CARA MEMBEDAKAN SEPATU BRANDED ORIGINAL DAN PALSU ALA SINDO SHIPPING

Memiliki sepatu bermerek sudah menjadi gengsi tersendiri saat ini. Namun tidak semua mampu mendapatkan sepatu bermerek terlebih yang memiliki harga selangit. Membeli sepatu yang orisinal atau asli bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, telah tersedia produk sepatu palsu di toko – toko daring (online) maupun secara langsung. Jaman sekarang, melakukan transaksi belanja online makin gampang. Jaringan internet makin kencang, makin banyak pilihan marketplace, makin beragam juga cara buat berbelanja. Ya, anda bisa pilih situs belanja online mana yang lagi memberikan diskon besar, atau yang lagi kasih promo ongkir gratis dengan mudah. Semua bisa dilakukan dengan praktis dan cepat, termasuk dalam melakukan pembayaran maupun pengirimannya. Barang yang anda inginkan pun mudah dibeli, mulai dari fashion item sampai sepatu. Tapi hati – hati tertipu barang palsu! Sebelum itu pahami dulu perbedaan dari produk original, produk premium atau OEM, dan produk replika atau KW. Sobat shippers kali ini kami akan membagikan artikel cara membedakan sepatu branded original dan palsu, yuk simak dengan baik ya! Semoga kalian selalu bahagia dan sehat selalu.

Produk original adalah jenis produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni diproduksi, diseleksi, dan distandarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar – benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya. Membeli produk orisinal juga merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi jika merek produk tersebut cukup terkenal di dunia. Produk premium atau OEM adalah produk yang seringkali disamakan dengan KW, padahal ini jelas berbeda. OEM sendiri singkatan dari Original Equipment Manufacturer. OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan orisinal. Perbedaannya adalah jika produk orisinal diproduksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk orisinal pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar. Sedangkan produk replika atau KW adalah sepatu yang memiliki kualitas yang baik, tapi soal bahan tak sama dengan yang asli. Sebutan KW sangat familiar di Indonesia, dan malah lebih laris daripada sepatu original dan premium.

Tidak bisa dipungkiri, sepatu salah satu barang yang banyak diminati di marketplace online, namun juga memiliki risiko palsu yang besar adalah sepatu. Bila anda berencana untuk membeli sepatu dalam waktu dekat ini, intip cara membedakan sepatu ori dan KW dari beberapa sumber website!

Kotaknya rusak

Biasanya kotak yang menampung sepatu palsu akan rusak ataupun robek. Bahkan karton yang melapisi kardus tersebut juga sama, terlihat rusak atau robek. Tidak hanya itu, untuk mengetahui sepatu palsu atau tidak melalui kotak, dapat menggunakan cara seperti melihat label yang ada pada kotak. Penelitian ini dapat dimulai pada kotak seperti merek Nike Air Yeezy 2 ‘Solar Red’. Ukuran yang asli adalah 10.5, sementara ukuran yang palsu adalah 10. Selain itu, pembeli dapat mengamati model kotak. Model kotak yang palsu akan diberi jarak lebih jauh dari yang asli, kemudian di kotak yang asli ada terlampir harga eceran yang disarankan. Sedangkan kotak yang palsu, tidak terdapat lampiran tersebut. Amati pula dalam kotaknya, biasanya terdapat nomor produk atau ejaan kata yang salah, hingga penempatan label yang keliru.

Cek Ukuran

Cek ukuran sepatu yang palsu dapat terdeteksi ketika, laman pembelian yang anda pakai menyediakan lebih dari satu ukuran. Padahal, sepatu lari tersebut memiliki ukuran yang terbatas. Sepatu KW biasanya tidak punya standar ukuran yang lengkap. Bukan soal range size-nya lho, melainkan standar ukuran sepatu di beberapa negara. Sebagai contoh adalah sepatu Nike dan Adidas. Sepatu Nike biasanya menggunakan standar size US, sementara Adidas, mengikuti standar size UK. Nah, kalau sepatu KW, biasanya cuma menyediakan satu jenis ukuran saja yakni standar size Euro atau yang biasa disingkat EUR. Standar ini adalah standar size yang biasa kita kenal, seperti ukuran 39, 40, 41, 42, dan seterusnya. Kalau lapak si penjual tidak menyertakan ukuran – ukuran lain selain standar EUR, jangan dulu memvonis kalau sepatu jualannya KW. Coba gunakan fitur kirim pesan ke penjual yang biasanya tersedia. Coba tanyakan apakah sepatu yang ia jual tertera standar ukuran lainnya?

Harga yang terlalu terjangkau

Sepatu original tentu memiliki harga yang relatif lebih mahal dan setiap model memiliki harga yang bervariasi. Berbeda dengan sepatu KW yang biasanya penjual sepatu memukul rata harga setiap model sepatu. Hal ini dapat dilihat pada ‘Galaxy’ Nike Air Foamposite One yang banyak terdeteksi palsu pada situs web Aliexpress.com. Pada situs resmi Nike, sepatu tersebut dijual dengan harga 220 dolar. Sedangkan yang palsu dijual dengan harga, 56.80 dolar. Situs terpercaya dengan harga yang sesuai dengan kenyataan dapat diakses pada FlightClub.com.

Biasanya sepatu KW di jual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga sepatu orisinalnya. Perbedaan harganya amat mencolok lho, guys. Bahkan ada lho yang harga jualnya itu cuma 20 persen saja dari harga sepatu aslinya yang dijual di toko online resmi brand atau di toko fisiknya.

Nah, hal ini nih sebenarnya yang bikin banyak banget pembeli kepincut dan akhirnya menyesal karena ternyata sepatu yang dia beli bukan asli. Tapi, tidak bisa dipungkiri juga, tidak sedikit pembeli yang memang sengaja beli sepatu KW karena tahu harganya murah. Prinsip dari kebanyakan mereka yang sengaja beli sepatu KW relatif serupa: “gak papa murah yang penting kelihatan gaya”. Ya, memang sepatu yang mereka beli itu tidak asli, tapi mereka berpikir, toh orang yang melihat sepatu mereka tidak akan bisa bedakan apakah sepatu yang dipakai itu asli atau KW. Dalam hal ini, si penjual pun sebenarnya tidak bisa dibilang berniat menipu atau mencurangi pembelinya. Biasanya si penjual menganggap para calon pembeli produknya sudah tahu bahwa sepatu yang dia jual itu KW. Beda urusannya, kalau si penjual menulis embel – embel “ori” di lapaknya, padahal sepatu yang dia jual KW. Nah, itu baru nipu namanya.

Negeri asal sepatu diproduksi

Di Indonesia sebagian penjual biasa memberikan keterangan orisinal made in apa dan dari negara mana. Pada dasarnya patokan sebuah sepatu itu orisinal atau bukan, tidak bisa kita lihat dari asal negeri pembuatannya. Bahkan pembuatan sepatu yang orisinal dan replika bisa berasal dari negeri yang sama, tapi pasti beda bahan, pabrik, dan quality control-nya. Contohnya untuk sepatu Nike dan Adidas yang diproduksi di berbagai negeri di seluruh dunia, seperti Indonesia, China, Vietnam, Kambodja, dll. Tetapi beda produksi negara juga beda kualitas.

Kode produk pada box sama seperti kode pada tag sepatu

Pertama cari tahu dulu apakah kotak sepatu itu orisinal atau tidak. Perhatikan box jika nomor produk salah, salah mengeja kata, mewarnai tidak aktif atau bahkan label salah ditempatkan, seperti terpusat atau bengkok yang merupakan kecendrungan sepatu bukan orisinal. Sedangkan sepatu original pasti memiliki tag (biasanya berada di lidah sepatu bagian dalam, atau di dalam sepatu bagian samping) yang memberikan informasi kode sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Untuk kode dan ukuran tersebut harus sesuai dengan informasi pada box sepatu. Apabila ditemukan perbedaan, hati – hati ya, itu barang bukan orisinal lho. Jadi pastikan lagi ketika membeli secara detail.

Kualitas jahitan sepatu

Perhatikan jahitan secara detail. Jika jahitan sepatu Replika biasa ditemukan cacat dan bahkan keluar. Sedangkan untuk kualitas pembuatan sepatu orisinal sudah pasti berbeda dengan yang replika. Salah satu kualitas pembuatan yang dapat kita lihat pada bagian jahitan, karena jahitan pada sepatu orisinal lebih rapi dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu replika. 

Perhatikan sol sepatu

Satu – satunya sol berwarna bersih bisa menjadi pertanda baik (jangan salah mengira ini). Jika sepatu itu datang dengan serat karbon, pastikan itu adalah desain dan tekstur yang tepat. Biasanya sol sepatu original  terbuat dari busa yang bagus dan di bagian tempat kaki kita berpijak akan terbuat dari kain yang bahanya sangat halus. Insole pada sepatu orisinal akan dibuat dengan sangat mendetail.

Perhatikan logo sepatu

Harus sedikit lebih detail, ya! Periksa penempatan logo, apakah mereka bengkok? Karena untuk sepatu Original, logo dipastikan sangat rapi.

Bentuk sepatu

Karena diproduksi oleh produsen brand yang asli, bentuk sepatu orisinal tentunya simetris. Selain itu hasil garapannya pun rapi. Bagaimana pun, kualitas adalah hal yang membedakan antara sepatu KW dan asli. Kalau kalian amati, sepatu KW biasanya agak berantakan di beberapa bagian. Dan terkadang, bentuknya pun tidak rapi.

Periksa tag yang ada dalam kotak

Sama seperti label, tag yang ada dalam sepatu perlu diperhatikan nomor produk, dan jenis tulisan. Misalnya, anda ingin membeli sepatu tahun 2013 namun ternyata tag yang terpasang adalah tahun 2015. Hal terpenting yang dilakukan bila ingin terhindar dari pembelian sepatu palsu adalah membeli di toko yang resmi. Apabila ingin membeli secara online, pastikan jika toko tersebut sudah terverifikasi serta memiliki track record yang baik. Menurut laman Sneak Factory Net, palsu atau tidaknya sepatu, tentunya dapat diteliti tidak hanya pada satu merek.

Pahami Isitilah Yang Digunakan Penjual

Sebetulnya hanya ada dua jenis sepatu, sepatu orisinal atau KW. Umumnya, para penjual akan sering menggunakan istilah seperti Original, BNIB (Brand New In Box), BNWB (Brand New Without Box), hingga BNOB (Brand New Without Box). Sedikit penjelasannya, Original BNIB adalah barang asli yang sama sekali belum dibuka dari kardusnya. Sedangkan Orisinal BNWB adalah barang asli yang dijual tanpa menggunakan kardus, biasanya sepatu sneakers jenis ini akan dibanderol dengan harga lebih murah. Berbeda lagi dengan Orisinal BNOB yang merupakan sepatu asli yang tidak dalam keadaan tersegel. Selain itu akan ada juga istilah NOS (New Old Stok) yang dimana merupakan sepatu baru akan tetap stok lama, dan yang terakhir adalah BNWOT (Brand New Without Tag). Dari sisi replika alias tiruan, muncul istilah kualitas PREMIUM, KW SUPER, REPLIKA ORIGINAL, GRADE ORI, IMPORT STANDARD AUTHENTIC, STANDARD ORIGINAL, dan sebagainya. Hal tersebut hanyalah istilah dagang agar sepatu tiruan tersebut terdengar tidak seperti sepatu murahan.

Perhatikan Bahan Sepatu

Sepatu orisinal dengan harga yang cukup bikin pusing memang menjanjikan bahan yang lebih berkualitas apabila dibandingkan dengan sepatu KW. Sobat Shippers dapat mengecek solnya, umumnya sepatu KW seringnya pakai karet mentah yang memiliki warna kuning kecoklatan. Selain itu, pola pada solnya pun berbeda dengan sepatu ori yang ada di pasaran. Sebelum membeli, tidak ada salahnya Sobat Shippers melakukan survei kecil – kecilan untuk mengetahui seperti apa rupa asli dari sepatu yang diinginkan.

Misalnya Sepatu Air Jordan Original biasanya memiliki material sepatu yang premium dan solnya terbuat dari karet berkualitas. Sepatu Air Jordan Original biasanya akan berbau seperti karet, dan sepatu Air Jordan KW biasanya akan tercium bau lem dan keras seperti plastik. Selain itu, secara visual bisa melihat perbedaan yang mencolok dari material Air Jordan Original dan KW, biasanya sepatu original akan terlihat lebih terang dan lebih fresh dibandingkan sepatu KW pada umumnya.

Aroma Sepatu

Untuk yang satu ini sepertinya agak aneh. Namun, ternyata aroma sepatu dapat menandakan apakah sepatu tersebut orisinal atau KW. Sneakers Nike atau Adidas original solnya terbuat dari karet berkualitas. Dengan menggunakan indra penciuman, sepatu orisinal akan berbau seperti karet, namun sepatu replika akan memiliki bau menyengat seperti lem dan keras seperti plastik.

Teknologi

Bagian – bagian tertentu pada sepatu original akan memilki teknologi agar sepatu tersebut nyaman dipakai oleh penggunanya. Beberapa nama teknologi yang sering digunakan oleh Nike dan Adidas pada sepatunya seperti Air Max, Lunarlon, Boost, Bounce, dll. Berbeda dengan sepatu palsu yang hanya mementingkan penampilan luar tanpa memperhatikan kualitas dan kenyamanan sepatu.

Reputasi Penjual

Jika akan melakukan transaksi secara online, pastikan membaca review tokonya dari para customer yang sudah melakukan transaksi. Ataupun jika datang langsung bisa melihat sertifikat asli Authentic Reseller dari pihak pemegang merek. Jika membeli sepatu di forum jual beli seperti facebook, instagram, amazon, alibaba, atau jejaring sosial lainnya. Jika mendapati foto yang dipajang berasal dari google image, ini perlu dihindari, karena biasanya penjual atau seller menampilkan foto asli sepatunya.

Lihat colorway alias model pewarnaan pada sepatu yang dijual

Nah, ini tahapan selanjutnya yang perlu kamu perhatikan. Pada umumnya, tiap brand sepatu punya model pewarnaan (colorway) sendiri – sendiri. Misalnya saja Nike. Produsen sepatu keren dan tergolong mahal ini udah punya colorway resmi untuk tiap modelnya. Nah, kebanyakan produk sepatu merek Nike yang KW ini menggunakan colorway yang random alias tidak selalu mengikuti “pakem” colorway yang udah dikeluarkan Nike. Inilah salah satu ciri sepatu KW yang membuatnya sangat mudah dikenali sebagai barang palsu.

Sekian ulasan dari kami, semoga menambah pengetahuan anda mengenai cara membedakan sepatu original dan palsu. Jangan lupa jika ingin mengirimkan sepatu original import bisa menggunakan jasa Sindo Shipping, supaya menghemat biaya pengiriman dan paling terpercaya. Dapatkan berbagai informasi bermanfaat lainnya mengenai pengiriman barang branded, dan semoga saja apa yang kami jelaskan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Jangan lupa selalu pantau informasilewat website kami atau instagram @SINDOSHIPPING dan jika berminat melakukan pengiriman bisa langsung saja hubungi whatsapp di nomor 081296055142.

HAPPY SHIPPING & KEEP STYLISH WITH SINDO SHIPPING!!!

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)