YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG PENGIRIMAN BARANG DARI LUAR NEGERI KE INDONESIA

Pengiriman barang antar daerah ke daerah lain di dalam negeri mungkin sudah biasa Anda lakukan. Tetapi apabila Anda hendak mengirim barang dari luar negeri ke dalam negeri Indonesia, maka cara dan mekanismenya akan lebih ketat. Apalagi dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, tentu saja membuat masyarakat Indonesia yang cenderung bersifat konsumtif, ikut bertransaksi di pasar online luar negeri, dan juga banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan peluang untuk membuka bisnis online untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Walau demikian, saat ini telah hadir banyak jasa pengiriman barang internasional yang menjamin barang Anda aman sampai tujuan dengan tarif yang terbilang murah dan kompetitif. Jasa pengiriman paket dari luar negeri ini tentu mempermudah Anda melakukan pengiriman.

Jika anda ingin melalukan pengiriman barang dari luar negeri seperti Singapore, Malaysia, Jerman, China atau dari negara lain ke Indonesia , Namun sebelum Anda melakukan pengiriman, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui untuk keamanan barang anda.

Karena penting bagi kita mengetahui tata cara pengiriman barang sebelum kita mengambil tindakan demi memastikan barang yang kita kirim akan sampai ditempat tujuan seperti yang diharapkan.

Adapun cara cara yang dimaksud, yakni diantaranya :

1. Cari Penyedia Jasa pengiriman yang melayani Pengiriman dari luar negeri ke Indonesia

Penting bagi anda untuk memilih  jasa pengiriman yang tepat dan bisa membantu Anda dalam mengurus serta memenuhi semua persyaratan dokumentasi dan tentu yang mudah,cepat dan aman. Jika sembarangan memilih jasa pengiriman barang itu bisa berakibat fatal misalnya kehilangan barang, kerusakan pada barang,dan juga bisa saja barang tidak sampai tujuan. Saat ini tentu terdapat banyak jasa layanan pengiriman barang yang terdapat di masing-masing negara di mana anda tinggal.

2. Pastikan Ada Jaminan Atau Asuransi dari Jasa Pengiriman

Ada baiknya ketika anda memilih jasa pengiriman yang memberikan asuransi atau jaminan pada barang-barang yang Anda kirim dari luar negeri akan lebih baik untuk memilih jasa pengiriman yang menyediakan Jaminan atau Asuransi dari jasa pengiriman itu sendiri. Apalagi bila Anda mengirim jenis barang yang sensitive dan bisa mengalami kerusakan akibat benturan selama pengiriman.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengirim, komunikasikan atau pastikan kepada layanan jasa pengiriman bahwa barang Anda harus aman dan tidak rusak ketika sampai tujuan ke Indonesia.

3.Dipengaruhi Oleh Sistem Birokrasi Bea Cukai

kendala proses pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia ialah birokrasi dari pihak pemerintah Indonesia yang bisa dibilang cukup ketat menangani proses importasi serta bea cukai barang yang masuk ke Indonesia.

Beberapa pembeli yang berbelanja online di situs luar negeri mengeluhkan sulitnya membeli produk dari luar yang sebenarnya hanya dipakai untuk keperluan pribadi dan bukan komersial walaupun jumlahnya sangat kecil. Mengingat banyak persyaratan yang diperlukan untuk importasi barang dari luar negeri.

Impor barang pribadi penumpang dapat dilayani tanpa melalui pemeriksaan fisik (jalur hijau), namun dapat juga dikenakan pemeriksaan fisik (jalur merah) dalam hal membawa barang impor:

– Berupa hewan , ikan dan tumbuhan termauk produk yang berasal dari hewan, ikan, dan tumbuhan;

– Berupa narkotika, psikotropika, obat-obatan, senjata api, senjata angin, senjata tajam, amunisi, bahan peledak, benda/publikasi pornografi;

– Berupa film sinematografi, pita video berisi rekaman, video laser disc atau piringan hitam; atau

– Berupa uang dalam Rupiah atau dalam mata uang asing senilai Rp 100.000.00,- (Seratus juta  rupiah)    atau lebih.

Terhadap penumpang yang tidak memenuhi ketentuan impor barang penumpang wajib membayar bea masuk yang terutang dan dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar paling sedikit 100% dari bea masuk yang seharusnya dibayar dan paling banyak 500% dari bea masuk yang seharusnya dibayar.

Jadi pastikan anda tidak mengirim barang yang terlarang, ingatlah bahwa setiap barang yang Anda kirim dari luar negeri ke dalam Indonesia akan melalui berbagai rangkaian pemeriksaan yang ketat dan detail. Jadi pastikan barang Anda legal dan telah melalui mekanisme persyaratan negara terkait. Informasi tentang hal ini dapat Anda ketahui dari pihak Bea Cukai atau Freight Forwarder yang Anda kenal.

4. Pastikan Jasa Memiliki Kerjasama yang Luas Dalam Pengiriman

Pilihlah jasa pengiriman yang memiliki kerjasama yang baik di industri pengiriman ,sehingga bisa memudahkan anda dalam melakukan pengiriman dari mana saja dan kemana saja dan juga bisa mempick-up barang anda dari rumah ke tempat tujuan dengan biaya yang kompetitif,dan juga pengiriman aman dan terpercaya.

Setiap jasa layanan pengiriman baik itu di dalam negeri atau antar negara tentu menawarkan jasa pengiriman dengan berbagai variasi. Apabila Anda ingin paket kiriman Anda tiba dengan cepat, tentu biaya yang perlu dikeluarkan lebih tinggi dibanding jenis pengiriman yang lebih memakan waktu.

5. Nomor Resi Jangan Sampai Lupa

Setelah Anda melakukan pembayaran, maka nomor resi akan tercetak. Nomor resi berfungsi untuk melakukan pelacakan posisi barang Anda. Anda dapat melakukan pengecekan secara daring di web resmi Jasa Pengiriman Barang yang Anda gunakan.

Demikianlah beberapa pengetahuan yang bisa kami berikan kepada kalian, semoga bisa membantu bagi kalian yang ingin melakukan pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia.

6. Periksa Barang Kiriman Setelah Tiba

Ketika barang kiriman Anda telah tiba di tempat, Anda harus memeriksanya dengat teliti. Pastikan tidak ada kerusakan atau ada barang yang hilang. Setiap kerusakan harus dicatat secara jelas dan disimpan.

Jika ada barang Anda yang rusak atau kurang, Anda harus langsung memberitahukan kepada layanan pengiriman terkait dan minta pertanggungjawaban mereka. Anda bisa mengajukan klaim pada jaminan atau asuransi yang diberikan jasa pengiriman

Demikianlah beberapa pengetahuan yang bisa kami berikan kepada kalian, semoga bisa membantu bagi kalian yang ingin melakukan pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia.

Kami juga menyarankan jika kalian ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia ,kalian bisa menggunakan jasa pengiriman  SINDO SHIPPING karena sindo shipping melayani jasa pengiriman eksport import dan juga sudah bekerja sama dengan DHL sehingga memudahkan kalian untuk mengirim barang dari mana saja dan kemana saja,dan juga sistemnya door to door sehingga bisa mempick-up barang anda dan mengirim barang anda ke tempat tujuan dengan aman,dengan tentunya dengan biaya yang kompetitif. Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan Asuransi atau Jaminan Barang anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman, Dengan begitu anda pun tentu akan lebih merasa nyaman saat melakukan pengiriman barang dengan memilih Sindo Shipping sebagai pilihan anda. Sudah banyak testimony yang kami dapatkan dari costumer kami ,jadi jika kalian berkenan ingin menggunakan jasa kami kalian bisa menghubungi  kontak kami melalui 081296055142 atau di website resmi kami http://www.sindoshipping.com