KEBIASAAN BAIK UNTUK MENINGKATKAN IMUN TUBUH DAN MULAI KIRIM VITAMIN IMPORT VIA SINDO SHIPPING

Apa kabar sobat shippers? Bagaimana kabarnya pasti keadaanya sedang baik – baik saja. Apakah kalian tahu bahwa cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi. Bila daya tahan tubuh anda kuat, kuman yang berusaha menyerang akan dapat dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan anda pun tidak jadi sakit. Simak artikel berikut ini yuk, supaya anda selalu bisa meningkatkan imun dan rajin konsumsi suplemen vitamin.

Dalam situs Good Doctor dijelaskan bahwa imunitas bekerja dalam sebuah sistem dan tidak berdiri sendiri. Agar sistem kekebalan tubuh anda dapat bekerja dengan baik dan maksimal, anda perlu melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan. Upaya yang konsisten akan menghasilkan daya tahan tubuh yang kuat sehingga anda tidak mudah terkena penyakit. Dengan meningkatnya kesadaran akan risiko – risiko yang dapat memengaruhi daya tahan tubuh yang selalu berubah dan tak terduga, semakin banyak orang mencari cara meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Biasanya, memasuki musim baru, kasus penyakit menjadi lebih banyak dari biasanya. Bila daya tahan tubuh menurun saat pergantian musim, anda pun jadi rentan terserang penyakit.

Cara paling tepat untuk membangun sistem imun yang kuat adalah dengan mengembangkan sejumlah kebiasaan baik. Menerapkan kebiasaan ini dalam rutinitas harian bisa jadi pembeda antara respon sistem imunitas tubuh yang lemah dan kuat. Baca selengkapnya untuk mengetahui daftar kebiasaan baik untuk dukung sistem imun yang diambil dari beberapa sumber!

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Asupan bergizi seimbang berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan. Karena itu, semakin beragam jenis makanan yang anda konsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda. Misalnya, makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral; makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang – kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

Menjaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan perlu diperhatikan, mulai dari proses pembersihan, pembuatan, termasuk juga perlengkapan makan dan air minum untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan.

Tidur cukup

Tahukah Anda? Tidur cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Dalam situs Kompas dijelaskan bahwa tidur yang nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima; sehingga siap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Ini karena saat anda tidur, sistem imun tubuh mengeluarkan zat yang bernama sitokin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan. Sebaliknya, saat anda kurang tidur, produksi sitokin dan sel T di tubuh berkurang. Dikutip dari situs Halodoc, sel T adalah kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam melawan virus. Itu sebabnya, kurang tidur disebut dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat anda rentan sakit. Karena itu, pastikan anda selalu memenuhi kebutuhan istirahat harian, yaitu tidur minimal 7 jam setiap malam.

Rajin berolahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lain adalah dengan berolahraga secara rutin. Aktivitas ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis (keropos tulang). Dalam situs Halodoc dijelaskan, olahraga dapat merangsang kerja antibodi dan sel – sel darah putih, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Berkat olahraga, sel darah putih dapat bersirkulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit. Manfaat lain berolahraga adalah membantu mengeluarkan bakteri dari paru – paru dan saluran pernapasan. Ini yang membuat orang yang rajin berolahraga tidak mudah terkena flu atau penyakit pernapasan lainnya. Selain itu, rajin berolahraga berdampak positif bagi kesehatan mental karena olahraga terbukti dapat meringankan stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan rasa percaya diri, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Sediakan waktu untuk berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit.

Memperbanyak teman atau bersosialisasi

Menurut ahli, seringnya menyendiri atau tidak ada waktu untuk bertemu dengan kerabat atau bersosialisasi akan mengubah sistem imunitas tubuh pada tingkat seluler. Artinya, kesehatan fisik dan mental akan menurun dan terganggu. Maka dari itu, bersosialisasilah dengan orang – orang di sekeliling untuk membuat pikiran rileks dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berjemur

Melansir Kompas.com (6/4/2020), Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), membenarkan melakukan sun-exposures atau berjemur dapat bermafaat untuk kekebalan tubuh jika dilakukan dengan tepat. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta itu menjelaskan paparan ringan sinar matahari terutama pada jam tertentu seperti antara pukul 08.00-09.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 WIB, dapat meningkatkan produksi vitamin D yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Menurut Yufang Lin, MD, dokter pengobatan integratif di Cleveland Clinic di Ohio, mengonsumsi makanan nabati seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga imunitas tubuh berfungsi dengan baik. Alasannya, karena sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, yang bisa membantu imunitas dan organ – organ tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, buah dan sayur berwarna cerah menandakan tingginya kandungan antioksidan di dalamnya, dimana antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel imun tubuh. Selain itu, konsumsi rempah – rempah seperti cengkeh, jahe, dan jintan, juga dapat membantu tubuh melawan infeksi, karena sifat antivirus dan antimikroba yang terkandung di dalamnya. Jadi, pastikan selalu ada sayur, buah, dan rempah-rempah di menu harian anda, ya!

Berikut adalah beberapa makanan yang termasuk ke dalam functional food dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh: beri, kiwi, persik, apel, jeruk, pisang Sayuran: brokoli, kembang kol, kangkung, bayam
  • Kacang-kacangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh: almond, mete, pistachio Legum: buncis, kacang hitam, lentil
  • Biji-bijian utuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh: gandum, soba, beras merah
  • Makanan laut untuk meningkatkan daya tahan tubuh: salmon, sarden, mackerel, cod
  • Makanan fermentasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh: tempe, kombucha, kimchi, kefir
  • Rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh: kunyit, kayu manis, jahe, cabai rawit
  • Minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh: kopi, teh hijau, teh hitam

Minum Suplemen Vitamin C

Pada beberapa kondisi, asupan vitamin dari makanan saja belum bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh. Salah satu vitamin yang tidak boleh sampai kurang asupannya adalah vitamin C. Menurut ulasan yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh, terutama dalam meningkatkan imunitas. Sayangnya, tubuh tidak bisa menghasilkan sendiri vitamin ini, sehingga perlu didapatkan dari makanan atau suplemen. Secara umum, vitamin C dibutuhkan tubuh dalam pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, kolagen, serta membantu dalam mempercepat perbaikan sel dan jaringan yang rusak, tak heran Vitamin C sangat di rekomendasikan untuk dikonsumsi bila mengalami luka atau pasca operasi. Secara khusus, vitamin C mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga kuat dalam melawan ancaman penyakit. Vitamin C berperan untuk mendukung berbagai fungsi seluler pada sistem imun alami. Selain itu, vitamin C juga adaptif dalam mengeliminasi patogen dalam tubuh dan menghambat terjadinya kerusakan jaringan. Selain itu Sifat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C juga membuat nutrisi ini mampu membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel. Maka, tak heran jika menyebut vitamin ini sebagai salah satu kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Minum minuman untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Tak hanya makanan, beberapa minuman juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Konsumsi minuman – minuman yang bersifat alami dan hindari minuman kemasan. Berikut beberapa minuman alami untuk meningkatkan imun tubuh beserta resepnya, mengutip HealthifyMe.

  • Teh kunyit
    Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat memodulasi sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki kunyit juga dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit.
  • Teh rempah
    Minuman ini bersifat antimikroba, anti-inflamasi, dan kaya akan senyawa yang dapat membantu menangkal infeksi. Fitonutrien dalam madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Air jahe dan cuka apel
    Jahe mengandung bahan kimia yang disebut seskuiterpen yang dapat menargetkan virus penyebab flu. Sementara cabai rawit mengandung capsaicin dalam jumlah tinggi yang menekan neuropeptida yang terlibat dalam proses inflamasi. Sementara cuka apel mengandung bakteri baik dan berperan sebagai prebiotik yang dapat memberikan manfaat untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Jus sayuran hijau
    Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, asam folat, dan jenis antioksidan lain yang dapat mencegah peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi
  • Susu kunyit
    Bahan aktif kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh untuk melawan radikal bebas. Rempah-rempah dan saus kacang yang mengandung lemak sehat bersifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.

Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat membuat fungsi imunitas tubuh terganggu. Tak hanya itu, perokok aktif juga memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Jika gemar mengonsumsi alkohol juga, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar. Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan. Di dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Dalam situs Alodokter disebutkan bahwa perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia. Namun, asap rokok juga berbahaya bagi orang – orang tidak merokok yang menghirupnya. Karena itu, salah satu cara menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah menghindari perokok agar Anda terhindar dari menghirup asap rokok.

Jaga kebersihan pakaian

Pakaian yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Apalagi Anda tinggal di negara tropis sehingga mudah berkeringat. Jadi, hindari mengenakan pakaian yang sama dua hari berturut – turut, apalagi bila anda memakainya untuk beraktivitas di luar ruangan. Pakaian yang terpapar debu kemungkinan besar ditempeli kotoran, termasuk kuman penyebab penyakit. Segera cuci pakaian menggunakan deterjen sampai bersih setiap habis dikenakan. Jemur pakaian sampai kering di bawah sinar matahari agar mematikan kuman yang masih menempel di pakaian. Hindari mengenakan pakaian yang lembap atau belum kering benar karena berisiko menimbulkan bakteri dan menyebabkan masalah pada kulit.

Kelola stres

Stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol. Saat anda stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol akibat stres yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Waspadalah bila anda merasa sedang stres berat atau terserang gangguan kecemasan dan depresi. Kelola tingkat stres dengan mengetahui hal – hal atau tindakan apa yang dapat membuat suasana hati anda menjadi positif. Miliki tips ampuh mengelola stres agar produksi kortisol tidak meningkat. Contoh cara mengelola stres yaitu memiliki hobi, berolahraga, bertemu dengan teman, mengeluarkan unek-unek, melakukan perawatan diri, dan sebagainya.

Cuci tangan

Pesan untuk praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menggema sejak virus corona merebak. Salah satunya, dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Tangan merupakan alat transportasi bakteri. Tanpa disadari, orang sering memegang muka, hidung atau mengucek mata. Padahal tangan belum tentu bersih. CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan paling tidak 20 detik untuk meminimalkan bakteri dan menjaga sistem imun. Tak perlu memasang timer saat mencuci tangan. Cukup menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ sembari cuci tangan dan 20 detik tak akan terasa.

Bermain dengan hewan peliharaan

Lalu lintas jam sibuk, dimarahi bos, dan kehilangan pekerjaan adalah contoh stres psikologis yang dapat memicu produksi hormon stres kortisol. Akumulasi kortisol kronis menyebabkan sistem kekebalan menjadi “resisten”, memungkinkan peningkatan produksi sitokin inflamasi yang selanjutnya membahayakan sistem kekebalan. Untuk mengurangi stres yang berbahaya, cobalah untuk bermain dengan hewan peliharaan. Sebuah penelitian di Washington State University menemukan bahwa berpelukan dengan anjing atau kucing selama 10 menit berdampak signifikan pada penurunan kadar kortisol.

Jaga kebersihan lingkungan

Kondisi kebersihan seseorang dapat menentukan besar atau kecilnya risiko anda terpapar kuman penyebab infeksi. Dalam situs Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dijelaskan, paparan terhadap mikroorganisme di lingkungan tempat tinggal anda juga ikut membentuk pola perkembangan respons imun anda, yang diduga mempengaruhi kerentanan anda terhadap penyakit infeksi dan metabolik. Tempat tinggal dengan sanitasi yang buruk dapat memberi peluang tumbuhnya beragam mikroorganisme dibandingkan tempat tinggal yang sanitasinya baik. Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal anda untuk menurunkan risiko terpapar kuman penyebab infeksi.

Tetap positif

Berpikiran positif, dan sistem imun akan positif juga dalam mengusir ancaman. Terdengar bodoh? Nyatanya tidak! Meningkatkan sistem imun perlu dilakukan dari dalam hati dibandingkan kenyataannya. Kita semua tahu bahwa orang yang positif memiliki pencapaian lebih baik. Hal ini berlaku juga dengan kebiasaan baik yang Anda kembangkan untuk memperkuat sistem imun. Berpikiran positif bisa menjadi perubahan positif pada aspek lain dalam kehidupan juga – waktunya mengubah pola pikir anda!

Sekarang anda tahu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Mulai kebiasaan mudah ini sekarang juga dan segera lengkapi suplemen vitamin dan alat olahraga import yang lebih lengkap untuk meningkatkan imun tubuhmu. Jangan ragu bisa segera kalian checkout keinginan barang yang diinginkan dan kirim ke warehouse kami, Sindo shipping akan membantu pengiriman dari luar negri ke rumah anda dengan jaminan aman. Jangan lupa jika ingin mengirimkan barang tersebut dari atau ke luar negeri bisa menggunakan jasa Sindo Shipping supaya menghemat biaya pengiriman.

Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di nomor +6281296055142 atau ingin mengetahui informasi promo lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 YOU STAY AT HOME, WE DELIVERED!! 😉

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)