TINGKATKAN DAYA INGAT DAN KECERDASAN OTAK DENGAN MENGKONSUMSI SUPLEMEN VITAMIN YANG BISA DIBELI DI SINDO SHIPPING

Menjaga kesehatan otak perlu dilakukan oleh semua orang di segala usia. Pasalnya, organ vital ini memegang peranan penting dalam mengoordinasikan seluruh fungsi tubuh. Bila terjadi kerusakan satu saja pada bagian otak, berbagai gejala hingga penyakit bisa terjadi, yang tentu dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Adapun salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang diperlukan. Berbagai jenis vitamin dan nutrisi ini bisa anda dapatkan melalui pilihan makanan yang sehat dengan kandungan gizi berimbang. Pada kondisi tertentu, suplemen vitamin mungkin dibutuhkan, meski perlu pengawasan dari dokter untuk mengonsumsinya. Sobat shippers mungkin penasaran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya? Yuk simak artikel berikut ini semoga memberikan informasi dan semakin menginpirasi anda.

Otak adalah organ penting yang bertugas mengoordinasikan segala hal yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa fungsi otak antara lain mengatur gerakan, perilaku, tekanan darah, dan suhu tubuh. Karena fungsinya yang sangat vital, mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak cukup disarankan, baik untuk orang dewasa, anak – anak, maupun bayi. Vitamin dan nutrisi tertentu disebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak manusia. Memenuhi kebutuhan nutrisi ini diyakini dapat mendukung perkembangan otak sejak masa kanak – kanak hingga meningkatkan fungsi kognitif, mencegah hilang ingatan, dan mengurangi risiko berbagai penyakit otak pada masa mendatang.

Lantas, tahukah anda apa saja vitamin dan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk kesehatan otak? Berikut informasi mengenai vitamin dan nutrisi apa saja yang baik dikonsumsi untuk kesehatan otak yang diambil dari berbagai sumber :

Asam lemak Omega-3

Suplemen asam lemak omega-3 adalah cara yang tepat untuk menjaga otak tetap tajam dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Dokter spesialis penyakit dalam dan gastroenterologi, Niket Sonpal, MD mengatakan,  omega-3 terbukti mampu meningkatkan fungsi memori dan waktu reaksi di otak. Menurut sebuah penelitian, nutrisi yang sering ditemukan pada ikan berlemak ini memiliki kemampuan untuk meringankan gejala depresi. Padahal, kualitas daripada kuantitas adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih suplemen omega-3. Asam lemak omega 3 telah diteliti dengan baik sebagai anti-inflamasi. Suplemen minyak ikan memiliki kandungan omega-3 yang tinggi sebagai antioksidan yang kuat untuk mendukung kesehatan jantung, otak, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin B1

Vitamin B1, atau disebut juga dengan tiamin, merupakan satu dari delapan vitamin B yang membantu tubuh menghasilkan energi serta baik untuk kesehatan hati, kulit, rambut, dan mata. Tak hanya itu, nutrisi ini juga dapat membantu sistem saraf tetap berfungsi secara normal, dengan memastikan sel saraf dan otak saling berkomunikasi dan menghantarkan pesan. Sebaliknya, kekurangan vitamin B1 justru dapat berpengaruh pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, sebaiknya anda memenuhi kebutuhan vitamin B1 dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti biji – bijian, gandum utuh, daging, kacang – kacangan, atau ragi.

Vitamin B2

Selain menghasilkan energi bagi tubuh, vitamin B2 atau riboflavin juga bekerja sebagai antioksidan dengan melawan radikal bebas. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan vitamin ini diyakini dapat membantu mencegah kerusakan sel pada tubuh, sehingga terhindar dari risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, hingga migrain yang terkait dengan otak. Bahkan, beberapa penelitian pun menemukan, riboflavin bisa menjadi salah satu obat alami untuk migrain. Agar mendapat manfaat tersebut, anda bisa memperoleh vitamin B2 dari daging sapi, jeroan (hati sapi), ikan salmon, kacang almond, bayam, telur, serta susu dan produk susu.

Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki peran penting dalam perkembangan otak secara normal serta membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan kekebalan tubuh. Dilansir dari Harvard Health Publishing, bersama dengan B9 dan B12, vitamin B6 dapat membantu menjaga kadar homosistein, yang dalam tingkat tinggi dikaitkan dengan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 dengan mengonsumsi beberapa makanan, seperti daging unggas, ikan, kentang, buncis, dan pisang.

Vitamin B9 atau asam folat

Selain menjaga kesehatan mental dan emosional, vitamin B9 atau disebut juga dengan asam folat sangat penting untuk menjaga fungsi otak dengan tepat. Nutrisi ini membantu tubuh memproduksi komponen genetik DNA dan RNA ketika seseorang masih bayi, remaja, atau sedang dalam masa kehamilan. Di sisi lain, kekurangan asam folat justru dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus, sehingga anda mungkin merasa mudah lupa. Makanan yang mengandung asam folat dapat anda temukan pada sayuran hijau, biji – bijian, ikan salmon, alpukat, gandum utuh, dan jus jeruk.

Vitamin B12

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan sel darah merah, Vitamin B12 juga berperan dalam pembentukan mielin yaitu lapisan pelindung saraf otak. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin ini dapat melindungi otak dari kerusakan saraf serta meningkatkan daya ingat. Di sisi lain, kekurangan vitamin B12 justru dapat menimbulkan berbagai gejala yang mungkin berkembang secara bertahap dan meningkat seiring waktu, seperti anemia, kesemutan di tangan atau kaki, memiliki masalah keseimbangan, hingga meningkatkan risiko hilang ingatan dan demensia. Vitamin B12 dapat anda ditemukan pada daging sapi, unggas, ikan, dan produk susu.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan otak serta mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas. Disebutkan dalam jurnal Nutrients, otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang meningkat selama penuaan dan dianggap berperan dalam degenerasi saraf. Adapun mengonsumsi vitamin E disebut dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, sehingga diyakini dapat mencegah penyakit Alzheimer. Untuk mendapat manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan mengandung vitamin E, seperti kacang almond, minyak zaitun, minyak canola, kacang tanah, daging, susu, sayuran hijau, dan sereal.

Vitamin C

Sama seperti vitamin E, vitamin C juga merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Nutrisi ini juga dapat membantu tubuh memproduksi hormon dan zat kimia yang bermanfaat bagi otak dan sel saraf, serta dipercaya dapat menurunkan risiko demensia. Beberapa sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah jeruk, lemon, kiwi, stroberi, tomat, brokoli, kembang kol, dan kubis.

Rekomendasi suplemen terbaik untuk kecerdasan otak

Sekarang, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk suplemen untuk kecerdasan otak anda dan keluarga.

  • Blackmores Superkids Omega Brain

Jika Anda mencari suplemen yang akan disukai anak-anak, pilihlah produk ini. Blackmores Superkids Omega Brain adalah suplemen berbentuk kapsul kunyah yang 99,5% bebas gula. Meski demikian, rasanya tetap enak. Rasa manis suplemen ini berasal dari daun tanaman stevia yang manis dan aman dimakan anak – anak. Diperkaya kandungan DHA dan iodin, produk ini bermanfaat untuk menyehatkan otak dan perkembangan penglihatan. Akan tetapi, ingatlah bahwa vitamin ini tidak cocok dikonsumsi anak di bawah 1 tahun.

  • Wellness Omega RX-3

Tentu Anda tidak ingin menjadi pikun ketika sudah lansia nanti. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan otak sejak sekarang. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi Wellness Omega RX-3. Tinggi akan kandungan Omega-3, produk ini sangat baik untuk menjaga daya ingat dan mencegah pikun. Tidak hanya itu, suplemen ini juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Konilife Focus

Jika anda mencari vitamin untuk meningkatkan kemampuan kognitif orang usia lanjut, produk ini adalah pilihan tepat. Konilife Focus adalah vitamin yang diformulasikan untuk mempertahankan kemampuan memori dan kemampuan belajar. Kandungan ekstrak curcuma dan magnesium di dalamnya menunjukkan produk ini bagus untuk memaksimalkan kesehatan otak orang dewasa, khususnya lansia. Bagusnya lagi, vitamin ini dapat membantu memperbaiki sel otak yang sudah mulai rusak. 

  • Blackmores Ginko Action

Pernahkah anda mengkhawatirkan dampak radikal bebas terhadap tubuh? Jika terpapar terus – menerus, radikal bebas bisa menyerang dan merusak beberapa sel tubuh. Jadi, mengapa tidak mencoba vitamin yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas? Blackmores Ginko Action memiliki komposisi ginkgo biloba yang tinggi. Ginkgo biloba adalah tanaman herba asal Tiongkok yang memiliki manfaat lebih untuk otak, juga mengandung antioksidan tinggi. Ekstrak ginkgo biloba memiliki efek antikanker, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan mencegah gangguan kejiwaan.

  • Sea-Quill DHA Gold

Suplemen yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan IQ anak yang sedang dalam kandungan. Bila anda adalah wanita hamil atau menyusui, anda bisa mengonsumsi Sea-Quill DHA Gold untuk meningkatkan IQ anak. Di dalamnya terkandung minyak ikan tuna yang kandungan DHA-nya sangat tinggi. Produk ini bahkan cocok untuk dikonsumsi selurung keluarga, lho. Mulai dai bayi berusia 1 bulan hingga orang dewasa, semuanya bisa mengonsumsi suplemen ini

Memiliki kemampuan kognitif yang bagus, konsentrasi tinggi, daya ingat dan daya tangkap yang baik, serta bebas dari pikun adalah keinginan banyak orang. Untuk itu, anda dapat menjalankan pola hidup sehat, serta mengonsumsi suplemen untuk mendukung kecerdasan otak.

Nah itu dia ulasan kami tentang vitamin dan nutrisi apa saja yang dapat anda konsumsi agar meningkatkan daya ingat dan kecerdasan lengkap dengan rekomendasi vitamin apa saja yang dapat anda beli secara online ala sindo shipping. Yuk perhatikan kesehatan dengan mengkonsumsi Vitamin cukup bersama Sindo Shipping. Dapatkan potongan harga dan promo menarik lainnya dengan menghubungi Customer Service kami : +62812-9605-5142 dan dapatkan experience menarik dengan shipping! Untuk informasi promo lebih lanjut bisa kunjungi website ini dan follow seluruh social media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 STAY HEALTHY AND STAY SHOPPING WITH SINDO SHIPPING 😉

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)