Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

10 Frequently Asked Question about shipping to indonesia

airport waiting boarding planes

Apa kira-kira yang menjadi pertanyaan yang biasa kalian tanyakan sebelum kalian melakukan pengiriman barang? Apakah kalian sudah pernah melakukan proses pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia dengan aman dan nyaman?

Sebelum anda memulai pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia, ada beberapa hal yang kalian perlu perhatikan, yaitu:

  1. Apa jenis barang yang anda ingin kirimkan dari luar negri?

Anda harus dapat dengan jelas tipe barang apa yang kalian ingin kirimkan, invoice lengkap dan packing list lengkap atau jika dokumen tidak lengkap kalian bisa memberikan ukuran perkiraan sehingga quote yang diberikan dari customer service Sindoshipping dapat lebih akurat.

Ditambah lagi dengan mengetahui jenis barang yang anda ingin kirimkan, kami dari SindoShipping dapat mengecek dan mengetahui dokumen apa yang dibutuhkan untuk mengimpor barang tersebut dan mengecek ke badan bea cukai Indonesia, atau Indonesia Custom agar barang yang dikirimkan tidak mendapati masalah dalam proses pengiriman.

Jenis barang yang akan dikirimkan juga berpengaruh terhadap harga barang perkilo dalam proses pengiriman. Maka dari itu harus di ketahui dengan jelas dan dikomunikasikan dengan jelas ke customer service kami sebelum melakukan pengiriman barang sehingga informasi yang didapat juga cukup jelas.

2. Berapa banyak kira-kira anda akan mengirimkan barang tersebut?

Dengan mengetahui jumlah kilo dan perkiraan dimensi, tim customer service dapat memberikan informasi yang terbaik mengenai quote harga pengiriman barang tersebut,

Satuan kilo merupakan satuan standar dalam proses pengiriman barang. Hitungan kilo juga berpengaruh dari ukuran panjang, lebar, tinggi (dimensi) dari barang tersebut yang dapat dikonversikan ke kilometric weight dengan cara penghitungan panjang x lebar x tinggi / 6,000 dan dibandingkan dengan kiloan asli yang mana yang lebih berat.

Itu merupakan sistem standar pengiriman barang secara Internasional yang digunakan secara universal dimana akan dicharge ke customer dihitung yang mana yang lebih berat dalam proses efektivitasnya. Sebagai contoh, jika ada customer yang ingin mengirimkan bola pingpong tetapi menggunakan box yang besar maka akan di charge volumetric karena berpengaruh ke dimensi atau space dalam proses pengiriman dan begitu pula sebaliknya jika barang tersebut berat tetapi mempunyai box yang kecil maka akan di charge berat asli nya.

3. Ke kota mana tujuan anda akan melakukan pengiriman barang?

Dikarenakan SindoShipping menggunakan beberapa port dalam proses pengimporan barang, kota tujuan dimana anda mau mengirimkan barang juga berpengeruh dalam harga kiriman.

Tujuan kota-kota yang berbeda memiliki harga yang berbeda juga. Biasa nya semakin jauh dari ibukota Jakarta, maka harga kiriman semakin mahal dikarenakan tambahan biaya jarak pengiriman.

4. Apakah anda mau mengirimkan barang via laut atau udara?

Pengaruh sistem pengiriman atau cara anda mau mengirimkan barang juga berpengaruh terhadap harga pengiriman barang yang anda akan bayarkan dan juga berpengaruh terhadap waktu pengiriman barang juga.

Apakah barang yang anda kirimkan bersifat urgent atau penting atau tidak sangat berpengaruh terhadap kebutuhan anda untuk mengirimkan melalui laut atau udara.

Biasanya harga pengiriman barang via udara lebih mahal 2 kali di bandingkan harga pengiriman via laut dikarenakan biaya yang perlu dikeluarkan dalam proses pengiriman yang cepat dan mempersingkat waktu dan juga tambahan informasi adalah apabila barang yang anda kirimkan bulky atau besar secara ukuran yang dimana mengirimkan secara laut dapat mempermurah ongkos pengiriman barang.

SindoShipping didirikan di tahun 2014 dengan visi dimana perkembangan online shopping di tahun-tahun kedepan nya akan cukup sangat berpengaruh dalam perkembangan e-commerce secara global.

E-commerce sendiri merupakan kebutuhan pada era sekarang untuk dapat memperkembangkan bisnis secara online dan dimana kebiasaan konsumen yang berubah dari offline brick and mortar shop ke online shop.

Sistem komersial penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara fisikal merupakan hal yang baru di era millenium yang menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan harus terus dapat berinovasi.

Dengan perkembangan internet dan online shopping secara global, pengaruh jasa pengiriman barang dari luar negri sangat dibutuhkan oleh pembeli barang dari Indonesia sebagai konsumen secara langsung ataupun sebagai mediator atau penjual.

Sindoshipping melihat perkembangan masyarakat Indonesia yang melihat dan membutuhkan konsumsi barang yang tidak hanya dari dalam negri tetapi juga dari luar negri, dan Sindoshipping memainkan peran untuk dapat membantu masyarakat Indonesia pada umumnya dalam proses mengimpor barang secara mudah dan dengan harga yang terjangkau.

Karena banyaknya permintaan barang impor dari luar negri untuk di konsumsi di Indonesia, permintaan jasa pengiriman juga dibutuhkan dalam memperlancar proses mulai dari pembelian sampai barang diterima oleh konsumen.

Proses yang simpel dan tidak bertele-tele dibutuhkan oleh konsumen sebelum memulai pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia. Dengan mendapatkan data yang jelas dan akurat, calon pengirim bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman dalam proses pengiriman barang sampai barang di terima dengan baik di alamat penerima.

SindoShipping berkomitmen untuk dapat memberikan jasa yang terbaik dan dimana hal-hal yang untangible dan tidak terlihat dapat memberikan rasa aman seperti teknologi tracking online bagi barang yang dikirimkan, informasi yang jelas, dan resiko-resiko pengiriman barang yang didapati dalam proses pengiriman barang.

Di tahun 2020, pandemi coronavirus menyerang seluruh dunia dan banyak penduduk dunia tinggal dirumah dan membutuhkan jasa logistic dan pengiriman barang. SindoShipping mendapatkan banyak inquiry dan pertanyaan mengenai proses pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia secara efesien dan efektif. Banyak customer yang ingin memulai pengiriman barang dari luar negri karena tidak dapat berpergian karena ditutupkan border atau perbatasan antarnegara.

Dikarenakan coronavirus yang menyebabkan tidak bisa berpergian traveller diseluruh dunia, menjadikan industri pengiriman barang dan logistik sebagai tulang punggung dalam penyediaan barang dan juga perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain secara efektif dan murah.

SindoShipping sebagai penyedia jasa pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia yang sudah cukup berpengalaman bertahun-tahun, mendapatkan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pengirim barang. Berikut adalah beberapa jenis pertanyaan yang umum ditanyakan oleh para pengguna jasa sebelum melakukan pengiriman barang melalui SindoShipping.

Sindoshipping didirikan untuk dapat membantu proses pengiriman jasa impor barang dari luar negri ke Indonesia dengan cepat, mudah, dan efisien. Misi dari SindoShipping sendiri adalah untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik mengenai sistem pengiriman barang dari luar negri ke dalam negri yang dapat membantu reseller-reseller atau shop online yang ingin mencoba berbisnis barang-barang dari luar negri ke Indonesia.

Dengan pengetahuan dan sistem yang kami miliki, kami berusaha yang terbaik untuk dapat memberikan layanan yang terbaik dalam penyedia jasa pengiriman yang menggunakan Singapura sebagai hub pengiriman dari seluruh sistem kami.

Bagaimana prosedur pengiriman di Sindo Shipping ?

Sistem pengiriman SindoShipping menggunakan Singapura sebagai base penerimaan barang dari luar negri yang dimana calon pengguna jasa dapat memakai alamat warehouse SindoShipping sebagai alamat tujuan dari pembelian paket barang dari luar negri.

Mengapa Singapura? Singapura berlokasi sangat strategis yang terletak diujung peninsula Malaysia dan menjadi poros transit pengiriman barang di Asia Tenggara. Singapura sendiri sudah sejak lama menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara dan hampir 60-80 persen pengiriman barang ke Asia Tenggara melewati Singapura sebagai tempat transit bongkar muat barang.

Singapura juga merupakan top 10 Globatl transit place yang dimana pemerintah Singapura sangat mengutamakan efisiensi dan proses transit dan pengiriman barang se-efektif mungkin dan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya dalam proses transit di Singapura baik proses ekspor, impor dan proses clearance barang.

Ada 4 hal yang membantu Singapura menjadi top player di industry transit barang:

  1. Konektivitas. Lokasi Singapura di map sangat mendukung proses konektivitas pengiriman udara dan laut. Berletak di tengah-tengah Asia tenggara dan didukung oleh banyaknya kantor cabang multi national dan perusahaan logistic dunia menjadikan Singapura sebagai tempat yang sangat strategis.
  2. Infrastruktur. Singapura infrastruktur sangat mendukung karena investasi pemerintah lokal yang serius terus mengembangkan sesuai dengan internasional standar dalam proses logistik karena pemerintah Singapura mempercayai bahwa struktur infrastruktur digital dan fisikal perlu terus di tingkatkan berjalan nya waktu.
  3. Proses. Di Singapura, untuk memproses impor permit hanya membutuhkan beberapa menit untuk persetujuan, bandingkan dengan Indonesia yang butuh beberapa hari untuk mendapatkan impor permit suatu barang atau pengiriman. Dengan proses dokumentasi yang cepat dan pengaruh sistem dan infrastruktur yang terus diperbaharui, Singapura mempunyai nilai keunggulan yang terbaik dikelasnya.
  4. Keikutsertaan Privat Sektor. Dengan bantuan investasi dari privat sektor yang terus juga berinovasi dan menetapkan Singapura sebagai base di Asia Tenggara, menjadikan Singapura negara yang kuat dalam logistik dan hub pengiriman barang.

Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk dapat memulai pengiriman barang melalui SindoShipping:

  1. Melampirkan invoice asli atau packing list sesuai dengan isi paket yang akan dikirimkan ke alamat tujuan yang di tempel di luar box.
  2. Wajib memberikan nomor tracking paket jika mengirimkan paket ke warehouse Singapore dengan menggunakan kurir local atau dari e-commerce. 
  3. Menuliskan marking code sesuai dengan ketentuan yang sudah di berikan oleh Sindoshipping.
  4.  Penulisan alamat pegirim dan penerima wajib disertakan Kecamatan, Kabupaten dan Kode Pos.
  5.  Wajib memberikan foto paket yang sudah di lengkapi dengan marking code jika langsung diantarkan ke warehouse. 
  6. Untuk pengiriman barang dari e-commerce cukup dengan menuliskan warehouse kami dan memberitahukan ke customer service barang yang dipesan melalui e-commerce sehingga customer service dapat mengetahui dan mengindikasikan barang dari customer. 
  7. Setiap barang yang di dikirimkan ke warehouse baik menggunakan kurir local atau self delivery wajib mengirimkan foto kepada tim sindoshipping atau ke dalam grup whatsapp.
  8.  Jika tidak memberikan no tracking dan foto paket sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan sebelumnya, kami tidak akan bertanggung jawab jika terjadi kehilangan atau keterlambatan pengiriman.
  9.  Seluruh transaksi yang di lakukan tanpa memberikan informasi kepada team sindoshipping itu diluar tanggung jawab kami. Jika terjadi kehilangan barang dan masalah pada paket tersebut bukan tanggung jawab dari kami. 
  10. Seluruh booking pick up untuk penjemputan barang di Singapore harus di arrange oleh team sindoshipping bukan di arrange sendiri oleh customers.
  11.  Akan dibuat grup whatsapp untuk mempermudah pelacakan barang dan penagihan antara tim customer service dan pelanggan.
  12. Nama penerima paket harus sesuai dengan nama grup whatsapp yang sudah di buat. Jika tidak sesuai dan tidak ada konfrimasi kepada team sindoshipping ,jika terjadi sesuatu dengan paket itu di luar tanggung jawab kami. 
  13. Dimensi box yang digunakan maksimal 40 x 30 x 30 cm untuk pengiriman via udara via batam dikarenakan ada batasan maksimal dalam 1 box atau barang perlu dibongkar atau direpack. Jika melakukan pengiriman direct ke Jakarta lewat udara, tidak perlu dibongkar tetapi memiliki harga khusus.
  14. Batas pembayaran adalah 1×24 jam setelah invoice keluar dan ditagihkan melalui grup whatsapp. SindoShipping tidak bertanggungjawab jika ada delay dalam proses pengiriman jika pembayaran shipping tidak diterima sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  15. Untuk pembayaran akan di informasikan setelah paket tiba di batam sebelum dikirim ke alamat tujuan melalui bank transfer yang akan diinformasikan oleh tim customer service dalam mata uang rupiah atau SGD. 
  16. Estimasi pengiriman barang melalui udara adalah 7-14 hari kerja saat barang tiba di batam dan tidak dihitung sabtu minggu dan hari libur atau tanggal merah.
  17. Estimasi pengiriman barang melalui laut adalah 1-2 bulan dengan resiko paket tidak bisa di tracking seperti pengiriman dengan udara.
  18. Untuk pick up obat di klinik atau rumah sakit diwajibkan untuk melampirkan nomor paspor pasien dan detail pasien untuk proses pengambilan obat di Singapura.

Apakah ada potongan harga saat melakukan pengiriman melalui Sindo shipping ?

SindoShipping memiliki promo-promo sepanjang tahun sesuai dengan kalender-kalender promo yang dirancang oleh tim sales. Calon pengirim dapat bertanya ke tim sales customer service jika ada promo yang berlaku sewaktu calon pengirim ingin mengirimkan barang ke Indonesia.

Di tambah lagi, Sindo shipping kami memiliki sistem membership yang di bagi menjadi 4 level yang dapat memberikan tambahan diskon dan potongan poin bagi calon pengiriman barang, yaitu:

  • Green (0-50kg) Point belum bisa di redeem ,tetapi jika ingin meredeem point , maka bisa melakukan pengiriman dalam 1 bulan sebesar lebih dari 50kg. (hitungan bulan ke bulan)
  • Silver (50kg – 100kg ) poin bisa di redeem .
  • Gold (100kg-300kg) poin bisa di redeem.
  • Platinum (>300kg ) poin bisa di redeem 

Untuk mendapatkan 1 point, pengirim harus melakukan pengiriman minimal 1 kilogram pengiriman yang langsung diconvert ke point. Per tier juga memberikan angka poin yang berbeda. Silver 1 poin berharga IDR 1,000, Gold 1 poin berharga IDR 2,000, Platinum 1 poin berharga IDR 2,500. Semakin tinggi tier maka poin atau potongan yang di dapat semakin tinggi.

Beberapa cara lain dimana customer dapat mendapatkan poin adalah dengan sistem referral pengiriman, deposit uang pengiriman, dan menjadi agen atau refferal sistem yang juga menambah point dan dapat meningkatkan poin dalam sistem reward

Tambahan diskon apabila customer yang menduduki tier Silver, Gold , dan Platinum akan mendapatkan discount pengiriman sebesar 1% (Silver tier), 2% (Gold tier), 2.5% (Platinum tier). setiap pengirimannya bergantung dari efektif tier levelnya (hanya untuk barang general saja yaitu obat , makanan , pakaian, sepatu harga di bawah 1,5 juta )

Apakah Sindo shipping memiliki Asuransi untuk barang Branded dan Electronik ?

Kami menyediakan Asuransi untuk barang anda dimana hanya perlu membayar 15% dari value barang anda dengan maksimal klaim Rp.100.000.000. Untuk in house asuransi kami hanya menyediakan Rp 1.500.000 per shipment jika barang tidak di terima secara utuh atau tidak hilang sepenuhnya. Jika ada kerusakan, akan di review case per case basis.

  • Syarat dan Ketentuan klaim asuransi :
  1. Sebelum mengirim paket atau di terima oleh sindo shipping mohon foto atau videokan paket sebelumnya 
  2. Invoice / Bukti pengiriman 
  3. Mohon Videokan saat paket di buka. (unboxing video and photo)

Apakah Sindo shipping memiliki Jasa Pick up dan Repacking ?

Kami melayani jasa pick yang siap menjemput paket anda dari rumah anda ,jadi anda tidak perlu repot untuk mengantar paket anda ke warehouse kami dengan biaya 30 – 70 SGD.

Kami juga melayani untuk pick-up obat dari clinic dengan biaya 50-70 SGD. Dengan syarat harus memiliki resep dokter dan juga nomer passport pasien.

Schedule pick up :

  • Hospital / Clinic : 10 am – 2 pm
  • Residental : 2 pm – 6 pm 

Selain itu kami juga melayani jasa repacking dengan biaya 8 -15 SGD / box 23 x 23 x 60

Untuk segala pembayaran akan diinfokan melalui customer service kami .

Apakah Sindo shipping melayani registration IMEI ?

Sekarang pengiriman Iphone 12 sekarang menjadi hal yang paling diminati , kami bisa membantu anda dalam pengiriman barang elektronik dengan biaya 1.500.000/pcs 

Kami bisa melayani untuk registration imei dengan biaya 3.500.000 / pcs ,proses kerja akan di lakukan dalam 7 hari kerja, Jadi untuk prosedur registrasi IMEI di kami bisa di infokan kepada kami :

  1. foto box belakang hp yang tertera spesifikasi serta nomor imei
  2. Foto kan KTP yang mau di registrasikan

    Ada 2 pilihan cara yaitu ;
  3. sebelum barang di drop bisa di infokan kepada tim kami perihal ktp dan foto box iphone nya. Jadi pada saat di terima iphone sudah bisa di gunakan. Proses registrasi imei akan di lakukan setiap hari senin dan membutuhkan waktu 2-5 hari kerja.
  4. Bisa di infokan foto ktp dan foto box iphone nya pada saat barang sudah di terima oleh customers

Apakah sindo shipping hanya melayani pengiriman saja ?

Selain melayani pengiriman barang kami juga melayani jasa titip barang dengan biaya 10% dari value barang. 

Yang diperlukan untuk Jasa titip barang :

  1. Link website barang yang anda inginkan 
  2. Foto dan List barang
  3. Atau jenis barang yang ingin dibelikan dan detail, tim kami akan mengkomunikasikan dan menginformasikan ke customer mengenai barang yang dinginkan dan apakah customer ingin mempurchase barang tersebut.

Apakah harga sudah termasuk pajak ?

Harga pengiriman yang kami berikan sudah dengan termasuk pajak masuk indonesia. (all inclusive)

Apakah memiliki service express ?

Untuk estimasi pengiriman kami hanya bisa memberikan estimasi 7- 14 hari untuk pengiriman standar, untuk express service, kami menyediakan jasa pengiriman via DHL yang dimana 1-2 hari barang bisa sampai di Indonesia di luar waktu clearence custom.

Apakah bisa mengirim makanan frozen food ?

Untuk pengiriman makanan kami hanya bisa mengirim makanan kering yang sudah memiliki ijin seperti BPOM.

Ketika mengirim barang-barang makanan ke luar negeri melalui jasa ekpedisi , aturannya tergolong sederhana: Anda tidak bisa mengirim makanan yang digolongkan sebagai barang mudah rusak (hal-hal yang bisa meledak atau yang bisa rusak / basi saat transit).

Berikut ini adalah beberapa syarat makanan yang bisa dikirimkan :

  1. Makanan harus dalam kemasan produsen asli (biasa pabrikan)
  2. Memiliki no BPOM (artinya sudah memiliki izin dari badan pemeriksa obat dan makanan)
  3. Kemasan makanan harus disegel dan tidak dirusak dengan cara apapun.
  4. Kemasan makanan harus mencantumkan semua bahan (ingredients).
  5. Makanan harus memiliki umur simpan lebih dari 6 bulan (best before) sejak tanggal pengiriman.

Berikut ini beberapa contoh makanan yang bisa dikirim :

  1. Mie instan
  2. Suplemen vitamin
  3. Bumbu instan
  4. Snack

Apakah hanya melayani pengiriman barang dari Singapore saja ?

Bagi anda yang ingin melakukan pengiriman di luar singapura jangan khawatir karna kami sindo shipping bekerja sama dengan DHL yang bisa membantu anda melakukan pengiriman dari seluruh dunia tentunya dengan harga yang ekonomis.

Sistem pengiriman yaitu DHL akan mengambil barang kiriman anda dari alamat dan negara dimana DHL ada menyediakan jasa pengiriman Internasional. Tim kami akan membantu anda mengatur pengiriman dari alamat yang anda tunjuk dalam proses pengiriman dan akan transit di gudang kami di Singapura.