Mau Jualan Online ke Luar Negeri? Simak Tips Penting dari sindo shipping

Para pebisnis online harus meyakinkan bahwa pengirimkan produk yang dijual dengan aman sampai ke tangan konsumen, namun pengiriman barang ke luar negeri ini masih menjadi salah satu kendala bagi para penjual. Terutama yang masih tergolong pemula. Pasalnya, proses pengiriman pesanannya tidak semudah proses kirim barang antar kota atau antar pulau di Indonesia. Maka dari itu, kami tim Sindo shipping akan membahas artikel menarik seputar hambatan yang terjadi dalam perdagangan online yang seringkali mengirim produknya ke luar negeri. Penasaran kan infonya? Yuk simak informasi berikut ini.

Menjual produk di marketplace internasional memang cukup rumit, terutama dalam hal pengiriman barang ke luar negeri. Kegiatan berjualan online ke luar negeri juga bisa disebut dengan perdagangan internasional. Namun demikian, mari kita simak penjelasan singkat mengenai perdagangan internasional terlebih dahulu. Perdagangan internasional merupakan hal yang penting bagi suatu negara. Perdagangan internasional dapat digunakan sebagai sarana sebuah negara untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terseedia dalam negaranya sendiri.

Menurut Wikipedia perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional. Dalam pelaksanaan perdagangan internasional, tentunya tidak semua berjalan dengan lancar, ada hambatan dalam prosesnya. Terdapat beberapa hambatan dalam proses perdagangan internasional, antara lain :

  1. Regulasi atau Kebijakan Pemerintah

Meskipun mendukung perdagangan internasional, negara juga harus melindungi industri dalam negeri dengan membatasi jumlah produk asing di pasar domestik dengan cara :

  • Tariff atau bea cukai

Dikenal dengan sebutan pajak impor/ ekspor, merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada pemerintah untuk membawa masuk barang ke negaranya. Menurut Kemenku Learning Center, Pajak dalam rangka impor terdiri dari beberapa jenis, yaitu Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22 impor, PPh pasal 22 ekspor, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) impor, dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnnBM).

  • Non tariff

Segala bentuk usaha untuk menghambat arus masuk barang ke dalam negara, namun bukan dalam bentuk pungutan. Misalnya kebijakan pelanggaran, penerapan kuota, penentuan standar produk, hingga aturan yang ketat seputar masalah kesehatan dan isu lingkungan.

  • Pembatasan jumlah (quantity)

Dilakukan dengan membatasi jumlah barang/ kuota yang diizinkan untuk diimpor dalam satu periode waktu.

  • Mata uang (kurs)

Negara eksportir biasanya mengajukan pembayaran dalam bentuk mata uang negara pengekspor kepada negara pengimpor. Oleh karean itu ditetapkn mata uang internasional yang digunakan.

Selain itu peraturan administrasi, peraturan anti dumping dan konflik perang juga menjadi penghambat.

2. Perbedaan Bahasa

Sebelum melakukan perdaganagan internasional, ada kesepakatan yang harus disetujui kedua belah pihak. Bahasa bisa menjadi hambatan karena bisa menyebabkan kesalahpahaman.

3. Perbedaan peraturan negara

Setiap negara memiliki regulasinya sendiri terkait dengan kegiatan ekspor dan impor. Perbedaan aturan ini terkadang menimbulkan kendala yang menghambat perdagangan internasional.

4. Proses yang memakan waktu

Proses ekspor/ impor biasanya melalui persyaratan yang cukup rumit, hal ini menyebabkan waktu yang dihabiskan lebih lama.

5. Organisasi ekonomi

Ada organisasi ekonomi yang berdiri dengan tujuan untuk melindungi kepentingan anggotanya. Organisasi ini lebih mementingkan keuntungan anggotanya sehimngga bisa menghambat negara lain yang bukan anggotanya dalam menjalankan perdagangan internasional. Contohnya Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), kebijakan ekonomi yang mereka keluarkan akan lebih mengutamakan kepentingan anggotanya. Banyak kemudahan dan manfaat yang didapatkan anggota organisasi misalnya penerapan tarif impor yang lebih murah.

Adanya kegiatan perdagangan ekspor impor mempunyai manfaat yang besar bagi semua pihak, baik pengusaha, masyarakat luas, maupun pemerintah. Transaksi ekspor adalah perdagangan dengan cara mengeluarkan barang dari dalam ke luar wilayah pabean Indonesia dan memenuhi ketentuan yang berlaku. Bagi perkembangan perekonomian Indonesia, transaksi ekspor impor ini merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang penting. Dalam situasi perekonomian dunia yang masih belum menggembirakan saat ini, berbagai usaha telah dilakukan pemerintah Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan pencarian sumber – sumber devisa yang diantaranya adalah meningkatkan transaksi ekspor dan menekan pengeluaran – pengeluaran devisa dengan cara membatasi aktivitas – aktivitas impor. 

Hambatan ini sebenarnya memberikan perlindungan untuk industri dan tenaga kerja lokal agar meningkatkan kesejahteraan negara itu sendiri. Jika tidak ada hambatan yang diterapkan, permintaan untuk produk asing akan semakin besar dan permintaan untuk produk lokal akan menurun, sehingga dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Meskipun disebut hambatan, tentunya pemerintah juga akan mendapatkan pemasukan tambahan dari pajak.

Walaupun terdapat beberapa hambatan, perdagangan internasional juga diperlukan oleh semua negara termasuk Indonesia. Selain menambah devisa negara, perdagangan internasional juga bisa mengenalkan produk dalam negeri sehingga membantu perkembangan sebuah pasar produk, menjalin kerjasama antar negara, mengatasi kekurangan pada kebutuhan suatu negara dan mendatangkan sesuatu yang baru.

Dalam proses transaksi perdagangan internasional tentunya membutuhkan bantuan cargo dan logistic, tetapi dibalik pernyataan yang sederhana ini dibutuhkan sebuah kepercayaan. Percayakan Sindo Shipping untuk melayani pengiriman dari seluruh negara untuk seluruh Indonesia. Dengan Sindo Shipping mengirim barang dari luar negeri jadi lebih mudah, kami juga menyediakan diskon sampai 20% bagi pengguna baru kami. Untuk informasi lebih lanjut dapat follow Instagram kami @sindoshipping atau dengan menghubungi layanan nomor whatsapp 081296055142.

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Tim Sindo Shipping)