TIPS MERAWAT SEPEDA MEREK LUAR NEGERI KESAYANGANMU DARI RUMAH AJA ALA SINDO SHIPPING

Bersepeda kini tengah menjadi tren dan diminati banyak orang. Selain menyehatkan, bersepeda juga dijadikan untuk memperluas jaringan pertemananan. Sobat shippers perhatikan di luar sekarang, jalanan tidak lagi hanya didominasi oleh mobil dan motor. Karena semakin banyak orang yang memiliki hobi bersepeda, beberapa kota kini telah menyediakan jalur khusus untuk sepeda demi melindungi hak mereka. Sudah banyak juga pengendara sepeda yang mulai meramaikan jalanan. Tentu hal ini merupakan langkah yang bagus karena juga dapat mengurangi polusi di jalanan. Bagi yang memiliki sepeda, tentu juga perlu menerapkan tips merawat sepeda terhadap kendaraannya tersebut. Seperti mobil atau motor, sepeda juga perlu diperhatikan dan juga dirawat agar lebih awet dan tidak mengalami kerusakan. Untuk membantu anda, berikut ini, dilansir dari Serba Sepeda, beberapa tips merawat sepeda agar sepeda anda menjadi lebih awet dan tidak mengalami kerusakan.

Mencuci dengan Rutin

Seperti kita, sepeda juga butuh mandi, loh. Untuk itu, cucilah sepeda secara rutin. Namun, sebelum mencucinya, kita perlu melepaskan semua aksesoris atau ornament yang melekat pada sepeda. Misalnya seperti lampu, bel, dan aksesoris lainnya.

Membersihkan Rantai

Selain mencuci badan sepeda, kita juga perlu membersihkan rantainya, teman – teman. Caranya, pakai lap basah yang sudah diberi sabun, kemudian putar pedalnya perlahan – lahan sambil menempelkan kain lap tadi ke rantai. Lakukan cara di atas sampai kotoran yang melekat pada rantai menjadi bersih.

Memastikan Remnya Masih Berfungsi

Saat teman-teman merasa rem sudah mulai kendur dan fungsinya sudah berkurang, teman- teman bisa segera membawanya ke bengkel. Agar selanjutnya teman – teman bisa memainkan sepeda dengan nyaman dan tidak mencelakai kita.

Pastikan Tekanan pada Ban Sesuai

Tips merawat sepeda selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa tekanan angin pada ban selalu pas. Selain untuk memberikan performa yang optimal, menjaga tekanan angin yang sesuai juga berguna untuk mempertahankan bentuk dan elastisitas ban itu sendiri. Ban yang terisi angin, akan lebih sulit rusak meskipun dalam waktu penyimpanan yang lama. Sebaiknya periksa tekanan ban secara berkala, ketika tidak digunakan, dan setiap sebelum berkendara. Tekanan ban tergantung pada jenis ban, berat badan, dan gaya berkendara. Semakin tipis ban, maka akan membutuhkan tekanan yang semakin tinggi, contohnya : sepeda balap membutuhkan tekanan antara 80-130psi, sepeda hybrid antara 40-70psi, dan sepeda gunung antara 25-35psi.

Pastikan Mur dan Baut Terpasang dengan Benar

Pastikan bahwa baut dan mur pada sepeda sudah terpasang dengan benar dan kencang. Seiring pemakaian sepeda yang semakin lama, tentu masuk akal jika baut dan mur menjadi kendor. Itulah kenapa, sangat penting untuk selalu melakukan pengecekan pada baut dan mur di sepeda. Selain bisa merusak komponen, baut dan mur yang longgar dapat mengakibatkan kecelakaan yang membahayakan pengendara. Baut yang paling utama untuk diperiksa kekencangannya adalah baut pada stem, stang, rem, shifter, AS QR atau TA pada roda, baut saddle dan seatpost, kemudian yang terakhir adalah baut pada pedal.

Bersihkan Drivertrain

Pastikan bahwa drivertrain selalu bersih. Kebersihan drivetrain juga mempengaruhi performa dan ketahanan sepeda itu sendiri. Drivetrain yang bersih dan terlubrikasi dengan baik, tentu akan jauh lebih awet dibandingkan dengan drivetrain yang kotor, walaupun sama-sama terlubrikasi. Drivetrain yang kotor mengandung banyak kotoran yang dapat mengikis rantai, sprocket dan chainring seiring berputarnya drivetrain. Hal ini akan berpengaruh pada umur chainring, sprocket dan rantai menjadi lebih pendek. Selain itu, drivetrain juga perlu selalu dilubrikasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan mekanis antara logam tiap komponen drivetrain, sehingga perputaran tetap berjalan halus. Komponen drivetrain yang paling utama untuk di lubrikasi adalah bagian rantai, sebab rantai merupakan jembatan penghubung yang selalu bersentuhan dengan chainring dan sprocket. Lakukan lubrikasi secara merata dan jangan berlebihan. Lubrikasi yang berlebihan akan membuat kotoran mudah menempel.

Simpan dengan Baik

Cara merawat sepeda yang terakhir ialah memerhatikan penyimpanannya. Jangan asal dan sembarang, ya. Usahakan sepeda tak terkena cipratan air hujan dan cahaya matahari secara langsung. Selain itu, jika sepeda tak akan dipakai dalam waktu yang lama, gantung saja ia, agar kondisi bannya tetap prima.

Kami juga merekomendasikan beberapa sepeda import yang sangat digemari kalangan masyarakat. Saking banyaknya peminat sepeda import, produsen lokal pun merasakan dampak secara tidak langsung dari masifnya penggunaan sepeda import di Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi sepeda yang diambil dari beberapa sumber:

Specialized

Salah satu merek sepeda impor yang banyak dijumpai di jalanan adalah sepeda dengan merek Specialized. Specialized, yang telah ada sejak 1974, kini memiliki banyak tipe dengan harga termurah 400 dollar AS atau sekitar Rp 5,5 juta. Model sepeda dengan harga termahal dari Specialized adalah S-Work Roubaix dengan harga yang mencapai 12.000 dollar AS atau sekitar Rp 167 juta.

Ridley Noah

Pabrikan sepeda Belgia ini telah berdiri sejak tahun 1997. Ridley Noah juga memiliki diler di Indonesia, yaitu di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Depok. Harga termurah yang ditawarkan oleh Ridley Noah adalah model Helium SLA Rim dengan harga termurah 549 euro atau sekitar Rp 8,5 juta. Sementara, model termahalnya adalah Noah Fast Disc SuperRecord 12sp seharga 8.999 euro atau sekitar Rp 140 juta.

Cervelo

Selain dua merek di atas, sepeda pabrikan luar negeri yang banyak dijumpai di jalanan Indonesia adalah Cervelo. Cervelo kini telah memiliki diler di 57 negara. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk daftar tersebut. Harga termurah dari pabrikan sepeda ini adalah model Cervelo R2 dengan harga 2.400 dollar AS atau sekitar Rp 33 juta. Sementara, model termahalnya adalah model PX-Series yang memiliki harga 12.000 dollar AS atau sekitar Rp 167 juta.

Ritte

Ritte memiliki beberapa model yang tersedia. Model termurah dari merek Ritte ini adalah model Ritte The Ace dan Ritte The Snob dengan harga 1.800 dollar AS atau sekitar Rp 25 juta. Sementara model Ritte 1919TT Frameset menjadi model yang termahal dengan harga 3.200 dollar AS atau sekitar Rp 44,5 juta.

Canyon

Pabrik sepeda ini telah berdiri sejak tahun 1971 dan telah memiliki diler di banyak negara. Harga termurah yang ditawarkan oleh Canyon Ultimate adalah model Pathlite WMN AL SL 6.0 seharga 629 dollar AS atau sekitar Rp 8,7 juta. Sementara, harga termahalnya adalah model Speedmax CF SLX 9.0 LTD dengan harga 9.529 dollar AS atau sekitar Rp 132 juta.

Cannondale

Merek Sepeda Cannondale memiliki beberapa model yang tersedia. Model termurah dari merek sepeda ini adalah Cannondale SuperSix EVO Carbon 105 dengan harga 2.200 dollar AS atau sekitar Rp 30,6 juta. Model SuperSix EVO Hi-MOD Disc Dura Ace Di2 menjadi model termahal dengan harga yang mencapai 11.500 dollar AS atau sekitar Rp 160 juta.

Brompton

Sepeda lipat Brompton yang sempat ramai beberapa waktu lalu termasuk salah satu sepeda pabrikan luar yang banyak diminati di Indonesia. Diciptakan pada tahun 1975, kini Brompton telah memiliki diler di banyak negara, termasuk Indonesia. Ada beberapa tipe sepeda listrik milik Brompton antara lain E-Bike M6L Bolt Blue Lacquer – 6 speed, E-bike H2L White – 2 speed, E-Bike M2L Bolt Blue Lacquer – 2 speed, maupun E-Bike M6L Black – 6 speed. Harga termurah yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 21.398.000.

Araya Muddyfox

Salah ѕаtυ merek sepeda gunung asal jepang уаng diminati аԁаӏаһ Muddyfox. Merek уаng ѕаtυ іnі ѕυԁаһ ԁіkеnаӏ ѕејаk 25 tahun silam. Cocok bagi para penggemar olahraga уаng іngіn menguji adrenalin. Sepeda Araya Muddyfox mеmіӏіkі ukuran 17 inci ԁаn mеnggυnаkаn gir Shimano Deore DX. Kerangkanya tегЬυаt ԁагі material chromoly.

Marushi

Pabrikan asal Jepang уаng ѕаngаt tepercaya salah satunya аԁаӏаһ Marushi. Keren ԁеngаn produk- produk model vintage, pabrikan іnі јυgа ԁіkеnаӏ mеmіӏіkі simbol kanguru уаng melegenda. Kаmυ Ьіѕа nih mеmіӏіkі sepeda Jepang produksi Marushi уаng oke. Sеgега beli sepeda ԁеngаn material stainless steel ini. Mеmіӏіkі brake Diacompe pada bagian depan ԁаn belakang.

Panasonic MR-S

Produsen sepeda Panasonic јυgа ѕυԁаh terdaftar ѕеЬаgаі pabrikan sepeda berkualitas Jepang. Produsen іnі mеnggυnаkаn alumunium , titanium, ԁаn baja ѕеЬаgаі material sepeda Sеӏаӏυ mengandalkan kualitas mеmbυаt produk Panasonic tak регnаh mengecewakan para pelanggannya. Panasonic MR-S merupakan sepeda ԁеngаn material chromoly ԁеngаn panjang seat tube 47cm ԁаn јυgа panjang top tube 56cm. Sepeda berhandle bar tioga іnі mеmіӏіkі brake lever ext Darwin.

Miyata Elevation 5000

Produsen sepeda asal Jepang, Miyata јυgа ѕυԁаһ ԁіkеnаӏ luas ѕејаk tahun 1890. Sеbаgаі salah ѕаtυ pelopor sepda motor ԁеngаn label Asahi, Miyata јυgа menelurkan produk sepeda kayuh уаng berkualitas. Uniknya sepeda buatan Miyata уаng регtаmа justru dibuat ԁагі pipa pabrik senjata. Salah ѕаtυ seri уаng populer аԁаӏаһ Miyata Elevation 5000. Sepeda іnі mеmіӏіkі sistem pengereman cantilever deore XT ԁеngаn ban Kenda ԁаn sadel SR. Nyaman dikenakan ԁаn pastinya aman ԁаn berkualitas.

Alex Moulton

Sepeda ciptaan Alexander Eric Moulton (biasa dipanggil Alex Moulton) ini juga berasal dari Inggris. Perusahaan ini didirikan pada 1962, dan termasuk pionir sepeda roda kecil. Waktu itu, Moulton berpikir bahwa sepeda model “diamond” (bentuk umum) pada waktu itu kurang seusai untuk perempuan, khususnya untuk belanja. Dia pun merancang sepeda dengan ukuran ban kecil, plus memakai suspensi, agar nyaman digunakan sehari-hari. Bentuknya sangat unik. Bersuspensi “cone” ala mobil Mini Cooper lama. Ini bukan kebetulan. Perancang sistem suspensi mobil Mini terdahulu adalah Alex Moulton sendiri. Bagi yang berminat, model entry level-nya adalah TSR 9 yang sangat nyaman dipakai. Dilengkapi grupset 9-speed dan suspensi depan- belakang. Kalaupun ada “keluhan” dari penggemar sepeda roda kecil: Sepeda Alex Moulton tidak bisa “dilipat.” Melainkan harus dilepas-lepas (mutilasi) kalau ingin disimpan atau dibawa dalam bentuk lebih ringkas. Catatan tambahan: Beberapa model lain bahkan sama sekali tidak bisa dilepas frame-nya.

Bike Friday

Sepeda lipat ini masih dibuat di Amerika. Tepatnya di Eugene, Oregon. Variannya sangat beragam. Mulai dari yang bisa dilipat cepat sampai sepeda lipat a la mini velo. Dan Bike Friday bisa mengcustom sepeda sesuai kebutuhan pemiliknya. Baik secara warna, ukuran, maupun pilihan grupset. Ini yang membuat sepeda Bike Friday termasuk memiliki performa tinggi untuk jenisnya. Nyaris setara sepeda ukuran roda normal. Bike Friday juga membuat sepeda Haul-a- Day. Sepeda kargo dengan opsi e-bike. Selain dapat mengangkut barang, sepeda ini juga bisa diajak membonceng anak kecil, mengantarkannya ke sekolah.

Tyrell

Sepeda ini didesain dan dibuat di Jepang. Tepatnya di Shikoku, Kagawa. Dirancang oleh desainer asli Jepang, yang punya impian membuat kendaraan mobilitas sehari-hari dan “fun to ride.” Slogan perusahaan menggambarkan impian tersebut: “Ive Emotion” yang Inggris “benar”-nya adalah “I Have Emotion.” Sepeda ini cukup laku di Jepang. Sekarang sudah merambah berbagai negara di dunia. Jenisnya bermacam-macam. Dari harga yang terjangkau sampai yang mahal, tergantung dari spesifikasi. Pemakaian grupset eksternal juga membuat sepeda ini memiliki performa bagus. Posisi lipatannya pun termasuk ringkas. Overall, sepeda ini enak dikendarai dan relatif ringan untuk sebuah sepeda lipat.

Dahon

Sepeda lipat merek Taiwan ini diciptakan oleh David T. Hon dan Henry Hon pada 1982. Mereka termasuk pencipta sepeda lipat pertama di dunia dengan ukuran yang begitu kecil, sehingga bisa diletakkan di bawah kursi kereta. Pabrik Dahon adalah produsen sepeda lipat terbesar di dunia. Dahon juga memiliki berbagai macam seri. Dari yang murah hingga yang puluhan juta rupiah. Sepeda ini lebih mudah dijumpai di berbagai toko sepeda di perkotaan. Dahon cukup digemari di kalangan pesepeda. Grupset yang umum dijumpai membuatnya lebih praktis lagi dipakai.

Itulah cara merawat sepeda yang bisa kamu lakukan dan beberapa rekomendasi sepeda impor yang dapat anda beli secara online. Bersepeda memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. Namun, berhati – hatilah saat bersepeda di jalanan yang padat kendaraan. Gunakan helm sepeda untuk melindungi kepala dari risiko kecelakaan dan perhatikan kecepatan anda. Jangan lupa jika ingin mengirimkan barang tersebut dari atau ke luar negeri bisa menggunakan jasa Sindo Shipping supaya menghemat biaya pengiriman.

Sindo shipping menyediakan layanan jasa titip via online. Bahkan saat ini melayani untuk jasa titip sepeda. Bukan sepeda lipat saja melainkan sepeda lainnya yang sedang trend dikalangan saat ini. Cara membelinya pun sangat mudah, karena kalian hanya kirimkan website link dan foto gambar yang kalian inginkan. Nantinya team Sindo shipping akan membantu proses pembelian, pembayaran serta pengiriman. Mudah bukan? Solusi praktis tanpa ribet bagi anda yang ingin membeli dan mengirim barang dari luar negeri.

Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di nomor +6281296055142 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)