Our company vision is to help companies around the world to be able to export their products to Indonesia with ease and expanding their market worldwide especially in South East Asia as Indonesia is the leading internet market and largest economy around the region.

SindoShipping specialized in electronic, cosmetics, luxury branded, toys, supplement and vitamins shipping to Indonesia with the top accuracy of shipment service and the live tracking available during the cross border shipment so the customer can feel safe and secure about their shipping.

Di zaman modern ini, banyak orang yang melakukan meditasi untuk melepas segala penat dan beban pikiran. Ada yang memilih melakukannya saat malam hari, tetapi tidak sedikit pula yang merasa lebih nyaman melakukannya di pagi hari. Meditasi merupakan teknik relaksasi yang dapat menciptakan perasaan tenang dan damai. Aktivitas ini telah terbukti dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, stres, dan depresi. Di samping itu, meditasi juga diketahui berdampak baik bagi kesehatan fisik, seperti mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi gejala irritable bowel syndrome, mengatasi insomnia, dan menyehatkan jantung. Ketika sobat shippers dilanda kecemasan, depresi, atau stres, meditasi menjadi salah satu cara mudah untuk mengatasinya. Kegiatan bisa dilakukan hanya duduk berdiam diri dengan tujuan mengolah konsentrasi. Yuk simak dengan baik, semoga artikelnya bermanfaat dan menginspirasi bagi anda.

Waktu yang Tepat untuk Bermeditasi

Meditasi sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, bahkan dalam waktu yang relatif singkat sekalipun. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan kesempatan waktu yang dimiliki masing-masing individu. Namun, ada beberapa waktu terbaik untuk melakukan meditasi. Waktu tersebut adalah:

1. Pagi hari

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa waktu terbaik untuk melakukan meditasi adalah 2,5 jam sebelum matahari terbit atau sekitar pukul 3–4 pagi. Pada waktu ini, tubuh akan lebih mampu berkonsentrasi dan suasana pun juga lebih tenang, sehingga meditasi bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Sebelum sarapan

Pakar lainnya menyatakan bahwa meditasi bisa dilakukan 5 menit sebelum memulai aktivitas sepanjang hari, tepatnya sebelum sarapan. Bagi pemula, terutama yang mudah cemas di pagi hari, ini mungkin akan terasa sulit. Jika anda merasa seperti ini, cukup duduk tenang dan ambil napas dalam dengan perlahan selama 5 menit.

3. Waktu istirahat di siang hari

Di sela waktu istirahat saat siang hari, anda bisa, lho, melakukan meditasi. Meditasi di siang hari dapat mengurangi tingkat stres akibat pekerjaan dan merilekskan otot-otot tubuh yang tegang selama bekerja. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus, kreatif, dan produktif saat melanjutkan kerja.

4. Setelah beraktivitas

Setelah seharian berkutat dengan pekerjaan atau kegiatan lain yang melelahkan, meditasi merupakan cara tepat sebagai penutup aktivitasmu. Meditasi akan membuat tubuhmu menjadi lebih rileks dan pikiranmu lebih jernih, sehingga keesokan harinya kamu akan lebih bersemangat untuk menjalani hari.

5. Setelah berolahraga

Waktu lainnya yang baik untuk melakukan meditasi adalah setelah berolahraga. Aktivitas ini akan mengendurkan otot – otot yang tegang, menenangkan sistem saraf, dan mengatur laju pernapasan agar kembali normal seperti sebelum olahraga.

Meditasi memberikan manfaat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Bahkan meditasi kerap dilakukan para atlet dunia, termasuk Cristiano Ronaldo. Alasannya, meditasi mampu menenangkan pikiran setelah stres dengan padatnya jadwal pertandingan. Meditasi dapat dilakukan di lapangan, maupun di alam sekitar, seperti pantai, pinggir sungai atau danau, di perbukitan, dan lain sebagainya. Terlebih, kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh anak – anak maupun orang dewasa. Kendati hanya duduk diam, meditasi dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik fisik maupun mental. Meditasi adalah kegiatan yang bertujuan menciptakan ketenangan pikiran dengan tubuh yang lebih rileks. Anda bisa melakukannya di mana saja dengan tempat yang memiliki suasana tenang. Lantas apa saja manfaat meditasi bagi kesehatan jasmani dan rohani? Berikut ulasan selengkapnya.

Mengusir stres

Manfaat meditasi yang pertama dan paling populer adalah menghilangkan stres. Satu studi yang mengikutsertakan 3.500 orang dewasa menunjukkan, bermeditasi bisa membantu mereka mengurangi perasaan stres. Pada studi lainnya, sebuah gaya meditasi bernama “mindfulness meditation”, bisa mengurangi respon peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh stres.

Mengontrol rasa cemas

Ketika stres sudah hilang, itu artinya gangguan cemas bisa dikontrol. Dalam sebuah studi yang berlangsung 8 minggu, meditasi berhasil membantu para partisipan mengurangi rasa cemas dalam pikirannya. Manfaat meditasi seperti mengontrol rasa takut (fobia) hingga panic attacks, juga berhasil dibuktikan dalam studi tersebut. Studi lainnya mencoba membuktikan efektivitas meditasi, dengan cara meminta laporan dari mereka yang sudah bermeditasi. Hasilnya, manfaat meditasi dapat dirasakan untuk jangka waktu yang panjang.

Meningkatkan kesadaran diri

Manfaat meditasi lainnya adalah membantu anda mengeluarkan sisi terbaik yang anda miliki. Sebab, bermeditasi mengajarkan anda untuk berpikir positif terhadap diri sendiri. Sebab, masih ada orang yang tidak percaya diri dan cenderung meremehkan dirinya sendiri. Dalam sebuah studi, 40 pria dan wanita dewasa berhasil mengalahkan rasa kesepian dengan mengikuti program meditasi. Studi lainnya membuktikan, wanita pengidap kanker payudara berhasil meningkatkan rasa percaya dirinya dalam melawan penyakit mengerikan itu.

Meningkatkan konsentrasi dan perhatian

Bermeditasi dapat diibaratkan seperti olahraga di gym. Bedanya, di gym Anda membesarkan otot. Kalau bermeditasi, anda memperkuat konsentrasi dan perhatian! Contohnya, sebuah studi yang berjalan selama 8 minggu, berhasil membuktikan kalau meditasi bisa memperpanjang kemampuan partisipan dalam memerhatikan dan berkonsentrasi. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa manfaat meditasi dapat memperkuat kemampuan berkonsentrasi partisipan dalam mengerjakan tugas-tugas di kantor.

Mencegah pikun

Meditasi mampu meningkatkan kemampuan anda dalam memerhatikan sesuatu, sehingga pikun dapat dicegah. Salah satu metode meditasi yang bisa mencegah pikun bernama Kirtan Kriya. Dalam sebuah studi, meditasi ini bisa membantu partisipan dalam mengingat lebih baik.

Memberikan motivasi untuk jadi lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain

Sebuah meditasi bernama Metta, ternyata diklaim mampu membuat Anda berpikir dan berperilaku lebih baik pada diri sendiri dan orang lain. Melalui latihan meditasi ini, Anda bisa belajar untuk berpikir dan berperilaku baik tidak hanya pada diri sendiri dan teman-teman, tapi juga pada orang yang Anda anggap sebagai musuh. Sekitar 22 studi telah membuktikan, manfaat meditasi yang satu ini bisa membuat orang-orang lebih bersimpati pada orang lain.

Membantu hilangkan kecanduan

Kedisiplinan mental yang anda bangun lewat meditasi, ternyata bisa membantu anda menghilangkan kecanduan dan ketergantungan terhadap satu hal. Satu studi yang melibatkan pemabuk berat, terbukti bisa mengontrol rasa ingin mereka terhadap minuman beralkohol. Tidak hanya itu, meditasi ternyata juga bisa mengontrol rasa ingin makan berlebihan.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat meditasi selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi mencoba membuktikannya, dengan meminta grup pertama untuk bermeditasi, sedangkan grup selanjutnya tidak. Grup yang melakukan meditasi berhasil tidur lebih cepat dan jam tidurnya bertambah. Ternyata, manfaat meditasi ini terbukti efektif karena bisa mencegah insomnia.

Menurunkan tekanan darah

Meditasi juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dengan cara meredakan ketegangan pada jantung. Buktinya, studi yang mengikutsertakan 996 partisipan, berhasil meredakan tekanan darah tinggi, setelah melakukan meditasi dengan mengulang – ulang kata dalam hati. Namun, manfaat meditasi yang satu ini dianggap lebih efektif pada orang lanjut usia (lansia) dan mereka yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi.

Mengontrol rasa sakit

Persepsi anda terkait rasa sakit terhubung ke dalam pikiran. Rasa sakit itu bisa meningkat saat anda berada dalam kondisi stres. Sebuah studi membuktikan, manfaat meditasi ternyata bisa meredakan rasa sakit, meningkatkan kualitas hidup, hingga meredakan gejala depresi pada mereka yang sedang merasakan sakit. Bahkan, sebuah penelitian yang diikuti oleh 3 ribu partisipan lebih menyimpulkan, manfaat meditasi dapat meredakan rasa nyeri.

Untuk bisa mengikuti olahraga yoga ini, ada lima peralatan penting olahraga yoga yang layak untuk dimiliki? Apa saja?

MATRAS YOGA

Matras Yoga atau yoga mat adalah salah satu peralatan penting untuk olahraga yoga. Tak hanya berfungsi sebagai alas, penggunaan matras ini dapat memberikan kenyamanan saat melakukan olahraga ini. Selain itu, yoga mat juga dapat menahan tubuh dari benturan langsung dari lantai dan meminimalisir risiko dari tergelincir. Saat memilih matras yoga, perhatikan jenis olahraga yoga yang akan dilakukan dan densitas matras. Kamu bisa memilih natural yoga mat dimana matras ini terbuat dari 100% bahan karet. Matras jenis ini biasanya disebut sebagai eco friendly yoga mat karena tidak mencemari lingkungan dengan sifat 100% bio-degradable.

PAKAIAN OLAHRAGA YOGA

Selain matras, pakaian olahraga yoga juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat akan olahraga yoga. Sebaiknya pilih pakaian olahraga yang tidak mengganggu saat sedang melakukan posisi yang sulit seperti bertumpu pada perut dan tidak mengganggu pernafasan. Pilih pakaian olahraga yoga yang pas dan jangan terlalu longgar. Memilih pakaian olahraga yoga yang benar juga akan memudahkan instruktur yoga untuk memperbaiki posisi atau postur tubuh kamu. Selalu hindari penggunaan celana kolor atau atasan dengan leher yang longgar karena akan mengganggu pernafasan saat olahraga yoga. Pakai celana dan kaos berbahan katun yang elastis agar nyaman saat melakukan olahraga yoga.

GYM BALL

Gym ball dapat digunakan untuk melatih otot tubuh saat olahraga yoga. Dengan bentuknya yang bulat dan besar dapat digunakan untuk membantu melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, gym ball juga bisa dipergunakan untuk melatih otot perut dan kelenturan tubuh. Untuk dapat mempergunakan gym ball ini, lakukan pemanasan terlebih dahulu dan selalu ikuti instruksi dari instruktur yoga.

YOGA STRAP

Yoga strap adalah salah satu peralatan yang dipergunakan dalam olahraga yoga. Yoga strap dapat membantu latihan terutama bagi kamu yang merasa kurang fleksibel dalam beberapa posisi duduk (sitting poses). Dengan tali pendukung ini bisa menyempurnakan postur, karena strap bisa membantu menahan posisi tangan dan kaki supaya tidak berubah.

YOGA BLOCKS

Untuk para pemula yang sedang memulai berlatih yoga, ada banyak postur yang mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Untuk itu, penggunaan yoga blocks atau blok yoga akan sangat membantu dalam berbagai pose yoga yang belum dikuasai. Dalam memilih blok yoga kamu bisa membandingkan bahan dan beratnya. Dari bahannya, yoga blocks ada yang terbuat dari busa tebal (foam), serpihan kayu (cork), dan kayu (wooden). Selain jenis bahannya, yang membedakan adalah berat (kg) dari yoga blocks tersebut. Semakin berat, maka akan semakin stabil yoga blocks sebagai support saat olahraga yoga.

CLICK: https://www.amazon.com/yoga/b?ie=UTF8&node=3422251

Untuk mendapat ketenangan bisa juga dibantu menggunakan beberapa alat, yang biasanya digunakan saat meditasi. Berikut merupakan 5 alat yang dapat membantu menenangkan pikiran:

Garpu tala

Garpu tala berfungsi sebagai alat untuk menyelaraskan suara dari berbagai alat musik. Getaran yang dihasilkan garpu tala dapat menghasilkan atmosfer untuk relaksasi. Instrumen ini dipercaya dapat meningkatkan harmoni dan menyeimbangkan energi dalam tubuh. Karena itu garpu tala atau tuning fork ini kerap digunakan dalam sound healing.

Tibetian singing bowl

Singing bowl merupakan salah satu instrumen musik yang terkenal digunakan saat meditasi. Terapi menggunakan singing bowl ini berasal dari daratan tinggi Tibet. Frekuensi dari singing bowl akan membawa frekuensi otak manusia lebih dalam menjadi frekuensi alpha ataupun teta yang membuat tubuh menjadi lebih rileks, melepas ketegangan dan mengatasi insomnia.

Air diffuser

Air diffuser berfungsi untuk melembapkan dan membersihkan udara. Penggunaan alat ini akan memberikan kesegaran serta dapat membuat suasana rileks lho. Tambahkan minyak esensial aromaterapi sesuai kebutuhanmu. Misal, minyak kayu gaharu untuk menghilangkan stres, minyak atsiri untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

Lilin aromaterapi

Tak hanya cantik, lilin aromaterapi pun memiliki segudang manfaat lho. Lilin ini akan menguarkan bau yang bisa memicu reaksi otak yang membuat perasaan nyaman dan bahagia. Lilin aromaterapi pun bisa anda buat sendiri menggunakan bahan dasar beeswax dan minyak esensial.

Selamat bermeditasi, semoga makin rileks dan jadi lebih fokus menjalankan aktivitas anda selanjutnya. Anda tak perlu bingung untuk mencari lima peralatan yoga tersebut. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, mencari peralatan olahraga bukan hal yang sulit. Itulah beberapa ulasan tentang manfaat bermeditasi serta barang – barang apa saja yang digunakan untuk bermeditasi. Jangan lupa jika ingin mengirimkan barang tersebut dari atau ke luar negeri bisa menggunakan jasa Sindo Shipping supaya menghemat biaya pengiriman.

Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di nomor +6281296055142 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)

Leave an inquiry

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.