SUPLEMEN PELANCAR ASI IMPORT UNTUK IBU MENYUSUI YANG BISA DIKIRIM PAKAI SINDO SHIPPING

Produksi air susu ibu (ASI) yang tidak lancar selama proses menyusui bisa membuat ibu menyusui menjadi cemas. Hal ini wajar saja karena ASI merupakan makanan terbaik yang memiliki banyak manfaat untuk bayi, terutama selama masa awal kehidupan bayi hingga berusia 6 bulan. Masalah ASI tidak lancar ini tentu bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah konsumsi obat pelancar ASI atau ASI booster. Obat pelancar ASI dalam dunia medis disebut sebagai laktogogue (galactogogue). Laktogogue merupakan obat atau zat yang dipercaya dapat membantu merangsang atau meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Pada umumnya, indikasi alasan penggunaan laktogogue yang sering terjadi adalah produksi ASI yang berkurang pada ibu dengan bayi prematur atau bayi sakit yang dirawat di unit perawatan intensif Ibu yang menyusui akan membagi nutrisi di dalam tubuhnya dengan bayi yang dikandungnya. Alasan tersebut membuat ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang normal. Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak.

Ibu menyusui membutuhkan 500 kkal lebih banyak pada 6 bulan pertama dan 400 kkal pada 6 bulan berikutnya. Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi lebih banyak makanan. Anda dapat mengonsumsi lebih banyak protein karena protein merupakan sumber energi terbesar. Selain kalori, ibu menyusui juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Namun, perhatikan jenis makanan yang Anda pilih agar tetap sehat. Selain makanan pelancar ASI, melancarkan ASI juga ada yang alami. Asi booster terbaik ini menjadi salah satu cara memperbanyak ASI agar nutrisi bayi tetap terjaga. Berikut rekomendasi ASI booster terbaik yang bagus dan harga terjangkau. Sebelumnya, lakukan konsultasi dengan ahli laktasi untuk menentukan ASI booster yang tepat. Bagi sebagian besar bayi yang baru lahir, ASI merupakan makanan pertamanya. ASI mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi ketika belum dapat mengonsumsi makanan lainnya. Anda dapat mengonsumsi berbagai suplemen untuk memperlancar ASI serta menjaga kesehatan anda.

Beberapa merek, seperti Asifit, Herbilogy, Blackmores, mungkin sangat familiar di telinga Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih suplemen untuk ibu menyusui serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasinya. Jika selama proses menyusui, ASI tidak lancar dan Anda memutuskan untuk mencoba konsumsi ASI booster. Sebaiknya Anda perlu mengenali obat pelancar ASI terutama jenis – jenis laktogogue yang umum dipakai sebelum mencobanya. Berikut ini jenis – jenis zat pelancar ASI.

Domperidon

Domperidon merupakan obat yang diindikasikan untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan, seperti mual atau muntah. Namun, sejak tahun 1983 obat ini pertama kali dilaporkan bisa dijadikan sebagai laktogogue karena dapat meningkatkan hormon prolaktin (hormon untuk meningkatkan produksi ASI).

Namun, terdapat beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi domperidon, yaitu mulut kering, gatal, sakit kepala hingga kram perut. Selain itu, domperidon sebaiknya tidak diberikan pada ibu menyusui yang memiliki riwayat sensitif terhadap obat ini dan ibu menyusui dengan gangguan saluran cerna seperti perdarahan saluran cerna, sumbatan mekanik, atau perforasi. Dosis penggunaan obat ini, yaitu 10-20 mg 3-4 kali per hari selama 3-8 minggu. Namun, bisa juga sekitar 24 jam sampai 2-3 minggu untuk mendapatkan efek maksimal.

Metoclopramide

Metoclopramide adalah obat yang awalnya dipakai sebagai obat antipsikotik. Lalu di tahun 1975, penggunaan obat ini dipakai sebagai laktogogue, yang dapat meningkatkan produksi ASI dengan cara menghambat pelepasan dopamin di susunan saraf pusat, sehingga mengakibatkan peningkatan kadar prolaktin. Dosis yang dipakai untuk obat ini, yaitu 30-45 mg per hari dibagi dalam 3-4 dosis. Sementara selama 7-14 hari dengan dosis penuh, lalu diturunkan bertahap selama 5-7 hari. Penggunaan metoclopramide yang lebih lama dapat meningkatkan depresi. Selain itu, efek samping dari konsumsi obat metoclopramide yang biasa terjadi di antaranya mengantuk, kelelahan, dan diare. Namun, anda tidak perlu menghentikan penggunaan obat ini jika efek samping tersebut terjadi. Sedangkan penggunaan obat ini harus dihentikan jika muncul gejala ekstrapiramidal (penurunan kesadaran), kebingungan, sakit kepala, pusing, gelisah, hingga depresi. Selain itu, penggunaan obat metoklopramid juga tidak boleh diberikan pada ibu menyusui yang menderita epilepsi atau sedang menjalani pengobatan antikejang, memiliki riwayat depresi atau menjalani pengobatan antidepresi, mempunyai hipertensi tidak terkontrol, pendarahan hingga riwayat alergi terhadap kandungan metoklopramid.

Sulpiride

Sulpiride adalah obat anti-depresan dan obat antipsikotik yang bekerja dengan meningkatkan hormon pelepas prolaktin. Di Zimbabwe, Afrika Selatan dan Chili, penggunaan obat sulpiride sebagai obat untuk membantu laktasi. Meski begitu, penggunaan obat ini juga memiliki efek samping serupa dengan penggunaan metoclopramide. Untuk menggunakan obat ini, dosis yang dianjurkan yaitu 50 mg dua atau tiga kali per hari.

Chlorpromazine

Chlorpromazine adalah obat antipsikotik yang dapat digunakan juga sebagai lactogogue. Pada sebuah laporan kasus, chlorpromazine dengan dosis 25 mg tiga kali sehari selama 1 minggu mampu meningkatkan produksi ASI. Bentuk molekul chlorpromazine ini serupa dengan molekul dopamin, dan memiliki kemampuan untuk mengikat reseptor dopamin. Dengan begitu, kadar prolaktin ikut meningkat. Penggunaan antipsikotik seperti chlorpromazine dalam meningkatkan proses laktasi telah dilakukan, namun penggunaan zat ini masih terbatas karena efek sampingnya, termasuk kemungkinan reaksi ekstrapiramidal.

CARA MEMILIH SUPLEMEN UNTUK IBU MENYUSUI

Agar nutrisi selama laktasi terpenuhi, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen yang tepat. Perhatikan poin – poin berikut agar anda tidak salah memilih suplemen.

Periksa bahan – bahannya

Ada berbagai jenis suplemen untuk ibu menyusui. Kebanyakan memang ditujukan untuk memperbanyak produksi ASI. Namun, anda juga perlu memperhatikan bahan – bahan yang terkandung di dalamnya. Bahan – bahan seperti daun katuk, fenugreek, serta vitamin sangat dibutuhkan ibu menyusui. Berikut adalah bahan – bahan yang biasanya ada di dalam suplemen ibu menyusui.

• Fenugreek dan daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI
Fenugreek dan daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI, Fenugreek merupakan rempah penyedap makanan yang biasa digunakan pada daerah Timur Tengah. Biji dari tanaman dengan nama latin Trigonella foenum-graecum ini bermanfaat untuk kesehatan. Fenugreek mengandung vitamin B, asam folat, zat besi, mangan, kalium, natrium, zinc, kalsium, dan magnesium. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan manfaat fenugreek dalam meningkatkan produksi ASI, fenugreek telah lama digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Selain memperlancar ASI, fenugreek juga dapat membantu metabolisme serta memperlancar pencernaan. Namun, beberapa penelitian menyatakan efek samping dari mengonsumsi fenugreek, seperti diare, bau pada air seni, hingga pembengkakan pada wajah. Jika anda ingin mengonsumsi fenugreek, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda. Selain fenugreek, orang Indonesia sudah sangat akrab dengan daun katuk. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI. Sebuah penelitian menyatakan bahwa daun katuk dapat meningkatkan ekspresi genetik terkait hormon prolaktin dan oksitosin. Keduanya merupakan hormon yang berperan selama masa laktasi, daun katuk dewasa memiliki zat papaverine yang berperan dalam membantu laktasi.

• Kalsium dan vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang
Selama masa laktasi, semua nutrisi dari ibu akan diserap oleh bayi. Agar kebutuhan kalsium anda tetap terjaga pilihlah suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D. Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium di dalam tulang. Suplemen yang mengandung kalsium sangat cocok jika anda tidak terlalu suka mengonsumsi susu berkalsium. Konsumsi kalsium juga membantu menjaga anda dari risiko osteoporosis setelah melahirkan.

• Vitamin C agar tetap fit selama menyusui
Seorang ibu yang sedang menyusui kerap kali harus terbangun tengah malam untuk menyusui sang buah hati. Belum lagi bayi yang harus menyusu beberapa kali dalam sehari. Keadaan ini sering kali membuat stamina anda drop. Suplemen yang mengandung vitamin C akan membantu menjaga sistem imun anda sehingga tidak mudah sakit.

• Asam folat mengontrol pembentukan sel baru
Konsentrasi asam folat pada ibu menyusui akan berkurang karena diserap oleh bayi. Asam folat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel – sel baru. Asam folat juga membantu dalam pembentukan sel – sel darah merah yang normal. Konsumsi asam folat yang dianjurkan bagi ibu menyusui adalah 500 mg per harinya. Pastikan anda mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat selama kehamilan sampai laktasi. Selain itu, asam folat juga terkandung pada kacang-kacangan, brokoli, bayam, alpukat, dan telur. Selain penting untuk anda, asam folat juga dibutuhkan oleh bayi. Asam folat akan membantu pembentukan sel – sel, terutama sel – sel otak si kecil.

Pilih ukuran dan bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Mengonsumsi suplemen laktasi dapat berjalan selama beberapa bulan. Pilihlah suplemen yang mudah untuk dikonsumsi sehingga tidak merepotkan anda. Ukuran suplemen sangat penting ketika memilih suplemen. Jika anda memiliki kesulitan dalam menelan obat, pilihlah suplemen dengan ukuran tablet yang kecil. Anda juga dapat memilih suplemen dalam bentuk serbuk yang dapat larut dalam minuman, teh, sampai susu. Agar memudahkan anda dalam mengonsumsi suplemen, anda dapat memilih suplemen yang jumlah konsumsi hariannya tidak terlalu banyak. Pilihlah suplemen yang maksimal dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

Pilih suplemen bebas bahan tambahan

Nutrisi dari suplemen yang anda konsumsi tentu juga akan diserap oleh bayi. Pilihlah suplemen yang bebas bahan tambahan, seperti pewarna, pengawet, pemanis, dan perasa. Selain baik untuk bayi, suplemen bebas bahan tambahan juga baik untuk anda konsumsi. Bahan – bahan tambahan buatan tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan anda.

REKOMENDASI SUPLEMEN UNTUK IBU MENYUSUI

Setelah mengetahui tentang cara memilihnya, berikut ini adalah rekomendasi suplemen ibu menyusui untuk anda. Ada berbagai merek dengan berbagai bentuk suplemen yang dapat anda pilih.

1. Goat’s Rue

Ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap fenugreek atau blessed thisthle. Sebagai alternatifnya anda dapat mengonsumsi suplemen ini. Produk ini terbuat dari bahan herbal goat’s rue atau dengan nama latin Galega officinalis. Kandungan goat’s rue per 2 kapsulnya cukup tinggi, yaitu 1.050 mg, untuk memenuhi kebutuhan anda. Selain memperlancar ASI, goat’s rue juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah Anda. Jika Anda seorang ibu menyusui dengan kadar gula darah cukup tinggi, suplemen ini dapat membantu Anda. Tidak perlu membeli banyak suplemen untuk dikonsumsi.

2. Hydromamma

Apakah anda merasa kesulitan mengonsumsi suplemen karena hambar atau pahit? Anda dapat mencoba suplemen bentuk serbuk yang satu ini. Suplemen dari Hydromamma memiliki banyak varian rasa yang membuat anda tidak bosan mengonsumsinya. Varian rasanya berasal dari buah alami, bebas perasa, dan pewarna buatan. Hydromamma mengandung elektrolit yang dapat membantu anda tetap terhidrasi sejak masa kehamilan sampai menyusui. Anda dapat mengonsumsi Hydromamma sejak awal merencanakan kehamilan. Varian rasa buah yang segar dapat membantu ketika anda mengalami mual selama hamil atau bahkan ketika menyusui.

3. Breastfeeding Support

Suplemen ASI yang satu ini datang dari Herbs of Gold. Suplemen ini mengandung dua bahan yang dapat memperlancar ASI, fenugreek dan blessed thistle. Tentunya dengan kedua bahan tersebut, produksi ASI anda akan semakin banyak. Masalah lain yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah sembelit. Selain memperlancar ASI, kedua bahan ini juga dapat memperlancar BAB. Anda tidak perlu khawatir lagi makan banyak, tetapi perut begah karena sembelit. ASI lancar, sembelit bubar!

4. Bestseller Bundle: Organic Lactation Blend

Rangkaian produk dari Legendairy Milk ini dapat anda jadikan sebagai hadiah kerabat yang baru melahirkan. Dalam satu bundle anda akan mendapatkan 3 produk herbal organik yang dapat meningkatkan ASI. Desainnya yang menarik juga cantik untuk dijadikan sebagai hadiah. Produk ini juga dapat dikonsumsi oleh anda yang baru menjadi ibu. Mungkin anda bingung herbal mana yang akan sesuai untuk anda. Dengan adanya 3 produk, anda dapat mencobanya satu per satu untuk menemukan produk mana yang berkhasiat untuk anda.

5. Pregnancy and Breast-feeding Gold

Suplemen dari Blackmores ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk ibu dan bayi. Di dalamnya terkandung 20 nutrisi yang lengkap. Terdapat nutrisi yang penting bagi bayi, seperti iodine dan DHA yang membantu perkembangan kecerdasan anak. Omega-3 yang terkandung di dalam suplemen ini berasal dari minyak ikan. Tenang saja karena minyak ikan dalam suplemen ini odourless sehingga tidak meninggalkan rasa amis. Di samping itu, suplemen ini juga mengandung 600 mg kalsium untuk menjaga kesehatan tulang anda.

6. True Milk

Terkadang ada bayi yang rewel ketika menyusu. Ada kemungkinan rasa ASI tidak disukai oleh bayi sehingga menjadi rewel. Tidak hanya memperlancar ASI, suplemen ini juga memperbaiki rasa ASI Anda. Kandungan herbal di dalamnya dapat membuat rasa ASI menjadi lebih manis. Bahan – bahan yang digunakan pada suplemen ini merupakan bahan – bahan organik. Bahan organik tentu sangat aman untuk dikonsumsi. Jika anda adalah seorang ibu vegetarian, anda dapat mengonsumsi suplemen ini. Kapsul suplemen ini terbuat dari bahan yang ramah terhadap vegetarian.

Sekian ulasan kami tentang suplemen dan obat pelancar asi untuk ibu menyusui. Jika ingin beli vitamin import jangan khawatir, sekarang Sindo Shipping memiliki layanan Jastip. Anda juga bisa membeli skincare dan perlengkapan lainnya secara online dan jangan lupa jika anda ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, anda bisa menggunakan jasa pengiriman Sindo Shipping. Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan asuransi untuk paket anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman hingga paket diterima di alamat tujuan dalam keadaan baik. Sudah banyak testimoni yang kami dapatkan dari customer loyal kami, jadi jika anda berkenan ingin menggunakan jasa kami anda bisa menghubungi kontak kami melalui 081296055142 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Yanti Tim Sindo Shipping)