TIPS MEMILIH MINYAK AROMATERAPI SEBAGAI MEDIA RELAKSASI. BISA DIKIRIM DENGAN SINDO SHIPPING LHO!!

Hampir dari kebanyakan sobat shippers menghabiskan waktunya untuk bekerja selama 48 jam dalam seminggu, sehingga dapat diperkirakan bahwa mereka biasanya menghabiskan hampir 3.000 jam di tempat kerja setiap tahun, dan bahkan banyak orang yang bekerja lebih dari ini. Pekerjaan anda seringkali sangat menegangkan dan bisa mengakibatkan stres yang diketahui sebagai pemicu banyak penyakit, mulai dari yang ringan sampai penyakit umum yang berat. Misalnya gangguan mood dan susah tidur, sakit perut, sakit kepala dan terganggunya hubungan silaturahmi dengan keluarga dan teman adalah contoh masalah terkait stres yang cepat berkembang.

Sebelum sobat shippers berpikir tentang bagaimana cara mengurangi stres, mulailah dengan mengidentifikasi tekanan/tuntutan tertentu dalam pekerjaan anda dan pengaruhnya terhadap anda, khususnya tentang situasi kerja yang membuat anda merasa cemas, marah, frustrasi, lelah, tertekan, dll. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini aromaterapi memiliki “modern role in healing”, yaitu sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif yang paling aktif berkembang, yang menggabungkan pijat bersama dengan konseling dan aroma yang harum. Aromaterapi juga telah terbukti meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan ringan serta meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan.

Aromaterapi merupakan pengobatan alternatif dengan memanfaatkan hasil ekstraksi suatu tanaman yang berupa minyak essensial. Minyak essensial memiliki berbagai khasiat pada kondisi kesehatan seperti mengurangi stress, relaksasi tubuh, pengaturan emosional, insomnia, kecemasan serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh, pernapasan dan sistem peredaran darah. Aromaterapi dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Aromaterapi digunakan sebagai alternatif untuk merelaksasikan tubuh serta berperan dalam pengaturan emosional. Kandungan yang bermanfaat sebagai aromaterapi yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri dapat ditemukan dalam berbagai tanaman seperti lavender (Lavandala angustifolia), valerian (Valeriana officinalis), peppermint (Mentha piperita L.), mawar (Rosa damascena), serai (Cymbopogon citratus), chamomile (Matricaria recutita), melati (Jasminum grandiflorum) dan rosemary (Rosmarinus officinalis). Untuk memeroleh minyak atsiri dari tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode antara lain destilasi uap, hidrodistilasi, hidrodifusi, ekstraksi superkritikal karbon dioksida (CO2), ekstraksi superkritikal cairan, ekstraksi microwave bebas pelarut dan ekstraksi pelarut. Review ini membahas tentang khasiat dan mekanisme aromaterapi dari tanaman yang mengandung minyak atsiri dalam memberikan efek relaksasi. Artikel review ini diharapkan bermanfaat sebagai sumber informasi dalam upaya pengembangan aromaterapi menjadi produk terapi.

CARA KERJA AROMATERAPI

Aromaterapi bekerja dengan cara merangsang saraf hidung dan otak. Ketika kita menghirup uap minyak esensial atau minyak atsiri, aromanya akan memasuki rongga hidung lalu merangsang sistem saraf di otak yang berperan dalam pengaturan emosi. Ada banyak tumbuhan yang bisa digunakan sebagai aromaterapi. Tumbuhan tersebut dapat diolah bunga, akar, buah, serta daunnya. Bahkan tanaman herba seperti kencur dan serai pun bisa diolah menjadi aromaterapi.

Aroma dari minyak esensial akan merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, aromaterapi juga mampu merangsang sistem saraf yang mengatur detak jantung, tekanan darah, respon terhadap stres, dan pernapasan. Jika digunakan dengan cara dioles, molekul dari minyak esensial dapat menimbulkan efek tertentu, seperti antigatal pada kulit atau antinyeri pada sendi. Namun terkadang, efek yang ditimbulkan justru negatif, misalnya iritasi atau radang. Penggunaan aromaterapi dapat melalui berbagai cara diantaranya, yaitu:

  • Inhalasi

Penghirupan minyak essensial lebih efektif dengan menggunakan uap minyak yang dituangkan ke dalam wadah berisi air panas atau menghirup dari kain yang telah direndam minyak essensial. Penghirupan uap minyak essensial diarahkan langsung ke dalam lubang hidung dan rongga mulut. Keuntungan penggunaan aromaterapi melalui inhalasi dibandingkan obat dengan pemberian oral yaitu tidak akan memengaruhi saluran pencernaan, terutama ketika targetnya adalah jalan nafas atau paru-paru.

  • Pijat Aromaterapi

Ketika dilakukan pijat aromaterapi perlu diperhatikan pemilihan minyak essensial yang cocok. Teknik pemijatan dan pemilihan aromaterapi akan sangat berpengaruh pada efek terapi yang dihasilkan.

  • Aromatherapeutic baths

Aromatherapeutic baths digunakan dengan merendam sebagian tubuh dalam air pada suhu sekitar 40°C selama 15-30 menit serta tidak digunakan sabun yang berbusa. Kemudian, aromaterapi berupa minyak essensial di teteskan ke dalam air. Ketika tubuh terendam dalam air, minyak essensial akan berpenetrasi ke dalam aliran darah melalui sebaceous, kelenjar keringat serta jalan napas yang akan memberikan efek terapi pada kulit, saraf maupun sistem kardiovaskular.

  • Sauna

Suhu tinggi yang diberikan dalam sauna akan membuat pembuluh darah berdilatasi, maka minyak essensial akan terfasilitasi untuk berpenetrasi ke dalam tubuh sehingga menstimulasi jalan napas dan membuat tubuh lebih rileks.

  • Diffuser

Diffuser aromaterapi adalah alat yang digunakan untuk mengubah minyak aromaterapi menjadi uap dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. Terdapat beragam jenis diffuser, baik dari keramik (tungku) dengan lilin, atau yang memakai tenaga listrik. Pastikan diffuser aromaterapi ini tidak digunakan dalam jangka waktu lama di rumah, terlebih jika salah satu penghuni rumah sedang hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

  • Produk Perawatan Tubuh

Ada berbagai produk perawatan tubuh, seperti losion atau scrub, yang mengandung minyak esensial. Beberapa minyak esensial juga diproduksi khusus untuk dioleskan langsung pada kulit, guna mengharumkan tubuh.

TIPS MEMILIH MINYAK AROMATERAPI

Minyak aromaterapi harus dipilih dengan hati – hati karena akan dihirup dan masuk ke dalam tubuh. Bila kualitas aroma yang dipilih tidak cukup baik, manfaat minyak aroma mungkin tidak akan didapatkan. Untuk itu, simaklah poin – poin di bawah ini agar anda dapat memilih minyak aroma yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Pilihlah minyak aromaterapi berdasarkan jenis wewangiannya.

– Wewangian bunga (floral): aroma manis dan lembut yang mudah diterima kebanyakan orang. Contoh aromanya: lavender, rose, geranium, neroli, dan sebagainya.

– Wewangian kayu (woody): menghadirkan aroma yang menyegarkan bagai berada di tengah hutan. Contoh aromanya: tea tree, eucalyptus, cypress, rosewood, dan sebagainya.

– Wewangian damar atau getah pohon berkayu (amber): aroma cenderung kuat dan manis, serta bertahan lebih lama.  Contoh aromanya: frankincense, benzoin, myrrh, galbanum, dan sebagainya.

– Wewangian herbal: wangi menyegarkan dan menyejukkan yang melegakan indera penciuman. Contoh aromanya: peppermint, marjoram, clary sage, thyme, dan sebagainya.

– Wewangian jeruk (citrus): wangi khas menyegarkan dengan aroma paling mendekati buah sumber aromanya. Contoh aromanya: sweet orange, mandarin, bergamot, yuzu, dan sebagainya.

– Wewangian oriental: aroma eksotis khas Asia Tenggara dan Timur Tengah dengan aksen manis yang kuat. Contoh aromanya: ylang ylang, vetivel, sandalwood, patcholi, dan sebagainya.

– Wewangian rempah – rempah (spice): aroma khas bumbu dapur dengan aksen yang lebih lembut. Contoh aromanya: cardamom, cloves, ginger, cumin, lemongrass, dan sebagainya.

Pilihlah berdasarkan khasiatnya agar penggunaan lebih tepat sasaran.

Berbagai khasiat bisa Anda dapatkan dari minyak aroma. Mulai dari penghilang stres, relaksasi, pemulihan mood atau suasana hati, serta lain sebagainya. Meskipun sama -sama menggunakan minyak aroma, cara menghilangkan stres pun berbeda – beda tergantung pada jenis stresnya. Misalnya, stres dengan sedikit perasaan jengkel, dapat diatasi dengan minyak aroma yang memiliki efek menenangkan hati. Bila Anda merasa lesu, minyak aroma dengan wangi menyegarkan bisa menjadi opsi. Pada intinya, pahamilah suasana hati anda sendiri untuk dapat memilih minyak aroma yang tepat. Bisa juga anda membeli beberapa macam minyak aroma sekaligus untuk digunakan bergantian sesuai mood.

Pilihlah produk dari produsen yang telah terpercaya.

Penggunaan minyak aroma ditujukan untuk kesehatan fisik dan pikiran pengguna. Meski begitu, di pasaran masih banyak terdapat produk yang dibuat menggunakan pewangi sintetis dan bahan lain yang tidak baik bagi kesehatan. Agar anda mendapatkan produk yang dibuat dari bahan – bahan terbaik, pilihlah minyak aroma buatan produsen terpercaya. Salah satu ciri produsen yang meyakinkan adalah sudah memproduksi produk dalam kurun waktu yang cukup lama dan menggunakan komposisi nyaris 100% bahan alami pada produknya.

Salah satu produsen minyak aromaterapi yang sudah teruji & terpercaya, serta selalu menghasilkan produk-produk berkualitas yaitu adalah Young Living Essential Oil yang juga sebagai produsen yang “merajai” pasar minyak aromaterapi di Indonesia. Young Living menjadi salah satu merek yang saat ini dikenal luas di kalangan masyarakat berkat kepopuleran produknya. Salah satu produk Young Living yang begitu populer adalah essential oil.

Produk utama dari Young Living adalah minyak esensial alami yang diproduksi di Amerika Serikat oleh Dr. Gary Young. Dia mengalami beberapa kelainan di tubuhnya dan frustrasi dengan berbagai pengobatan konvensional. Atas dasar itu, Ia melakukan riset & penelitian yang luar biasa tentang cara penyembuhan alami, maka Dr. Gary mulai memproduksi minyak esensial dan kemudian diberi nama sebagai Young Living.

Jika Anda ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman Sindo Shipping. Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan asuransi untuk paket anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman hingga paket diterima di alamat tujuan dalam keadaan baik. Sudah banyak testimoni yang kami dapatkan dari customer loyal kami, jadi jika anda berkenan ingin menggunakan jasa kami Anda bisa menghubungi kontak kami melalui nomor +6281296055142. Nah kalian gak usah bingung lagi bagaimana cara mendapatkan product Essential Oil dari Young Living, dan ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

(Naskah : Rezky Tim Sindo Shipping)

BE HAPPY AND HEALTHY WITH SINDO SHIPPING!!