Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

MANFAAT OLAHRAGA GOLF BAGI KESEHATAN DAN BELI PERLENGKAPAN GOLF KIRIM PAKAI SINDOSHIPPING

Apa kabar sobat shippers? Perlu diketahui bahwa semua jenis olahraga pasti memiliki manfaat, khususnya bagi kesehatan orang yang melakukannya. Kegiatan menggerakan anggota badan sangat bermanfaat untuk menstimulasi syaraf sensorik dan motorik pada tubuh kita. Semakin tinggi intensitas kegiatan fisik dalam suatu jenis olahraga, maka akan semakin banyak juga manfaatnya bagi tubuh. Tapi benarkah begitu? Ternyata tidak selalu begitu loh, buktinya olahraga golf yang cuma pukul – pukul bola masukin ke lubang saja banyak sekali manfaatnya buat kesehatan kita. Karena memang kenyataannya biarpun intensitasnya kecil atau rendah, suatu olahraga bisa juga bermanfaat banyak apabila dilakukan secara rutin.

Golf adalah olahraga yang unik. Tidak seperti banyak olahraga lainnya, siapa yang mencetak skor paling rendah di golf, dialah yang menang; bolanya tidak bergerak di sebagian besar waktu permainan; dan beberapa lapangan golf mewajibkan pemainnya untuk mengenakan baju rapi, atau minimal memakai kaos berkerah. Dengan banyak keunikannya, seperti olahraga pada umumnya, golf juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan yang mungkin tidak diberikan olahraga lainnya. Selain untuk kesehatan, taukah anda jika olahraga golf juga memiliki manfaat dari sisi lain? Yap, olahraga golf yang identik dengan olahraga kelas atas ternyata terbukti juga bisa mempermulus proses negosiasi suatu bisnis loh. Tapi bagaimana bisa? Ya, bisa – bisa aja kok namanya juga businesman pasti selalu ada aja strateginya. Pada akhirnya, sama seperti olahraga lainnya, olahraga golf juga memberikan manfaat kesehatan bagi pemainnya.

Melansir dari healthfitnessrevolution.com, berikut ini ada beberapa manfaat olahraga golf bagi kesehatan.

Paparan suasana outdoor

Suasana yang monoton, dingin, dan terkungkung di dalam ruangan kerja sering kali membuat jenuh dan stres. Golf yang dilakukan di lapangan luas, dikelilingi pohon dan rumput hijau, membuat Anda akan terpapar dengan suasana luar ruangan. Tubuh dan pikiran akan lebih tenang, udara yang Anda hirup segar dan sangat minim kontaminasi polusi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa paparan terhadap suasana di luar ruangan berwarna hijau, seperti lapangan golf, akan membuat tubuh relaks, mengurangi stres, serta mengurangi rasa cemas. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, yang mana perannya sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Menyehatkan jantung

Meski golf bukanlah olahraga yang berat, manfaatnya bagi kesehatan jantung tidak bisa diremehkan. Berjalan naik-turun bukit berumput, memikul tas berisi 14 stik golf, dan memukul bola dengan tenaga yang terkendali akan meningkatkan denyut jantung dan aliran darahmu. Jika dikombinasikan dengan diet dan gaya hidup yang sehat, olahraga santai ini bisa mengurangi risiko diabetes, stroke, serta mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Norwegian Golf Federation (NGF) mengungkapkan bahwa saat bermain 18 hole, denyut jantung pemain golf bisa mencapai 100 per menit selama dua hingga lima jam berolahraga.

Baik untuk kesehatan otak

Dengan peningkatan denyut jantung, aliran darah ke otak juga akan meningkat. Kondisi ini dapat menstimulasi dan meningkatkan koneksi sel saraf. Hal ini dapat memperlambat kelainan mental seperti demensia. Selain itu, bermain golf rupanya juga dapat melatih otak untuk berpikir, mengatur strategi, serta koordinasi antara mata dan otot – otot tangan. Semuanya itu melatih kerja otak untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit otak yang bersifat degeneratif.

Membakar kalori

Untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, jumlah langkah yang harus diraih seseorang dalam sehari adalah 10.000 langkah. Satu putaran 18 hole jauh melampaui angka tersebut, apalagi kalau kamu berjalan alih – alih menggunakan golf cart. Norwegian Golf Federation menemukan bahwa bermain 18 hole bisa membakar kalori hingga 2.500 kCal. Jadi, olahraga santai ini pun bisa membantumu mengurangi berat badan. Dengan catatan, kamu juga mengawasi asupan kalori setiap hari.

Mengurangi stres

Bermain golf membawamu ke lapangan yang penuh dengan rerumputan, pohon – pohon, dan danau, “memaksa” kamu untuk menikmati embusan angin dan udara segar. Sebuah penelitian membuktikan bahwa paparan area hijau membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi stress, dan membantu mengikis kecemasan. Berada di luar ruangan dan bersosialisasi dengan teman – teman golf juga bisa membantumu melupakan masalahmu.

Meningkatkan kualitas tidur

Bermain golf dapat meningkatkan kualitas tidur karena pembakaran yang disebabkan oleh peningkatan kerja otot saat membuat tubuh terasa lelah setelah selesai bermain. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Tidur nyenyak sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses regenerasi sel – sel tubuh yang rusak. Selain itu, karena golf dapat mengurangi stres, maka kualitas tidur Anda juga akan menjadi lebih baik.

Panjang umur

Menurut sebuah penelitian yang dimuat di “The British Journal of Sports Medicine”, mereka yang rutin bermain golf bakal terhindar dari 40 penyakit kronis, antara lain diabetes dan kanker payudara atau usus. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa para pemain golf hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain golf, menikmati perbaikan taraf kolesterol, proporsi tubuh, kesehatan, dan kepuasan diri.

Meningkatkan penglihatan

Golf adalah olahraga yang membutuhkan penglihatan yang jernih. Di lapangan, matamu harus bisa fokus pada bola kecil berwarna putih di atas hamparan rumput yang luas. Para pemain golf belajar untuk dapat melihat benda – benda kecil dari jarak puluhan meter.

PERALATAN GOLF YANG PERLU DIPERSIAPKAN OLEH GOLFER

Stik Golf

Peralatan golf yang pertama sekaligus peralatan utama bagi para golfer yakni stik golf atau klab. Stik golf merupakan suatu alat yang dirancang sedemikian rupa sebagai alat untuk memukul bola. Ada tiga tipe stik golf (club) yang merupakan perlengkapan dasar untuk permainan golf. yaitu: wood, iron, dan putter.

• Wood
Wood digunakan untuk pukulan jauh, termasuk driver (wood no 1) untuk kepeluan tee-shot. Jenis pertama dari club golf adalah wood. Head Club golf pada awalnya dulu berbahan dasar kayu namun saat ini Head Club golf ini tidak terbuat dari bahan kayu lagi, namun terbuat dari logam berongga, bisa titanium atau baja. Club golf wood dirancang untuk menghasilkan jarak terbesar dengan setiap stroke. Dari 14 klub dalam satu set standar, woods membuat kurang dari setengah. Klub golf wood biasanya digunakan pada bagian untuk pukulan lurus dan panjang ke lapangan golf, karena karakternya memungkinkan untuk jarak jauh namun dengan akurasi yang tidak seakurat jenis stick yang lain. Akurasi ini tentu bukan titik kuat dari woods, dan biasanya dibutuhkan latihan yang rutin supaya bisa menjaga bola di lapangan supaya tetap lurus.

• Iron
Iron digunakan untuk pukulan menengah, mengincar area green (tempat hole). Iron merupakan klub golf yang paling sering digunakan dalam permainan golf. Irons jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan 2 jenis klub yang lain sehingga jenis klub ini biasanya selalu dalam jumlah yang terbanyak dari klub di yang ada di tas Pegolf. Iron masih bisa mencapai jarak yang cukup besar namun tidak bisa sejauh woods. Semua tergantung dari material besi yang digunakan, Pegolf masih bisa mempunyai tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dan bisa memukul bola sesuai dengan jarak yang diinginkan. Iron biasanya dimulai dari no 3 sd 9 plus P (Pitching), Iron 3 yang paling panjang shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang kecil, makin besar nomor ironnya makin pendek shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang makin besar.

• Putter
Putter merupakan jenis stik yang digunakan untuk keperluan membuat goal memasukkan bola di green. Klub golf putter di dalam tas golf standar biasanya hanya berisi salah satunya. Jenis klub ini biasanya digunakan pada putting green pada akhir kursus, ataupun pada bagian lain dari program yang memerlukan akurasi halus. Jenis klub putter dirancang khusus untuk menjadi klub dengan akurasi yang sangat tinggi dan jarak yang paling pendek yang biasanya hanya mempunyai jarak beberapa meter dari target. Bola yang dipukul menggunakan putters tidak bertujuan untuk terbang di udara namun sebaliknya putters hanya mendorong ringan di tanah di mana mereka akan menggulung dengan lembut ke target. Bisa dibilang puting ini adalah bagian yang paling penting dalam permainan golf, sehingga merupakan ide yang baik untuk lebih sering berlatih dan mendapatkan putter bagus.

Bola golf

Pada mulanya, bola golf adalah bola dari kayu. Pada abad ke-17, bola kayu digantikan dengan bola dari bulu angsa yang dibungkus kantong pembungkus dari kulit sapi. Bola dipres ketika bulu angsa dan kantong pembungkus masih basah lalu dijahit dan dicat. Sesudah kering, kantong kulit menyusut dan bulu angsa mengembang sehingga dihasilkan bola yang keras. Bola golf makin tahan lama dipakai setelah ditemukannya bola getah yang disebut gutty karena dibuat dari getah perca (bahasa Inggris: gutta percha) yang dipanaskan. Kepopuleran bola golf gutty berlangsung dari tahun 1848 hingga 1890-an. Kelenturan bola getah memungkinkan dipakainya stik golf dengan kepala stik dari besi. Sebagai pengganti bola golf gutty adalah bola golf dengan inti dari karet yang diciptakan pada tahun 1898 oleh Coburn Haskell bekerja sama dengan BF Goodrich Company. Inti bola berupa karet padat yang dibungkus benang-benang karet sebelum dilapis dengan getah perca. Bola golf dengan inti dari karet menggantikan bola getah pada tahun 1899. Setelah Walter Travis memenangi kejuaraan golf amatir Amerika Serikat dengan bola golf dengan inti dari karet, bola golf dari getah perca tidak dipakai lagi. Hingga kini, bola golf masih dibuat dari inti karet padat yang komposisinya merupakan rahasia dagang produsen. Benang karet dililitkan mengelilingi inti sebelum dibungkus dengan getah balata. Sekarang ini juga dibuat bola golf berlapis polimer seperti Syrlin yang membuat bola golf lebih tahan lama dibandingkan bola golf berlapis balata.

Topi

Topi golf atau hat akan sangat mendukung permainan Anda karena golf merupakan sebuah olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Untuk perlindungan dari sinar matahari selama bermain, topi adalah perlengkapan yang bisa disiapkan. Bahkan topi juga dapat dijadikan tempat penyimpan tee dan marker.

Cloves

Percaya atau tidak, perlengkapan dalam golf satu ini juga turut menentukan kesuksesan pukulan – pukulan para pegolf selain dari faktor hand grip. Ini karena cloves pada permainan golf akan membantu menjamin posisi tangan pada pegangan supaya stabil dan juga lebih menggigit. Penggunaan golf cloves ini adalah pada tangan kiri dan akan cukup sulit bagi pegolf kidal dalam memperoleh golf cloves yang sesuai karena itu artinya ia perlu mengenakannya pada tangan kanan.

Pakaian Golf

Dalam bermain golf, tak lupa juga ada shirt khusus yang bisa dikenakan. Pada shirts untuk golf, bahan dasar pakaian tak beda jauh dengan jersey atau pakaian olahraga lainnya. Untuk bermain golf, tak ada peraturan khusus juga untuk mengenakan pakaian khusus golf, namun Anda bisa mengenakannya jika nyaman. Bahkan ketika ingin mengenakan pakaian sepakbola pun sah – sah saja asalkan nyaman dan tak memengaruhi teknik permainan. Jika ingin tetap memakai golf shirt, tambahkan hand sleeve karena rata – rata golf shirt berlengan pendek

Celana Golf

Dalam hal celana, celana golf dan celana biasa tentu saja berbeda dalam hal bahan. Sangat dianjurkan untuk pegolf memakai celana khusus untuk golf karena memang bahan celana golf lebih sintetis, memberikan efek adem dan bahkan ada yang berfitur tempat penyimpan tee. Corak atau motif dari celana khusus untuk golf juga spesial karena yang paling populer adalah motif kotak – kotak. Namun kini yang lebih populer adalah celana golf bermotif polos namun dengan warna pastel yang menarik. Untuk celana motif polos, biasanya warna yang tersedia adalah putih, oranye, merah muda dan biru.

Sepatu Golf

Sepatu golf terkenal mahal memang, namun banyak pegolf yang menyatakan dan membuktikan bahwa kita bisa mengenakannya secara jangka panjang. Desain sole pada sepatu golf adalah yang membedakan dari sepatu sport lainnya secara mendasar. Sole model spike dan hybrid adalah yang paling banyak digunakan saat ini.

Kaos Kaki

Karena memakai sepatu golf, jangan ketinggalan juga kaos kakinya. Ada banyak kaos kaki khusus untuk golf juga di mana anda bisa membelinya di toko perlengkapan golf. Memang tergolong mahal, namun juga termasuk awet dan tidak akan menyesal juga.

Membawa perlengkapan golf tentunya membutuhkan tas yang sesuai. Berbagai tas golf kini hadir bukan hanya fungsional saja namun juga tetap stylish. Inilah lima rekomendasi tas golf fungsional dan tetap keren untuk sobat sindo shippers yang bisa digunakan dan dikirim pakai Sindo shipping.

1. Sun Mountain Golf 2018 4.5 14-Way Stand Golf Bag, cocok digunakan pemula

Rekomendasi pertama adalah Sun Mountain Golf 2018 4.5 14-Way Stand Golf Bag. Tas golf ini cocok digunakan kamu para pemula. Tas ini memiliki beberapa pilihan kombinasi warna yaitu black, black / cobalt, black / gunmetal / red, gray-gunmetal-flash, iron / red dan navy / white / red. Tas juga memiliki tali dengan kualitas sangat baik sehingga terasa nyaman saat dibawa.

Fitur tambahan lain yaitu adanya saku khusus untuk menyimpan payung. Sayangnya tas ini agak kurang stabil saat dipindah ke mode berdiri. Untuk para profesional, tidak disarankan menggunakan tas ini karena ukurannya hanya sedang. Sun Mountain Golf 2018 4.5 14-Way Stand Golf Bag bisa kamu dapatkan seharga Rp2.500.000-an.

2. TaylorMade Flextech Crossover Stand Bag, memiliki ketahanan luar biasa

Rekomendasi kedua yaitu TaylorMade Flextech Crossover Stand Bag. Tas ini termasuk awet meski sering dipasang pada posisi berdiri di luar atau pun di dalam ruangan. Bagi kamu yang bermain golf secara rutin setiap hari, tas ini sangat cocok untukmu karena ketahanannya yang luar biasa.

Kamu bisa memilih berbagai warna yang tersedia yaitu hitam, merah, biru dongker, dan abu-abu. Warna yang ditawarkan memang sangat dasar, namun keunggulan desainnya patut diacungi jempol. Taylor Made Flextech Crossover Stand Bag menggunakan tali khusus sehingga kamu akan nyaman membawanya meski berat.

Selain itu, tersedia ruang khusus untuk menyimpan botol minum. Tas ini juga dilengkapi dengan mantel pelindung hujan. Kamu bisa mendapatkan TaylorMade Flextech Crossover Stand Bag dengan membelinya seharga Rp2.600.000-an.

3. PING 2018 Hoofer Carry Stand Golf Bag, fasilitas lengkap dengan harga terjangkau

Rekomendasi selanjutnya adalah PING 2018 Hoofer Carry Stand Golf Bag. Tas ini hadir dalam 5 pilihan kombinasi warna yaitu navy / white / red, graphite / silver / blue, graphite / black / red, black / white / canyon copper dan black. Tas ini memiliki harga yang sangat terjangkau sekitar Rp2.000.000-an saja.

Dengan harga yang sangat terjangkau, tas ini telah dilengkapi tudung anti-air. Berat tas ini standar seperti tas golf lain. Tas ini cocok untuk kamu yang masih pemula. Jika kamu seorang profesional, barangkali kamu akan merasa bahwa tas ini kurang besar untuk membawa variasi stik milikmu.

4. Callaway Golf 2018 Org 14 Cart Bag, salah satu rekomendasi terbaik

Rekomendasi selanjutnya adalah Callaway Golf 2018 Org 14 Cart Bag. Tas ini memberimu kemudahan dalam mengakses barang – barang karena rancangan yang sesuai. Keunggulan lainnya adalah kamu bisa memisahkan stik dengan mudah karena adanya ruang yang terbagi – bagi.

Tas ini bisa digunakan untuk kamu yang masih pemula maupun para profesional. Pemisahan ruang dalam tas untuk barang – barang besar dan kecil sangatlah fungsional. Magnet yang terdapat pada kantong tas menambah kemudahanmu saat menggunakannya.

Tas ini juga tergolong ringan jika dibandingkan dengan tas golf lainnya. Tas ini seharga Rp3.500.000-an. Dijamin kamu tidak akan rugi jika memiliki tas ini.

5. Sun Mountain 2018 C-130 Golf Cart Bag, perlindungan ekstra pada perlengkapan golf

Rekomendasi terakhir yaitu Sun Mountain 2018 C-130 Golf Cart Bag Style. Tas ini memiliki berbagai pilihan kombinasi warna seperti black/camo blaze, black/charcoal, black/navy, black/red, black/black, blue/black, charcoal/black, lime white, navy dusk dan navy/white/red. Tas ini memiliki 14 sekat sehingga kamu bisa memisahkan stik golf kamu sesuai keinginan dengan mudah.

Selain itu terdapat 10 kantong penyimpanan dan satu penyimpanan khusus untuk barang – barang kecil seperti aksesori serta kunci. Bagi kamu para profesional, tas golf ini sangat cocok melengkapi permainanmu.

Adanya 3 tali bagian atas memudahkanmu memindahkan tas ini dari atau ke dalam mobil. Tas ini juga telah dilengkapi dengan tudung anti-air yang berwarna serupa. Harga tas ini berkisar pada Rp3.200.000-an saja.

Sobat shippers kali ini kami akan membahas stick golf pria dan wanita jadi pembahasan menarik. Urusan memilih stick bukan perkara mudah apalagi bagi anda yang baru terjun menggeluti olahraga satu ini alias pemula, kesalahan dalam memilih stick sedikit banyak akan mempengaruhi cara bermain anda di lapangan.

Selain memiliki berbagai jenis, peruntukan stick untuk pria dan wanita juga ternyata juga memiliki perbedaan. Dilansir dari laman Golfspan, berikut lima perbedaan stick golf pria dan wanita:

1. Ukuran Stick

Faktor yang paling terlihat jelas pada ukuran stick. Meski tak memiliki perbedaan signifikan, stick golf untuk pria biasanya memiliki panjang lebih ketimbang untuk wanita.

Untuk pria, umumnya stick golf dibuat untuk pria dengan tinggi 179cm. Sementara stick yang dibuat untuk pemain wanita biasanya dirancang untuk tinggi badan 175cm.

2. Shatf (tangkai stick)

Untuk stick golf wanita biasanya tangkai stick terbuat dari grafit. Sementara stick untuk pria terdapat pilihan grafit dan baja. Bahan grafit sendiri dipilih untuk mengurangi berat dan memudahkan ketika melakukan ayunan ke arah bola.

Jika anda seorang pemula, stick dengan bahan grafit adalah pilihan tepat. Namun jika budget yang anda miliki terbatas, kamu bisa memilih bahan baja yang memiliki harga cenderung lebih murah.

3. Grip (pegangan)

Tangan wanita umumnya tidak sebesar tangan pria. Untuk itu, grip pada stick golf wanita pun lebih kecil dari ukuran standart atau yang biasa digunakan pria.

Ukuran grip sendiri cukup penting agar pemain menemukan kenyamanan dalam menggenggam stick mereka. Ukuran grip yang benar memungkinkan tangan berada pada posisi yang benar untuk menghasilkan power lebih saat melakukan ayunan.

4. Loft (sudut stick)

Langkah selanjutnya dalam memilih stick golf adalah dengan memperhatikan loft pada club golf. Loft merupakan sudut pada bagian depan stick golf yang berkaitan dengan bidang vertikal dari batang atau shaft. Untuk pria ukuran standarnya adalah 9 – 10,5 derajat.

Loft sendiri dirancang sedemikian rupa yang bertujuan agar menyesuaikan keahlian dari para pemain golf. Baik itu yang masih amatir atau pemula maupun pegolf profesional.

5. Bobot Stick

Jika melihat empat perbedaan di atas, tak heran kalah stick golf yang diperuntukan bagi pemain wanita cenderung lebih ringan. Sekali lagi, memilih stick golf memang bukan perkara mudah. Apabila anda benar – benar tidak mengetahui cara tepat dalam menentukan stick golf yang cocok dengan gaya bermain anda, maka dapat dipastikan ketika anda bermain olahraga golf akan sedikit terganggu dan bahkan mempengaruhi permainan anda.

CLICK: https://pan-west.com

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat dari golf dan beberapa peralatan golf yang kiranya bermanfaat jika anda mulai tertarik pada olahraga ini. Jika sudah memiliki peralatan sekaligus perlengkapannya, maka jenis – jenis pukulan golf bisa mulai untuk dilatih. Peralatan golf dapat anda beli secara online. Jika anda ingin membeli peralatan golf import, jangan khawatir karena ada sindoshipping supaya menghemat biaya pengiriman. Dapatkan berbagai informasi bermanfaat lainnya mengenai pengiriman barang, dan bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari – hari dengan cara pantau website kami.

Tunggu apalagi segera coba experience menarik dengan Sindoshipping, tidak perlu ragu atau bingung jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami. Segera hubungi customer service kami di nomor 085817735936 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: SindoShipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDOSHIPPING 

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindoshipping)