Bagaimana cara melakukan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia yang murah dan cepat atau mengirimkan barang dari Indonesia ke luar negri?

Ini adalah pertanyaan yang sering di jumpai di pencarian google dan sulit untuk menemukan bagaimana dapat menemukan jawaban dari pertanyaan ini. Beberapa faktor utama yang mempengaruhi sistem importasi Indonesia yang di kenal cukup menyita waktu dan tenaga pengirim yang ingin melakukan kiriman barang ke Indonesia yaitu faktor bea cukai, penyedia jasa pengiriman barang, sistem pengiriman barang dari penjual, dan beberapa faktor lain nya.

Beberapa hal yang menyebabkan pengiriman barang ke Indonesia yang terkadang dapat di kategorikan cukup sulit dan menyita banyak waktu akan kami coba bahas di halaman ini. Mari kita coba pilah bagaimana anda bisa mendapatkan jasa pengiriman ke Indonesia yang murah dan cepat.

Sekilas Tentang Jasa Pengiriman Barang dan e-commerce di Indonesia

Sistem jasa pengiriman barang dan paket di Indonesia bukanlah hal yang baru dan sudah ada sistem tersebut dari Jaman penjajahan Belanda sejak tahun 1746. Pos Indonesia lah yang pertama-tama memonopoli sistem pengiriman surat pos, paket, maupun barang-barang kiriman ke seluruh Indonesia. Sebelum pemain swasta dengan sistem jasa pengiriman kilat seperti TIKI atau JNE hadir di Indonesia, Pos Indonesia memonopoli pasar pengiriman barang Indonesia.

Tetapi dengan masuk nya pemain swasta ke industri jasa pengiriman barang per tahun 1990an dan dengan menawarkan jasa pengiriman yang selaras dengan kemajuan teknologi yang cepat, mudah dan posisi barang dapat di ikuti secara online dan real time di jaman 2000an, Pos Indonesia semakin tertinggal jauh. 

Pos Indonesia sebagai perusahaan pemerintah mulai kewalahan untuk mengikuti perkembangan jasa pengiriman barang swasta seperti TIKI, JNE, JET Express, dan lain-lain. Perkembangan jasa pengiriman barang kilat di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun di karenakan permintaaan pasar yang dimana bergaris lurus dengan perkembangan sistem belanja online di Indonesia.

Pada 10 tahun belakangan ini di mana industri dunia maya semakin meningkat, jasa pengiriman barang sebagai industri yang mensupport sistem jual beli dalam dunia maya juga terus meningkat. 

Dengan berkembang nya online shop raksasa di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe, Bhineka, dan lain-lain, sangat berpengaruh besar dalam industri jasa pengiriman barang di Indonesia. Transaksi yang dahulu tidak pernah terjadi dimana penjual dan pembeli tidak pernah bertemu muka mulai berkembang. Dewasa ini, pembeli hanya perlu berlandaskan kepercayaan dan komentar online yang positif untuk dapat memulai transaksi online tanpa perlu bertemu dengan penjual.

Faktor lain nya yang mempengaruhi perkembangan yang cukup signifikan adalah dari kaum para milenial yang mulai mengikuti perkembangan tren internet dan belanja online dari luar negeri, pada khusus nya dari negara-negara maju yang dimana perkembangan teknologi internet yang cukup signifikan seperti misalnya Amerika Serikat, Cina, Jepang, Korea, dan lain-lain, yang terus meningkatkan transaksi di dunia maya dari tahun ke tahun nya selaras dengan pengguna teknologi internet yang semakin tinggi setiap tahun nya.  

Menurut statistik, pertumbuhan dunia e-commerce terus di prediksi sekitar 17-20 persen per tahun dan pengaruh lain nya yaitu semakin banyak nya pengguna ponsel pintar yang menjadi pilihan utama para milenial untuk terus aktif di dunia maya. Sekarang ini, pengetahuan dapat di capai dengan hanya beberapa ketikan melalui internet di ponsel pintar (smart phone).

Statistik konsumer e-commerce yang berbelanja secara online juga semakin meningkat di Indonesia. Setiap tahun nya, pertumbuhan pengguna smartphone atau teknologi internet semakin bertambah sekitar 78% di Indonesia. Per tahun 2018, di laporkan pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang. Indonesia ke depan akan menjadi salah satu pasar yang besar dalam dunia e-commerce khusus nya di asia pasifik sehingga pasar Indonesia ini semakin di minati oleh pengembang-pengembang pasar dunia online global.

Website-website di luar negri juga cukup banyak popular di kalangan warga Indonesia yaitu amazon , alibaba, ebay, qoo10 dari Singapura. Website luar negri cukup diminati karena harga yang cukup bersaing dan juga variasi barang yang cukup banyak.

Menurut statistik, di Indonesia sekitar 13 persen rata-rata dari pendapatan per bulan di gunakan untuk keperluan belanja online dan di prediksi perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri per tahun 2022 akan mencapai angka sekitar 700 triliyun rupiah, 10 kali lipat di bandingkan pasar e-commerce per tahun 2017.

Pada dewasa ini, belanja online dapat di kategorikan dalam beberapa hal, belanja kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pokok dan tradisional seperti beras, minyak, telur, dll, yang dapat di antar langsung ke rumah, ataupun belanja barang-barang elektronik, produk kecantikan, produk kesehatan, dll.

Mungkin sebelum nya pada era 1990an, di mana perkembangan marketing dan periklanan, masyarakat lebih mengenal belanja tanpa temu muka dari saluran tv yang menawarkan produk yang konsumen dapat memesan langsung dengan menelepon ke nomor tertentu setelah melihat iklan yang tayang di layar televisi yang berkembang sampai sekarang ini dengan sistem belanja online.

Maka dari itu dibutuhkan perusahaan jasa pengiriman barang impor dari luar negeri ke Indonesia yang dapat membantu masyarakat Indonesia yang ingin memesan barang dari website-website yang berada di luar negeri atau mendapatkan produk yang tidak terdapat di pasar Indonesia pada umumnya atau mungkin pembeli dari produk bisa mendapatkan harga yang mungkin lebih murah jika membeli barang dari luar negri di banding kan harga produk yang di dapat kan dari pasar lokal.

Faktor yang mempengaruhi sistem jasa pengiriman barang impor di Indonesia

Dalam sistem jasa pengiriman barang impor ada beberapa faktor krusial yang cukup mempengaruhi bagaimana memulai pengiriman barang ke Indonesia dari luar negri yang mudah, murah, dan cepat:

1. Temukan penyedia jasa pengiriman barang yang khusus nya dapat menangani pengiriman barang dari luar negri ke indonesia ataupun sebaliknya.

Perlu di ketahui, bahwa tidak semua penyedia pengiriman barang yang menguasai pasar lokal seperti TIKI atau JNE dapat dengan mudah menyediakan jasa pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia. 

Penyedia jasa pengiriman barang dari luar negri ke Indonesia yang cukup di minati karena harga yang cukup murah dan juga memiliki kerjasama dengan EMS (Express Mail Service) adalah Pos Indonesia. EMS sendiri merupakan salah satu jasa pengiriman barang internasional yang berada di 190 negara yang di tawarkan oleh penyedia jasa pengiriman barang yang tergabung di Universal Postal Union (UPU) dari seluruh dunia dan tujuan utama nya untuk mengharmonisasi sistem pengiriman barang internasional di seluruh dunia sesuai dengan standar yang di berikan. Di Indonesia, hanya Pos Indonesia yang tergabung dalam UPU, maka dari itu, hanya Pos Indonesia yang dapat menyalurkan pengiriman barang EMS dari luar negri di seluruh Indonesia ataupun sebaliknya mengenai pengiriman barang yang di kirimkan ke luar negeri dari Indonesia.

Tetepi, Pos Indonesia tidak menjamin dan membantu pengirim atau penerima barang dalam masalah bea cukai jika timbul dalam proses pengiriman barang. Biasa nya, dibutuhkan waktu sekitar 7-10 hari dari barang tiba di Indonesia sampai ke tujuan di wilayah Jakarta melalui bea cukai jika tanpa ada masalah atau pengecekan yang ketat.

Apabila petugas bea cukai meminta dokumen tertentu atau barang yang anda kirim bermasalah, barang dapat di tahan sampai 14-21 hari kerja. Beberapa kemungkinan lain nya yaitu barang kiriman dapat di sita ataupun barang di kembalikan ke origin pengirim jika syarat impor dan dokumen import tidak lengkap.

2. Pengaruh dari sistem birokrasi bea cukai atau dari dirjen keuangan.

Faktor cukup krusial mengenai kendala pengiriman barang ke Indonesia adalah sistem birokrasi pemerintahan Indonesia yang cukup ketat dalam proses bea cukai dan importasi barang ke Indonesia. 

Beberapa konsumer belanja online mengeluhkan betapa sulit nya membeli barang dari luar negri yang hanya sebenarnya di gunakan untuk kepentingan pribadi (bukan komersil) meskipun hanya dalam jumlah kecil karena banyak nya syarat yang di butuhkan untuk mengimpor barang yang di beli dari luar negri.

Di bandingkan dengan negara-negara tetangga yang mungkin dapat memberikan peraturan yang lebih jelas mengenai syarat dari tiap barang yang di perbolehkan untuk di impor atau dokumen-dokumen yang di butuhkan dalam proses importasi, Indonesia mungkin cukup tertinggal dalam hal ini.

Faktor lain nya adalah pajak barang yang cukup tinggi untuk mengimpor barang ke Indonesia meskipun dalam jumlah yang kecil. Meskipun pemerintah sudah memberikan keringanan untuk paket kiriman dari luar negri hingga USD 3, harga barang yang terkena pajak masih cukup tinggi di tambah dengan gabungan dari pajak tambahan yaitu pajak pertambahan nilai, pajak importasi, pajak pendapatan pph21, dan pajak pertambahan nilai barang mewah.

Karena itu, untuk dapat menumbuhkan industri perdagangan di Indonesia, pemerintah perlu menyesuaikan pajak-pajak yang dapat mempengaruhi kemudahan dalam sistem importasi barang ke Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini, dirjen keuangan terus berupaya untuk menghapus beberapa jenis barang yang termasuk kategori barang mewah untuk dapat menggenjot perekonomian Indonesia. Tetapi hal itu belum cukup kuat karena sebagian besar barang yang masuk ke Indonesia bukan merupakan barang-barang mewah tetapi lebih merupakan barang kebutuhan sehari-hari.

3. Pastikan penyedia jasa pengiriman mempunyai kerjasama yang cukup luas di bidang jasa pengiriman barang dan sesuaikan dengan bujet anda.

Penyedia jasa pengiriman barang perlu untuk terus mengembangkan koneksi nya dalam industri pengiriman barang untuk dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen yang beragam. Hal ini di perlukan karena konsumen pada dewasa ini dengan mudah nya bisa membandingkan setiap penawaran ataupun jasa pengiriman barang yang berada di pasaran.

Setiap jasa pengiriman barang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan maka dari itu diperlukan sistem kerjasama yang kuat di dalam industri pengiriman barang yang bisa saling mendukung dan menopang satu dengan lain nya untuk disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen. Dimana ada beberapa konsumen yang memerlukan jasa pengiriman yang cepat karena kebutuhan barang yang mendesak atau konsumen lebih memilih pilihan jasa pengiriman barang yang tidak perlu cepat tetapi sesuai dengan bujet untuk pengiriman.

Sebagai konsumen pun, anda perlu mempelajari setiap penawaran yang di berikan dan terus memperoleh informasi yang terbaik sebelum memutuskan menggunakan jasa pengiriman barang yang mana untuk mengimpor barang anda ke Indonesia. Cari dan dapatkan penyedia jasa pengiriman barang yang dapat memenuhi kebutuhan anda dan sesuaikanlah dengan bujet yang anda sudah siapkan sebelum membeli barang dari luar negri.

Di karenakan masalah itu, SindoShipping sebagai jasa pengiriman barang yang murah, cepat, mudah ke Indonesia hadir di industri pengiriman barang sejak 2001 yang memberikan solusi kepada konsumen yang ingin membeli barang secara online dari luar negri ke Indonesia. SindoShipping juga menyediakan jasa pengiriman bagi perusahaan-perusahaan yang ingin melebarkan sayap nya secara online ke Indonesia dengan sistem drop shipping yang efektif dan teroganisir.

Sistem apa yang kami pergunakan?

Sistem yang kami pergunakan adalah menggunakan Singapura sebagai transit point untuk barang yang masuk sebagai gerbang awal untuk mensortir lebih lanjut apakah barang yang akan di impor ke Indonesia adalah barang yang terlarang, tidak untuk umum, dan bersifat berbahaya karena jika memang tidak lolos ke Singapura sebagai salah satu negara dengan syarat impor yang tinggi, maka barang tersebut pasti nya tidak dapat masuk ke Indonesia. Dengan sistem ini, perusahaan kami dapat juga berkerja sama dengan pemerintah lokal dan asing apabila ada barang-barang yang mencurigakan yang di kirimkan oleh pengirim yang kurang jelas asal usul nya.

Terlebih lagi beberapa poin yang menentukan mengapa Singapura di pilih sebagai bagian dari transit adalah

  • Konektivitas – Dengan menggunakan Singapura sebagai gerbang utama pengiriman barang, konsumen dapat lebih mudah mengatur pengiriman dan order karena Singapura merupakan hub pengiriman dari seluruh dunia yang mudah di akses.
  • Hub bagi Penyedia Jasa Pengiriman Internasional – Singapura merupakan hub bagi penyedia jasa pengiriman internasional seperti fedex, dhl, tnt, ups, dll, yang merupakan gerbang ke Asia Tenggara.
  • Efektif dan Efesien – Sistem pemerintahan yang bersih dan sistem impor dan ekspor Singapura merupakan salah satu yang tertinggi di seluruh dunia yang sudah terbukti dan terdepan.

Bagaimana cara memesan barang dari amazon america atau singapura ke Indonesia?

Jika anda ingin memesan barang dari amazon usa atau amazon singapur caranya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu login atau sign up untuk account amazon dan masukkan alamat kami di usa atau di sg sebagai alamat tujuan pengantaran.

Amazon memiliki pilihan yang beragam untuk kamu yang ingin memesan segala jenis kebutuhan dan satu lagi jika kamu membutuhkan jasa pembelian barang. Pihak Sindoshipping juga dapat mengatur pembelian kamu sampai pengiriman ke alamat mu di Indonesia. Kontak tim kami sekarang jika mau mulai berbelanja

Mengapa SindoShipping bisa menyediakan jasa pengiriman dengan ongkos kirim (ongkir) yang lebih murah di banding jasa pengiriman lain nya?

Beberapa tahun sebelum SindoShipping berkecimpung ke dalam industri pengiriman barang impor ke Indonesia dari Singapura, tim kami sudah melakukan industri riset dalam proses pengiriman, lama pengiriman dan harga pengiriman dan tim kami menemukan bagaimana dapat menekan biaya pengiriman dengan hanya minimal pengiriman barang 1 kg yang di mana cukup sulit menemukan jasa pengiriman dengan harga yang murah dan terjangkau.

Pengiriman SindoShipping mempunyai tagihan per kilo yang bersaing dengan industri pengiriman barang. Harga kiriman kami dapat kami tekan karena setelah beberapa tahun SindoShipping merintis bisnis pengiriman barang, kami sudah mendapatkan pengiriman minimal quota per hari yang dapat mendistribusikan harga yang lebih murah kepada konsumen kami.

Bagaimana SindoShipping dapat menyediakan jasa pengiriman yang lebih cepat di banding jasa penyedia yang lain di industri pengiriman impor ke Indonesia?

Selain kami menggunakan Singapura sebagai hub, seperti di jelaskan di atas kelebihan menggunakan Singapura sebagai hub pengiriman barang, SindoShipping juga menggunakan hub kota yang terdekat dari Singapura sebagai base pengiriman barang. Dengan menggunakan kota-kota yang berdekatan dengan Singapura, SindoShipping dapat menekan waktu pengiriman barang dan proses bea cukai impor ke Indonesia dan setibanya di Indonesia, maka langsung dapat di distribusikan kepada konsumen lebih cepat daripada menggunakan Jakarta sebagai hub importasi barang.

Bagaimana mengirimkan barang dari Indonesia ke luar negri?

SindoShipping juga menyediakan jasa pengiriman barang dari Indonesia ke luar negri dengan berkerjasama dengan DHL untuk pengiriman internasional. Pengiriman ke luar negri seperti Korea, Malaysia, Jepang, Australia, Amerika, dll, merupakan salah satu tujuan pengiriman yang cukup popular. SindoShipping menyediakan jasa pengiriman door-to -door yang di ambil dari alamat pengirim, pengurusan custom luar negri, pengawasan dan memonitor progress pengiriman, custom impor di negri tujuan sampai ke alamat tempat tujuan.

Pihak DHL akan menjemput barang dari alamat anda dan mengirimkan langsung ke alamat tujuan di luar negri. Keuntungan menggunakan jasa SindoShipping yaitu kami memiliki company special rate untuk mengirimkan barang ke luar negri dengan DHL dan pengaturan pengambilan barang akan di lakukan oleh staff kami dari alamat anda dan persiapan invoice dan dokumen akan di aturkan juga dari pihak SindoShipping. Kontak staff kami sekarang untuk dapat mengetahui rate yang terbaik untuk pengiriman ke luar negri via SindoShipping.

SindoShipping berkomitmen untuk memberikan jasa pengiriman barang yang murah, mudah, dan cepat bagi konsumen di Indonesia dan luar negri yang ingin mengirimkan barang ke Indonesia. Untuk memulai pengiriman barang dengan SindoShipping anda dapat hubungi no +6281296055142 atau meng klik link ini.

2 thoughts on “Bagaimana cara melakukan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia yang murah dan cepat atau mengirimkan barang dari Indonesia ke luar negri?

Comments are closed.