Mengenal Cara dan Waktu Berjemur yang Tepat di Bawah Matahari untuk Mencegah COVID-19 Bersama Sindo Shipping

Salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 (Corona Virus) selain dengan berolahraga, yaitu menyempatkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari dipercaya bisa membantu memberikan vitamin D untuk kulit, selain itu berjemur di sinar matahari pagi hari dipercaya dapat membawa banyak manfaat kesehatan yang baik bagi kesehatan. Apalagi salah satu manfaat berjemur adalah meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal virus corona. Perlu diperhatikan beberapa tips agar berjemur bisa mendapatkan hasil maksimal. Namun, informasi mengenai cara yang baik dan waktu yang cocok untuk berjemur bagi sebagian masyarakat masih kurang jelas, lantas bagaimana cara dan waktu berjemur yang tepat dibawah matahari? Ingin mengetahui informasi lengkapnya? Yuk simak artikel ini, semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang penting bagi kesehatan anda.

Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus corona (Covid-19). Selain menjaga pola makan dan hidup sehat, yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas adalah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Seperti diketahui, sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang bisa didapatkan dengan mudah. Cukup dengan berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit, akan banyak manfaat yang bisa didapat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan Vitamin D diperlukan paparan sinar ultraviolet B yang muncul di waktu pagi hari. Dikutip dari berbagai sumber, banyak sekali manfaat sinar matahari pagi yang bisa didapatkan dengan berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi dapat membunuh mikroba dan bakteri. Kemudian ternyata sinar matahari dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi positif. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan perasaan kesal. Sinar matahari juga bisa mengatasi insomnia. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga asupan nutrisi tidak terganggu dan kesehatan tetap terjaga.

Manfaat sinar matahari pagi lainnya dari pagi yang paling sering dijemur adalah untuk kesehatan tulang. Hal ini karena sinar matahari membantu stimulasi vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk tulang dan gigi. Stimulasi vitamin D juga sangat dibutuhkan bayi, sehingga sinar matahari pagi identik dengan bayi. Pada bayi, sinar matahari juga akan sangat membantu untuk meningkatkan kerja hati sehingga dapat menurunkan kadar bilirubin yang biasa dialami bayi baru lahir. Sebagai negara tropis, masyarakat Indonesia tidak boleh kekurangan vitamin D. Matahari merupakan sumber utama sinar beta ultraviolet yang menyusun vitamin D sehingga vitamin ini melimpah di nusantara.

Source: Detikhealth

Tips berjemur sinar matahari pagi agar manfaatnya maksimal:

1.) Berjemur Sinar Matahari Pagi Jangan Lama – lama

Berjemur adalah aktivitas yang cukup penting di tengah pandemi saat ini. Namun, yang tak kalah penting adalah durasi berjemurnya. Durasinya pun berbeda dengan penderita COVID-19 dan yang tidak. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa paparan sinar matahari berkorelasi signifikan dengan pemulihan dari COVID-19. Hal ini karena sinar matahari memicu produksi vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memang manfaat berjemur ini sangat baik, apalagi di atas jam 9 pagi. Hanya saja durasi juga perlu dipikirkan. Jika terlalu lama, bukan saja kamu mendapatkan manfaatnya, tapi juga rugi. Menurut dr. Andhika, durasi berjemur jangan lama – lama. Cukup selama 30 menit, kamu bisa mendapatkan manfaat sinar matahari.

2.) Berjemur Sinar Matahari Pagi Jangan Pakai Topi

Sinar matahari dapat memberikan dorongan untuk kekebalan tubuh. Lalu, bertindak sebagai stimulan untuk produksi melanin atau pigmen di kulit. Tetapi jika anda terpapar berlebihan, akan mengakibatkan terjadinya pengendapan vitamin D yang merugikan kulit. Sengatan matahari dapat mengembangkan melanoma, tumor sel melanin yang sangat ganas, dan melanosit. Maka dari itu, Dr Andhika menyebutkan agar mendapat sinar matahari maksimal dengan cara cukup dengan mengenai 60 persen luas permukaan tubuh. Anda bisa mengenakan baju lengan pendek, celana pendek, tanpa penutup kepala atau topi, payung, atau tidak perlu telanjang.

3.) Jangan Lupa Gunakan Kacamata Hitam

World Health Organization (WHO) menyarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berjemur sinar matahari pagi. Kacamata hitam yang menyediakan 99 hingga 100 persen perlindungan UV-A dan UV-B akan sangat mengurangi kerusakan mata dari paparan sinar matahari.

Saat kamu beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari yang terik bisa mempengaruhi kondisi kesehatan matamu. Memandang sinar matahari dengan mata telanjang dalam jangka waktu tertentu, bisa membuat bola mata terbakar. Hal ini mirip seperti bagaimana sinar matahari membakar kulitmu setelah lama berpanas – panasan atau berjemur. Karena itu, anda disarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berjemur demi meminimalisir resiko terkena penyakit mata.

4.) Lakukan Kegiatan Lain Agar Tidak Bosan

Agar tidak boring, berjemurlah sambil melakukan kegiatan lain di bawah sinar matahari. Seperti membaca buku sambil berbicara dengan keluarga yang sedang berjemur. Atau mungkin untuk mendapatkan sinar matahari anda bisa lakukan dengan aktivitas lain seperti berkebun, mengangkat jemuran di luar rumah dan kegiatan lainnya yang berkontak langsung dengan sinar matahari.

5.) Minum Air Putih

Saat berjemur sinar matahari pagi, tubuh mengalami dehidrasi. Jangan lupa untuk tetap minum air putih agar tubuh tetap fit. Terkadang orang hanya mementingkan asupan vitamin, nyatanya tubuh butuh seluruh elemen yang ada pada gizi seimbang untuk membangun sistem imun yang kuat. Air putih juga termasuk di dalamnya. Menurut himbauan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa wanita disarankan untuk minum 7 gelas per hari sementara pria 8 gelas per harinya. Angka yang sama juga berlaku untuk anak – anak di atas 12 tahun. Ibu hamil disarankan menambah satu gelas dari angka yang disebutkan sebelumnya, dan 3 gelas tambahan untuk ibu menyusui.

Saat semua orang sibuk dengan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh, kadang air putih menjadi salah satu elemen yang terlupakan di tengah pandemi COVID-19. Padahal air memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Memang bukan serta merta menjadi keajaiban yang bisa menyembuhkan COVID-19, air putih diketahui memiliki manfaat untuk menjaga sistem imun tubuh. Mengutip dari New Vision, air putih sangat penting untuk darah dimana membantu sel darah membawa oksigen dan nutrisi yang mana akan menguatkan sistem imun tubuh.

6.) Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Oleskan tabir surya saat berjemur, hal ini agar kulit tetap sehat saat terpapar sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari saat ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat setiap harinya. Kegiatan ini dipercaya dapat membantu memberikan vitamin D guna meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan COVID-19.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan sunblock. Salah satunya perihal Sun Protection Factor (SPF). Dalam hal ini, dokter mengimbau masyarakat untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 15 – 50% sehingga dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari. Gunakanlah sunscreen dengan kandungan SPF sebesar 15% hingga 50%. Jangan kurang atau lebih dari itu, dan sebaiknya digunakan 15 menit sebelum berjemur.

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker kulit. Sinar UV dapat mencokelatkan dan merusak sel – sel kulit yang menyebabkan berbagai masalah kulit, sebelum berjemur di bawah sinar matahari jangan lupa oleskan sunscreen. Apabila anda ingin membeli sunscreen untuk dioleskan saat berjemur, berikut ini beberapa rekomendasi produk sunscreen import terbaik untuk kulit yang bisa anda beli dan kirim menggunakan layanan Sindo shipping.

– Neutrogena, Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen, SPF 55, 3.0 fl oz (88 ml), click link to buy : https://www.iherb.com/pr/neutrogena-ultra-sheer-dry-touch-sunscree n-spf-55-3-0-fl-oz-88-ml/66612?fv=1&gclid=Cj0KCQjw0K-HBhDDARIs AFJ6UGg41NE5CA7G-QxZ4ora74sfHI069_VF7mzunFBVofrWZHTDuXn nWRgaAm1qEALw_wcB&gclsrc=aw.ds

Aveeno, Positively Mineral Sensitive Skin, Sunscreen, SPF 50, 3.0 fl oz (88 ml), Click link to buy: https://www.iherb.com/pr/neutrogena-ultra-sheer-dry-touch-sunscreen-spf- 55-3-0-fl-oz-88-ml/66612?fv=1&gclid=Cj0KCQjw0K-HBhDDARIsAFJ6UGg41 NE5CA7G-QxZ4ora74sfHI069_VF7mzunFBVofrWZHTDuXnnWRgaAm1qEAL w_wcB&gclsrc=aw.ds

–  Shiseido Clear Sunscreen Stick SPF 50+, Clink link to buy: https://www.shiseido.com/us/en/clear-sunscreen-stick-spf-50-07308521698 07.html

–  Banana Boat Ultra Sport Sunscreen Spray, New Formula, SPF 100, 6 Ounces. Click link to buy:https://www.amazon.com/Banana-Boat-Sunscreen-UltraMist-Performan ce/dp/B004CDTCOQ?tag=1267924-shoppingpopularsunscreens-20

–  LA ROCHE-POSAY ANTHELIOS MINERAL GENTLE LOTION, click link to buy:https://www.laroche-posay.us/sunscreen/sunscreen-product-type/body-sun screen/anthelios-spf-50-gentle-lotion-mineral-sunscreen-antheliosbodymin eral.html

Itulah beberapa informasi penting seputar berjemur yang merupakan kegiatan yang telah direkomendasikan oleh praktisi medis, karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat utama berjemur di bawah sinar matahari pagi setiap hari adalah mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang cukup, nutrisi penting yang mendukung banyak fungsi tubuh. Dokter percaya bahwa menghabiskan waktu minimal 15 menit setiap hari di bawah sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati, kemampuan kognitif, mengalahkan insomnia, selain itu juga dapat mencegah penyakit corona. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera klik link web store-nya, lalu segera belanja dan kirim sunscreen dari luar negeri menggunakan layanan pengiriman terbaik Sindo shipping untuk temani aktivitas berjemurmu demi mencegah COVID-19.

Jangan lupa menggunakan jasa Sindo Shipping karena kami selalu memberikan pelayanan terbaik dengan harga terbaik. Yuk segera kalian checkout sunscreen yang diinginkan dan kirim ke warehouse kami, Sindo shipping akan membantu pengiriman dari luar negri ke rumah anda dengan jaminan aman. Jika kalian tidak punya credit card? Tenang! Sindo Shipping ada Jastip yang bisa membantu kalian mendapatkan barang yang kalian inginkan. Segera gunakan jasa Sindo Shipping karena sudah banyak testimoni yang kami dapatkan dari customer loyal kami, jadi jika anda berkenan ingin menggunakan jasa kami anda bisa menghubungi kontak kami melalui 081296055142 / 082145058370 atau cek instagram kami @Sindoshipping untuk mengetahui promo terbaru. Jangan lupa terus ikuti informasi artikel terbaru kami di website resmi dan jangan lupa menggunakan jasa pelayanan pengiriman barang dengan Sindo shipping karena ada promo menarik potongan diskon sebesar 20% khusus bagi anda para pengguna terbaru konsumen kami tercinta. Jangan lupa tetap pantau informasi terkini untuk mengetahui info lebih jelasnya dengan cek web kami di http://www.sindoshipping.com.

STAY HEALTHY WITH SUNBATHING AND KEEP SHIPPING WITH US!!

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Velis Tim Marketing Digital Sindo Shipping)