanyakan ini memudahkan kita dalam menentukan metode pembayaran, karena kita bisa mentransfer ke rekening bank lokal yang dimiliki oleh si penyedia jasa titip tersebut. Namun ada beberapa penyedia jasa titip yang menggunakan metode pembayaran lainnya.

Setelah si penyedia jasa titip ini kembali ke Indonesia, barulah barang atau produk yang anda titipkan bisa anda dapatkan. Meskipun lebih terjangkau, namun tetap saja anda harus selektif memilih penyedia jasa titip yang berkualitas agar tidak menjadi korban penipuan.

 

5. Menggunakan Jasa Impor Berkualitas

Lantaran dikirim dari Luar Negeri, tentu saja kita harus selektif memilih dalam menggunakan Jasa Impor yang berkualitas. Dikarenakan pengiriman yang begitu jauh bahkan sampai melewati benua dan samudera yang tentu saja memiliki resiko yang tinggi dan biaya pengiriman yang tidak sedikit.

Setiap jasa Pengiriman, pasti memiliki tarif yang berbeda-beda dan biasanya biaya yang ditentukan sudah termasuk pembayaran bea masuk dan pajak impor.

 

 

Masih bingung memilih Jasa Pengiriman Barang Impor yang terpercaya?

Untuk memilih Jasa Pengiriman Barang yang berkualitas, anda tentu bisa mempercayakannya ke Sindo Shipping. Selain memiliki harga yang terjangkau, Sindo Shipping juga akan memastikan barang anda sampai ditempat tujuan dengan aman.

Tidak hanya Jasa Pengiriman, Sindo Shipping juga bisa membantu anda yang ingin menggunakan Jasa Titip untuk memilih barang atau produk yang anda inginkan di Negara tertentu.

Sangat mudah bukan?

Let’s shipping with Sindo Shipping. Jasa Pengiriman terpercaya, praktis dengan harga terjangkau.

Happy Shipping