HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN SEBELUM MENGIMPORT BARANG DARI LUAR NEGERI.

Apakah kalian mempunyai rencana untuk memulai usaha bisnis di masa sekarang ? kalau iya, anda bisa memulai bisnis anda di bidang eksport import . Mengapa eksport import ?ekspor impor atau perdagangan nasional merupakan industri yang sangat masif. Hampir setiap negara di dunia terlibat dalam perdagangan internasional. Tanpa adanya kegiatan ekspor impor, tentu saja akan banyak negara yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Proses memindahkan dari satu negara ke negara merupakan hal yang cukup kompleks. Maka dari itu, banyak orang dari berbagai pihak dan profesi yang terlibat agar industri ekspor impor dapat terus berjalan.

Karier dalam dunia ekspor impor bisa jadi sangat luas dan melibakan banyak jenis perusahaan yang didalamnya membutuhkan professional dalam berbagai bidang. Tapi, pada dasarnya, terdapat tiga pihak yang memfasilitasi jalannya bisnis ekspor impor, yaitu eksportir, importir, dan jasa pengiriman barang. Kamu bisa memulai kariermu dalam industri ekpor impor dengan bergabung dengan salah satu dari perusahaan yang berjalan dalam bidang tersebut. Pada dasarnya perusahaan manajemen ekspor impor merupakan perantara untuk berbagai perusahaan di dunia yang membantu memfasilitasi transaksi pengiriman skala besar mereka. Sedangkan jasa pengiriman barang atau perusahaan pengangkutan barang, merupakan perantara antara eksportir dan importir.

berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bisnis eksport import ;

1. Dengan impor anda bisa mendapatkan produk yang unik. Setiap produk yang diciptakan di dunia ini pasti tidak akan sama satu dengan lain karena beberapa faktor seperti sumber daya yang digunakan, kebudayaan dan peraturan yang ada di Negara tersebut, dan faktor lain-lainny

2. Manfaat yang bisa didapatkan suatu negara dengan melakukan ekspor adalah dapat mengenalkan produknya ke luar negeri, memperbesar ekspansi pasar, membuka lapangan kerja karena semakin banyaknya permintaan barang untuk diekspor, dan juga tentunya menambah devisa negara. Sedangkan manfaat dari impor, selain untuk mengatasi kekurangan barang, juga untuk memperoleh bahan baku yang lebih berkualitas dan juga menjaga kestabilan harga.

Untuk Anda yang ingin membeli barang dari luar negeri, atau ingin mengimpor barang dari luar negeri, maka Anda harus mengerti tips dan trik impor barang dari luar negeri tersebut. Hal seperti ini perlu Anda lakukan, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman, dan pembayaran. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan impor barang tersebut :

1. Menentukan harga dan sistem perdagangan
Ketika Anda akan melakukan pembelian barang dari luar negeri, maka hal yang harus Anda lakukan pertama kali dengan supplier adalah sistem pembayaran seperti apa yang akan dilakukan. Ada beberapa sistem pembayaran yang biasanya dilakukan seperti FOB ( Free On Board), CRF (Cost and Freight), CIF (Cost Insurance and Freight), dan beberapa jenis sistem pembayaran lainnya.

2. Menentukan cara dan biaya pengiriman
Setelah Anda mengetahui term of trade atau term penyerahan perdagangan dari pemilik barang, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui dan memastikan aneka macam biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan, untuk sampai ke alamat yang dituju.
Disini pihak jasa pengangkut barang harus mengetahui berat dan dimensi barang yang hendak dikirim, baru kemudian pihak jasa pengangkut memberikan harga biaya angkut yang harus dibayar.

3. Memilih freight Forwarder
Pilih jasa pengangkut barang atau freight forwarder yang paling tepat, ketika Anda melakukan transaksi pembelian dari luar negeri seperti ini. Karena pihak forwarder yang baik, akan mengurus semua dokumen yang diperlukan untuk mengirimkan barang ke alamat yang dituju. Seperti pengurusan kepabeanan, asuransi, dan hal-hal lainnya.

4. Memilih sistem pengiriman
Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih sistem pengiriman yang paling menguntungkan. Dalam hal ini ada 3 jenis pengiriman yang dapat Anda pilih, antara lain :

Ocean freight, atau melalui jalan laut. Penggunaan alat transportasi seperti ini, paling tepat dilakukan, jika barang yang dikirim jumlahnya banyak dan berat, serta tidak membutuhkan waktu pengiriman yang cepat.
Air freight atau melalui jalan udara. Penggunaan alat transportasi seperti ini paling tepat, jika barang yang dikirim kecil, dan jumlahnya sedikit, serta untuk kebutuhan mendesak.
Jalan darat, penggunaan jalan darat biasanya jarang dilakukan, penggunaan jalan darat, hanya dilakukan ketika barang sudah hampir tiba di tempat tujuan. Sistem pengiriman barang biasanya menggunakan kombinasi laut atau udara.

5. Asuransikan barang
Ketika Anda mengimpor barang seperti ini, ada baiknya jika proses pengiriman barang tersebut juga dilengkapi dengan sistem asuransi. Anda dapat melakukan asuransi terhadap barang tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Disini Anda menggunakan sistem asuransi cargo.

6. Memahami peraturan pabean
Pahami juga aneka macam peraturan kepabeanan, seperti aneka larangan barang yang tidak boleh masuk, apakah barang tersebut memerlukan dokumen khusus ketika masuk ke Indonesia, atau yang lainnya.

7. Menentukan cara bayar
Menentukan cara membayar barang yang dikirim juga perlu Anda lakukan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan disini antara lain :

Sistem transfer, melakukan transfer antara bank.
Menggunakan kartu kredit, Anda dapat membayar menggunakan kartu kredit, dengan catatan, sistem pembayaran ini sebelumnya sudah dikonfirmasi.
Sistem pembayaran kemudian, pada sistem ini, Anda tidak akan membayar apapun, sebelum barang dikapalkan dan sebelum barang diterima. Cara ini hanya dapat dilakukan jika terjadi kesepatakan dari kedua belah pihak.

Berikut itu adalah beberapa tips dan trik impor barang yang bisa kami berikan, berikutnya apabila Anda masih merasa kesulitan dengan beberapa hal yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan beberapa jasa import barang yang ada belakangan ini. Dengan menggunakan jasa seperti ini, maka beberapa hal seperti sistem pembayaran, jasa forwarder, sistem beli barang jadi jauh lebih mudah.

Kalian bisa menyerahkan masalah pengiriman barang anda dengan sindo shipping karena sindo shipping membantu masalah pengiriman barang eksport import anda .Di Indonesia sendiri, cukup sulit untuk dapat menemukan jasa pengiriman barang ke luar negri seperti Singapura, Jepang, Malaysia, Amerika, Australia, etc, yang mudah dan murah di karena kan hanya beberapa perusahaan yang mempunyai jasa yang dapat melakukan pengiriman internasional.Kebanyakan jasa pengiriman tidak dapat melakukan pengambilan ke alamat anda sehingga anda harus ke counter tempat pengiriman barang tersebut. Terlebih lagi banyak nya pengiriman barang yang memberikan harga murah tetapi tidak ada jaminan barang sampai atau kapan kepastian barang sampai ke tujuan. Pengurusan custom impor pun kadang menjadi masalah di negara tujuan.SindoShipping sudah sejak 2014, melakukan pengiriman dari dalam ke luar negri maupun sebaliknya dengan menggunakan Singapura sebagai basis transit. Dengan kerjasama dengan DHL, pengiriman SindoShipping dapat mencapai ke seluruh dunia tanpa terkecuali. Sistem yang dimiliki DHL sebagai jasa kurir service terbesar di dunia sudah mumpuni dan terbukti.

Nah bagi anda yang ingin memulai bisnis eksport import dan masih bingung mengenai jasa pengiriman eksport import , kalian bisa menggunakan jasa sindo shipping karena di sindo shipping akan membantu anda dalam mentracking barang anda , dengan custumer service yang siap melayani anda mengenai barang anda , dan juga sindo shipping membantu anda dalam masalah bea cukai , dan juga tentunya sudah terpercaya dan juga memiliki asuransi pengiriman , maka dari itu jika kalian berminat untuk menggunakan jasa sindo shipping kalian bisa menghubungi kami di no +6281296055142 , happy shipping.