Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

TIPS MEMILIH DAN KIRIM SEPATU LARI UNTUK OLAHRAGA PAKAI SINDO SHIPPING SELAMA PANDEMI

Lari merupakan jenis olah raga yang banyak diminati masyarakat. Lari atau jogging menjadi pilihan mayoritas dari kita yang sibuk atau ingin belajar membiasakan diri untuk berolahraga. Selama masa pandemic ini, lari menjadi olahraga alternatif semua orang. Tidak perlu skill khusus dan tidak memerlukan alat – alat tertentu, lari sangat mudah dilakukan dan bisa menggunakan jalur apa saja. Mulai dari komplek perumahan, taman, gedung olahraga, trotoar jalanan, banyak track yang bisa dilalui saat melakukan olahraga lari. Sobat shippers yuk simak ulasan artikel ini, semoga anda bisa mendapatkan inspirasi dan informasi yang berguna.

Satu di antara komponen penting saat melakukan olah raga lari atau jogging adalah sepatu lari. Sepatu sangat berguna untuk melindungi kaki dari benda – benda yang bisa mengakibatkan luka dan cedera. Ada beragam jenis sepatu lari yang dijual di pasaran dengan bentuk trendi dan berbagai kisaran harga. Namun, dalam memilih sepatu lari yang baik tak hanya berdasarkan harga yang mahal dan punya penampilan luar menarik. Sepatu lari yang baik adalah sepatu yang nyaman dan pas di kaki, bahkan hingga jari kaki. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu lari agar olah raga yang Anda lakukan lebih nyaman. Berikut tips memilih sepatu lari yang nyaman di kaki:

PERHATIKAN BENTUK KAKI

Cara memilih sepatu yang pertama yang perlu diperhatikan adalah bentuk kaki. Pilihlah sepatu dengan menyesuaikan bentuk kaki anda. Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda dan berpengaruh pada gerakan kaki saat berlari atau biasa disebut dengan pronasi.

Pronasi adalah gerakan kaki yang menekuk ke arah dalam saat kaki bergulir, yang bertujuan untuk mendistribusikan kekuatan hentakan dari tanah yang dipijak saat lari. Idealnya, kaki menekuk ke dalam tidak lebih dari 15 persen. Gerakan kaki yang menekuk dan bergulir tersebut erat kaitannya dengan penyerapan guncangan dan membantu anda menolak secara merata dari bagian depan kaki (arch), dapat memengaruhi kemampuannya untuk bergulir, menyebabkan overpronation atau supinasi (underpronation).

Ada tiga jenis bentuk kaki/pronasi yang kerap dijumpai yaitu:

  • Normal Arch / Pronasi Normal

Normal arch berarti kaki memiliki sudut kelengkungan yang normal pada sisi dalam telapak kaki. Bila bentuk kaki anda normal arch, kemungkinan besar pronasi anda juga normal maka, disarankan menggunakan sepatu yang memiliki sedikit sudut kelengkungan yang dikenal sebagai stability shoes/ semi curved shoes / neutral cushioning. Sepatu tipe ini memiliki sedikit sudut kelengkungan dan bantalan yang lebih tebal sehingga memberikan kestabilan saat berlari.

  • Low Arch / Overpronation

Bentuk kaki ini punya sudut kelengkungan kecil (low arch) itulah mengapa, kerap disebut sebagai flat foot atau kaki bebek. Pelari dengan tipe kaki ini cenderung menggulirkan dan menekuk kakinya ke dalam lebih besar dari angka ideal 15 persen. Ini disebut overpronation. Sepatu yang cocok adalah tipe motion-control, gunanya untuk mengontrol pronasi. Cirinya, punya bantalan ekstra tebal sehingga memperkecil kemungkinan gerakan pronasi. Sol bagian bawahnya dibuat dari bahan yang keras, biasanya karbon, untuk menambah kestabilan saat lari.

  • High Arch / Supinasi

Bentuk kaki seperti ini memiliki bagian tengah yang lebih tipis dibandingkan dengan tipe lain sehingga tekanan paling besar terdapat di bagian tumit dan depan kaki. Pelari dengan bentuk kaki high arch umumnya underpronate atau supinasi gerakan bergulir dan menekuk ke dalamnya kurang dari 15 persen. Maka memerlukan sepatu yang dinamakan neutral shoes atau neutral cushioning shoes. Karakteristik sepatu ini, yakni adanya bantalan yang empuk di bagian depan kaki dan tumit.

KENALI JALUR LARI / TREK

Setelah mengenali bentuk kaki, selanjutnya adalah mengenali jalur yang akan anda gunakan untuk lari. Ada tiga jenis sepatu yang digolongkan berdasarkan jalur larinya, yaitu:

  • Road-running Shoes

Dapat digunakan bagi pelari yang biasanya berlari di jalan, trotoar, atau di permukaan apapun yang datang dan keras seperti aspal.

  • Trail-running Shoes

Bagi anda yang menggemari lari dengan trek naik turun bukit yang penuh batu, lupur dan akar, sangat direkomendasikan menggunakan jenis trail-running shoes.

  • Cross-training Shoes

Sementara untuk kalian para pengguna gym atau latihan crossfit, sepatu jenis cross-training sangat cocok digunakan.

SESUAIKAN DENGAN BERAT BADAN

Kenyamanan penggunaan sepatu lari juga dipengaruhi berat badan anda. Jika berat badan anda di atas normal, sangat dianjurkan untuk memilih sepatu lari dengan sol yang agak tinggi dan tebal. Hal ini berguna untuk meredam benturan antara kaki dengan permukaan yang akan makin besar.

PERHATIKAN UKURAN, KELENTURAN, DAN MATERIAL SEPATU

Dalam memilih sepatu yang pas, ada baiknya anda menghindari membeli sepatu yang terlalu pas atau ketat. Pasalnya, hal ini akan menyebabkan kaki mudah lecet dan kuku berubah menghitam. Ada baiknya juga memperhatikan kelenturan sepatu yang akan dibeli. Sepatu yang lentur akan membuat gerakan kaki menjadi lebih fleksibel. Sepatu yang kaku selain membuat gerakan menjadi tidak nyaman, juga memiliki potensi besar untuk membuat cidera. Kemudian pilihlah sepatu dengan bantalan yang empuk serta perhatikan setiap jahitan maupun sol sudah solid dan rapi.

Berbagai merk perusahaan sepatu mengeluarkan sepatu lari dengan tipe- tipe dan kualifikasi yang berbeda- beda, dengan desain yang juga tak kalah menarik . Seperti Adidas, Nike maupun Puma. Merek sepatu dari perusahaan- perusahaan tersebut tidak hanya berkualitas secara bahan dan kenyamanan, tetapi juga memiliki desain- desain yang menarik dan selalu update setiap tahunnya. Jadi, sebelum membeli sepatu yang akan digunakan, alangkah baiknya memperhatikan hal- hal yang sudah dijelaskan diatas, dan demi menjaga situasi yang tetap aman saat pandemi, hendaknya melakukan pembelian secara online baik melalui e-commers ataupun website resmi.

Untuk memudahkan anda melakukan pembelanjaan online melaui berbagai web maupun e-commers, kami dari Sindo Shipping dapat menawarkan jasa dan layanan dalam pengiriman maupun jastip. Selain itu, kami juga memiliki program keanggotaan atau biasa dikenal dengan membership yang dapat memberikan keuntungan dalam pengiriman yang anda lakukan. Salah satu keuntungan yang anda dapatkan ketika menjadi anggota Sindo Shipping adalah mendapatkan diskon saat pengiriman melalui Sindo Shipping. Untuk anda yang tertarik bergabung dan memiliki keanggotaan Sindo Shipping ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat dan ketentuan untuk menjadi anggota Sindo Shipping adalah:

  1. Melakukan pengiriman minimal 50 kg untuk mendapatkan 50 poin ( 1kg = 1 poin )
  2. Sistem Deposit Minimal Rp 5,000,000 (50 Poin) dimana deposit tersebut selain akan menjadikan keanggotaan di level silver yang berlaku selama 3 bulan, juga dapat dipakai sebagai pembayaran tagihan pengiriman. Apabila deposit tidak habis terpakai dalam satu bulan, dapat diipakai pada bulan berikutnya, maksimum 1 Tahun dan tidak dapat dikembalikan ( Non-refundable ).

Status keanggotaan akan ditinjau (review) dalam 3 bulan.

Manfaat yang diperoleh saat menjadi anggota Sindo Shipping adalah sebagai berikut:

  1. Anggota Silver (minimal 50 – 99 poin) akan mendapatkan diskon 1% untuk pengiriman barang umum dan poin dapat ditukarkan sebagai diskon dengan nilai Rp 1.000/poin.
  2. Anggota Gold (minimal 100 – 299 poin) akan mendapatkan diskon 2% untuk pengiriman dan poin barang umum dapat ditukarkan sebagai diskon dengan nilai Rp 2.000/poin.
  3. Anggota Platinum (minimal 300+ poin) akan mendapatkan diskon 3% untuk pengiriman barang umum dan poin dapat ditukarkan sebagai diskon dengan nilai Rp 2.500/poin.

Untuk pelanggan baru dan pelanggan setia Sindo Shipping yang belum bergabung, ayo segera daftarkan diri anda dan nikmati banyak keuntungannya.

Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di nomor +6281296055142 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Juliana Tim CRM Sindo Shipping)