Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

INGIN MEMILIKI PENGHASILAN TAMBAHAN? INI DIA TIPS MENJADI DROPSHIPPER ATAU RESELLER SUKSES BERSAMA SINDO SHIPPING

Banyak yang mengira bahwa Reseller dan Dropshipper itu sama, namun nyatanya kedua istilah ini memiliki beberapa perbedaan. Walaupun keduanya memberikan keuntungan, reseller maupun dropshipper memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Lalu apa perbedaan antara reseller dan dropshipper? sebelum membahas perbedaannya Anda mesti paham terlebih dahulu apa definisi dari kedua istilah ini. Reseller merupakan seseorang yang menjual kembali produk yang mereka dapatkan dari supplier yang kemudian dijual kepada konsumen. Bagaimana dengan dropshipper? dropshipper merupakan seseorang yang mendapatkan produk dari supplier namun ia tidak menyetok barang tersebut terlebih dahulu. Apakah anda penasaran dan tertarik ingin memulai bisnis dropshipper atau reseller? Yuk mari kita simak informasi bermanfaat dari artikel ini! Selamat membaca semoga harimu menyenangkan dan penuh kebahagiaan.

Sistem Dropship

Sistem dropship memang sangat membantu para pengusaha pemula yang ingin belajar usaha tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli barang yang akan dijual. Biasanya akan menawarkan barang orang lain dengan harga yang lebih mahal dari barang suppliernya.

Ketika ada seorang konsumen yang ingin membeli produk tersebut, maka dropshipper akan meneruskan pesannya kepada supplier untuk kemudian langsung dikirimkan oleh supplier dengan atas nama dropshipper.

Kelebihan dari dropshipper

  • Modal yang minim karna penjual tidak perlu melakukan stock barang atau merawatnya
  • Tidak ada manajemen produk terutama dalam hal produksi hingga quality control
  • Sistem kerja sama tidak terikat sehingga bisa mengganti supplier secara berkala
  • Tidak perlu melakukan packing serta pengiriman ketika terjadi transaksi
  • Kerugian dapat ditekan karena minimnya modal serta tidak ada biaya operasional
  • Kekurangan dari dropshipper

Kekurangan dari dropshipper

  • Sulit mengetahui ada tidaknya stock barang
  • Promosi tidk terlalu efektif jika dilakukan secara offline karena tidak memiliki produk fisiknya
  • Penentuan harga harus sesuai dengan siklus naik turunnya harga jual supplier
  • Reputasi penjualsangat dipengaruhi oleh kondisi dan kebijakan supplier
  • Resiko ketidaksesuaian antara ekspektaasi pembeli dan produk yang diterima sangat tinggi
  • Tidak mengetahui kualitas dan spesifikasi produk sesungguhnya

Sistem Reseller

Perlu anda tahu bahwa reseller tidak termasuk bagian dari supplier. Jika anda berminat menjadi seorang reseller, makan anda harus rela mengeluarkan dana untuk membeli produk tersebut kepada supplier. Anda juga harus menyetok barang tersebut sebelum mulai menjualnya ke konsumen. Umumnya reseller akan mendapat harga dibawah pasar sehingga penjual dapat menentukan harga jual sendiri sesuai besar keuntungan yang ingin diperoleh.

Kelebihan dari reseller

  • Reseller bisa mengontrol produk secara penuh termasuk penentuan harga jual yang fleksibel
  • Bisa menjual barang sesuai online ataupun offline karena memiliki barang fisiknya
  • Meminimalisir ketidakpuasan pembeli dengan membuat deskripsi produk sesuai keadaan aslinya
  • Mudah untuk meningkatkan reputasi bisnis karena memegang kendali atas semua produk yangdijual
  • Dapat memastikan ketersediaan produk dan memperbaruinya secara berkala
  • Mempunyai keuntungan yang lebih besar

Kekurangan dari reseller

  • Membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk pengadaan produk penjualan
  • Resiko kerugian sangat besar apabila produk penjualan tidak laku
  • Memerlukan biaya untuk operasional dan perawatan produk
  • Harus melakukan packing dan pengiriman sendiri ketika terjadi transaksi dari pembeli
  • Membutuhkan ruang fisik baik untuk penyimpanan produk maupun penjualan secara konvensional

Membangun bisnis memang tidak semudah menjentikkan jari tangan, diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam merintisnya. Kemajuan teknologi seperti internet memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin memulai bisnis, online Shop bisnis yang tawarkan keuntungan tinggi dengan sistem penjualan yang mudah. Menjadi seorang reseller merupakan langkah awal yang jitu bagi kamu yang ingin memulai bisnis online. Banyak sekali kisah sukses seseorang yang mengawali kariernya sebagai seorang reseller.

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

Berbagai kemudahan yang ditawarkan marketplace berhasil mengundang banyak orang buat memulai usaha secara online. Sayangnya, persiapan yang kurang matang malah membuat mereka kebingungan untuk mengelolanya. Salah satu kendala yang cukup sering muncul adalah menentukan produk yang akan anda jual

Memang ada berbagai jenis produk yang bisa anda jual, tetapi apakah karakteristiknya sesuai kebutuhan dan target konsumen? Sebagai langkah awal, anda bisa pilih salah satu dari lima kategori produk marketplace yang paling laris saat ini untuk berjualan.

1. Fashion

Fashion termasuk kategori produk yang mendominasi di kebanyakan marketplace. Sebuah laporan dari Nielsen menyebutkan sekitar 61% konsumen lebih memilih membeli produk tersebut dari toko – toko virtual ketimbang ke mall. Selain harga terjangkau, pilihan yang tersedia lebih banyak.

Anda dapat memilih jenis pakaian yang spesifik, misalnya pakaian olahraga, busana muslim, atau pakaian anak. Dengan memasarkan produk marketplace, anda akan menjaring target pasar yang lebih jelas.

2. Kecantikan

Siapa yang tidak suka belanja produk skincare buat perawatan? Meningkatnya kesadaran masyarakat buat memelihara tubuh membuat produk dari kategori kecantikan laris manis di berbagai toko online, sehingga bisa anda pilih sebagai item berjualan.

Namun, anda harus cermat saat memilah produk kecantikan yang akan dipajang di marketplace. Pastikan produk – produk tersebut sudah mendapatkan sertifikasi atau izin resmi dari BPOM untuk mencegah hal – hal yang tak diinginkan seperti keluhan konsumen.

3. Perangkat Elektronik

Era digital membuat penjualan perangkat elektronik meroket drastis. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menawarkan produk tersebut di marketplace terbaik. Jenis perangkat yang dijual pun relatif banyak, salah satunya adalah smartphone dan laptop yang sedang diincar para konsumen.

Bagaimana kalau jumlah modal yang tersedia belum mencukupi? Anda bisa memilih aksesori seperti earphone, screen protector, atau phone case. Walau harganya murah, peluang keuntungannya tak kalah besar mengingat ikut terdongkrak oleh kebutuhan akan perangkat elektronik.

4. Perlengkapan Rumah Tangga

Kategori produk berikutnya yang bisa anda jual di marketplace adalah perlengkapan rumah tangga. Peralatan makan seperti piring, mangkuk, sendok, dan garpu hingga perlengkapan masak yang mencakup panci dan kompor sudah bisa ditemukan secara online.

Akan tetapi, anda harus hati – hati saat mengemasnya. Konsumen, terutama yang datang dari kalangan ibu rumah tangga, biasanya enggan menerima produk yang cacat. Kemas sebaik mungkin barang jualan marketplace tersebut supaya kepuasan konsumen terjaga.

5. Mainan dan Hobi

Sama seperti pakaian, mainan adalah produk yang cepat laris karena konsumen yang menjanjikan dan menawarkan harga terjangkau. Orang tua juga dapat memperlihatkan gambar mainan yang ditampilkan di marketplace kepada anak mereka sebelum memutuskan pembelian. Produk – produk yang berhubungan dengan hobi konsumen bakal lebih mudah dijual kalau anda sama – sama menekuninya.

6. Produk kesehatan diri

Pandemi Covid-19 menyebabkan gaya hidup keseharian dalam era kenormalan baru. Masker maupun spray antiseptik menjadi benda wajib yang harus orang bawa ke mana pun, guna mencegah penyebaran virus corona. Adapun vitamin yang mampu meningkatkan imunitas kesehatan, baik yang berbentuk farmasi maupun natural seperti madu, juga menjadi kebutuhan konsumtif rutin.

Tips Jadi Reseller Sukses
Lalu, bagaimana cara menjadi reseller yang sukses raup cuan? Berikut ini kami rangkum tips menjadi reseller online shop yang sukses dan berkembang dari beberapa sumber website.

Pilih Produk Jualan yang Menarik

Cara pertama yang harus kamu lakukan guna menjadi seorang reseller yang sukses adalah memilih produk jualan yang menarik. Carilah produk yang memiliki pangsa pasar yang tinggi agar keuntungan yang kamu peroleh bisa maksimal.

Pilihlah produk berdasarkan modal yang kamu miliki. Kamu bisa memilih produk makanan ringan, makeup, pakaian, otomotif atau produk lainnya sesuai dengan target pasar yang kamu miliki.

Sesuaikan modal yang kamu punya dengan banyaknya stok barang. Jika kamu memiliki modal yang sedikit, mulailah dengan stok yang sedikit pula. Ingatlah pepatah “Sedikit demi sedikit, lama – lama menjadi bukit”.

Selain memilih produk yang menarik, sebelum menjadi reseller kamu juga perlu mempelajari kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijual nanti. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang menanyakan, reseller juga bisa lebih pintar menjawabnya.

Carilah Supplier Terbaik dan Terpercaya

Memilih supplier yang berkualitas dan terpercaya adalah dasar dari membangun bisnis model ini. Hal ini perlu kamu lakukan guna memperoleh harga semurah mungkin dengan kualitas produk sebaik mungkin.

Lakukan survei dengan mendatangi secara langsung toko supplier itu berada. Jika kamu memilih untuk menjual produk sepatu, kamu bisa mendatangi secara langsung pabrik pembuatan sepatu dan melihat bahan apa yang digunakan dan kualitas produk tersebut secara real.

Namun jika kamu memilih untuk mencari supplier via online, kamu dapat melihat secara langsung kualitas barang yang dijual dengan melihat review dan rating yang diberikan oleh pembeli.

Lakukanlah survei ke beberapa supplier, agar kamu dapat membandingkan dan mendapatkan supplier yang menguntungkan.

Kenali Sainganmu dan Tetapkan Harga Jual

Amati dan pelajari kompetitor yang ada di lapangan. Perhatikanlah berapa harga yang kompetitor kamu tawarkan untuk menjual produk serupa. Perhatikan juga cara mereka menjual dan hal menarik apa yang bisa dijadikan pelajaran.

Setelah mempelajarinya, tetapkan harga produk yang masuk akal untuk segmen pasar yang kamu sasar. Hindari mematok harga yang terlalu mahal agar daya beli masyarakat meningkat.

Jangan Lupakan Promosi

Setelah kamu berhasil menemukan dan menyetok produk yang sesuai, inilah saat bagi kamu untuk menjual produk tersebut melalui marketplace atau media sosial. Pilihlah platform yang memang sesuai dengan target pasar yang dituju.

Selain itu, coba promosikan produk yang kamu jual ke teman – teman atau ke sanak keluarga. Kamu juga bisa gunakan iklan berbayar yang disediakan oleh platform yang kamu gunakan untuk menggaet pembeli. Tarif yang dikenakan pun tidak terlalu mahal, biasanya akan disesuaikan oleh waktu penayangannya.

Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya dan berpengalaman dalam pengiriman barang

Sindo Shipping bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa anda percayakan untuk bisnis anda, guna memperluas dan mengembangkan bisnis anda lebih luas dan juga Service yang disediakan Sindo Shipping memang dikhususkan untuk para seller yang cocok untuk memudahkan bisnis anda, apa saja service dan keunggulan menggunakan jasa Sindo Shipping ?

1. Berpengalaman dalam pengiriman eksport-import

Sindo Shipping berpengalaman dalam pengiriman barang eksport – import , kami siap membantu pengiriman anda , dengan proses yang mudah , tepat waktu , anda tidak perlu bingung untuk mengurus surat – surat, pajak, maupun bea cukai, karena kami akan mengurus semuanya untuk anda , dan juga tentunya anda bisa mengembangkan bisnis anda lebih luas, menggapai customer hingga ke seluruh dunia dan tentunya anda bisa meraih keuntungan yang maksimal

2. Memiliki banyak jasa yang memudahkan seller

Sindo Shipping memang sangat membantu khususnya untuk para seller dengan jasa yang kami miliki, seperti :

– Jasa Pick up

Bagi anda yang berdomisili di Singapura kami menerima untuk pick up barang anda di :

  • Alamat rumah
  • Rumah sakit Klinik
  • Apotek Shopping center

– Jasa packing

Jika anda tidak sempat untuk mempacking barang anda , jangan khawatir karena Sindo Shipping juga melayani jasa packing barang dengan tambahan biaya tertentu. Sindo Shipping selalu memperhatikan keselamatan paket customer, maka dari itu kami memberikan tambahan bubble wrap secara cuma – cuma kepada customer , dan juga seperti packing kayu jika dibutuhkan.

– Jasa titip

Jika anda ingin berjualan barang import anda bisa menggunakan jasa titip kami untuk membelikan barang – barang import yang anda butuhkan dengan jastip fee 10 % dari value barang.

Selain service yang memudahkan para seller Sindo Shipping juga memiliki keunggulan lainnya, antara lain:

1. Hold paket
2. Penggabungan paket
3. Tambahan bubble wrap, siku kayu dan packing kayu

Diatas adalah beberapa informasi dan tips sukses menjadi dropshipper dan reseller bagi anda yang membutuhkan referensi sebelum memulai satu dari kedua bisnis tersebut. Anda bisa mempertimbangkan bisnis mana yang potensial untuk dibangun sesuai kemampuan yang ada miliki. Jika anda ingin menjadi reseller, kemampuan melihat peluang barang yang paling trend dan memiliki potensi penjualan tinggi dipasaran sangatlah penting. Jika dilihat banyak barang-barang yang kita miliki adalah produk import. Oleh karena itu, anda dapat mengambil peluang menjadi reseller barang import. Ada banyak alasan mengapa masyarakat kita menyukai dan membeli barang import, mulai dari kualitas barang bagus dan tentunya harga produk yang relatif murah.Untuk menjadi reseller barang import tentunya anda harus mencari supplier yang terpercaya, selain itu memilih jasa pengiriman tidak kalah pentingnya. Percayakan jasa Sindo Shipping sebagai forwarder barang-barang dari luar negeri ke Indonesia. Keuntungan melakukan pengiriman dengan Sindo Shipping antara lain, hold paket, penggabungan paket hingga tambahan bubble wrap, siku kayu dan packing kayu. Selain itu ada program membership dan juga diskon 20% bagi pengguna baru kami. Untuk informasi lebih lanjut hubungi layanan whatsapp kami di +6281296055142 dan follow Instagram kami @sindoshipping.

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

๐Ÿ˜‰ THANK YOU, HAVE A NICE DAY ๐Ÿ˜‰

(Naskah : Baskoro and Yemima Tim Sindo Shipping)