MENGENAL PENGEMASAN BARANG YANG BENAR & TETAP MENARIK

Bagi masyarakat luas saat ini yang lebih menyukai berbelanja tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Pengemasan Barang atau yang lebih dikenal dengan istilah Packing. Bagi para penjual maupun pembeli tentu memiliki persepsi yang berbeda mengenai istilah packing namun tentu memiliki tujuan yang hampir sama.

Lalu apakah pernah terlintas di pikiran kalian, bagaimana cara mengemas barang dengan tampilan packing yang menarik dan tentunya aman dan nyaman.
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada masa ini begitu banyak penjual yang bersaing ketat di marketplace. Hal ini tentu membuat beberapa penjual lebih mementingkan packaging yang cantik dan menarik dibandingkan dengan packaging yang nyaman.
Namun tak jarang beberapa pembeli yang merasa puas dengan pengemasan barangnya namun merasa kecewa lantaran produk yang dipesannya robek, lecet maupun rusak. Hal ini tentu saja bukan keluhan yang jarang ditemui oleh seorang penjual.
Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan turunnya semangat penjual untuk berjualan dan tentu menyebabkan turunnya kepercayaan pembeli terhadap penjual. Bahkan tidak menutup kemungkinan penjual tentu akan mengalami kebangkrutkan lantaran banyaknya review atau ulasan buruk yang diberikan pelanggan.
Nah pada blog kali ini kita kan membahas bagaimana cara mengemas barang dengan baik dan benar namun tetap memiliki kesan menarik dimata pembeli.
Namun sebelum mengambil langkah-langkah mengemasi dan mengirim barang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni diantaranya :

  1. Pastikan barang dalam keadaan bagus dan dalam keadaan baik sebelum dikemas
  2. Lapisi barang dengan Bubble wrap, Styrofoam atau Busa untuk menahan guncangan barang saat pengiriman
  3. Pastikan tidak ada ruang kosong untuk meminimalkan pergerakan barang saat dikirim
  4. Pastikan kemasan produk cukup kuat dan tidak rusak saat terkena air atau benda-benda tajam saat proses pengiriman
  5. Periksa kembali paket atau volume paket sebelum melakukan pengiriman
  6. Saat menyerahkan paket ke kurir atau agen, pastikan sekali lagi bahwa barang dalam keadaan sudah layak untuk dikirim

Nah dari beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil langkah – langkah mengemasi suatu barang diatas, selanjutnya akan dibahas mengenai langkah-langkah mengemasi barang yang benar namun tetap menarik dimata pembeli, diantaranya yaitu :

  1. Bungkus atau Lapisi produk secara berlapis
    Agar produk tetap aman saat dalam perjalanan, tidak ada salahnya untuk kita memberikan perlindungan ekstra yang berlapis pada barang tersebut. Sebagai contohnya, kita bisa membungkus produk dengan bubble wrap dan selanjutnya dilapisi dengan karton atau kertas kardus dibagian luarnya. Namun jika dalam satu kardus terdapat beberapa produk, usahakan setiap produk dilapisi bubble wrap dan pastikan tidak ada celah didalam kardus tersebut, sehingga tidak terjadi benturan antara satu produk dengan produk lainnya.
    Untuk pemilihan kardus, gunakan kardus yang memiliki kualitas bagus dan berbahan kuat serta hindari menggunakan kardus bekas agar kardus tidak kehilangan kekuatannya serta terhindar dari kerusakan, mudah penyok bahkan sobek.
  2. Gunakan kemasan kayu untuk barang yang mudah pecah dan makanan
    Jika kita ingin mengemas barang yang mudah pecah maka kita perlu mempertimbangkan untuk menggunakan packing kayu di bagian luar . Disamping lebih kuat tentu packing kayu lebih aman khususnya untuk barang yang mudah pecah. Selain barang mudah pecah, packing kayu juga disarankan untuk mengemas makanan, barang yang memiliki nilai tinggi seperti CPU, Laptop, Komputer, dan sejenisnya.
    Packing kayu memiliki kelebihan perlindungan yang tidak mudah rusak dan berkarakteristik kuat serta tahan terhadap tumpukan.
  3. Menempelkan Stiker Peringatan
    Bagi kamu yang akan mengemas barang yang mudah pecah tentu jangan lupa untuk menempelkan stiker peringatan bahwa barang tersebut mudah pecah ataupun patah ( Fragile ) agar kurir dari ekspedisi yang digunakan lebih berhati-hati saat mengirim barang.
    Ada banyak sticker yang bisa didapatkan di toko-toko terdekat terkait stiker untuk pengemasan barang tersebut.
  4. Penulisan marking code yang benar
    Perhatikan penulisan marking code yang benar. Dalam penulisan marking code tulislah ; Markingcode/Nama Penerima ( Untuk nama penerima pastikkan bahwa sesuai dengan KTP ). Karena jika terjadi sesuatu terhadap barang anda , akan mudah bagi kami untuk melacak lokasi keberadaan barang anda.
  5. Pilih Jasa Pengiriman yang tepat dan terpercaya
    Hal ini tentu berkaitan dengan jasa pengiriman yang tepat dan terpercaya. Karena barang yang akan kamu kirim akan berpengaruh terhadap kondisi pada saat barang itu diterima. Pastikan sebelum memilih jasa pengiriman, perhatikan dulu ulasan ulasan yang diberikan dari pembeli dan sebagainya.

Nah itulah beberapa langkah – langkah yang bisa digunakan dalam mengemasi barang yang benar,
Adapun cara mengemasi barang agar terlihat menarik yakni diantaranya :

  1. Buat Kemasan Menjadi Lebih Berguna
    Salah satu hal penting dalam membuat kemasan adalah tidak cukup sekali pakai kemudian dibuang. Berikanlah nilai lebih pada kemasan. Buat kemasan yang dapat digunakan untuk keperluan lain, misalnya berupa box untuk menyimpan barang-barang atau tas belanja.
  2. Perhatikan Desain
    Desain juga menjadi elemen penting dalam pembuatan suatu kemasan. Desain juga perlu memperhatikan dua hal yaitu komunikasi dan visual. Desain product dan packaging yang baik adalah design yang memiliki kemampuan mengkomunikasikan pesan baik desain bentuk, visi produk, dan juga nilai guna produk dengan desain yang baik. Desain yang baik juga dapat memberikan visual yang estetis dengan menyesuaikan visi suatu produk, target produk, dan juga segmen produk.
  3. Berikan hiasan pada paket
    Memberikan hiasan pada paket juga dapat bisa menarik perhatian pelanggan untuk membeli barang . Kalian bisa memberikan hiasan seperti pita, gambar, atau stiker untuk membuat suatu paket semakin menarik
  4. Berikan kartu ucapan terima kasih
    Dengan memberikan suatu kartu ucapan terima kasih merupakan suatu upaya komunikasi yang bisa kita sampaikan kepada pelanggan karena telah membeli produk yang kalian jual, Dengan begitu kita juga bisa menyentuh hati pelanggan. Kartu ucapan tersebut juga bisa dibuat sekreatif mungkin secara seni maupun kata yang mau disampaikan agar terlihat lebih menarik.
    5.Berikan Suvenir bisa menjadi tambahan ide menarik ngomongin
    Mengapa dengan memberikan suvenir dapat memenjadi tambahan ide yang menarik? Setiap pelanggan pasti menyukai suvenir unik yang menjadi ciri khas suatu toko yang dibeli terutama jika itu gratis. Itu merupakan ide yang sangat menarik.

Begitulah beberapa uraian mengenai cara pengemasan barang yang baik dan benar dari sisi yang menguntungkan untuk kalian yang ingin membangun suatu usaha
Nah buat kalian nih yang ingin melakukan pengiriman barang berupa export import , kalian bisa kerjasama dengan kami melalui pengiriman barang Sindo Shipping, kontak di 081296055142 atau di website kami http://www.sindoshipping.com