Jasa Pengiriman Terbaik ke Indonesia

VITAMIN PRENATAL BAIK DIKONSUMSI BAGI IBU HAMIL DIMASA PANDEMI

Di masa pandemi Covid-19, seluruh ibu hamil harus menjaga imunitas dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Pasalnya, ibu hamil merupakan salah satu populasi rentan Covid-19. Bila terinfeksi, ibu hamil bisa mengalami keguguran, kelahiran prematur dan pneumonia berat. Hal ini disampaikan oleh dr. Merwin Tjahjadi, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan . Dia juga menyampaikan bahwa menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas bisa dari banyak hal, yaitu pola makan sehat yang bervariasi dan tinggi protein, serta bantuan suplemen dan vitamin.

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Akan tetapi, nutrisi yang didapatkan dari makanan terkadang masih saja belum tercukupi, apalagi kebutuhan ibu hamil juga lebih tinggi dari biasanya. Itulah sebabnya ibu hamil memerlukan asupan tambahan dari vitamin prenatal.

Mengenal Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal adalah kombinasi dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan wanita sebelum, selama, maupun setelah kehamilan, untuk kesehatan ibu hamil beserta bayinya. Berikut ini adalah beberapa zat penting yang umumnya terdapat dalam vitamin prenatal:

1. Asam folat

Asam folat adalah jenis vitamin B, tepatnya vitamin B9, yang banyak ditemukan pada suplemen atau jenis makanan tertentu. Asam folat memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya cacat lahir, seperti spina bifilda, anensefali, dan encephalocele. Ibu hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat per harinya.

2. Zat besi

Ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi setidaknya 27 mg zat besi per hari. Saat hamil, zat besi sangat untuk pertumbuhan janin dan plasenta, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan zat besi berisiko mengalami kelahiran prematur atau melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

3. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, serta kesehatan saraf dan otot pada bayi. Ibu hamil juga perlu memenuhi kebutuhan kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang dan melancarkan sistem peredaran darah. Itulah mengapa ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi minimal 1000 mg kalsium per hari.

4. Zinc

Zinc atau seng termasuk mineral dalam vitamin prenatal yang baik untuk kesehatan perkembangan janin. Ibu hamil yang kekurangan zinc berisiko memiliki bayi yang pertumbuhannya lambat, berat badan lahirnya rendah, dan lahir prematur. Dosis yang disarankan bagi ibu hamil dalam mengonsumsi zinc adalah 11 mg per hari.

5. Vitamin A

Vitamin A berperan penting dalam tumbuh kembang janin, termasuk dalam perkembangan mata, telinga, anggota gerak, dan jantung. Namun, kelebihan vitamin A juga tidak baik karena dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi. Vitamin prenatal mengandung vitamin A yang aman dikonsumsi ibu hamil dan dalam dosis yang sesuai dengan kebutuhan harian, yaitu 770 mcg vitamin A.

6. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari beragam jenis vitamin B, mulai dari vitamin B1, B2 hingga B12. Manfaat vitamin B untuk pada kehamilan juga beragam, seperti meningkatkan kesehatan mata, kulit, tulang, otot, dan saraf bayi. Bagi ibu hamil, vitamin B kompleks dapat menurunkan risiko terjadinya preeklamsia dan komplikasi kehamilan.

7. Vitamin D

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin D pada ibu hamil dapat membantu mencegah preeklamsia, menunjang kesehatan saraf janin, serta meningkatkan penyerapan kalsium. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi minimal 600 IU vitamin D per hari, baik dari makanan maupun suplemen.

8. Vitamin C dan E

Vitamin C dan E juga penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Kedua vitamin ini biasanya diberikan secara bersamaan karena sama-sama berperan sebagai antioksidan dan bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memproduksi kolagen yang berguna untuk membangun tulang, tulang rawan, dan tendon.

Kapan Sebaiknya Mengonsumsi Vitamin Prenatal?

Idealnya, vitamin prenatal dikonsumsi sebelum melakukan program kehamilan, karena ketika hamil, vitamin ini sangat baik untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tabung saraf janin pada awal-awal kehamilan. Namun, kita juga disarankan untuk tetap minum vitamin prenatal selama masa kehamilan. Penting untuk diingat bahwa vitamin prenatal adalah suplemen untuk menunjang asupan nutrisi dari menu makanan sehat bagi calon ibu dan bayinya. Vitamin ini bukanlah pengganti menu makanan sehat yang tetap harus Anda konsumsi setiap hari.

Berikut ini rangkuman beberapa suplemen vitamin ibu hamil di trimester pertama.

Blackmores Pregnancy 

Vitamin ibu hamil Blackmores Pregnancy. Ibu hamil bisa mudah mengalami perdarahan selama masa-masa kehamilan apalagi bila kondisi tubuhnya kelelahan. Sebelum kondisi tubuh yang mudah lelah dan sakit menganggu kesehatan serta janin di dalam kandungan, maka sebaiknya asupan makanan bisa dilengkapi dengan suplemen vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Blackmores Pregnancy sebagai suplemen vitamin memiliki kandungan B6 dan asam folat yang bisa membantu kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Perlu anda ketahui bahwa suplemen yang satu ini sangat penting untuk mengoptimalkan kecerdasan janin walau masih di dalam perut. 

Elkana 

Vitamin ibu hamil Elkana. Saat menjalani fase-fase kehamilan di trimester pertama, tak jarang ibu hamil memilih asupan makanan yang ingin dikonsumsinya. Padahal segala asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat membantu perkembangan janin lebih optimal. Untuk memenuhi asupan ibu hamil tertinggal, ada baiknya mengonsumsi suplemen tambahan. Elkana bisa menjadi salah satu alternatif karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D3 dan mineral. Elkana tidak hanya menjadi suplemen penambah nafsu makan, namun vitamin ini juga membantu pertumbuhan otot dan tulang janin walau masih berada di dalam kandungan. Jika ada reaksi setelah beberapa saat setelah mengonsumsi Elkana seperti sakit lambung, mual atau muntah hebat, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter. Sebagai suplemen ibu hamil, Elkana bisa dikonsumsi sehabis makan agar perut tidak mengalami iritasi. Hindari juga makanan yang pedas, asam dan berlemak selama mengonsumsi suplemen ini agar tidak memicu reaksi buruk dan menganggu kesehatan janin di dalam kandungan.

Natavit 

Suplemen vitamin lain yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester awal yaitu Natavit. Suplemen berbentuk tablet ini mengandung asam folat, vitamin B kompleks hingga DHA mampu menjaga kesehatan janin dan kecerdasan otak. Natavit yang mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh ini juga bisa mencegah terjadinya cacat pada bayi.

Osfit DHA 

DHA termasuk salah satu suplemen vitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di awal-awal kehamilan. Perlu Mama ketahui bahwa suplemen Osfit DHA mengandung vitamin D3, kalsium, dan minyak ikan tuna. Osfit DHA dipercaya memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Kandungan DHA dan EPA dalam suplemen vitamin ini pun dapat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak bayi di dalam perut. Suplemen vitamin Osfit DHA yang mampu menunjang perkembangan bayi ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dengan saran dari dokter. Usahakan untuk tetap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya ya

Beberapa vitamin prenatal terkadang dapat membuat rasa mual. Jika hal itu terjadi, hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan vitamin prenatal yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan Si Kecil di dalam kandungan. Kebutuhan vitamin dimasa pandemic sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi untuk Ibu Hamil. Nah bagi ibu hamil tidak perlu khawatir ketika ingin membeli vitamin karena pembelian vitamin dapat dibeli secara langsung baik melalui jastip luar negeri atau pun langsung melalui websitenya. Karena dimasa pandemic akan terasa lebih safe jika kita melakukan pembelian secara online. Selain itu kita juga harus pandai memilih jasa pengiriman, sebisa mungkin pilih jasa yang mampu mengirimkan barang dalam waktu yang cepat, dan terjamin keamanannya. Hal lain yang juga sangat penting diperhatikan saat hendak menggunakan jasa import adalah garansi pengiriman.

Yuk bisa cepat dipesan dan jangan ragu bisa segera kalian checkout keinginan barang yang diinginkan langsung kirim ke warehouse kami, karena Sindo shipping akan membantu pengiriman dari luar negeri ke rumah anda dengan jaminan aman menggunakan jasa kami Sindo Shipping lebih menghemat biaya pengiriman. Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di +6281296055142 atau untuk informasi promo lebih lanjut bisa kunjungi website ini dan follow seluruh social media kami di bawah ini.

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Tim Franchise Sindo Shipping)