SOLUSI PENGIRIMAN BARANG EKPORT IMPORT UNTUK BISNIS ANDA

Apakah anda berpikir untuk memulai bisnis eksport import untuk memperluas pangsa pasar dan keuntungan usaha anda?  Setelah permintaan pasar dalam negeri terpenuhi tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengekspor produk tersebut dengan harapan penghasilan semakin meningkat. Hal ini didukung trend sekarang, sebuah bisnis sudah bisa mengglobal dengan kehadiran internet dan transaksi online. Dan seperti yang kita ketahui banyak barang-barang import yang jarang kita ketemui di daerah kita , maka ini bisa menjadi peluang untuk memulai bisnis import barang dari luar negeri.

Bisnis ekspor impor merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Apalagi di tengah pandemic yang melanda seperti ini banyak masyarakat yang membeli kebutuhan hidup mereka melalui online , bisnis ekspor impor ternyata terus bertahan hingga sekarang. Di saat mata uang rupiah melemah terhadap dolar justeru usaha ekspor impor semakin menguntungkan. Disebabkan keuntungan bisnis ekspor yang didapatkan berupa mata uang dolar yang sedang melambung tinggi.

Nah sekarang kita akan membahas beberapa tips untuk memulai bisnis eksport import

  • Ketahui keinginan konsumen

Jika kalian ingin memulai bisnis eksport import kita harus mengetahui keinginan konsumen , apa yang dibutuhkan oleh konsumen di daerah anda. Misalnya sekarang ini banyak konsumen yang menyukai skincare , hair care, make up dari luar negeri seperti korea , Thailand, china , amerika dan banyak lainnya. Selain itu juga sekarang banyak diminati snack- snack import dan juga mie instan dari luar negeri . mungkin ini bisa dijadikan bahan untuk memulai bisnis eksport import anda.

  • Persiapan Matang

Hal penting berikutnya sebelum memulai bisnis ekspor impor adalah mempersiapkan katalog produk dan daftar harga. Lalu tentukan minimal pesanan yang bisa dilakukan serta perkiraan lama waktu pengiriman. Hal ini termasuk dalam proses persiapan dan perencanaan usaha ekspor impor yang matang. 

  • Mencari Klien

Selanjutnya untuk memuluskan bisnis ekspor impor di rumah, kita harus mencari para importir di luar negeri dalam jumlah sebanyak-banyaknya yang kelak menjadi mitra kerjasama kita. Kita dapat mencarinya lewat internet, surat kabar, katalog data importir, atau datang langsung ke Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) yang mempunyai basis daftar para importir yang sangat lengkap. Perlu dipahami bahwa importir yang kita bidik adalah para importir yang sesuai dengan produk yang kita miliki.

 Tapi mungkin anda masih bingung dengan pengiriman barang dari luar negeri maupun ke luar negeri . seperti syarat-syarat barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dikirim dan juga masalah bea cukai .

Tenang , serahkan masalah pengiriman barang dengan Sindo Shipping karena Sindoshipping merupakan jasa pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, maupun Indonesia ke luar negeri. Dengan tujuan untuk membantu anda dalam proses pengiriman barang menjadi lebih mudah. Di tambah misi kami yang bertujuan untuk:

– membantu mengarahkan pengiriman yang terbaik buat anda

– membantu anda dalam mengakses infromasi secara real-time dimana lokasi barang anda selama transit

– menghandle customer dalam pembiayaan bea cukai.

Yang sering menjadi masalah dalam pengiriman barang ekport import adalah masalah bea cukai

Bea cukai sebagai pintu masuk barang dagangan, bahan baku produksi, dll, memiliki standar yang di tetapkan oleh kementrian lain yang mengatur peredaran barang di Indonesia dan bea cukai berkewajiban mengecek satu persatu barang yang masuk ke Indonesia.

Di karenakan hal tersebut, banyak barang yang akhir nya terhenti di bea cukai dan tidak bisa masuk ke Indonesia. Masalah lain nya adalah kurang nya pengetahuan dari pengirim barang mengenai peraturan yang berlaku, apakah barang yang di impor dari luar negeri memerlukan dokumen khusus, jumlah spesifik yang di perbolehkan, dll.

Jadi apa rahasia agar dapat melakukan pengiriman barang ke Indonesia tanpa ada masalah??

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat memastikan produk yang di kirimkan ke Indonesia tidak mendapatkan masalah di bea cukai adalah sebagai berikut:

1.Dapatkan informasi sebanyak-banyak nya mengenai pengiriman barang

Dengan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya anda dapat mengerti dari segala aspek mengenai pengiriman barang ke Indonesia, terlebih lagi mengenai jenis barang yang anda ingin kirimkan ke Indonesia.

Dengan informasi yang jelas dan pengetahuan yang detail, anda dapat setidaknya merasa aman dengan sistem pengiriman barang yang anda pilih dan lakukan dan juga sewaktu barang dalam transit, anda dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat pengiriman barang.

Dapatkan informasi di internet, tanyakan kepada sanak saudara atau teman-teman dekat anda, dan juga anda dapat mengecek informasi dari agen pengiriman barang anda. Tanya sebanyak-banyak nya sampai anda mendapatkan semua kejelasan dari pertanyaan anda sehingga anda mengetahu informasi mendetail dalam pengiriman barang anda.

2.Pilihlah agen pengiriman barang yang terpercaya

Cari dan temukan agen pengiriman yang terpercaya dan sudah memiliki track record sebagai salah satu pengiriman barang yang dapat menghandel barang anda dengan baik. Tanyakan kepada teman atau keluarga yang mungkin ada referensi, lalu tanyakan kepada agen pengiriman tersebut mengenai barang yang anda ingin kirimkan.

Pastikan juga prosedur-prosedur yang di jelaskan masuk akal dan sistem yang di tawarkan kepada anda dapat di pertanggung jawabkan juga. Banyak dari kostumer merasa tertipu dengan janji yang di berikan agen pengiriman barang tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Kejadian di mana barang akhir nya terhenti lama di bea cukai, tidak ada kejelasan posisi barang, harga yang naik turun atau adanya tambahan biaya di luar dari kesepakatan pertama sewaktu mengirimkan barang merupakan hal-hal yang biasa terjadi jika anda memilih agen pengiriman barang yang tidak tepat.

3.Pengemasan produk anda sangat penting dalam pengiriman

Pengemasan (packaging) produk anda merupakan hal yang krusial yang terkadang tidak terlalu di perhatikan oleh pengirim. Pengemasan barang merupak hal kunci dalam pengiriman yang di mana barang dengan pengemasan yang terlihat besar lebih diincar oleh petugas bea cukai.

Lakukan pengemasan barang anda dengan simpel dan tidak terlihat terlalu besar di karenakan petugas bea cukai melihat barang dengan pengemasan yang besar lebih merupakan barang yang khusus nya untuk industri atau untuk di perdagangkan.

Barang-barang dengan pengemasan yang simpel dan tidak terlalu besar lebih di kategorikan sebagai barang pribadi yang untuk konsumsi pribadi dan bukan untuk di perdagangkan.

Hal tersebut menjadi penting apabila anda ingin mengimpor barang dagangan anda ke Indonesia tanpa ada masalah di bea cukai yang di mana petugas bea cukai melihat pengemasan produk anda sebagai hal pertama yang menjadi kesan apakah barang kiriman anda perlu di cek ulang atau di tahan guna mendapatkan informasi yang lebih mendalam.

4. Kirim barang kiriman anda lewat udara daripada laut

Kirimkan barang anda lewat udara daripada laut karena dapat mengurangi masalah bea cukai. Jika anda mengirimkan melalui laut, barang anda 3-4x lebih lama melewati bea cukai dan proses nya lebih sulit di bandingkan pengiriman dengan udara.

Memang pengiriman lebih mahal di bandingkan laut, tetapi jika barang yang anda impor memiliki harga yang cukup tinggi atau cukup penting, jangan ragu untuk mengirimkan via udara daripada laut di karenakan resiko yang di tanggung lebih rendah di banding pengiriman dengan laut.

Hal ini dapat berfungsi baik apabila disesuailan juga dengan bujet dan kebutuhan anda, jika anda memiliki bujet yang rendah dan barang tidak bersifat urgent, maka mengirimkan by sea atau laut mungkin dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

5. Tulis deskripsi secara spesifik di dokumen pengiriman barang anda

Sewaktu anda mengirimkan barang, pastikan deskripsi barang yang anda kirimkan jelas dan sesuai dengan pengemasan barang. Hal ini sangat penting dikarenakan deskripsi yang tidak jelas dan bentuk barang yang tidak sesuai dapat membuat petugas bea cukai curiga dengan isi barang yang anda kirimkan.

Sebagai contoh misal nya anda menuliskan barang yang anda kirimkan adalah pakaian untuk pribadi, tetapi pengemasan produk anda cukup besar dan sewaktu di scan memiliki banyak produk lain seperti cairan, atau kosmetik, dll, maka petugas bea cukai akan membongkar barang anda dan mengecek satu2 barang yang anda kirimkan.

Pastikan deskripsi barang yang anda kirimkan dan banyaknya barang sesuai dengan apa yang anda infokan di dokumen pengiriman agar proses bea cukai menjadi lebih lancar dan dapat menghindari masalah yang dapat terjadi dalam proses pengiriman.

Sistem pengiriman dari SindoShipping adalah menggunakan Singapura sebagai transit point untuk barang yang masuk sebagai gerbang awal untuk mensortir lebih lanjut apakah barang yang akan di impor ke Indonesia adalah barang yang terlarang, tidak untuk umum, dan bersifat berbahaya karena jika memang tidak lolos ke Singapura sebagai salah satu negara dengan syarat impor yang tinggi, maka barang tersebut pasti nya tidak dapat masuk ke Indonesia. Dengan sistem ini, perusahaan kami dapat juga berkerja sama dengan pemerintah lokal dan asing apabila ada barang-barang yang mencurigakan yang di kirimkan oleh pengirim yang kurang jelas asal usul nya.

nah jika kalian berminat untuk menggunakan jasa pengiriman kami kalian bias menghubungi customer service kami di no +6281296055142 dan juga melalui website kami di http://www.sindoshipping.com .