Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

Cara Efektif Membakar Lemak Setelah Menyantap Hidangan Lebaran dengan Rajin Berolahraga ala Sindo Shipping

Masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1442 H1. Sebelumnya kata orang, lebaran adalah hari kemenangan. Memang kemenangan dari apa? Dan apakah benar kita sudah menang? LEBARAN diartikan sebagai Hari Raya Umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Lebaran adalah berasal dari kata Idul Fitri. Menilik lebih jauh bagaimana sejarah kata lebaran dijadikan istilah hari raya umat Islam membuat rasa penasaran semakin besar. Beberapa sumber menyoal kata lebaran, versi bahasa Jawa, lebaran berasal dari kata ‘lebar’ atau ‘wis bar’ yang artinya adalah sudah selesai. Lebih lanjut dengan memberikan akhiran ‘an’ berarti menggambarkan situasi sudahan/ setelahnya/ sesudahnya. Kata lebaran sering dipakai oleh para Wali pada masa – masa penyebaran agama Islam di tanah jawa. Agar dapat diterima oleh masyarakat yang lebih dulu menentukan agama Hindu Jawa, Buddha Jawa, kepercayaan dan kapitayan, maka diperlukan akulturasi budaya Jawa dan Islam. Salah satunya adalah dengan menggunakan istilah – istilah bahasa Jawa yang mudah diterapkan istilah bahasa Arab yang mungkin agak susah dalam pengucapan serta penghafalan. Jadilah akhirnya lebaran (selesai sudah) sampai sekarang dipakai untuk merepresentasikan hari raya Idul Fitri versi budaya Jawa. Kalau tadi dari tata bahasa, sekarang mari kita telisik dari sisi budaya. Lebaran identik dengan falsafah Jawa,

1. Lebar seseorang yang sudah memandang dari kemaksiatan. Perilaku dari perilaku jelek menuju perilaku-perilaku yang baik.


2. Lebur artinya seseorang yang dosa – dosanya diluluhkan karena telah menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan.

3. Luber diartikan seseorang yang dipenuhi oleh pahala karena telah melakukan banyak amal yang dilipatgandakan oleh Tuhan; dan

4. Labur artinya seseorang yang dibersihkan atau disucikan jasmani dan rohaninya, bersih fisik dan jiwanya oleh ibadah – ibadah di bulan suci Ramadan.

Sumber tentang makna lebaran dapat kita tarik benang merah bahwasannya Lebaran memiliki nilai filosofi yang cukup mendalam. Lebaran bukan hanya sebagai istilah dalam menyebut hari raya umat Islam, tetapi juga mengandung falsafah hidup tentang arti kemenangan yang sebenarnya. Kemenangan dapat diartikan memenangkan kompetisi, sebuah ujian dan / atau tantangan. Biasanya seseorang yang menang akan mendapatkan hadiah, medali, piala atau penghargaan. Hadiah bagi orang – orang yang telah menjalani atau sudah melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh tidak dapat dilepaskannya perilaku buruk atau kemaksiatan, diluluhkannya segala dosa, dilimpahkannya pahala -pahala berlipat ganda dan disucikannya fisik serta jiwanya.

Pertanyaan berikutnya, memang kita menang dari apa? Kembali pada pemahaman bahwa arti kemenangan adalah kompetisi kompetisi. Kompetisi yang kompetisi selalu ada lawan atau musuh yang harus dikalahkan, benar? Lalu bagaimana dengan lebaran yang notabene tadi diartikan sebagai kemenangan, siapa yang kita kalahkan? Siapa yang menjadi lawan atau musuh kita? Lagi – lagi pertanyaan terbuka yang membuat rasa penasaran muncul untuk kedua kalinya. Kalau sepak bola, maka ada dua tim yang saling mengalahkan satu sama lain. Kompetisi bersepeda berarti kita harus peserta – peserta kompetisi kompetisi lain. Jika kita memahami kompetisi dari sudut pandang literal, maka pengertiannya adalah persaingan antara dua atau lebih pihak dengan tujuan mencapai kemenangan. Maka tidak salah jika sepak bola takut adalah mengalahkan tim lawan, kompetisi bersepeda mengungguli peserta lain.

Namun ada yang memaknai kompetisi dengan pemahaman ‘majazi’. Kompetisi mengalahkan orang lain, bukan mengalahkan tim lawan, bukan berusaha menjadi yang terdepan atau yang paling unggul, tapi kita melawan diri kita sendiri dan berserah kepada Tuhan. Dengan kata lain, jikalau ada manusia-manusia yang masih jahat dan berperilaku buruk selama bulan Ramadhan artinya perilaku tersebut berasal dari dalam dirinya sendiri sebagai manusia, bukan atas hasil godaan setan yang terkutuk. Dengan berpuasa, maka semua umat Islam yang mampu menahan hawa nafsu sehingga lebih banyak yang baik melakukan perbuatan – perbuatan yang menimbulkan dosa. Atas ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka Allah SWT memberikan pintu ampunan kepada manusia untuk segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Seseorang yang taat menjalankan ibadah puasa Ramadhan akan ‘berubah’ kembali dalam keadaan suci. Ibadah selama Ramadhan adalah mengalahkan rasa tidak percaya diri kompetisi melawan diri sendiri. Melawan hawa nafsu, melawan kemalasan dan mengalahkan hawa nafsu diri sendiri selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan sehingga kita bisa menjadi pemenangnya. “Pemenang sejati tidak mengalahkan orang lain, pemenang sejati adalah mereka yang senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri” dihari kemenangan ini dan masih di suasana idul fitri yang fitrah masih terasa hangat di masa pandemi ini yang mana tidak dapat bertatap muka silaturahmi dengan keluarga yang dicintai, tapi masih bisa mengirimkan bingkisan atau parsel sebagai ungkapan rasa di hari yang paling berbahagia ini yang sudah juga menjadi tradisi lebaran dari tahun ketahunnya. Juga adanya tradisi menyajikan hidangan lebaran yang mengandung lemak seperti ketupat, opor ayam, rendang, hingga kue lebaran menumpuk.

Maka dari itu, artikel kali ini kami tim Sindo shipping akan membahas mengenai cara efektif dalam membakar lemak setelah menyantap banyak hidangan Lebaran dengan cara berolahraga dengan rutin dan rajin Berolahraga. Yuk bakar lemak yang membandel tersebut dengan berolahraga yang efektif! Karena berikut ini jumlah kalori makanan khas Lebaran, melansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Berikut daftar kalori beberapa makanan populer khas Lebaran:

  • Kalori nastar nanas per buah: 75 kkal
  • Kalori kacang goreng per 100 gram: 151 kkal
  • Kalori opor ayam per porsi: 392 kkal
  • Kalori rendang sapi per porsi: 468 kkal
  • Kalori semur daging sapi per porsi: 337 kkal
  • Kalori sambal goreng ati sapi per porsi: 346 kkal
  • Kalori ketupat per lima buah: 176 kkal

Menurut farmaku.com, untuk mencegah penumpukan kalori saat Idul Fitri, anda perlu bijak menjaga pola makan dan diimbangi olahraga. Menjaga kesehatan agar tetap prima pasca libur lebaran, harus tetap diperhatikan dan dijalankan agar kebugaran tetap terjaga. Lebaran menjadi saat yang dinantikan, serasa tunai sudah menjalankan tugas kita menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan penuh, tetapi biasanya kita menjadi ‘lupa diri’ pada saat Hari Raya Lebaran. Hampir semua sajian lezat, mulai dari makanan bersantan, kue – kue kecil hingga aneka minuman manis beragam rasa langsung disantap tanpa mengukur dampak ke dalam kesehatan tubuh.

Hampir di setiap rumah pasti menghidangkan makanan lezat, manis dan bersantan khas lebaran, yang pasti sangat menggugah selera makan. Namun tetaplah waspada, dibalik kenikmatan dan kelezatan hidangan lebaran tersebut faktor kesehatan harus tetap waspada. Mengapa? Karena hampir rata – rata hidangan yang disajikan pada saat lebaran banyak mengandung lemak dan berkalori tinggi. Rata – rata mengandung gula yang memiliki sifat tidak mengenyangkan sehingga membuat kita lupa diri tanpa mengingat asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Berilah batasan dalam menyantapnya, jangan sampai berlebihan. Peduli dengan kesehatan, peduli dengan diri saat menyantap berbagai hidangan yang tersaji, umumnya bersantan yang notabene sangat tinggi kolesterol dan lemaknya. Ahli gizi, Dr. Leane, M.Sc., mengutip dari Tabloidnova.com, saran bahwasanya satu hal penting yang harus diperhatikan masing – masing kita adalah asupan kadar lemak. Kebanyakan lemak akan menaikkan kadar,trigliseride, serta mempersempit pembuluh darah. Akibatnya aliran darah kurang lancar, ini yang bisa jadi penyakit jantung. Pengaturan pola makan yang normal adalah makan setiap tiga jam sehingga perut tidak dibiarkan kosong terlalu lama. Pada sela – sela makan besar, anda bisa makan buah atau makanan ringan.

Sudah bukan rahasia bahwa setiap musim Lebaran tiba, aneka makanan dan minum tersaji secara lengkap di hampir semua rumah. Tantangannya kemudian adalah bagaimana kita tetap dapat menjaga keseimbangan kesehatan. Konsumsi aneka hidangan saat Lebaran atau sesudahnya, boleh – boleh saja. Namun sebaiknya, sahabat shippers perlu menjaga kesehatan dan membakar lemak agar tubuh dapat bugar saat kembali menjalani rutinitas harian. Menjaga berat badan setelah lebaran tidak cukup hanya dengan mengurangi porsi makan atau melakukan diet ketat saja. Agar anda bisa menjaga berat badan setelah lebaran, sebaiknya melakukan olahraga secara rutin dan memilih jenis olahraga yang tepat. Lalu, olahraga apa saja yang bisa membantu menjaga berat badan usai lebaran? Dikutip dari ruparupa.com, tahukah anda dengan memiliki alat fitnes rumahan sendiri ternyata bisa menjadi solusi untuk kalian yang sulit untuk ke tempat gym sekaligus menghemat uang dan tenaga. Mau tahu apa saja? Yuk simak bersama informasi berikut ini merupakan beberapa alat olahraga rumahan yang wajib dimiliki jika ingin memulai berolahraga dari rumah yang menyempurnakan setiap sesi aktivitas untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan anda tetap stabil agar diperlukan aktivitas fisik yang tinggi. Berikut ini olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat menurunkan atau menjaga berat badan anda setelah lebaran, simak penjelasan lengkap di bawah ini ya!

Tali Skipping

Lompat tali (skipping) merupakan alat olahraga yang sederhana tapi membawa dampak yang besar untuk kesehatan loh! Bayangkan hanya dengan melakukan 30 menit lompat tali sudah membakar 375kalori. Jumlah kalori ini dua kali lebih banyak dengan berjalan kaki dengan kecepatan 4,8km/jam. Merupakan cardio yang baik dan melancarkan metabolisme tubuh. Lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan setelah lebaran. Olahraga ini dapat membuat tubuh anda berkeringat dan meregangkan otot di tubuh. Anda bisa melakukan skipping selama 15 – 20 menit setiap hari. Namun sebelum mulai melakukan lompat tali, sebaiknya lakukan peregangan terlebih dahulu.

Dumbbell

Barbel atau dumbbell merupakan salah satu alat olahraga yang murah, fleksibel dan mudah digunakan yang membuat kamu bisa melakukan berbagai latihan untuk meningkatkan kesehatan. Barbel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, membangun otot atau meningkatkan daya tahan otot. Dengan menggunakan alat olahraga ini kamu dapat melatih otot dengan efektif layaknya seperti di gym. Tersedia dalam berbagai berat yang beragam mulai dari 2 kg hingga 5 kg.

Kettlebell

Merupakan alat fitnes yang dapat melatih bagian tubuh bagian atas seperti lengan, punggung, hingga kaki, serta banyak gerakan yang dapat kamu lakukan dengan peralatan olahraga ini juga loh! Tapi saat membelinya cobalah untuk memilih bobot yang sesuai dengan kekuatan kamu. Selain itu, kettlebell bisa meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh. Bahkan gerakan – gerakan lain dengan memanfaatkan kettlebell swing bisa membuat otot kamu bekerja dan membakar lemak di tubuhmu.

Resistance Band

Berfungsi untuk meningkatkan kerja otot, dan saat ini sudah banyak beberapa tingkat reisitensi mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat. Maksimalkan aktivitas olahraga setiap harinya dengan alat fitnes rumahan yang tepat. Resistance band juga dapat membantumu berlatih kekuatan tanpa latihan angkat beban. Anda juga dapat meningkatkan masa otot, menambah kekuatan, serta menggunakannya untuk stretching dan terapi. Resistance band juga mudah dibawa bepergian dan dapat digunakan dimana saja.

Matras Yoga

Alat olahraga yang fungsional dan praktis, sehingga sangat populer dan menjadi pilihan karena mudah dibawa kemana saja. Berfungsi sebagai alas yoga maupun senam ringan. keberadaanya digunakan untuk menjaga tubuh kalian dari cedera hingga berolahraga lebih nyaman. Keunggulan lainnya dari peralatan ini adalah mudah untuk di simpan pada bagian sudut ruangan.

Body Trimmer

Berolahraga di rumah makin menyenangkan, dengan body trimmer dari online platform. Alat ini mudah digunakan karena praktis dan efektif membentuk otot perut, lengan dan kaki. Selain itu terbuat dari material yang memiliki elasitas yang tinggi.

Jogging atau Lari

Jika anda melakukan jogging secara rutin, hal ini merupakan salah satu aktivitas lari santai yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membantu membentuk massa otot dan menjaga kesehatan jantung, jogging juga dapat membantu membakar kalori dan mengurangi jaringan lemak pada tubuh anda. Selain itu, olahraga ini juga dinilai lebih efektif dalam membakar lemak dibandingkan dengan olahraga angkat beban.

Berenang

Renang merupakan olahraga yang dinobatkan sebagai olahraga terbaik untuk tubuh karena olahraga ini memiliki banyak manfaat yang positif. Walau renang adalah aktivitas fisik yang berdampak rendah, namun olahraga ini dapat menghasilkan kekuatan yang besar dan kemampuan kardio di waktu yang sama. Kondisi tersebut mirip dengan latihan aerobik, yang bisa menciptakan daya tahan tubuh. Jika olahraga ini dilakukan secara rutin.

Soft Wrist

Alat fitnes rumahan berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah soft wrist. Ini adalah cara terbaik untuk mencegahnya otot terkilir atau cidera.

Itulah beberapa alat olahraga sederhana yang dapat dipraktekan di rumah dan wajib sahabat shippers miliki, pastikan untuk mendapatkan aneka peralatan olahraga serta jangan lupa mengenakan pakaian olahraga kekinian yang berkualitas dari platform online seperti https://www.adidas.com.sg yang menyediakan aneka kebutuhan peralatan olahraga dan jangan khawatir untuk mengirimkan aneka peralatan olahraga kalian bisa menggunakan layanan Jastip dengan mempercayakannya pada layanan Sindo shipping karena pengirimannya luas jangkauan internasional.

Jadi, dengan rutin berolahraga juga menjadi hal penting yang dapat membantu menjaga berat badan anda setelah lebaran. Olahraga memiliki peran yang penting karena olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih dan meningkatkan metabolisme tubuh anda. Kedua hal tersebut merupakan faktor yang diperlukan demi meraih keseimbangan energi, baik yang dibuang maupun masuk ke dalam tubuh. Saat keseimbangan energi anda terjaga, itu artinya anda telah membakar jumlah kalori yang sama dengan asupan yang anda konsumsi. Dengan begitu, berat badan akan tetap stabil dan terjaga. Jika anda ingin menjaga berat badan tetap stabil, Anda bisa olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit dan 75 menit dengan intensitas tinggi. Namun, lamanya waktu untuk berolahraga, baik olahraga dengan intensitas tinggi atau intensitas sedang pada setiap orang dapat berbeda – beda. Ada kemungkinan seseorang bisa melakukan olahraga lebih dari 150 menit dengan intensitas sedang selama seminggu agar berat badan setelah lebaran tetap terjaga.

Bagi anda yang ingin membeli maupun mengirimkan berbagai macam peralatan olahraga import dari luar negeri dan membutuhkan jasa kirim terpercaya, Sindo shipping merupakan solusi terpercaya. Jika anda ingin memiliki alat olahraga untuk menghilangkan lemak di tubuh atau menurunkan berat badan, ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali alat apa yang paling diperlukan. Karena ada berbagai cara membakar lemak yang efektif dan praktis untuk rutin dilakukan. Anda hanya perlu strategi yang tepat agar lemak tubuh yang mengganggu penampilan dapat lenyap seiring berjalannya waktu. Jangan lupa kirim pesanan alat olahragamu menggunakan Sindo Shipping, yang siap antar paket pesanan alat olahragamu sampai ke rumah dengan selamat sehingga tubuh anda semakin sehat dan bugar. Untuk informasi mengenai layanan pengiriman untuk lebih lengkap dapat menghubungi nomor whatsapp kami melalui 081296055142 / 082145058370 dan jangan lupa follow instagram @Sindoshipping. Kalian juga dapat mudah berbelanja maupun mengirim barang yang dipesan menggunakan layanan Sindo Shipping, dan jangan lupa kami menyediakan potongan harga diskon spesial sebesar 20% yang tersedia bagi anda pengguna baru kami.

Sindo shipping the best delivery service, Happy Shipping with us!

(Naskah by: Tim CRM & Anastasia Velista)