BANYAK DIPALSUKAN, INI CARA BANDINGKAN SEPATU NIKE ASLI DAN PALSU ALA SINDO SHIPPING!

Sepatu merupakan salah satu bagian terpenting dari penampilan. Sebab, sepatu yang keren dapat membuat kamu terlihat lebih menarik dan percaya diri. Selain sebagai pelengkap busana, sepatu juga berfungsi melindungi kaki dari benda tajam agar tidak terluka. Seiring waktu berjalan, sepatu hadir dalam beragam bentuk yang disesuaikan dengan kondisi zaman dan kebutuhan penggunanya.

Di Indonesia, hal ini ditandai dengan pertumbuhan industri alas kaki yang terbilang pesat, baik itu brand lokal maupun internasional. Adapun salah satu brand sepatu yang dikenal di seluruh dunia dan diminati banyak orang adalah Nike. Sayangnya, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kepopuleran merek asal Amerika Serikat (AS) tersebut untuk keuntungan pribadi. Mereka membuat produk tiruan alias versi palsunya. Oleh karena itu, kamu wajib berhati-hati saat hendak membeli sepatu Nike. Pastikan sepatu yang dibeli merupakan versi orisinal sehingga terjamin kualitasnya.

Berikut Kompas.com rangkumkan beberapa metode untuk mengetahui perbedaan antara sepatu Nike asli dan palsu.

Cek harga

Jika kamu menemukan sepatu Nike dengan harga jauh lebih murah dari harga resmi, sebaiknya jangan langsung tergiur. Sebab, bisa jadi sepatu tersebut merupakan barang palsu. Misalnya, sebuah produk dari Nike asli dijual dengan harga Rp 4 juta di toko resmi. Lalu, kamu menemukan produk serupa dengan harga Rp 600.000 saja. Kemungkinan besar, barang tersebut merupakan sepatu replika yang didesain menyerupai sepatu Nike orisinal. Perbedaan harga yang jauh lebih murah sering kali membuat konsumen terjebak membeli barang palsu. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati dan jangan mudah tergiur oleh barang murah.

Periksa kotak sepatu

Pembelian produk Nike orisinal biasanya akan dibarengi dengan pemberian boks sepatunya. Inilah yang menjadi salah satu aspek pertimbangan dari keaslian sepatu. Tak hanya itu, boks sepatu Nike asli umumnya didesain dengan kokoh beserta logo dan atribut lainnya, seperti barcode. Sementara itu, sepatu Nike palsu biasanya dijual tanpa menggunakan boks. Namun, ada pula sepatu Nike palsu yang dijual lengkap bersama boks. Meski begitu, perbedaan antara produk asli dan palsu masih dapat dilihat dengan jelas. Boks sepatu palsu memiliki bahan tipis dan mudah rusak. Atribut barcode di boks sepatu pun tampak buram.

Perhatikan logo dan jahitan sepatu

Selain boks, kualitas jahitan dan logo sepatu juga perlu diperhatikan. Sepintas, sepatu Nike asli dan palsu akan terlihat sama. Akan tetapi, jika diperhatikan secara detail, kedua sepatu tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Logo dan jahitan sepatu Nike orisinal akan terlihat rapi, simetris, dan nyaris sempurna karena telah melewati proses quality control. Sebaliknya, produk palsu biasanya memiliki logo yang tidak simetris di beberapa bagian sisinya. Tak hanya itu, jahitan sepatu Nike palsu juga terkesan berantakan dan tidak rapi. Bahkan, pada beberapa produk palsu terdapat jahitan yang rusak atau putus.

Periksa label detail di kotak sepatu

Jika diperhatikan, boks sepatu Nike memiliki sebuah tulisan kecil lengkap dengan barcode di salah satu sisinya. Tulisan tersebut merupakan label detail yang berisikan informasi secara menyeluruh mengenai produk yang ada di dalamnya. Melalui label tersebut, kamu dapat memastikan keaslian dari sepatu Nike. Informasi yang terdapat pada label tersebut adalah ukuran sepatu, warna, material yang digunakan, negara pembuatan, cara merawat sepatu, barcode, dan nomor stock keeping unit (SKU). Perlu diketahui, nomor SKU pada label harus sama dengan yang ada di dalam sepatu. Jika nomor SKU yang terdapat pada label dan sepatu berbeda, bisa jadi sepatu Nike yang kamu beli merupakan barang palsu. Selain itu, sepatu Nike palsu biasanya memiliki label detail dan barcode yang tidak jelas, bahkan nyaris tidak terbaca.

Periksa karet sol sepatu

Salah satu bagian terpenting dari sepatu adalah karet sol. Sebelum membeli sepatu Nike, perhatikan bagian ini secara mendetail. Karet sol yang digunakan pada sepatu Nike orisinal biasanya bertekstur rata, rapi, dan sangat lembut. Sementara, karet sol pada produk palsu biasanya bertekstur kasar dengan bintik kecil di seluruh bagiannya. Maka dari itu, sebelum membeli, pastikan kamu melihat dan menyentuh dengan seksama bagian karet sol untuk mengecek keaslian sepatu Nike.

Perhatikan kualitas tali sepatu

Hampir semua sepatu Nike memiliki tali pengikat di atasnya. Tali pengikat Nike orisinal memiliki tekstur yang lembut, kuat, dan tidak berbulu. Sebaliknya, tali sepatu Nike palsu terkesan kasar, kaku, dan mudah rusak. Serat tali pun mudah berantakan sehingga terkesan berbulu.

Ketahui tanggal perilisan sepatu

Nike merupakan brand yang selalu menghadirkan variasi baru. Setiap kali hendak mengeluarkan varian terbaru, Nike selalu memberikan clue atau pengumuman kapan sepatu tersebut bakal dirilis kepada publik. Jika kamu menemukan jenis sepatu Nike yang dijual sebelum tanggal rilisnya, dapat dipastikan sepatu tersebut merupakan produk replika. Maka dari itu, untuk mendapatkan sepatu Nike orisinal, kamu harus bersabar menunggu tanggal rilis resmi yang telah ditetapkan.

Lihat warna sepatu

Perbedaan sepatu Nike orisinal dengan yang palsu juga terlihat jelas pada bagian warna. Sepatu Nike orisinal biasanya memiliki warna yang agak gelap atau saturasi warnanya agak redup karena menggunakan bahan suede. Sepatu Nike palsu biasanya didesain dengan warna yang mencolok karena dibuat dengan bahan plastic leather (pleather) yang akan membuat warna pada sepatu semakin mengilap. Setelah mengetahui cara membedakan sepatu Nike orisinal dan palsu, Anda tinggal memilih sepatu. Namun, ada baiknya pemilihan sepatu disesuaikan dengan pertimbangan kesehatan kaki. Pasalnya, salah memilih sepatu dapat membuat bentuk kaki kamu menjadi buruk dan mengganggu kesehatan. Nah, agar tidak salah, berikut tips memilih sepatu yang sehat untuk kakimu.

Cermati bentuk dasar

Tips pertama dalam memilih sepatu untuk kesehatan kaki adalah dengan mencermati bentuk dasarnya. Perhatikan dengan baik, apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lengkungan telapak kaki atau tidak. Memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki berada dalam posisi yang nyaman. Dengan begitu, kecenderungan nyeri lutut, nyeri pinggang, dan nyeri punggung dapat berkurang.

Ukur kedua kakimu

Sebelum membeli sepatu, pastikan kamu mengukurnya terlebih dahulu. Cara ini penting dilakukan karena ukuran kaki kamu masih bisa berubah saat dewasa. Selain itu, ukuran kaki juga bisa berbeda antara kiri dan kanan. Bila kasus ini menimpa kamu, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki terbesar.

Bawa kaus kaki

Jika kamu sering menggunakan kaos kaki, jangan lupakan tips memilih sepatu yang satu ini. Bawalah kaos kaki yang selalu digunakan dan cobalah dengan sepatu yang kamu ingin beli. Hal ini berfungsi untuk mengetahui kesesuaian antara ukuran sepatu dan kaki saat mengenakan kaus kaki.

Gunakan aturan praktis

Berikan jarak kira-kira sekitar ibu jari antara bagian depan jempol dan ujung sepatu kamu. Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons, pastikan kamu bisa dengan bebas menggoyangkan semua jari kakimu ketika memakai sepatu. Hal tersebut berlaku tidak hanya bagian depan sepatu, tetapi juga tumit. Sepatu yang sehat untuk kaki memiliki bagian tumit yang pas sehingga tidak akan terlepas saat kamu berjalan.

Beli sepatu pada sore dan malam hari

Tips selanjutnya adalah waktu pembelian. Usahakan membeli sepatu pada sore atau malam hari. Pasalnya, pada waktu tersebut, kaki kamu menjadi sedikit membesar dibandingkan pagi hari. Hal tersebut berguna untuk menghindari sepatu yang tidak nyaman dan sempit.

Perhatikan lebar dan panjangnya

Beberapa orang memiliki bentuk kaki yang lebih lebar atau lebih panjang. Usahakan sepatu yang kamu beli disesuaikan dengan lebar dan panjang kaki. Hal tersebut berguna untuk mencegah lecet dan bengkak yang sering terjadi pada bagian terlebar kaki dan atas tumit.

Coba sepatunya

Tips ini sudah pasti dilakukan semua orang. Namun, masih banyak juga yang hanya mencoba pada satu kaki saja. Padahal, untuk mendapat kenyamanan yang pas, sepatu perlu dicoba pada kedua kaki. Selain itu, kamu juga perlu berjalan beberapa langkah. Jika merasa tertekan dan tidak leluasa bergerak, gantilah dengan ukuran yang lebih besar.

Perhatikan bahan dan sol sepatunya

Setelah yakin dengan ukuran yang pas, tips memilih sepatu untuk kesehatan kaki yang terakhir adalah jangan lupa perhatikan bahan dan sol. Pilihlah bahan yang lembut dan tidak keras. Lalu, raba bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada label, jahitan, atau bahan lain yang mungkin mengiritasi kaki kamu. Perhatikan juga kelenturan solnya dengan menekuk sepatu. Sol yang tidak lentur dapat membuat kamu cepat lelah berjalan.

Yuk bisa cepat dipesan dan jangan ragu bisa segera kalian checkout keinginan barang yang diinginkan langsung kirim ke warehouse kami, karena Sindo shipping akan membantu pengiriman dari luar negeri ke rumah anda dengan jaminan aman menggunakan jasa kami Sindo Shipping lebih menghemat biaya pengiriman. Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di +6281296055142 atau untuk informasi promo lebih lanjut bisa kunjungi website ini dan follow seluruh social media kami di bawah ini.

Instagram: SINDOSHIPPING

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 

(Naskah : Tim Sales Sindo Shipping)