PENGARUH COVID-19 TERHADAP PROSES PENGIRIMAN BARANG INTERNASIONAL & BAGAIMANA CARA MENANGANINYA

Pada era saat ini yakni di tahun 2020 tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Covid-19 dimana merupakan salah satu virus yang menyebar luas yang tentu saja menyebabkan ada banyak kerugian-kerugian yang dialami oleh hampir seluruh penduduk yang ada di seluruh dunia, salah satunya yaitu Para Pedagang, Pengusaha maupun Perusahaan yang menangani Pengiriman Barang Internasional.

Pernahkan kalian yang notabennya sebagai customer, bertanya-tanya adakah dampak yang dirasakan oleh perusahaan pengiriman barang Internasional seperti Sindo Shipping ini?

Dan bagaimana cara menanganinya demi memperlancar proses pengiriman barang tersebut?

Nah, di blog kali ini kita akan membahas beberapa pertanyaan kecil yang terbesit dibenak customer mengenai dampak yang dialami oleh perusahaan pengiriman barang seperti Sindo Shipping ini.

Tidak hanya satu maupun dua orang saja yang merasa dirugikan dengan adanya virus covid-19 ini, tentu kita sebagai perusahaan pengiriman barang internasional juga ikut merasakan beberapa dampak negative dari covid-19, diantaranya yaitu :

– Adanya Hambatan Transportasi Saat Melakukan Proses Pengiriman Barang

Salah satu dampak yang akan kita bahas terlebih dahulu yakni Hambatan Transportasi Saat Melakukan Proses Pengiriman Barang. Seperti contohnya dalam pengiriman barang apalagi pengiriman barang Internasional tentu diperlukan lebih dari satu transportasi dari Negara satu ke Negara lainnya, namun adanya covid-19 ini menyebabkan beberapa Negara menutup akses bepergian ke luar negeri maupun dalam negeri atau yang lebih dikenal dengan istilah “Lockdown” demi meminimalisir virus yang menyebar untuk menjaga kenyamanan bersama. Sehingga menyebabkan terhambatnya proses pengiriman barang tersebut.

 

– Adanya Hambatan Ketepatan Waktu Saat Melakukan Proses Pengiriman Barang

Beberapa contoh lainnya yakni Kedatangan barang yang sampai tidak bisa diperkirakan dengan tepat. Hal ini tentu saja karena adanya hamabatan terhadap beberapa perusahaan yang ikut andil dalam proses pengiriman barang salah satunya yakni seperti yang sudah kita bahas yaitu perusahaan yang menangani bagian transportasi. Hal ini tentu saja menyebabkan keresahaan terhadap perusahaan pengiriman internasional sendiri karena tentunya akan ada beberapa customer yang complaint karna barang yang mereka harapkan tidak datang tepat pada waktunya.

 

– Kehilangan Beberapa Pelanggan Tetap

Bagi kami dari perusahaan pengiriman barang internasional tentu memiliki pelanggan tetap dari beberapa perusahaan kecil yang biasanya rutin melakukan pengiriman barang dari luar negeri ke dalam negeri untuk dijual lagi di perusaan mereka sendiri dengan harga yang lebih menguntungkan, namun harus berhenti beroperasi karena covid-19 ini. Maksudnya adalah Hal ini tentu saja sangat berpengaruh kepada perusahaan pengiriman barang Internasional karena harus kehilangan beberapa customer.

Itulah beberapa dampak negative yang dialami perusahaan pengiriman internasional karena adanya covid-19

Tidak hanya pengaruh negative yang kita dapatkan sebagai perusahaan pengiriman barang internasional karena adanya covid-19 ini, disisi lain kita juga mendapatkan beberapa pengaruh positif yang berdampak pada perusahaan pengiriman barang Internasional, diantaranya yaitu :

– Meningkatnya Pelanggan Baru

Adapun pengaruh positif dari covid-19 ini terhadap perusahaan pengiriman barang Internasional yaitu adanya Pelanggan Baru. Hal ini disebabkan karena banyaknya penduduk yang putar haluan untuk menjadi pengusaha kecil-kecilan dari rumah, sehingga menyebabkan meningkatnya pelanggan baru yang ingin menggunakan jasa pengiriman barang ini dan mereka manfaatkan di beberapa usaha mereka.

Tidak hanya penduduk yang putar haluan menjadi pengusaha rumahan, karena lebih banyaknya aktivitas dirumah tentu menyebabkan mereka ingin menyalurkan hobby yang selama ini jarang mereka jalani karena sibuknya kegiatan diluar rumah, hobby yang dimaksud yakni bersepeda misalnya, Adapun beberapa contoh lainnya bisa kalian rasakan dan lihat sendiri di lingkungan sekitar kalian.

 

– Meningkatnya Pendapatan Perusahaan

Maksudnya adalah karena ada banyaknya pelanggan baru yang gemar berbelanja dan menggunakan jasa pengiriman barang Internasional tentu menyebabkan adanya peningkatan pendapatan perusahaan dari yang seharusnya diperkirakan pada masa pandemi seperti ini.

 

– Semua dilakukan melalui Media Online

Karena adanya covid-19 ini, hampir seluruh penduduk di seluruh dunia menggunakan media online sebagai sarana untuk berbelanja. Hal ini tentu membawa dampak positif bagi kita yang memiliki perusahaan pengiriman barang karena semakin banyak menggunakan media online sebagai sarana berbelanja, maka semakin banyak pula jasa pengiriman yang diperlukan.

 

– Pekerjaan lebih Produktif

Pekerjaan yang dilakukan tentu lebih produktif dengan banyaknya yang mengincar media online sebagai sarana berbelanja tentu adanya peningkatan terhadap jasa pengiriman yang kita sediakan sehingga membuat pekerjaan lebih produktif.

Itulah beberapa dampak positif yang berpengaruh terhadap jasa pengiriman barang internasional pada masa pandemi ini.

Cara Menangani Proses Pengiriman Barang Pada Masa Covid-19

Setelah kita membaca beberapa pembahasan diatas mengenai dampak positif dan negatif yang berpengaruh pada proses pengiriman barang di masa pandemic, tentu kita akan bertanya-tanya lantas bagaimana kah cara menangani proses pengiriman barang pada masa pandemic seperti ini, bukan?

Di pembahasan selanjutnya, kita akan membahas hal tersebut.

Adapun beberapa cara menangani proses pengiriman barang yang dilakukan oleh perusahaan pengiriman barang dengan mempertimbangkan dampak positif dan negatif dari proses pengiriman barang yakni diantaranya :

– Memastikan Proses Pengiriman Yang Dilakukan Dengan Menggunakan Transportasi Yang Tepat

Meski ada beberapa hambatan transportasi yang ditemui saat proses pengiriman barang, namun tidak ada salahnya untuk kita memastikan untuk memilih transportasi yang tepat untuk mengirim barang tersebut.

 

– Memperkirakan Jangka Waktu Yang Diperlukan Dalam Proses Pengiriman Barang

Meskipun kita tidak bisa memastikan jangka waktu yang tepat, namun berikan perkiraan atau estimasi yang tepat dan jelaskan dan berikan pengrtian secara detail kepada customer untuk menghindari adanya kesalah pahaman satu sama lain.

– Melakukan Promosi Ke Tempat Yang Memiliki Potensi

Meskipun sudah diketahui bahwa jasa pengiriman barang mengalami peningkatan karena adanya covid-19 ini, namun masih banyak penduduk yang masih takut untuk menggunakan jasa pengiriman, bahkan beberapa dari mereka masih ada yang belum mengetahui cara menggunakannya. Maka tidak ada salahnya bagi kita untuk melakukan promosi ke tempat tempat yang memiliki potensi untuk menggunakan jasa pengiriman barang agar pekerjaan yang dijalani semakin produktif.

 

– Selalu Menjaga Kebersihan Satu Sama Lain

Untuk membuat customer merasa nyaman dalam menggunakan jasa pengiriman kita, tentu tidak ada salahnya bagi kita agar saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga kebersihan mulai dari proses pendataan sampai proses pengiriman. Sehingga barang yang diterima customer sampai ditempat tujuan dalam keadaan bersih.

 

Dari penjelasan diatas kalian sudah mengerti bukan mengenai pengaruh covid-19 terhadap perusahaan pengiriman barang Internasional? Nah adakah dari kalian yang masih ragu memilih jasa pengiriman barang yang pas untuk anda? Yuk coba jasa Sindo Shipping aja.

Jasa Pengiriman yang terpercaya, cepat dan nyaman dengan harga terjangkau ya Cuma ada di Sindo Shipping. Happy Shipping Everyone !