Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

Pentingnya Asuransi dalam Pengiriman Barang Menggunakan Sindo Shipping

Sekarang ini ada banyak langkah atau inovasi yang dilakukan perusahaan termasuk perusahaan pengiriman barang untuk senantiasa memberikan rasa aman kepada customer, nah salah satunya adalah dengan asuransi. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pentingnya asuransi dalam pengiriman barang jika kalian menggunakan jasa Sindo shipping. Sebelum kita membahas lebih dalam, Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan asuransi? Menurut “mascargoexpress.com” Asuransi Pengiriman Barang merupakan suatu bentuk perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan pada barang yang akan dikirimkan. 

Karena banyak persepsi yang menyebutkan bahwa jika adanya kerusakan pada barang yang dikirim sepenuhnya adalah tanggung jawab dari perusahaan pengiriman. Kasus rusaknya barang saat dikirim tentunya bukan saja merugikan pihak perusahaan pengiriman tapi juga customer, karena bisa saja barang yang dikirim benar-benar urgen atau bernilai tinggi. Untuk itu asuransi menjadi satu hal yang penting untuk kenyamanan kedua belah pihak, anatar perusahaan pengiriman dan customer itu sendiri. Jadi diharapkan Pihak yang ingin melakukan pengiriman barang atau customer harus mengurus jaminan terhadap barang yang akan dikirim, Tujuannya adalah utnuk mengurangi kerugian yang bisa saja terjadi kapan saja.

Sementara manfaat penting asuransi lainnya selain mengurangi kerugian baik itu perusahaan pengiriman atau customer adalah sangat membantu dalam dunia perdagangan, memberikan rasa aman kepada customer karena dengan adanya asuransi perusahaan akan menanggung kerugian atau kerusakan secara fisik jika barang yang dikirim rusak, hilang dan lain sebagainya dengan begitu bisa dikatakan memberikan perlindungan terhadap barang yang akan dikirim. 

Untuk itu kembali ditekankan bahwa keuntungan asuransi itu bukan hanya untuk perusahan pengiriman tapi juga ke customer. Dengan asuransi tersebut kedua belah pihak tidak perlu lagi khawatir jika terjadi kerusakan barang di tengah jalan.

Dikutip dari “mascargoexpress.com” jenis jenis asuransi adalah sebagai berikut,

  • Asuransi barang lewat darat, Asuransi pengiriman yang pertama adalah lewat darat. Asuransi ini menawarkan perlindungan untuk barang yang rusak atau hilang ketika dikirimkan jalur ini. Asuransi ini memiliki tanggung jawab terhadap barang dari resiko :
    • Dicuri orang
    • Kebakaran
    • Tabrakan
    • Jauh ke sungai atau jurang
    • Bencana alam
    • Tergelincir
    • Kekacauan dan lain sebaganya.
  • Asuransi barang lewat laut, Asuransi pengiriman selanjutnya adalah asuransi barang lewat laut. Asuransi ini bertanggung jawab untuk barang kiriman yang dikirim melalui laut. Perusahaan ini akan bertanggung jawab jika barang mengalami kerusakan akibat bahaya di lautan.Beberapa kondisi di laut yang bisa memunculkan bahaya dan resiko pada barang kiriman antara lain :
    • Perils of the sea, bahaya yang disebabkan oleh sifat laut seperti cuaca buruk, gelombang, gempa hingga badai.
    • Perils on the sea, bahaya ini bisa terjadi di atas laut itu sendiri seperti halnya kapal kandas, tabrakan, peledakan hingga kapal tenggelam.
    • Extraneous Perils, bahaya yang bisa datang di luar perils on sea seperti perampoka.
  • Asuransi barang lewat udara,  Pihak asuransi akan bertanggung jawab terhadap bahaya yang bisa saja terjadi saat pengiriman barang lewat udara. Namun jika kerusakan terjadi karena pesawat mengalami ledakan atau kebakaran, maka pihak asuransi tidak akan mengganti barang tersebut. Hal ini juga berlaku jika barang rusak akibat kelalaian pengirim.

Dari beberapa jenis asuransi pengiriman diatas kita bisa pilih asuransi mana yang bisa digunakan diperusahaan sesuai dengan keperluan perusahaan. Biasanya yang ditawarkan asuransi adalah jika nilai barang yang dikirim lebih besar berkali lipat dari ongkos kirim. Selain itu dokumen penting/berharga juga perlu diasuransikan misalnya Sertifikat Ijazah, KTP, Paspor, BPKB dan lain sebagainya.

Mengingat akan pentingnya asuransi dalam pengiriman barang maka kami dari Sindo Shipping juga menyediakan  Asuransi yang sudah disusun standard operation proceduresnya. Kami selalu berusaha menawarkan customer untuk memakai asuransi untuk setiap barang branded, demi kenyamanan bersama. 

Standard Operation Procedures asuransi di Sindo Shipping diantaranya, 

1.   Paket yang akan dikirim ke luar negeri harus dipacking (dikemas) seaman mungkin (proper) oleh pengirim untuk melindungi paket dari kerusakan selama proses pengiriman (pecah velah harus memakai box kayu dengan biaya tambahan:…)

2.   Paket kiriman barang berharga/ mahal/ branded atau pecah belah disarankan menggunakan asuransi (15% dari harga barang)

3.   Asuransi hanya mengcover jika

–      Customer melampirkan video boxing

–      Batam melampirikan Video barang yang diasuransikan

–      Customer melampirkan video unboxing

–      Komplain paket rusak atau hilang harus disampaikan kepada Sindo Shipping dalam jangka waktu 2 hari setelah paket diterima, apabila melewati batas waktu 2 hari maka segala bentuk complain tidak akan dilayani. 

4.   Apabila terjadi kehilangan paket/ rusak selama proses pengiriman ke negara tujuan. Sindo Shipping akan bertanggung jawab. Keputusan penggantian tergantung pada pihak Sindo Shipping untuk melakukan penggantian.

5.   Sindo Shipping tidak mengganti kerusakan paket yang disebabkan oleh kejadian yang bersifat force major seperti musibah atau bencana alam, banjir, kebakaran dan sebagainya.

Jika tidak memakai jasa asuransi sebagai komitmen dari Sindo Shipping, customer akan mendapatkan penggantian maksimal 1,5juta (keputusan penggatian tergantung pada pihak Sindo Shipping) jika terjadi sesuatu. Ini merupakan bentuk dari usaha Sindo Shipping untuk selalu memberikan rasa aman customer untuk menggunakan Sindo Shipping. 

Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan Sindo Shipping, shipping barang berharga dengan aman, tanpa perlu merasa was was, selain itu kami mau mengingatkan lagi kalau shipping barang baik barang untuk pemakaian pribadi ataupun untuk usaha dengan Sindo Shipping juga banyak untungnya, selain biaya pengirimannya yang murah, kami juga menawarkan system membership dimana keuntungannya selain dapat point yang bisa direedem sehingga potongan biaya kirim juga dapat diskon sesuai dengan level membershipnya. Anda dapat mudah mengirimkan barang yang dikirim menggunakan jasa layanan Sindo Shipping, dan jangan lupa kami menyediakan potongan harga diskon spesial sebesar 20% yang tersedia bagi anda pengguna baru kami agar lebih hemat. Tunggu apalagi bagi kalian yang tertarik dan membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat follow instagram kami @sindoshipping atau bisa menghubungi layanan nomor whatsapp (081296055142 / 082145058370) yang tersedia di website kami. 

Happy shipping with Sindo Shipping, Have a nice day 😉

(Naskah: Meyke Tim CRM Sindo Shipping)