CARA PACKING BARANG ELECTRONIC YANG AMAN

Di era digital seperti sekarang barang electronik menjadi kebutuhan utama. Teknologi menjadi sangat penting perannya. Mulai dari kita bangun tidur sampai terlelap di malam hari. Kita tidak pernah terlepas dari barang elektronik. Mulai dari bekerja, bepergian dengan transportasi hingga memesan makanan dapat dimudahkan dengan adanya teknologi online. Oleh sebab itu, kebutuhan akan barang dengan teknologi digital selalu tinggi. Dengan kemudahan internet, kita dapat menemui berbagai toko online yang menjual barang-barang elektronik. Baik di sosial media ataupun e-commerce dapat dengan mudah kita temukan.Namun, bagi  anda yang ingin melakukan pengiriman barang berupa electronik penting untuk mempacking barang anda agar tetap aman.

Mempacking barang adalah hal yang sangat penting. Terlebih bagi barang-barang yang rentan rusak atau pecah, mengingat akan melalui proses ekspedisi pengiriman barang dengan jarak yang sangat jauh. Karenanya, mulai dari metode pengemasan hingga material packing, perlu diperhatikan. Packing yang tidak tepat akan beresiko dan mempengaruhi kondisi barang.

Resiko dalam pengiriman barang. Banyak faktor yang bisa membuat barang import rusak maupun berkurang nilainya. Hal ini tak lepas dari banyaknya proses angkutan yang dilalui barang tersebut untuk bisa sampai ke lokasi yang kita inginkan. Baik itu cargo darat, laut hingga udara, beberapa faktor berikut ini bisa membuat kemasan atau barang import rusak :

  • Rusak karena tekanan 

tumpukan barang bisa mengakibtakan tekanan. Jika barang import kurang kuat dan bagus kemasan packingnya, maka hal ini akan membuatnya rusak. Jadi, pemilihan material packing harus bisa menahan tekanan yang ada.

  • Rusak karena guncangan dan benturan

 proses bongkar muat barang bisa memiliki resiko tersendiri. Salah satunya ialah resiko barang jatuh dan menimbulkan benturan. Hal inilah yang membuat paket bisa mengalami kerusakan. Karenanya bahan matetial harus bisa melindungi barang import yang dikirim.

  • Rusak karena basah 

 kondisi lembab, hujan, bisa menjadi halangan bagi pengiriman barang import. Terlebih jika ada halangan berupa banjir saat membawa barang ke lokasi, maka resiko barang tersebut basah dan terkena lembab jauh lebih besar. Akibatnya kerusakan barang tak bisa dihindari kecuali memilih pakcing yang bagus dan tahan air.

Karena berbagai hal di atas, barang bisa menjadi rusak atau berkurang nilainya. Sebagai solusi, maka bisa memilih material yang paling sesuai dan paling aman. Beberapa metode tersebut adalah: kardus, sterofoam, amplop, sampul, kertas kado, bubble wrap, dan pallet.

Pemilihan packing barang import sesuai dengan jenis barang. Dengan demikian, proses pengiriman akan lebih lancar dan memudahkan aktivitas pengangkutan. Nilai barangpun akan tetap terjaga tanpa takut adanya kerusakan.

Untuk mengurangi resiko barang rusak, maka packing sangat penting. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara packing yang tepat :

  • Perhatikan jenis barang
  • Menyesuaikan ukuran barang
  • Berkonsultasi dengan agen pengiriman
  • Tempelkan stiker fragile pada packaging anda

Mengingat banyak barang elektronik yang sensitif dan membutuhkan perhatian khusus. Berikut ini adalah beberapa material  yang bisa anda gunakan untuk mempacking barang anda agar tetap aman.

1 . Gunakan bubble wrap

Bubble wrap atau gelembung plastik jamak digunakan pada semua barang elektronik yang menggunakan dus. Ini berfungsi sebagai penahan agar tetap aman walaupun terjadi benturan pada barang yang sedang dikirim. Umumnya barang-barang elektronik yang ringkih seperti smartphone, tablet dan laptop. Barang-barang seperti itu membutuhkan ekstra pengamanan karena sangat gampang rusak dan harganya lumayan mahal. Ini juga perlu menjadi perhatian bagi para seller.

2. Gunakan Styrofoam

Selanjutnya kamu dapat menggunakan styrofoam sebagai salah satu cara mengirim barang elektronik. Sifat styrofoam yang empuk, dapat mengurangi benturan terhadap gadget atau barang elektronik yang sedang dikirimkan.

3. Gunakan packaging peti kayu

Untuk pengiriman barang elektronik berukuran besar seperti handphone, Sound System, laptop dan lainnya dapat menggunakan peti kayu sebagai tempat pengirimannya. Karena peti kayu cukup kuat untuk melindungi barang elektronik dari benturan barang lainnya. Kamu dapat menggunakan peti kayu yang banyak dijual ataupun membuat peti kayu sesuai dengan ukuran kardus barang yang dikirim.

4 . Kardus / Box karton

Kardus atau box karton memiliki fungsi untuk menahan tekanan luar. Kemasan box karton juga biasanya dipadankan bersamaan dengan box styrofoam, sehingga barang yang dikemas tentu saja akan lebih aman dari tekanan, tumpukan, getaran, dan guncangan. Agar kedap terhadap air, dapat juga ditambahkan pembungkus plastik di luar Box. Kardus biasanya digunakan untuk mengemas barang seperti tas, makanan kering, barang elektronik, sepatu, dan aksesoris.

Penting bagi kita untuk menyesuaikan besaran packing juga harus sesuai dengan barang. Jika pembungkus terlalu besar, maka akan ada resiko packing penyok dan rusak. Untuk membuatnya tidak terlalu longgar maka ganjal dengan sterofoam atau benda lain untuk mengisi ruang kosong tersebut.

Konsultasi dengan tim yang ada di agen pengiriman barang. Karena mereka pasti memiliki lebih banyak pengalaman. Makanya, sebelum melakukan pengiriman, konsultasikan terkait pakcing yang bagus dan juga aman. Hal ini bisa menghindari kerugian akibat barang pecah atau rusak.

Memberi Stiker Fragile atau Barang Mudah Pecah. Jika semua langkah cara packing barang elektronik di atas sudah dilakukan, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah untuk memberikan peringatan atau pemberitahuan dengan memasang stiker “fragile”  atau barang mudah pecah. Ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk lebih berhati-hati dalam pengiriman barang yang kamu kirim. Layanan pengiriman Anteraja bahkan sudah memberikan layanan stiker seperti ini untuk dapat lebih memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggannya.

Selain mempacking barang dengan aman anda juga harus memilih jasa pengiriman dan juga sudah terpercaya dalam masalah pengiriman barang

Kami menyarankan jika kalian ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia ,kalian bisa menggunakan jasa pengiriman Sindo shipping. Kenapa Sindo shipping? karena sindo shipping melayani jasa pengiriman eksport import dan juga sudah bekerja sama dengan DHL sehingga memudahkan kalian untuk mengirim barang dari mana saja dan kemana saja,dan juga sistemnya door to door sehingga bisa mempick-up barang anda dan mengirim barang anda ke tempat tujuan dengan aman,dengan tentunya dengan biaya yang kompetitif. Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan Asuransi atau Jaminan Barang anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman, Dengan begitu anda pun tentu akan lebih merasa nyaman saat melakukan pengiriman barang dengan memilih Sindo Shipping sebagai pilihan anda. Sudah banyak testimony yang kami dapatkan dari costumer kami ,jadi jika kalian berkenan ingin menggunakan jasa kami kalian bisa menghubungi  kontak kami melalui 081296055142 atau di website resmi kami http://www.sindoshipping.com