SIMAK TIPS DARI SINDO SHIPPING UNTUK MENINGKATKAN MOOD SAAT BEKERJA DI RUMAH AJA DENGAN ESSENTIAL OIL

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM level 4 sampai dengan tanggal 9 Agustus 2021, demi mengurangi penyebaran COVID-19 yang terus meningkat beberapa bulan ini sehingga pemerintah menghimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Untuk anda yang terbiasa kerja di kantor dan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di rumah perlu beberapa penyesuaian yang harus dilakukan. Yang biasanya bekerja di kantor bersama teman-teman, tapi sekarang hanya bisa bekerja sendirian di rumah. Tentunya hal tersebut lumayan membosankan dan dapat menyebabkan mood sedikit berkurang. Nah, kami ada solusinya. Kami merekomendasikan anda salah satu essential oil terfavorit sobat shippers yaitu Young Living dan doTERRA dengan beberapa yang memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan mood saat bekerja di rumah. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Young Living dan doTERRA, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu essential oil, karena masih ada banyak sekali orang yang belum terlalu paham tentang minyak essential. Kebanyakan dari kita pasti menganggap minyak essential sebagai aroma therapy untuk mengharumkan ruangan.  Tidak salah juga, tetapi minyak essential mempunyai manfaat yang lebih hebat dari sekedar membuat ruangan menjadi wangi. Sobat shippers yuk simak baik – baik ulasan dari kami, semoga memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi anda.

Dilansir dari blossomshine.com, essential oil atau minyak esensial atau juga yang dikenal dengan istilah minyak astiri adalah ekstrak minyak yang didapat dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu atau biji buah. Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran, minyak esensial yang murni mempunyai manfaat kesehatan juga loh! Hal ini dikarenakan minyak essential tidak mengandung asam lemak. Karena itu, komponen yang ada pada EO benar – benar murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya. Setelah mengetahui apa itu EO dan manfaatnya, yang menjadi pertanyaan adalah Essential Oil mana yang bagus dan aman untuk digunakan? Pasalnya, ada banyak sekali EO dijual secara bebas, baik merek lokal maupun merek luar negeri. Varian harganya pun ada banyak. Namun, tidak semua EO itu aman untuk digunakan.

Sejauh ini ada 4 jenis EO:

  • Synthetis: tipe ini adalah EO yang sifatnya perfume / industrial, alias tidak murni. Oleh karena itu, harganya pun relatif murah. Namun, jenis ini dikuatirkan dapat mengganggu kesehatan.
  • Food Grade / GRAS Standard: tipe ini biasanya paling sering ditemukan ditoko bahan makanan, dan banyak digunakan oleh bakers/cook/bartender untuk meningkatkan cita rasa dan aroma makanan atau minuman yang disajikan.
  • Therapeautic: EO tipe ini bukan hanya food grade (aman dikonsumsi) tetapi juga mempunyai efek kesehatannya.
  • CPTG: EO tipe ini sangatlah langka ditemukan. Pasalnya, kebanyakan EO stop sampai dilevel therapeautic, tetapi tanpa bukti bahwa EO mereka benar murni dan memiliki efek therapeutic (healing). Karena itu, pada level ini EO yang bersangkutan telah diuji dan sudah terbukti oleh pihak ke-3 (bukan klaim dari brand lagi) sebagai Certified Pure Therapeutic Grade.

DoTERRA

Merupakan brand yang memproduksi dan menjual produk essential oil. Nama doTERRA sendiri berasal dari bahasa Latin [doh-teh-ruh] yang berarti “Gift of the Earth” / Hadiah dari tanah. Didirikan pada tahun 2008 oleh sekelompok health-care dan business professionals, doTERRA hadir sebagai alternatif kesehatan baru yang alami tetapi powerful. Karena itu, essential oil (EO) doTERRA didesign dengan cara yang professional, dengan bahan yang terbaik dari sumber terbaik, dan dengan approval dari pakarnya. Hal ini penting agar hanya the purest dan the highest-grade essential oil saja yang di-deliver untuk Kesehatan. Sebagai wujud komitmen untuk menjaga standar kualitas, para founders doTERRA bekerjasama dengan APRC (Aromatic Plant Research Center) sebagai pihak ke 3. Jadi fungsi lembaga ini adalah untuk melakukan tes pada setiap batch minyak essential yang diproduksi agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Supaya lebih meyakinkan, hasil lab ini dapat kita check online dari website sourcetoyou.com. Komitmen inilah yang kini dikenal sebagai CPTG (Certified Pure Therapeautic Grade).

Young Living

Young Living menjadi salah satu merek yang saat ini dikenal luas di kalangan masyarakat berkat kepopuleran produknya. Salah satu produk Young Living yang begitu populer adalah essential oil. Tidak hanya menjual produk berkualitas, Young Living juga membuka peluang kerja sama dengan mengundang masyarakat untuk bergabung dengan Young Living Membership. Young Living dikenal memiliki kualitas yang baik pada setiap jenis produk yang dikeluarkan. 

Nah, kali ini kami akan merekomendasikan kepada anda aneka essential oil yang memiliki manfaat untuk meningkat mood anda yaitu essential oil aroma lemon. uah lemon digunakan untuk keperluan memasak dan non-memasak di seluruh dunia, terutama diambil sari buahnya yang memiliki manfaat kuliner dan sebagai agen pembersih. Berasal dari keluarga botanical Rutaceae (Citrus) yaitu Lemon Oil. Lemon essential oil (minyak atsiri lemon) adalah jenis minyak atsiri yang biasa digunakan dalam aromaterapi. Bersumber dari kulit tanaman jeruk lemon, lemon essential oil memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Minyak atsiri ini bisa diencerkan dan dioleskan ke kulit, serta didifusikan ke udara untuk dihirup. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Microbiology, lemon oil memiliki sifat anti-mikroba yang kuat dibanding essential oil lain. Studi lain yang dipublikasikan dalam Experimental Biology and Medicine menemukan menghirup aroma minyak esensial lemon meningkatkan aktivitas neurologis yang mempromosikan pemecahan lemak tubuh.

Minyak lemon adalah salah satu minyak esensial yang paling banyak digunakan mulai dari sebagai pemutih gigi, penyegar laundry, krim selulit, pencuci muka dan pembersih rumah tangga. Lemon terkenal karena kemampuannya membersihkan racun dari setiap bagian tubuh dan secara luas digunakan untuk merangsang drainase getah bening, untuk meremajakan energi, memurnikan kulit dan bertindak sebagai penangkal serangga. Selain untuk meningkatkan mood, ada beberapa manfaat lain dari minyak lemon yaitu :

1. Menenangkan pikiran

Bukan rahasia lagi bahwa aroma lemon dapat memberikan efek menenangkan. Begitu pula dengan minyak lemon. Minyak ini berpotensi untuk merilekskan jiwa dan meredakan rasa cemas. Bahkan, dalam sebuah riset yang diujicobakan pada hewan, minyak lemon dilaporkan dapat mengurangi stres dibandingkan minyak lavender dan mawar. Inilah alasan mengapa minyak esensial lemon amat populer untuk dicampurkan dalam diffuser.

2. Meredakan gejala morning sickness

Morning sickness merupakan mual dan muntah yang umum dialami wanita saat hamil muda. Aromaterapi menggunakan minyak esensial lemon berpotensi untuk mengurangi mual dan muntah, menurut sebuah riset tahun 2014.

3. Untuk meredakan nyeri

Minyak lemon terkadang dimanfaatkan dalam aromaterapi untuk meredakan nyeri. Efek antidepresan dan antistres alami dari minyak esensial ini diyakini berkontribusi untuk memengaruhi cara tubuh dalam menginterpretasikan nyeri. Riset yang ada terkait efek ini masih dilakukan sehingga studi pada manusia tentu diperlukan untuk menguatkan khasiat minyak esensial lemon ini.

4. Untuk meredakan sakit tenggorokan

Menghirup aroma minyak lemon dapat menjadi cara alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Efek menenangkan dan aroma manis dari minyak ini dapat merilekskan pikiran sekaligus berpotensi untuk menenangkan otot di tenggorokan.

5. Untuk meredakan pilek

Selain meredakan sakit tenggorokan, menghirup aroma minyak esensial lemon juga diyakini dapat meredakan gejala pilek. Belum ada uji klinis yang bisa membuktikan klaim ini. Namun, dengan efek menenangkan dan kandungan antioksidannya, aromaterapi minyak lemon tetap menarik untuk dicoba.

6. Memiliki sifat antijamur

Minyak lemon memiliki sifat antijamur – sehingga berpotensi untuk meredakan masalah jamur di kulit. Menurut sebuah studi tahun 2017, minyak lemon efektif melawan infeksi jamur tertentu, termasuk kutu air ketika dioleskan.

7. Mengatasi Gejala Stres dan Depresi

Aroma khas dari lemon merupakan zat penenang alami yang dapat membuat Anda merasa rileks saat menghirupnya dan secara otomatis meredakan perasaan cemas, stres, dan lelah yang mungkin sedang Anda alami. Berdasarkan studi di tahun 2006, minyak atsiri lemon terbukti dapat meningkatkan suasana hati pada tiga percobaan uji stres dan mengurangi kecemasan pada pasien setelah menjalani operasi ortopedi. Studi lain juga menyimpulkan bahwa minyak atsiri lemon memiliki indikator positif untuk mengurangi gejala depresi dan penghilang stres yang lebih efektif daripada aromaterapi lavender, mawar, atau minyak atsiri lainnya. Anda hanya perlu menghirup wangi minyak lemon sebagai agen anti stres dan antidepresan.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukan bahwa siswa yang belajar di ruang kelas dengan aromaterapi minyak lemon dapat hasil lebih baik dalam ujiannya. Studi kecil lainnya pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat minyak lemon adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif pasien Alzheimer. Hal ini pun dikaitkan karena minyak atsiri lemon memiliki efek anti stres sehingga siapapun yang menghirupnya akan merasa lebih tenang, kalem, dan lebih focus.

9. Melancarkan Pencernaan

Khasiat minyak lemon yang selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan, termasuk masalah sembelit dan gastritis. Sebuah studi hewan tikus yang diterbitkan di Chemical and Biological Interactions pada tahun 2019 menemukan bahwa minyak esensial lemon mengandung zat pelindung gastro terhadap perut lambung yang dapat mengurangi gejala gastritis pada tikus. Studi lainnya juga menyebutkan bahwa minyak esensial lemon bekerja lebih baik dalam mengatasi sembelit pada orang tua daripada minyak esensial lemon, minyak rosemary dan peppermint essential oil.

10. Menjaga Kesehatan Oral

Antibakteri dan antijamur dalam minyak atsiri lemon berfungsi sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit di mulut seperti bau mulut, sariawan, mencegah kerusakan gigi, serta memutihkan gigi secara alami. Sifat asam dari minyak atsiri lemon tidak menyebabkan korosi asam pada gigi seperti kandungan sitrus pada jus lemon bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak lemon mengandung d-limonene, yaitu agen untuk melancarkan metabolisme dan membersihkan kelenjar limfatik yang berpengaruh untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition meneliti bahwa tikus yang diberi lemon polifenol dengan ekstrak kulit lemon selama 12 minggu mengalami penurunan hiperlipidemia, hiperglikemia dan resistensi insulin yang kemudian berpengaruh pada penurunan berat badan. Walaupun begitu, studi pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikannya.

12. Disinfektan Alami

Ingin menghindari alkohol dan pemutih untuk mendisinfeksi meja anda dan membersihkan pancuran berjamur anda? Tambahkan 40 tetes minyak lemon dan 20 tetes minyak tea tree ke botol semprot  dan encerkan dengan 500 ml dengan air murni (dan sedikit cuka putih) untuk disinfectan alami favorit.

13. Khasiat Minyak Lemon untuk Kulit

Dilansir dari DokterSehat.com selain untuk berbagai kondisi kesehatan, minyak atsiri lemon juga telah lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, bekas luka, dll. Ketahui manfaat minyak lemon untuk kulit berikut ini:

  • Merawat Kulit Sebuah

Penelitian pada tahun 2017 menunjukan bahwa minyak esensial lemon memiliki efek anti peradangan kulit dan secara efektif dapat membunuh bakteri penyebab infeksi kulit. Minyak lemon juga memiliki kandungan antioksidan untuk mencerahkan warna kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, serta menjaga warna kulit. Beberapa orang juga menggunakan minyak atsiri lemon sebagai pembersih wajah.

  • Menyembuhkan Luka Minyak

Lemon memiliki kandungan vitamin C, efek antimikroba, dan antioksidan yang berperan untuk menyembuhkan jaringan luka lebih cepat, mencegah infeksi, dan membersihkan kulit. Sebagian orang bahkan menyimpan minyak lemon dalam kotak P3K untuk membersih luka.

  • Mengatasi Jerawat Dua

Kandungan alami minyak lemon yaitu astringen atau pembersih dan antimikroba dipercaya dapat mengatasi jerawat secara efektif. Kandungan astringen berperan untuk membersihkan sel – sel kulit mati,membuka pori – pori yang tersumbat, dan mencegah hiperpigmentasi dari jerawat.

  • Pembersih Wajah

Beberapa produk kecantikan juga memasukan ekstrak lemon dalam produk pembersih wajah. Anda juga dapat menambahkan satu tetes minyak lemon di air pembersih yang anda gunakan. Walaupun terdapat beberapa manfaat minyak lemon untuk kulit, anda juga harus memerhatikan efek samping minyak lemon untuk kulit yaitu kulit kering, merah dan mengelupas apabila digunakan setiap hari.

Cara menggunakan essential oil lemon dengan aman

Layaknya menggunakan minyak esensial dari tumbuhan lain, minyak lemon juga bisa dicampurkan 3-4 tetes ke diffuser dan biarkan harumnya merebak mengharumkan ruangan anda. Pastikan ruangan yang diletakkan diffuser memiliki sirkulasi udara yang baik. Batasi pula sesi aromaterapi anda menggunakan diffuser maksimal 30 menit saja. Bila ingin mengoleskan minyak lemon pada kulit, anda harus mencampurkannya ke minyak pelarut terlebih dahulu, seperti minyak kelapa atau minyak almond. Ingat bahwa minyak esensial tidak boleh dioleskan langsung tanpa dilarutkan. Sebelum dioleskan ke kulit, lakukan tes tempel sedikit minyak lemon ke lengan untuk memastikan kulit bisa menerima minyak esensial ini. Jangan lupa untuk membasuh kulit yang dioleskan minyak lemon sebelum anda keluar rumah.

Efek samping penggunaan minyak lemon

Minyak esensial umumnya aman digunakan, termasuk untuk kebutuhan aromaterapi maupun untuk dioles. Namun, bila dioleskan ke kulit, minyak ini dilaporkan dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Sebaiknya, hindari paparan sinar matahari bila Anda baru mengaplikasikan minyak lemon atau membasuh kulit terlebih dahulu sebelum bepergian. Beberapa individu juga berisiko mengalami reaksi alergi terhadap minyak lemon. Di sinilah pentingnya uji tempel minyak esensial untuk memantau ada tidaknya reaksi kulit. Sekian ulasan kami tentang essential oil Young living dan doTERRA serta manfaat dari minyak lemon. Sangat bermanfaat kan? Tingkatkan mood anda walaupun hanya bekerja dari rumah aja. Berikan energi positif di sekitar anda sehingga bekerja menjadi nyaman. Essential oil doTERRA dan Young Living dapat anda beli secara online dan jangan lupa jika anda ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, anda bisa menggunakan jasa pengiriman Sindo Shipping.

Nah, kalian gak usah bingung lagi bagaimana cara mendapatkan product Essential Oil dari Young Living maupun doTERRA. Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di nomor +6281296055142 atau ingin mengetahui informasi promo lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh social media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 THANK YOU, HAVE A NICE DAY 😉

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)