TIPS CANTIK BEBAS JERAWAT DENGAN TEA TREE ESSENTIAL OIL DARI LUAR NEGERI DENGAN SINDO SHIPPING

Aromaterapi sering dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan atau sebagai penyembuhan tubuh secara menyeluruh menggunakan ekstrak dari bagian-bagian tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan dalam prakteknya menggunakan aroma dari essential oil untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan baik secara fisik maupun mental. Dulu, aromaterapi dianggap sebagai seni dan sains. Namun saat ini, aromaterapi dikenal sebagai alternatif dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Aromaterapi juga dikenal dalam bidang sains dan kedokteran. Pada zaman dulu, masyarakat sudah mengenal dan menggunakan aromaterapi. Dalam budaya di beberapa negara seperti China, Mesir dan India, tumbuhan yang memiliki aroma dimasukan ke dalam balsem, minyak, bahkan resin. Yuk simak informasi lengkapnya, semoga anda semakin mendapat edukasi dan inspirasi.

Karena tumbuhan beraroma tersebut diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental sehingga dimanfaatkan sebagai tujuan agama dan medis. Walaupun praktek destilasi minyak atsiri sudah dilakukan sejak lama, namun orang Persia melakukannya sejak abad ke-10 dan informasi akan proses distilasi tersebut dipublikasikan di Jerman pada abad ke-16. Selanjutnya, pada abad ke-19, salah seorang dokter di Perancis menemukan manfaat minyak atsiri bagi kesehatan dalam membantu melawan penyakit. Sebutan aromaterapi pertama kali dipakai oleh salah seorang ahli pembuat parfum dan ahli kimia asal Perancis dalam bukunya yang dipublikasikan pada tahun 1937. Seorang ahli tersebut telah menemukan manfaat yang dapat diberikan oleh essential oil lavender dalam membantu meredakan luka bakar. Buku yang dipublikasikan tersebut membahas tentang penggunaan essential oil untuk kebutuhan medis. Cara kerja aromaterapi melalui penciuman atau kemampuan kulit dalam menyerap manfaat essential oil ketika digunakan. Kamu bisa menggunakan berbagai cara dalam memanfaatkannya seperti menggunakan diffuser, inhaler, body oil, lotion, masker, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali pilihan aroma essential oil dengan keunggulannya masing masing yang dapat anda pilih. Untuk memiliki essential oil, pastikan anda melihat kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan essential oil yang anda pilih mengandung 100% bahan alami, dan tidak dicampur dengan bahan lainnya. Dan juga pastikan anda membeli produk essential oil yang sudah dipercaya dengan kualitas yang baik. Terdapat beberapa aroma atau jenis essential oil yang paling sering dicari oleh masyarakat. Antara lain adalah lavender essential oil, eucalyptus essential oil, peppermint essential oil, frankincense essential oil, lemongrass essential oil, citronella essential oil, ginger essential oil, oregano essential oil, jasmine essential oil, dan masih banyak lainnya. Karena telah digunakan sejak lama untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh dan mental, anda bisa mencobanya ketika mengalaminya. Beberapa masalah kesehatan yang dapat dibantu adalah meredakan sakit, mengurangi mual, mengurangi gejala flu, batuk, serta pilek, membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu juga dapat membantu melawan bakteri, virus dan jamur, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkannya menjadi perawatan tubuh. Contohnya adalah dengan menggunakan patchouli essential oil untuk perawatan rambut sehat, frankincense essential oil untuk perawatan kulit wajah, lavender essential oil untuk campuran masker homemade. Anda bisa berkreasi dengan essential oil yang dimiliki, tapi tetap perhatikan dosis dan campuran yang sesuai agar tidak terjadi alergi dan iritasi.

Bagaimana Cara Menggunakan Essential Oil?

Kualitas dari minyak atsiri di pasaran sangat beragam, mulai dari yang 100 persen murni dan ada juga yang diencerkan dengan bahan kimia. Hal tersebut membuat harga di pasaran sangat beragam. Untuk alasan keamanan, sebaiknya minyak atsiri hanya untuk penggunaan luar dan tidak untuk dikonsumsi. Cara untuk menggunakannya adalah :

1. Diffuser
Cara pertama untuk menggunakan essential oil adalah dengan menggunakan diffuser. Anda bisa meneteskan 3 – 4 tetes essential oil untuk ukuran diffuser 125 ml, sedangkan 10 – 15 tetes untuk ukuran diffuser 300 ml, selanjutnya 15 – 20 tetes untuk ukuran diffuser 500 ml. Bisa dikatakan bahwa penggunaan diffuser adalah metode paling aman, karena minyak atsiri menyebar di udara dalam jumlah yang kecil, sehingga anda dan keluarga bisa menghirupnya.

2. Topikal
Selanjutnya, cara menggunakan minyak atsiri adalah dengan cara topikal. Topikal merupakan menggunakannya ke kulit. Akan tetapi untuk menghindari kulit yang sensitif sebaiknya di encerkan terlebih dahulu dengan menggunakan carrier oil atau virgin coconut oil. Campurkan 3 – 5 tetes essential oil kesukaan anda dengan 1 sendok teh virgin coconut oil. Hal ini dilakukan karena minyak atsiri sifatnya sangat pekat dan ada beberapa yang sifatnya panas jika dioleskan langsung ke kulit, untuk menghindari iritasi sebaiknya diencerkan terlebih dahulu.

3. Untuk Berendam
Cara yang aman untuk menggunakan minyak atsiri adalah dengan mencampurnya ke air dan dibuat untuk berendam. Setelah lelah beraktifitas seharian, pastinya anda membutuhkan sesuatu yang bisa menghilangkan stres sejenak. Anda dapat mencampurkan juga ke dalam air hangat dan berendam disana. Aroma dapat membuat pikiran menjadi rileks. Anda dapat menggunakan essential oil lemongrass dengan kandungan utama berupa sereh yang bersifat antiseptik dan anti jamur yang baik untuk membersihkan tubuh dari bakteri.

4. Kompres
Saat demam, biasanya anda menggunakan air hangat atau es batu. Namun tahukah anda ternyata minyak atsiri juga bisa digunakan untuk mengompres. Caranya adalah dengan meneteskan 2 – 4 tetes essential oil ke dalam sebuah mangkuk yang berisi 250 ml air bersih, rendam kain ke dalam mangkuk tersebut selama satu menit. Selanjutnya tempelkan kain tersebut selama 10 – 15 menit di dahi orang yang demam, namun hal ini hanya dapat dilakukan untuk anak yang diatas 2 tahun.

5. Inhalasi Secara Tidak Langsung.
Selanjutnya cara untuk menggunakan essential oil adalah dengan inhalasi. Apa itu inhalasi? Inhalasi adalah proses menghirup atau meng uap ke dalam paru paru. Caranya adalah kamu bisa meneteskan 1 – 2 tetes essential oil secara langsung ke masker, sepotong kain, tisu, atau sarung bantal. Namun untuk melakukannya tetap harus hati – hati ya, karena ditakutkan kulit kamu cenderung sensitif dan memberikan reaksi.

Essential oil adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas, biasa juga disebut dengan minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil). Ciri ciri dari essential oil adalah bersifat mudah menguap. Selain itu, susunan senyawa komponennya kuat memengaruhi saraf manusia sehingga seringkali memberikan efek psikologis tertentu. Setiap senyawa penyusun memiliki efek tersendiri, dan campurannya dapat menghasilkan rasa yang berbeda. Karena pengaruh psikologis ini, essential oil merupakan komponen penting dalam aromaterapi. Manfaat apa saja yang didapat dari essential oil, selain sebagai aroma terapi, essential oil memiliki berbagai khasiat untuk penyembuhan berbagai penyakit secara alami, yang pastinya lebih alami, praktis dan tidak memiliki efek samping seperti obat obatan kimia, kegunaannya berbeda beda sesuai dengan jenis tumbuhan sebagai bahan dasarnya.

Belakangan ini, dalam dunia produk kecantikan, tea tree oil menjadi salah satu produk perawatan kulit yang baik akibat khasiat kandungan alaminya. Penasaran? Apa saja khasiat dan manfaat tea tree oil, dan adakah efek sampingnya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini. Tea trea oil atau minyak pohon teh, dikenal juga dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. Jangan salah, pohon teh yang digunakan ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh hitam atau teh hijau. Minyak pohon teh ini, sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia, yang sejak 100 tahun terakhir digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna, serta punya khasiat banyak buat tubuh manusia. Selain untuk dijadikan produk perawatan kulit, minyak pohon teh juga berguna sebagai produk rumah tangga.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil punya kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat. Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan. Anda bisa menggunakan minyak pohon teh ini untuk mengobati jerawat, dengan mencampurkan 5 tetes Tea Tree Oil dan dua sendok teh madu. Setelah itu, aduk dan cukup digosok pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Apa saja manfaat tea tree oil?

Berikut ini beberapa manfaat tea tree oil untuk kesehatan dan kegunaan sehari – hari yang dilansir dari halosehat.com :

1. Untuk mengobati jerawat
Sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil punya kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat. Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan. Anda bisa menggunakan minyak pohon teh ini untuk mengobati jerawat, dengan mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dan dua sendok teh madu. Setelah itu, aduk dan cukup digosok pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Untuk mengobati ketombe dan merawat kesehatan rambut
Tea tree oil terbukti bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh punya kemampuan untuk menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, menghilangkan ketombe, dan bahkan untuk merawat rambut agar terhindar dari kutu. Anda bisa membuat shampo dari ekstrak minyak pohon teh dengan mudah. Campurkan sekitar 10 tetes cairan minyak pohon teh, tambahkan gel lidah buaya, santan 3 sendok teh, dan boleh tambahkan minyak lavender untuk menambah wewangian. Gunakan untuk keramas, dengan pemakaian dua hari sekali. Lihat hasil baiknya selama pemakaian satu bulan ke depan.

3. Berfungsi sebagai deodoran
Buat yang punya bau badan tak sedap, anda bisa memperhitungkan tea tree oil untuk mengatasi masalah aroma tubuh. Kandungan antimikroba tea tree oil, dapat menghancurkan bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan. Cara membuatnya juga tergolong mudah, anda hanya butuh tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda. Campurkan ketiga bahan tadi, gunakan sebelum tidur, dengan mengoleskan ke bagian tubuh yang mengeluarkan bau tidak sedap, contohnya di ketiak atau kaki. Pagi harinya, bilas dengan air dingin, jangan lupa juga gunakan secara rutin agar bau badan hilang perlahan.

4. Membantu meredakan gatal eksim dan psoriasis
Dengan sifat antiinflamasi pada kandungan minyak pohon teh, kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit. Caranya mudah, campurkan 1 sendok makan minyak kelapa, 5 tetes minyak pohon teh, dan 2 tetes ekstrak lavender, buat teksturnya seperti cairan lotion kulit. Anda bisa menggunakan sebagai sabun mandi dan krim gatal yang bisa dibawa berpergian.

5. Pembersih peralatan rumah tangga
Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak tea tree juga berguna untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Sifat antimikroba yang kuat pada minyak pohon teh, bisa membunuh bakteri jahat pada peralatan rumah tangga. Anda bisa mencoba dengan mencampurkan 3 sendok minyak pohon teh, air secukupnya, cuka, dan wewangian lemon. Simpan dalam botol semprotan, dan anda bisa menyemprotkannya ke peralatan dapur, wastafel, toilet dan bahkan pembersih meja di rumah anda untuk menghilangkan jamur dan bakteri.

Adakah efek samping akibat pemakaian tea tree oil?

1. Untuk kulit sensitif
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan menggunakan tea tree oil di kulit untuk mengobati jerawat. Jika anda memiliki kulit sensitif, minyak ini mungkin akan meninggalkan rasa kering, gatal, menyengat dan terbakar setelah pemakaian pertama anda. Jika sudah seperti itu, baiknya hentikan untuk beberapa saat, dan anda bisa mencoba lagi dalam jangka waktu beberapa hari.

2. Mengganggu hormon pria
Pada sebuah studi kasus penelitian, pemakaian tea tree oil dan minyak lavender pada pria sangat tidak dianjurkan. Mengapa? Kedua kandungan minyak alami tersebut memungkinkan adanya efek yang dapat mengganggu hormon pria. Pada sebuah kasus yang telah terjadi, hal tersebut mengakibatkan pria memiliki pertumbuhan payudara abnormal, atau biasa disebut ginekomastia.

3. Jangan diminum!
Dan yang terakhir, jangan meminum minyak pohon tes secara langsung melalui mulut anda. Tidak pernah ada aturan yang menyarankan minyak pohon teh untuk dikonsumsi langsung. Mengonsumi tea tree oil akan menimbulkan beberapa dampak yang mungkin terjadi, antara lain pusing, badan lemas, terdapat ruam merah di sekujur tubuh, dan bahkan menyebabkan kondisi koma.

Sekian ulasan kami tentang tips cantik bebas jerawat dengan tea tree essential oil, Jika ingin beli essential oil import jangan khawatir sekarang Sindo Shipping memiliki layanan Jastip. Anda juga bisa membeli skincare dan perlengkapan lainnya secara online dan jangan lupa jika anda ingin mencari jasa pengiriman barang yang melayani pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, anda bisa menggunakan jasa pengiriman Sindo Shipping. Tidak hanya itu, Sindo Shipping juga menyediakan asuransi untuk paket anda agar tetap dalam keadaan aman saat proses pengiriman hingga paket diterima di alamat tujuan dalam keadaan baik. Sudah banyak testimoni yang kami dapatkan dari customer loyal kami, jadi jika anda berkenan ingin menggunakan jasa kami anda bisa menghubungi kontak kami melalui 081296055142 atau ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Yanti Tim Marketing Digital Sindo Shipping)