Pengiriman Barang ke Indonesia – Apa Rahasianya?

Pengiriman barang ke Indonesia merupakan kegiatan yang cukup memusingkan bagi setiap orang yang berbelanja online di luar negeri ataupun yang mempunyai bisnis penjualan barang impor di Indonesia.

Kebutuhan akan produk impor dan internasional di Indonesia sangat umum dan juga karena persaingan global yang di mana produk-produk dari luar negeri banyak di pakai pelh masyarakat Indonesia.

Di Indonesia sendiri pasar e-commerce di dominasi oleh produk-produk impor yang terbanyak berasal dari negara RRC (Republik Rakyat Cina) yang cukup murah dan memiliki banyak variasi dalam pilihan.

Selain itu, untuk produk-produk kecantikan, banyak yang di impor dari Korea, Jepang, Amerika Serikat, atau negara-negara Eropa yang banyak memproduksi produk-produk kecantikan yang notabene harga di luar negeri lebih murah daripada harga di Indonesia.

Di tambah juga dengan produk-produk kesehatan seperti vitamin, supplemen, terapi oil, dll, yang di mana cukup banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia juga di karenakan perkembangan zaman yang menuntut kesehatan yang prima dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Pengiriman barang ke Indonesia terkadang menjadi masalah tersendiri bagi para pengimpor atau konsumen yang memesan barang langsung dari luar negeri. Masalah yang cukup besar adalah bea cukai Indonesia yang sudah mempunyai reputasi bagi orang Indonesia pada umum nya yang menjadikan masalah utama susah nya mengimpor barang dari luar negeri.

Bea cukai Indonesia sebenarnya juga kadang merasa tersulitkan dengan reputasi yang di miliki yang ditunjuk oleh masyarakat sebagai biang keladi susah nya mengirimkan barang ke Indonesia yang menyebabkan banyak orang benar-benar menghindari untuk berurusan dengan bea cukai Indonesia.

Bea cukai pada dasarnya hanya menjalankan tugas dan peraturan dari pemerintah mengenai kebijakan-kebijakan barang yang masuk ke Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku dari tiap kementrian di Indonesia,

Tiap barang yang masuk semua di sortir dan di klasifikasikan berdasarkan tipe barang dan di bawah kewenangan kementrian apa yang di mana memberikan ijin impor barang tersebut.

Bea cukai sebagai pintu masuk barang dagangan, bahan baku produksi, dll, memiliki standar yang di tetapkan oleh kementrian lain yang mengatur peredaran barang di Indonesia dan bea cukai berkewajiban mengecek satu persatu barang yang masuk ke Indonesia.

Di karenakan hal tersebut, banyak barang yang akhir nya terhenti di bea cukai dan tidak bisa masuk ke Indonesia. Masalah lain nya adalah kurang nya pengetahuan dari pengirim barang mengenai peraturan yang berlaku, apakah barang yang di impor dari luar negeri memerlukan dokumen khusus, jumlah spesifik yang di perbolehkan, dll.

Jadi apa rahasia agar dapat melakukan pengiriman barang ke Indonesia tanpa ada masalah??

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat memastikan produk yang di kirimkan ke Indonesia tidak mendapatkan masalah di bea cukai adalah sebagai berikut:

1.Dapatkan informasi sebanyak-banyak nya mengenai pengiriman barang

Dengan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya anda dapat mengerti dari segala aspek mengenai pengiriman barang ke Indonesia, terlebih lagi mengenai jenis barang yang anda ingin kirimkan ke Indonesia.

Dengan informasi yang jelas dan pengetahuan yang detail, anda dapat setidaknya merasa aman dengan sistem pengiriman barang yang anda pilih dan lakukan dan juga sewaktu barang dalam transit, anda dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat pengiriman barang.

Dapatkan informasi di internet, tanyakan kepada sanak saudara atau teman-teman dekat anda, dan juga anda dapat mengecek informasi dari agen pengiriman barang anda. Tanya sebanyak-banyak nya sampai anda mendapatkan semua kejelasan dari pertanyaan anda sehingga anda mengetahu informasi mendetail dalam pengiriman barang anda.

2.Pilihlah agen pengiriman barang yang terpercaya

Cari dan temukan agen pengiriman yang terpercaya dan sudah memiliki track record sebagai salah satu pengiriman barang yang dapat menghandel barang anda dengan baik. Tanyakan kepada teman atau keluarga yang mungkin ada referensi, lalu tanyakan kepada agen pengiriman tersebut mengenai barang yang anda ingin kirimkan.

Pastikan juga prosedur-prosedur yang di jelaskan masuk akal dan sistem yang di tawarkan kepada anda dapat di pertanggung jawabkan juga. Banyak dari kostumer merasa tertipu dengan janji yang di berikan agen pengiriman barang tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Kejadian di mana barang akhir nya terhenti lama di bea cukai, tidak ada kejelasan posisi barang, harga yang naik turun atau adanya tambahan biaya di luar dari kesepakatan pertama sewaktu mengirimkan barang merupakan hal-hal yang biasa terjadi jika anda memilih agen pengiriman barang yang tidak tepat.

3.Pengemasan produk anda sangat penting dalam pengiriman

Pengemasan (packaging) produk anda merupakan hal yang krusial yang terkadang tidak terlalu di perhatikan oleh pengirim. Pengemasan barang merupak hal kunci dalam pengiriman yang di mana barang dengan pengemasan yang terlihat besar lebih diincar oleh petugas bea cukai.

Lakukan pengemasan barang anda dengan simpel dan tidak terlihat terlalu besar di karenakan petugas bea cukai melihat barang dengan pengemasan yang besar lebih merupakan barang yang khusus nya untuk industri atau untuk di perdagangkan.

Barang-barang dengan pengemasan yang simpel dan tidak terlalu besar lebih di kategorikan sebagai barang pribadi yang untuk konsumsi pribadi dan bukan untuk di perdagangkan.

Hal tersebut menjadi penting apabila anda ingin mengimpor barang dagangan anda ke Indonesia tanpa ada masalah di bea cukai yang di mana petugas bea cukai melihat pengemasan produk anda sebagai hal pertama yang menjadi kesan apakah barang kiriman anda perlu di cek ulang atau di tahan guna mendapatkan informasi yang lebih mendalam.

4. Kirim barang kiriman anda lewat udara daripada laut

Kirimkan barang anda lewat udara daripada laut karena dapat mengurangi masalah bea cukai. Jika anda mengirimkan melalui laut, barang anda 3-4x lebih lama melewati bea cukai dan proses nya lebih sulit di bandingkan pengiriman dengan udara.

Memang pengiriman lebih mahal di bandingkan laut, tetapi jika barang yang anda impor memiliki harga yang cukup tinggi atau cukup penting, jangan ragu untuk mengirimkan via udara daripada laut di karenakan resiko yang di tanggung lebih rendah di banding pengiriman dengan laut.

Hal ini dapat berfungsi baik apabila disesuailan juga dengan bujet dan kebutuhan anda, jika anda memiliki bujet yang rendah dan barang tidak bersifat urgent, maka mengirimkan by sea atau laut mungkin dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

5. Tulis deskripsi secara spesifik di dokumen pengiriman barang anda

Sewaktu anda mengirimkan barang, pastikan deskripsi barang yang anda kirimkan jelas dan sesuai dengan pengemasan barang. Hal ini sangat penting dikarenakan deskripsi yang tidak jelas dan bentuk barang yang tidak sesuai dapat membuat petugas bea cukai curiga dengan isi barang yang anda kirimkan.

Sebagai contoh misal nya anda menuliskan barang yang anda kirimkan adalah pakaian untuk pribadi, tetapi pengemasan produk anda cukup besar dan sewaktu di scan memiliki banyak produk lain seperti cairan, atau kosmetik, dll, maka petugas bea cukai akan membongkar barang anda dan mengecek satu2 barang yang anda kirimkan.

Pastikan deskripsi barang yang anda kirimkan dan banyaknya barang sesuai dengan apa yang anda infokan di dokumen pengiriman agar proses bea cukai menjadi lebih lancar dan dapat menghindari masalah yang dapat terjadi dalam proses pengiriman.

Sistem pengiriman dari SindoShipping adalah menggunakan Singapura sebagai transit point untuk barang yang masuk sebagai gerbang awal untuk mensortir lebih lanjut apakah barang yang akan di impor ke Indonesia adalah barang yang terlarang, tidak untuk umum, dan bersifat berbahaya karena jika memang tidak lolos ke Singapura sebagai salah satu negara dengan syarat impor yang tinggi, maka barang tersebut pasti nya tidak dapat masuk ke Indonesia. Dengan sistem ini, perusahaan kami dapat juga berkerja sama dengan pemerintah lokal dan asing apabila ada barang-barang yang mencurigakan yang di kirimkan oleh pengirim yang kurang jelas asal usul nya.

Terlebih lagi beberapa poin yang menentukan mengapa Singapura di pilih sebagai bagian dari transit adalah

  • Konektivitas – Dengan menggunakan Singapura sebagai gerbang utama pengiriman barang, konsumen dapat lebih mudah mengatur pengiriman dan order karena Singapura merupakan hub pengiriman dari seluruh dunia yang mudah di akses.
  • Hub bagi Penyedia Jasa Pengiriman Internasional – Singapura merupakan hub bagi penyedia jasa pengiriman internasional seperti fedex, dhl, tnt, ups, dll, yang merupakan gerbang ke Asia Tenggara.
  • Efektif dan Efesien – Sistem pemerintahan yang bersih dan sistem impor dan ekspor Singapura merupakan salah satu yang tertinggi di seluruh dunia yang sudah terbukti dan terdepan.

Jika anda sudah memutuskan untuk mengirimkan barang ke Indonesia melalui perusahaan kami, beberapa langkah berikut yang anda dapat lakukan:

  1. Dari manapun anda memesan barang anda (online atau offline), hal pertama yang anda perlu perhatikan bahwa barang tersebut memenuhi syarat impor dari pemerintah Singapura karena barang yang anda pesan dari luar Singapura akan melalui bea cukai Singapura dan SindoShipping tidak bertanggungjawab apabila barang yang di kirim di tolak atau di tahan oleh pemerintah Singapura karena tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. (konsumen di sarankan untuk menghubungi representative dari SindoShipping untuk mengetahui tiap barang yang di impor apakah sesuai dengan peraturan yang berlaku). Silahkan cek ke sini
  2. Apabila harga barang melebihi SGD 400 termasuk ongkos pengiriman (ongkir), asuransi, dan harga barang maka barang anda akan di kenakan pajak impor 7 persen dari harga barang. Ada beberapa pilihan untuk menghindari pajak dengan syarat tertentu, anda dapat mengkonsultasikan dengan staf kami lebih lanjut di no +6281296055142 (Heru)
  3. Harap alamat yang di tujukan adalah 12 Jalan Arnap, Singapore 249318 dan nama penerima adalah nama anda dan harap di konfirmasikan kepada staf kami ke no +6281296055142 setiap setelah anda memesan barang dan staf kami akan memberikan detail lebih lanjut mengenai nama staf di warehouse dan no telp warehouse penerima barang di Singapura.
  4. Selalu ikuti secara online keberadaan barang anda sebelum sampai ke alamat kami di Singapura dan di harapkan dapat terus mengupdate staf kami juga di nomor telp di atas.
  5. Setelah kami menerima produk anda di Singapura, staf kami akan mengkonfirmasikan kepada anda dan akan menginformasikan lebih lanjut mengenai detil pengiriman ke Indonesia dan tagihan.
  6. Setelah kami mendaftarkan produk anda kepada partner jasa pengiriman lokal, kami akan memberikan tracking no di Indonesia yang anda dapat terus update keberadaan nya.

SindoShipping – Penyedia jasa pengiriman murah dan terjangkau ke Indonesia (jasa parcel impor ke Indonesia)

5 Answers to the Most Frequently Asked Questions About Shipping To Indonesia

The Ultimate Cheat Sheet on Shipping To Indonesia

5 Signs You Need Help With Shipping To Indonesia

One thought on “Pengiriman Barang ke Indonesia – Apa Rahasianya?

Leave an inquiry

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.