KESALAHAN UMUM DALAM PENGIRIMAN BARANG, TENANG INI SOLUSINYA!

Kirim paket adalah kegiatan yang tak bisa dihindari di zaman ini. Terlebih, dengan kondisi pandemi saat ini. Akses untuk berpergian yang masih terbatas dan menjadikan kegiatan kirim paket sebagai alternatif yang sering dilakukan. Anda mungkin setidaknya satu kali dalam seminggu melakukan kirim paket atau malah menerima paket. Apalagi kondisi saat ini membuat banyak orang lebih memilih memesan dan memberi barang secara online dengan tujuan lebih aman dan nyaman. 

Semakin pentingnya kegiatan kirim paket, anda perlu tahu kesalahan – kesalahan yang sering dilakukan dalam kirim paket. Jangan sampai anda melakukan kecerobohan yang berujung kerugian diri sendiri. Untuk itu kami tim Sindo shipping akan membagikan artikel mengenai kesalahan umum dalam pengiriman barang dan memberikan solusinya. Ingin mengetahui lebih lanjut? Yuk simak artikelnya! Selamat membaca.

Kesalahan kirim paket biasanya sering terjadi apabila anda kurang fokus pada saat proses packing ataupun terjadi akibat kesalahan informasi yang diberikan jasa pengiriman tersebut. Biasanya kesalahan pengiriman bisa dengan cepat untuk diperbaiki, dari respon yang cepat dan responsif dari jasa pengiriman tersebut. Berikut ini kesalahan umum yang telah dirangkum yang terjadi pada pengiriman barang.

1Pengemasan Tidak Sesuai dengan Jenis Barang

Salah satu kesalahan umum yang sering kali terjadi saat kirim barang adalah pengemasan yang tidak sesuai dengan barang yang dikirim. Pengemasan yang tak sesuai ketika kirim paket bisa merugikan kamu dan juga penerima. Hal tersebut dikarenakan kemungkinan produk mengalami kerusakan di perjalanan bisa semakin meningkat.

2. Bungkus Produk Secara Berlapis Saat Packing Barang

Agar barang kiriman kamu aman di dalam perjalanan, anda perlu memberikan perlindungan berlapis pada barang tersebut. Cobalah untuk melapisi produk kiriman dengan menggunakan bubble wrap sebelum membungkusnya kembali dengan karton, kardus, atau plastik. Bubble wrap sendiri bersifat ringan, jadi jangan khawatir ongkir agak meningkat drastis, ya. Meski demikian, anda perlu memperhitungkan sebanyak apa dan setebal apa bubble wrap dibutuhkan untuk kiriman kamu saat melakukan packing barang.

3. Packing Barang Menggunakan Sterofom Dan Sisi Kayu untuk Jenis Pecah Belah dan Makanan

Jika anda ingin mengirimkan barang pecah belah, tentunya harus mengeluarkan uang ekstra untuk packing barang dan ongkir. Pasalnya, barang pecah belah biasanya harus menggunakan packing sterofom atau di tambah di bagian sisi sudut dengan packing kayu agar tidak pecah atau rusak selama proses pengiriman. Untung beberapa jenis barang tertentu, bubble wrap dan kardus saja belum cukup untuk packing barang. Jika memang masih bisa menggunakan kardus dalam packing barang, kamu juga perlu memperhatikan cara menyegelnya. Gunakanlah perekat yang kuat dengan membentuk pola huruf H di bagian atas dan juga bawah kardus untuk packing barang.

Selain barang pecah belah dan makanan, barang – barang yang berdimensi besar, berjumlah banyak, serta memiliki nilai tinggi seperti CPU, Laptop, Tablet, Smartphone serta berbagai peralatan elektronik lain disarankan untuk dikemas dengan menggunakan sterofom dan sisi kayu.

4. Pakai Sticker Fragile saat Packing Barang

Hal lain yang tak boleh terlewatkan saat packing barang adalah menempelkan stiker peringatan di permukaan kardus atau packing kayu. Gunanya adalah untuk menginformasikan kondisi barang dalam paket agar kurir berhati – hati ketika membawa dan mendistribusikannya. Apalagi saat packing barang anda menyadari bahwa barang tersebut rawan rusak, sticker tersebut pun sangat berguna agar tidak terjadi kerusakan saat pengiriman.

Cara mengatasi masalah pada pengiriman barang anda:

  • Penulisan nama dan alamat harus lengkap

Hal lainnya yang dapat membuat pengiriman barang anda menjadi lama adalah karena adanya kesalahan dari barang itu sendiri. Hal – hal seperti alamat yang kurang lengkap, nomor telepon penerima yang tidak ada, hingga tidak jelasnya nama penerima maupun pengirim bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pengiriman menjadi lama. Dan juga jangan lupa untuk mencantumkan kecamatan dan kode pos.

  • Penulisan Marking code harus benar

Di  beberapa perusahaan pengiriman jasa ada yang namanya marking code dengan system penulisan yang berbeda tetapi ada satu hal yang sama yaitu penulisan nama. Akan ada baiknya jika penulisan nama merupakan nama depan dan nama belakang akan lebih baik jika penulisan sesuai ktp dikarenakan memungkinkan adanya pengiriman barang yang tertukar dengan pelanggan lain yang memiliki nama yang sama atau mirip.

  • Pastikan paket tidak termasuk dangerous goods

Apa itu dangerous goods? dangerous goods adalah barang yang tidak dapat di kirimkan melalui Sindo shipping yaitu liquid,narkotika, senjata tajam dan minuman keras. Jadi perhatikan barang barang yang ingin anda kirim kalau tidak barang anda akan tertahan oleh bea cukai.

Pengiriman kami menggunakan kota terdekat antara Indonesia dan Singapura untuk pengosongan kargo, oleh karena itu pelanggan dapat menerima barang lebih cepat jika dikirim menggunakan Sindo Shipping sesuai keahlian kami, setelah bea cukai, mitra kami di Indonesia akan mengirimkannya langsung dan mengeluarkan nomor pelacakan sehingga pelanggan dapat memantau di mana lokasi barang.

  • Pastikan anda memilih jasa pengiriman yang terbaik

Jika anda sedang mencari jasa pengiriman barang yang aman terpercaya, Sindo Shipping adalah solusinya. Kami percaya bahwa tujuan Sindo shipping adalah untuk mempermudah proses pengiriman barang anda ke Indonesia.

Sindo shipping membantu anda mengatur kiriman anda dari titik asal ke tujuan dengan mudah. Jika diperlukan, kami dapat mengatur penjemputan berdasarkan permintaan dan waktu pengambilan anda untuk tujuan pengiriman di tempat asal. Jadi jangan khawatir mengenai barang kiriman anda dengan informasi yang kami berikan dan procedure yang kami arahkan anda bisa mengirimkan paket dengan aman dan tenang. Kalian bisa menghubungi kami di kami di +6281296055142 atau melalui Instagram kami @sindoshipping. Kami akan membantu pengiriman barang anda agar sampai dengan selamat ke tujuan anda.

(Naskah : Vera Tim Sales Sindo Shipping)

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉