Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

MERUBAH STRATEGI BISNIS ANDA DI MASA PPKM ALA SINDO SHIPPING

Tahun 2021 sudah dipenuhi begitu banyak kejutan tidak terduga. Dengan perkembangan baru pandemi COVID-19 seperti strain virus terbaru serta jumlah kasus yang terus meningkat, bisnis semakin terbatas dalam beroperasi, dan harus beradaptasi untuk bertahan. Bagaimana bisnis anda dapat bertahan di masa PPKM ini? Yuk pelajari strategi penting yang anda perlukan dalam artikel ini, semoga informasi dari kami bisa berguna dan menginspirasi bagi anda!

TIPS DAN STRATEGI PENTING BAGI BISNIS DI MASA DEPAN

  1. Memulai sistem delivery

Apakah bisnis anda sudah memiliki sistem pemesanan online dan delivery sendiri? Jika masih belum, kini saat yang tepat untuk memulai! Regulasi yang terus berubah terkait operasi bisnis, terutama jam operasional toko fisik selama PPKM, memperkecil peluang untuk mendapat revenue dari penjualan offline. Terlebih lagi, pelanggan semakin enggan berbelanja di luar rumah. Dengan sistem pemesanan online dan delivery sendiri, anda membuka channel revenue baru dan meningkatkan jangkauan pasar tanpa perlu mengkhawatirkan toko yang tutup. Anda juga bisa mendapat data yang lebih akurat dan minim error, akan lebih baik untuk memiliki sistem anda sendiri dibanding jasa pihak ketiga yang memerlukan biaya lebih besar dan menempatkan bisnis anda bersama kompetitor lain.

2. Memberikan reward digital untuk meningkatkan loyalty

Di tengah ketidakpastian ini, pelanggan, partner, dan distributor yang sudah anda miliki adalah harapan terbaik anda. Kabar baiknya, pelanggan cenderung memilih bisnis yang sudah mereka percaya dan kenali di masa pandemi. Tapi, bagaimana dengan pelanggan yang belum mengenal bisnis anda?

Untungnya, reward digital bermanfaat untuk pelanggan baru maupun lama, aktif maupun non-aktif. Siapa yang dapat menolak rewardReward adalah pendorong agar pelanggan terus kembali pada bisnis anda. Terlebih lagi, dengan proses yang mulus dan digital, anda bisa memantau pengiriman dan pemakaian reward, serta menjangkau dan mengingatkan pelanggan untuk menggunakannya kapanpun.

3. Membuat sales channel baru

Banyak bisnis tengah berpindah ke channel online untuk meningkatkan penjualan. Memang ini ide yang bagus, namun kini pasar online semakin dipenuhi berbagai produk dan jasa dari banyak brand, termasuk kompetitor anda. Anda dapat selangkah lebih maju dengan membuat sales channel sendiri, dimana pelanggan dapat mengakses produk atau jasa anda tanpa adanya kompetitor.

Di era serba media sosial seperti sekarang, social commerce atau program reseller dapat membantu anda meningkatkan revenue! Bayangkan, Anda bisa merekrut pelanggan anda menjadi reseller. Mereka tidak hanya mempromosikan bisnis anda, tapi juga menjual produk anda langsung ke kerabat mereka melalui media sosial atau aplikasi chat. Strategi ini tentu akan sangat diminati karena banyak orang kini mencari penghasilan tambahan. Menggunakan media sosial adalah cara yang efektif karena sudah sangat fasih dipergunakan banyak orang.

4. Kreatif melihat peluang bisnis

Pada dasarnya, berbisnis berarti menjual solusi permasalahan yang dialami konsumen anda. Saat permintaan turun, artinya solusi yang ditawarkan bisnis anda sudah tidak relevan dengan kebutuhan konsumen. Di saat seperti ini, anda perlu berpikir out-of-the-box dalam melihat peluang bisnis yang ada. Menjalankan bisnis seperti biasa tanpa beradaptasi terhadap keadaan pasar sekarang bisa jadi merugikan bagi anda. Untuk mencari ide, anda dapat mulai dengan mempertanyakan bagaimana pandemi COVID-19 memengaruhi konsumen, masalah apa yang ditimbulkan dan apa solusi atas masalah tersebut. Singkatnya, ketahuilah masalah konsumen dan ciptakanlah solusi yang praktis dan kreatif.

Sebagai salah satu contoh, konsumen khawatir akan kebersihan dan keamanan makanan yang dijual di restoran atau rumah makan, tapi tidak punya waktu dan tempat untuk memasak setiap hari. Anda bisa membuat usaha katering yang selain menyediakan makanan yang enak, menjamin kebersihan dan keamanan makanan dengan mengikuti prosedur pencegahan penularan COVID-19 bagi pengusaha kuliner. Buat rencana yang rapi, pikirkan titik-titik pemasaran dan pengantaran, mekanisme pengantaran, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen.

5. Ikuti tren belanja konsumen

Perilaku belanja konsumen Indonesia saat terjadi pandemi COVID-19 tentu berubah. Karena konsumen tidak banyak beraktivitas di luar rumah, aktivitas berbelanja turut dilakukan dari rumah. Konsumen ingin mendapatkan produk berkualitas yang terjaga kebersihan dan keamanannya tanpa keluar rumah. Hasilnya, penjualan berpindah dari toko fisik ke toko online dan e-commerce. Untuk mempertahankan penjualan, pelaku usaha sebaiknya pindah ke atau menambahkan toko online. Anda juga bisa memanfaatkan layanan pengiriman makanan dan barang agar tetap bisa menjangkau konsumen anda. Intinya, pantau terus perilaku dan keinginan konsumen dan sesuaikan model bisnis jika dibutuhkan.

6. Jalankan strategi marketing in crisis

Di situasi rentan seperti ini, usaha pemasaran dan komunikasi berperan penting untuk mempertahankan kestabilan bisnis. Untuk menanggapi pandemi COVID-19, bisnis dapat menyampaikan apa saja usaha yang dilakukan untuk para konsumen dan masyarakat pada saat krisis terjadi. Strategi – strategi yang sudah diulas di atas, seperti melakukan delivery dan menyalurkan melalui e-commerce, bertujuan untuk membantu konsumen untuk tetap aman saat berbelanja. Sampaikanlah tujuan tersebut kepada konsumen agar konsumen tahu bahwa bisnis peduli pada keamanan dan kesehatan konsumen.

Selain itu, bisnis juga dapat menyampaikan usaha-usaha yang dilakukan untuk melindungi pegawainya dan mematuhi anjuran pemerintah dan otoritas, misalnya memberlakukan work-from-home dan physical distancing. Tapi perlu diperhatikan, saluran atau media apa yang dikonsumsi oleh konsumen, di mana bisnis Anda bisa menceritakan segala usaha yang anda lakukan. Dibandingkan banner di toko fisik yang mungkin tidak akan dilihat oleh konsumen, gunakanlah platform seperti media sosial dan e-commerce. Hal ini dapat menjadi nilai plus bisnis anda dan membuat konsumen berpihak pada anda.

7. Susun rencana untuk beberapa bulan ke depan

Masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini pasti akan berakhir, namun sayangnya tidak dapat diprediksi secara akurat kapan. Daripada hanya berharap dalam ketidakpastian, ada baiknya anda menyiapkan rencana untuk beberapa bulan ke depan dengan skenario di mana pandemi COVID-19 masih berpengaruh bagi bisnis anda. Anda perlu menganalisis bagaimana bisnis anda mengalami perubahan dan terpengaruh selama beberapa bulan ke depan. Dari segi operasional, biaya, stok, jumlah permintaan, proyeksi keuntungan, dan kesehatan cash flow bisnis anda, analisis dan susun rencana untuk mempertahankan kestabilan bisnis anda. Berlakukan penyesuaian yang dianggap dapat menguntungkan bisnis. Selain itu, analisis dan lakukan mitigasi atas risiko-risiko yang dapat mengganggu bisnis anda dalam beberapa bulan ke depan.

Kita semua mungkin sudah jenuh dengan PPKM dan pandemi yang belum kunjung berlalu, tapi tidak berarti bisnis kita harus terus terpuruk! Anda cukup mengetahui dan menerapkan strategi yang paling sesuai dengan bisnis anda.

Bagi anda yang memiliki bisnis online dan ingin mengirimkan pesanan konsumen anda di luar negeri, jangan khawatir karena SINDO SHIPPING solusi pengiriman terpercaya bagi anda. SINDO SHIPPING memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan baik sebagai pihak pendukung pengiriman, karena virus COVID-19 tidak menghalangi SINDO SHIPPING untuk memberikan pelayanan yang excellence. Justru SINDO SHIPPING sebagai solusi di masa pandemi ini. Hantaman COVID-19 membuat perubahan yang membuat para penjual online harus cepat membuat strategi baru untuk bisa memasarkan produk masing – masing sehingga penjualan dan omzet tetap terjaga. Tim Customer Service SINDO SHIPPING berkomitmen untuk selalu membantu customer jika ada pertanyaan seputar pengiriman, tracking barang, ada permasalahan terkait klaim kerusakan maupun pertanyaan pertanyaan yang lainnya.

Jika tertarik dengan fasilitas kami dan memiliki pertanyaan lebih lanjut bisa langsung menghubungi kami di nomor whatsapp +6281296055142 atau +6282145058370, dan untuk mendapatkan update terbaru bisa langsung follow instagram kami @sindoshipping. Anda juga bisa melihat artikel lainnya di official website kami di https://www.sindoshipping.com 

Stay healty, stay safe! Happy Shipping with Sindo shipping!!

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Yanuar Tim CRM Sindo Shipping)