MEMAHAMI LEBIH DALAM PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN

Mari kita lebih memahami perusahaan jasa pengiriman, Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai perusahaan jasa pengiriman

Perusahaan Jasa Pengiriman Barang adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang bergerak dibidang pelayanan pengiriman barang yang dikirim karena adanya suatu kebutuhan untuk memindahkan atau mengirim barang dari satu tempat ke suatu tempat lainnya. Metode pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan alat atau teknologi disebut alat transportasi. Sedangkan sarana alat transportasi bisa melalui jalur darat, jalur laut maupun udara. Metode pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain menggunakan alat atau teknologi disebut alat transportasi. Sedangkan sarana alat transportasi bisa melalui jalur darat, jalur laut maupun udara. 

Lalu mengapa orang membutuhkan jasa pengiriman barang

Alat transportasi tersebut sifatnya sangat terbatas. Oleh sebab itu dibutuhkan pihak ketiga untuk membantu melakukan pemindahan barang tersebut, dan muncullah jasa pengiriman barang. Bentuk perusahaan jasa pengiriman barang juga berbeda-beda. di Indonesia sendiri disesuaikan dengan bentuk usaha jasa yang dijalankan. Kita mengenal ada perusahaan logistik, ekspedisi ataupun perusahaan trucking. Meski semua juga menjalankan usaha yang hampir sama, yaitu jasa pengiriman barang.

 

Pemilihan jasa pengiriman untuk bisnis online

Untuk memulai bisnis online kita juga harus memperhatikan jasa pengiriman yang akan kita gunakan antar kota maupun antar negara. Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana mengirimkan produk kita ke pelanggan dengan tepat waktu dan tanpa cacat, secara efektif dan efisien.

Untuk pemilihan jasa pengiriman harus memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Pemilihan jasa pengiriman yang aman, terpercaya, dan komunikatif

Aman yang dimaksud adalah bagaimana jasa pengirimin tersebut memiliki jaminan keamanan jika terjadi kerusakan dan kehilangan barang serta memiliki penjelasan bagaimana pengemasan suatu barang yang baik dan benar.

Terpercaya yang dimaksud adalah bagaimana jasa pengiriman memiliki background, nomor yang dapat dihubungi dan akan lebih baik jika memiliki atau menampilkan testimony transaksi yang positif

Komunikatif yang dimaksud adalah bagaimana jasa pengiriman mampu menyampaikan pesan dengan singkat dan jelas kepada customer

2. Penawaran standart tarif yang kompetitif

Biaya merupakan salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan dalam memilih jasa pengiriman dengan standart tariff yang jelas dan terperinci yang akan memudahkan kita untuk memberikan perhitungan yang akurat. Selain bergantung pada jauh dekatnya daerah tujuan pengiriman, ongkos kirim biasanya juga dihitung berdasarkan bobot barang yang akan kita kirimkan.

3. Kemudahan melakukan tracking

Sebagai seorang pelanggan kita juga pasti ingin ikut serta mengetahui letak barang yang telah kita percayakan kepada jasa pengirim. Dengan adanya nomor resi akan memudahkan kita mencari letak keberadaan barang.

4. Jujur dan Apa adanya

Jujur dan Apa adanya merupakan salah satu kunci penting dalam melakukan pengiriman. Jujur dan apa adanya yang dimaksud adalah bagimana kita terbuka mengenai perhitungan rincian tarif, pengemasan suatu barang dan estimasi waktu pengiriman. Selain itu kondisi suatu barang juga sangat penting untuk kita beri tahukan entah dalam kondisi baik maupun jika terjadi sesuatu yang kurang baik terhadap barang tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan jasa pengiriman. Selain itu apa sih yang biasa dijadikan pelajaran dari komplainnya pelanggan?

1. Pelanggan biasanya complain mengenai waktu yang terlalu lama agar sampai ke lokasi yang dituju. Bagaimana itu terjadi? Umumnya terjadi kekurang pahaman atau salah komunikasi diawal penjelasan. Kita sebagai penjual atau penawar  jasa pengiriman harus memberitahukan informasi sedetail dan sejelas mungkin kepada pelanggan.

2. Pelanggan biasanya complain mengenai barang yang rusak. Barang yang rusak bisa dari berbagai macam faktor tetapi yang paling umum adalah pengemasan yang kurang baik, ketidak terbukaan pelanggan terhadap isi barang tersebut  seperti barang yang mudah pecah. Bagaimana kita menghadapi permasalahan tersebut? Dari sisi penjual harus mengkonfirmasi barang yang akan diterima beserta menginformasikan pelanggan mengenai cara dan material packing yang baik. Dari sisi pelanggan harus terbuka dan bekerja sama dengan pihak penjual maupun penawar jasa.

3. Pelanggan biasanya complain mengenai berat barang untuk menghasilkan harga. Kebayangan pelanggan tidak mengetahui bahwa dalaam pengiriman barang terutama yang besar selain kita menimbang berat barang kita juga menghitung volume box suatu barng dan memperbandingkan angka manakanh yang lebih berat? Yang berat adalah angka yang kita pakai. Maka dari itu kita harus memiliki sikap jujur dan keterbukaan terhadap pelanggan

4. Customer Services yang kurang memuaskan. Dalam hal seperti ini sering kali mendapatkan complain dari pelanggan karena services yang kurang baik dan kurang komunikatif. Pernahkah dengar bahwa “Customer adalah Raja. Kalimat tersebut menjadi pro dan kontra. Tetapi kita harus memposisikan diri kita sebagai pelanggan, pelanggan menginginkan kita melakukan terbaik untuk memenuhi ekspektasi pelanggan dan selalu berkomunikasi dengannya.

5. Harga Murah, Pengiriman cepat. Kedua hal tersebut adalah keinginan terbesar pelanggan kita. Bagaimana caranya agar kita menghindari complain mengenai hal tersebut? Kita harus bisa memberikan value dan kelebihan yang kita miliki dibanding jasa orang lain selain itu kita harus bisa aktif dari memberikan waktu dan pemahaman bagaimana harga dan prosdur pengiriman dilakukan oleh perusahaan jasa yang kita berikann.

SINDO SHIPPING ADALAH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG TEPAT.

Kenapa SINDO SHIPPING? Karena Sindo Shipping menawarkan jasa dimana kami mendengarkan, memperhatikan dan mementingkan ekspektasi pelanggan kami terhadap barang yang dipercaya untuk dikirimkan ke lokasi tujuan. Tapi Bagaimana ini semua berjalan? Pengiriman ini memerlukan kerja sama kedua pihak anara  kami dengan pelanggan. Pelanggan perlu mengetahui kategori barang apa yang dikirim apakah daily use? Fragile? Apakah memenuhi SNI (Standart Nasional Indonesia) karena itu semua mempengaruhi bagaiamana kita menangani  barang tersebut. Perusahaan Sindo Shipping berbasis teknologi, kemajuan teknologi terutama teknologi informasi dapat dimanfaatkan oleh perusahaan jasa pengiriman barang untuk menjadi lebih unggul dan juga tarif harga yang sesuai. Kami juga membantu melakukan repacking dan pick up agar memudahkan pelanggan melakukan pengiriman serta keadaan lebih terjaga karena berada di bawah tanggung jawab kami . Sindo shipping juga menjaga keamaanan barang yang akan dikirim. Setiap jenis barang memiliki cara tersediri untuk di tangani dan dikemas maka dari itu kami akan berkomunikasi dengan customer bagaimana baiknya dalam melakukan packing barang terutama terhadap barang yang mudah pecah seeperti guci, bahan kaca, lukisan dan lain-lain.

 

Maka dari itu kami menghimbau untuk setiap pelanggan mengenal jenis jasa pengiriman terbaik dan terpercaya.  Kalian bisa kerjasama dengan kami untuk pengiriman barang Sindo Shipping, karna Sindo Shipping merupakan pengiriman barang  eksport dan import tentunya semakin memudahkan kalian untuk melakukan bisnis ke luar negeri yang aman. Untuk info kerjasama bisa kontak di 081296055142 atau di website kami http://www.sindoshipping.com