Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

Cara Mudah Kirim Paket Dari Singapore Ke Indonesia? Yuk Kenali Sindo Shipping Lebih Dalam

Singapore setelah gelombang pandemic di negaranya berlalu, sudah mulai berangsur-angsur pulih dengan kedatangan turis dari luar negri. Per April 2022 sewaktu awal dibuka nya border Singapura, Changi Airport mendapati jumlah pengunjung mendekati 50 persen pra pandemic atau sebelum pandemi. Singapura sendiri memprediksi akan adanya kenaikan secara terus menerus mendekati akhir tahun.

Sebagai penyumbang utama dalam total jumlah turis pra pandemik di Singapura, warga masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengunjung reguler ke Singapura. Ini memberikan opportunity bagi masyarakat Indonesia yang mungkin ingin melakukan “revenge travel” yang sudah selama 2 tahun tidak dapat berpergian melancong kemana-mana karena wabah pandemik covid 19.

Banyak nya pesawat yang mulai menambah penerbangan juga mendukung turis-turis dari Indonesia datang ke Singapura. Harga tiket pesawat yang sebelum dibuka nya Singapura kurang dari 1 juta sekarang lebih dari 2 juta ke angka 3 juta per sekali jalan (one way ticket) menunjukkan antusiasme warga Indonesia ke negara Singapura karena sudah dibukanya perbatasan antar negara.

Singapura merupakan negara tujuan wisata yang mudah di akses oleh masyarakat Indonesia karena lokasi nya dekat secara geografis, ke Singapura sendiri hanya membutuhkan kira-kira 2 jam dari Jakarta ke Singapura karena itu kota ini menjadi negara favorit kunjungan bagi para pelancong dari Indonesia. Selain dari geografis, negara ini menawarkan keunikan sendiri mulai dari kuliner, pusat perbelanjaan, wisata anak, dll.

Wisata belanja merupakan hal yang normal bagi turis atau pengunjung dari Indonesia yang berpergian ke Singapura. Dengan budaya Great Singapore Sale yang diadakan secara tahunan juga mendorong banyaknya turis datang untuk berburu diskon dan di tambah juga dengan fast fashion culture di Singapura, menjadikan Singapura sebagai pusat mode atau trend di Asia Tenggara. 

Di negara ini juga banyak brand-brand terkenal yang memiliki basis di negara Singapura sendiri seperti Charles and Keith, Beyond the Vines, Benjamin Baker, Love Bonito, In Good Company, dll dan juga beberapa brand internasional yang juga menjadikan Singapura sebagai basis kantor operasional Asia Pasifik menjadikan posisi Singapura sebagai sentral fashion.

Dengan dibuka nya Singapura kembali, menandakan banyaknya turis yang akan kembali ke Singapura selain untuk jalan-jalan, atau mengunjungi sanak keluarga, dll. Banyak negara-negara di Asia Tenggara pun demikian yang membuka border nya bagi pengunjung atau turis, dan juga per May 2022 pemerintah Indonesia juga tidak membutuhkan PCR result untuk para pengunjung dari luar negri ke Indonesia termasuk warganya yang berpelancong ke negara lain yang dimana sebelumnya banyak negara termasuk Indonesia menerapkan sistem karantina beberapa hari setelah mendarat di negara nya masing-masing untuk mencegah menyebaran covid 19 terhadap komunitas lokal di negara tersebut.

Meski mulai berangsur-angsur ramai, banyak dari turis Indonesia agak kebingungan dalam mengatasi problem pengiriman overweight yang terlalu mahal dari airlines atau barang-barang dengan nilai tax tinggi untuk di bawa pulang ke Indonesia, obat-obatan yang mungkin perlu dikonsumsi di Indonesia dari dokter perawatan di Singapura atau mungkin box-box kosong yang menyita space dalam pengiriman

SindoShipping hadir untuk membantu anda dalam mengatasi permasalahan pengiriman barang anda dari Singapura ke Indonesia dengan menyediakan sistem pengiriman yang mudah untuk diaturkan mulai dari pengambilan dari hotel, atau tempat tinggal para turis di Singapura atau juga dapat di drop off di beberapa spot drop off pengiriman barang di International Plaza, Tanjong Pagar atau Warehouse Yishun.

SindoShipping sejak 2001 sudah melayani pengiriman barang ke Singapura dan berbekal pengalaman bertahun-tahun dan puluhan ribu konsumer di Indonesia di berbagai kota besar, anda dapat mempercayai pengiriman barang anda dengan SindoShipping. Jika kamu tidak mengetahui cara kirim barang dari Singapore ke Indonesia, simak ulasan artikel ini.

Kirim Barang dari Singapore ke Indonesia

Pengiriman barang dari luar negeri memiliki prosedur yang berbeda dengan mengirim barang di dalam negeri. Ada hal – hal dalam sistem importasi yang kadang menyita waktu seperti bea cukai, sistem pengiriman barang dari penjual, penyedia jasa pengiriman barang, dan lainnya. Dengan memperhatikan secara detail dan aware terhadap proses pengiriman barang akan membantu anda memproses pengiriman tanda ada masalah yang berarti dalam proses pengiriman.

Meski jarak yang dekat, tetapi cross border custom membatasi peraturan impor barang kiriman dengan sistem minimal USD 3 lewat pos yang dibebaskan pajak yang di mana jika anda terbang dan membawa barang di bagasi, anda akan mendapatkan pembebasan pajak USD 500 per orang dan selisihnya akan dipungut pajak oleh pemerintah dan per Juni 2022, setiap penumpang yang masuk ke Indonesia wajib mengisi custom declaration paper online. Jika anda mengisi dokument ini secara tidak jujur maka anda dapat terkena kasus penggelapan yang terancam pidana dan barang yang dibawa dapat disita atau dimusnahkan.

Untuk custom declaration barang bawaan penumpang atau barang impor bawaan awak pesawat merupakan barang yang dipegunakan/dipkai untuk keperluan pribadi termasuk sisa perbekalan dari luar negri atau barang impor yang dibawa bukan untuk keperluan pribadi dengan maksimal USD 500 dan dimana akan di tagihkan 10 persen bea masuk dari selisih tersebut berdasarkan Peraturan Mentri Keuangan Nomor 203/PML04/2017

Barang impor sebagaimana dimaksud di atas terdiri atas:

  1. barang yang diperoleh dari luar Daerah Pabean dan tidak akan dibawa kembali ke luar Daerah Pabean;
  2. barang yang diperoleh dari dalam Daerah Pabean; dan/atau
  3. barang yang diperoleh dari luar Daerah Pabean, yang akan digunakan selama berada di Daerah Pabean dan akan dibawa kembali pada saat Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut meninggalkan Daerah Pabean. 
Daerah Pabean adalah wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan, dan ruang udara di atasnya, serta tempat-tempat tertentu di Zona Ekonomi Eksklusif dan Landas Kontinen yang di dalamnya berlaku Undang-Undang Kepabeanan.
 
Barang impor yang dibawa oleh Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut wajib diberitahukan kepada Pejabat Bea dan Cukai di Kantor Pabean secara lisan atau disampaikan secara tertulis.
 
Pemberitahuan secara tertulis sebagaimana dimaksud di atas disampaikan dengan menggunakan:
  1. Customs Declaration; atau
  2. Pemberitahuan Impor Barang Khusus.
 Customs Declaration atau Pemberitahuan Impor Barang Khusus dapat disampaikan paling lambat pada saat kedatangan Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut yang bersangkutan dalam bentuk:
  1. data elektronik; atau
  2. tulisan di atas formulir. 
Customs Declaration digunakan sebagai pemberitahuan pabean atas impor:
  1. barang impor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) huruf a Permenkeu 203/2017 (yakni bawaan Penumpang atau barang impor bawaan Awak Sarana Pengangkut terdiri atas barang pribadi Penumpang atau barang pribadi Awak Sarana Pengangkut yang dipergunakan/dipakai untuk keperluan pribadi termasuk sisa perbekalan (personal use)) yang tiba bersama Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut; atau
  2. barang impor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) huruf a Permenkeu 203/2017 (yakni bawaan Penumpang atau barang impor bawaan Awak Sarana Pengangkut terdiri atas barang pribadi Penumpang atau barang pribadi Awak Sarana Pengangkut yang dipergunakan/dipakai untuk keperluan pribadi termasuk sisa perbekalan (personal use)) yang tiba sebelum atau sesudah kedatangan Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut dan terdaftar sebagai barang “Lost and Found“.
Jika penumpang tidak membawa barang-barang tersebut, maka dapat keluar melalui jalur hijau tapi untuk penumpang melalui jalur merah, pejabat bea cuka dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk mengecek kebenaran deklarasi dari penumpang terhadap barang yang dibawa dalam proses penerbangan dan dapat diproses lebih lanjut oleh petugas terhadap penumpang.

Sebelum mengirim barang ke dalam negeri, kamu perlu mengetahui beberapa hal berikut ini :

1. Strategi Pengiriman Dari Luar Negeri

Untuk mengindari masalah sewaktu anda sampai atau mendarat di Indonesia, ada baiknya anda memikirkan resiko dari barang bawaan yang anda bawa delam penerbangan. Sindoshipping hadir untuk membantu anda jikapun anda transit di Singapura, kami dapat mengambil nya di hotel atau Changi Airport untuk membantu anda mengirimkan barang ke Indonesia.

Biasa nya barang-barang yang menjadi perhatian khusus adalah kotak-kotak kosong di dalam koper anda ataupun barang-barang elektronik yang kelihatan baru yang dimana petugas bea dan cukai dapat menagih anda bea masuk meskipun barang tersebut anda pakai di luar negri, barang yang terkena bea masuk adalah barang-barang yang sifatnya anda peroleh diluar daerah bea atau pajak di negara Indonesia. Jadi misalnya anda berbelanja diluar negri dan memakai nya, petugas pajak dapat mereferensi dari box atau kotak kosong yang anda bawa ke Indonesia sebagai referral bahwa barang yang anda bawa merupakan hasil pembelian di luar daerah bea Indonesia.

Jika anda tidak yakin dengan barang bawaan yang anda kirimkan dan resiko yang dihadapi, ada baiknya anda berkosultasi dengan tim kami mengenai resiko apa saja yang anda dapat hindari dengan membawa barang belanjaan dari luar negri. SindoShipping memberikan solusi terbaik dalam masalah pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia kepada ribuan konsumen kami.

Sindoshipping pun memiliki basis di Singapura sehingga proses transit yang anda lakukan menjadi lebih mudah jika ingin barang anda kami jemput dari Changi Airport dan kirimkan via sistem kargo kami atau strategi lainnya adalah anda dapat berbelanja di luar negri dan mengirimkan barang belanjaan anda via Pos Lokal negara tersebut ke alamat kami di Singapura untuk menghindari resiko pajak atau barang anda tertahan di Indonesia.

2. Memperhitungkan Biaya Pengiriman Dengan Baik

Pengiriman dari luar negeri memerlukan biaya yang tidak sedikit dan banyaknya additional charges diluar kesepakatan awal. Anda perlu memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari biaya pengemasan, pengiriman, pajak, penanganan, dan lain sebagainya. Ada beberapa ekspedisi kirim barang dari Singapore ke Indonesia yang harganya tidak sesuai dengan yang diinformasikan di awal karena adanya biaya tambahan, apalagi kalau bukan Bea Masuk Ke Indonesia.Maka dari itu, penting bagi kita mencari tahu lebih dulu terkait harga pengiriman yang jelas dan lengkap sebelum memutuskan untuk melakukan pengiriman.

Simak beberapa informasi harga pengiriman Sindo Shipping dari Singapore ke Indonesia 

PRICE LIST FROM SINGAPORE TO INDONESIA

GENERAL ITEM

– Singapore to Batam = Rp 100.000/kg

– Singapore to Jawa & Sumatra = Rp 200.000/kg

– Singapore to Bali, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Bukit Tinggi = Rp 230.000/kg

– Singapore to Aceh, NTT, Maluku, Ambon & Papua = Rp 250.000/kg

SPECIAL ITEM

– Sandal & Sepatu = Harga Mulai dari  Rp 300.000/kg

– Tas Branded = Harga Mulai dari Rp 350,000/kg

– Elektronik = Harga Mulai Rp 250.000/kg

*all price above is included tax, and there will be any changes price based on custom information

Biaya Pengiriman di atas merupakan pengiriman yang dilakukan Via Udara dengan estimasi pengiriman yang tentunya cepat dan praktis. Untuk Perhitungan biaya yang sudah termasuk tax tersebut, Perhitungannya menggunakan berat paket atau dimensi box, dipilih salah satu yang lebih besar. Biaya Pengiriman yang sangat affordable tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dompet kita.

3. Mengetahui Peraturan dan Regulasi sebelum melakukan pengiriman barang
Penting hal nya untuk mengetahui peraturan dan regulasi sebelum melakukan pengiriman barang. Karena setiap jasa pengiriman tentu saja memiliki peraturan yang berbeda beda. Sindo Shipping pun mempunyai peraturan dan regulasi yang harus diperhatikan sebelum melakukan pengiriman dari Singapore ke Indonesia

Berikut kami informasikan prosedur pengiriman SINDO SHIPPING dari Singapore ke Indonesia

A. SYARAT & KETENTUAN YANG WAJIB DILAKUKAN SEBELUM PENGIRIMAN (SELF DELIVERY & PICK UP)

1.    Sebelum barang di packing, wajib menginformasikan foto / video barang yang akan dikirim

2.    Wajib menyertakan invoice atau packing list dan ditempel pada paket :

3.    Wajib menyertakan Marking Code dengan Format :

 SINDO SHIPPING / (DI ISI NAMA LENGKAP BAPAK / IBU)

Sender :

Address :

Contact :                  

Recipient :

Address :

Contact :

Total Package :

Weight :

4.    Wajib mengkonfirmasi foto paket dengan Marking Code dan Invoice/Packing List, sebelum paket dikirim ke Warehouse Singapore

5.    Wajib menginformasikan & konfirmasi langsung dengan Sindo Shipping Sales / Customer Service :

– Jika di drop langsung : Menginformasikan Foto Paket saat paket sudah sampai di Warehouse

– Jika menggunakan kurir : Menginformasikan tracking number dan konfirmasi paket saat paket sudah sampai di Warehouse

– Jika menggunakan PICK UP Service di Singapore : Akan ada tambahan biaya estimasi 35 – 75 SGD 

6.    Wajib Menginformasikan VIDEO saat unboxing paket yang sampai di alamat penerima, agar dapat menjadi bukti valid seandainya terjadi kerusakan atau kehilangan barang pada paket tersebut

7.    Segala Transaksi akan dilakukan melalui Bank Transfer atas nama HERU WIJAYA yang terdapat 2 bank account yakni BCA (Rupiah) dan OCBC (SGD) 

NOTED TO CUSTOMER :

–       Untuk barang yang memiliki nilai di atas Rp 1.500.000 , disarankan untuk menggunakan asuransi sebesar 15% dari harga barang. Jika terjadi kerusakan atau kehilangan, untuk maksimal klaim sebesar Rp 100.000.000 (Syarat dan Ketentuan Berlaku).

–     Jika tidak menggunakan asuransi dan terjadi kerusakan atau kehilangan untuk maksimal klaim sebesar Rp 1.500.000 dan kompensasi ditentukan oleh team Sindo Shipping (Syarat dan Ketentuan Berlaku).

Office Hour Sindo Shipping dan Operational Customer Service

  • Monday – Friday | 08:00 – 17:00 WIB

Operational Warehouse Singapore

  • Monday – Friday | 10:00 – 17:00 (Singapore Time)

Saturday, Sunday, Public Holiday

  • CLOSED

Nah itu dia beberapa informasi terkait pengiriman dari Singapore ke Indonesia dengan Sindo Shipping

Jika ada yang lebih murah dengan kualitas pengiriman terbaik, kenapa harus cari yang mahal bukan?

Yuk contact CUSTOMER SERVICE kami +62 812-9605-5142

Happy Shipping with Sindo Shipping

(Naskah: Tiara Tim Sales Sindo Shipping)