Tips Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer, Kirim Kacamata Import Dari Sindo Shipping Agar Menunjang WFH!

Wabah virus COVID-19 yang belum mereda membuat aktivitas pekerjaan atau Work From Home (WFH) masih berlangsung selama beberapa waktu ke depan, demi pencegahan penularan COVID-19. Meskipun banyak yang menikmati manfaat bekerja dari rumah, tapi tidak sedikit juga yang merasa lelah lantaran kebosanan akibat pembatasan sosial skala besar atau physical distancing yang membuat kita harus tetap di rumah saja. Beragam faktor yang bisa membuat rasa lelah timbul khususnya bagian mata saat bekerja dari rumah, seperti menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama. Hal ini menyebabkan mata lelah dan bermasalah, seperti kering, gatal, sakit kepala, atau mata merah. Maka dari itu, mari kita simak artikel penting ini agar sindo shippers dapat mengetahui informasi menarik!

Bekerja di depan komputer, menonton TV atau bermain playstation berlebihan bisa membuat mata menjadi lelah. Bila mata lelah, bisa jadi akan mengganggu fungsi mata. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari gangguan fungsi mata, yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Rutin cek mata

Rutin cek mata di dokter mata adalah langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat seharian nongkrong di depan layar komputer. Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), orang – orang seharusnya lebih dulu menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja dengan komputer, dan kemudian rutin setahun sekali setelahnya.

Atur pencahayaan yang sesuai

Mata lelah sering disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela ataupun dari pencahayaan ruang kantor yang berlebihan. Akibatnya anda harus selalu mengernyitkan mata selama bekerja. Jika memungkinkan cat dinding ruangan anda dengan warna yang lebih gelap dengan hasil akhir matte. Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai, serta kurangi pencahayaan interior dengan menggunakan lebih sedikit lampu, atau gunakan lampu dengan intensitas rendah. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer Anda di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya.

Atur terang-gelap kontras sinar laptop

Pantulan pada dinding dan layar komputer anda juga dapat menyebabkan CVS. Sesuaikan kecerahan layar sehingga kira – kira sama dengan kecerahan di sekitar tempat kerja anda. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-glare pada monitor anda. Jika anda masih memakai monitor komputer berbentuk tabung (disebut juga cathode ray tube atau CRT), anda perlu menggantinya dengan liquid crystal display (LCD), seperti pada layar laptop. Layar LCD lebih aman pada mata dan biasanya memiliki permukaan anti reflektif, sedangkan layar CRT lebih mudah menyebabkan CVS. Sesuaikan juga kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata anda, terutama saat membaca atau menyusun dokumen yang panjang. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih merupakan kombinasi terbaik. Yang juga harus diperhatikan: Color temperature. Ini merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menggambarkan spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar. Mengurangi color temperature pada layar anda akan memberikan kenyamanan dalam penggunaan komputer yang lama.

Berkedip lebih sering

Berkedip sangat penting saat anda bekerja di depan komputer karena berkedip membasahi mata anda untuk mencegah kekeringan dan iritasi mata. Menurut penelitian, orang yang bekerja di komputer berkedip lebih jarang (sekitar sepertiga dari biasanya), hal ini membuat anda berisiko mengalami dry eyes. Untuk mengurangi risiko tersebut, cobalah untuk berlatih: setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata sangat lambat.

Ubah ukuran font

Ukuran font yang lebih besar cenderung mengurangi ketegangan mata ketika bekerja. Apabila ukurannya lebih besar, orang tersebut tentu harus fokus pada layar untuk melihat apapun dan secara otomatis akan mengurangi ketegangan. Sesuaikan ukuran font, khususnya saat membaca dokumen yang panjang. Kombinasi font berwarna hitam pada layar putih juga memberikan kenyamanan terbaik saat bekerja.

Olahragakan mata Anda

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terus – menerus berfokus pada layar komputer, anda perlu berpaling dari komputer anda setiap 20 menit dan menatap benda jauh (sekitar 20 kaki atau 6 meter jauhnya) selama 20 detik. Sebagian dokter mata menyebut ini “20-20-20 rule”. Melihat jauh dapat melemaskan otot mata sehingga mengurangi kelelahan pada mata anda, klik tautan berikut untuk mencontek gerakan senam mata selama di kantor.

Modifikasi tempat kerja Anda

Jika anda perlu melihat bolak – balik antara kertas dan layar komputer anda, tempatkan halaman tertulis pada tempat bersebelahan dengan monitor. Jika anda ingin menggunakan lampu meja, pastikan arah sinar tidak ke mata anda ataupun ke layar komputer anda. Selain itu, anda perlu mengatur tempat kerja dan kursi anda dengan ketinggian yang sesuai untuk menjaga postur tubuh selama anda bekerja di depan komputer. Pilihlah peralatan ergonomis sehingga anda dapat memposisikan layar komputer anda 50 – 60 cm dari mata anda, bagian tengah layar anda harus sekitar 10 – 15 derajat di bawah mata anda untuk posisi nyaman kepala dan leher anda.

Gunakan layar anti silau

Layar anti silau yang ada pada laptop dan komputer membantu mengontrol cahaya ekstra yang jatuh di atasnya. Namun saat bekerja di rumah, filter ini bisa menyebabkan mata tegang bila tak dipasang di layar komputer. Sebenarnya filter ini tidak diperlukan saat di tempat kerja karena pencahayaannya dapat disesuaikan. Namun saat bekerja di rumah, filter ini bisa menyebabkan mata tegang bila tak dipasang di layar komputer. Untuk mencegah silau, disarankan menggunakan tirai agar mengurangi sinar matahari di ruangan atau menggunakan lampu redup.

Pertimbangkan memakai kacamata komputer!

pinterest

Jika anda memakai kacamata, pilihlah lensa kacamata dengan pelapis anti-reflective (AR). Lapisan AR mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata anda. Untuk kenyamanan anda di depan komputer, anda mungkin juga dapat memodifikasi resep kacamata untuk membuat kacamata komputer yang disesuaikan. Hal ini berlaku terutama untuk anda yang biasanya memakai lensa kontak yang mengalami mata kering dan tidak nyaman selama bekerja depan komputer.

Berikut adalah beberapa pilihan kacamata anti radiasi terbaik yang bisa dibeli dan kirim pakai sindo shipping :

Cyxus

Cyxus adalah kacamata anti radiasi terbaik yang cocok untuk para pecinta game. Kacamata ini memiliki lensa anti radiasi yang mampu menjaga mata anda dari sinar biru yang terpancar dari monitor saat kamu sedang bermain game. Tidak hanya sinar biru saja, salah satu kacamata anti radiasi terbaik ini juga mampu menjaga mata anda dari sinar ultraviolet. Tenang saja, lensa dari kacamata Cyxus tidak akan mengubah warna pada layar yang sedang anda tatap.

Oppa Glasses

Oppa Glasses menawarkan segudang jenis dan tipe kacamata anti radiasi terbaik yang dapat anda coba sesuai selera. Terdapat lensa anti radiasi dengan frame klasik, atau bahkan yang modern. Lensa anti radiasi yang ditawarkan Oppa Glasses dihargai sekitar Rp310.000. Lensa ini diklaim mampu menjaga mata dari sinar radiasi sinar biru dan berbagai cahaya biru lainnya hingga 95 persen.

Kateluo

Kateluo menjadi salah satu kacamata anti radiasi terbaik yang mampu menjaga kesehatan mata anda. Kacamata ini dilengkapi dengan lensa anti radiasi yang mampu mencegah mata lelah. Jadi anda dapat menatap layar komputer tanpa rasa khawatir! Selain itu, salah satu kacamata anti radiasi terbaik ini juga ringan dan nyaman saat digunakan. Kateluo juga menawarkan banyak jenis frame modern dan klasik. Anda dapat membelinya sesuai dengan selera anda.

William Palmer

William Palmer juga memiliki berbagai kacamata anti sinar biru yang stylish dan tidak kuno. Bahan yang digunakan pun berkualitas tinggi sehingga produk – produknya tidak cepat rusak. Setiap pembelian kacamata anti sinar biru dari William Palmer, anda berkesempatan untuk mendapatkan lensa anti-reflektif dan anti gores secara gratis. Untuk mencoba frame dari William Palmer, anda harus mempersiapkan uang mulai dari Rp550.000.

Masih banyak lagi aneka produk kacamata lainnya, semoga tips dan rekomendasi kacamata anti radiasi tersebut dapat membantu meringankan kelelahan pada mata serta menghindari radiasi berlebihan dan juga gangguan mata lainnya. Apabila anda ingin membeli aneka produk kacamata import dari official websitenya namun bingung ingin mengirimkannya ke Indonesia? Jangan khawatir mengenai paket belanjaan kalian karena bisa dikirimkan melalui jasa Sindo Shipping, karena kami memberikan pelayanan yang baik dan keamanan paket kalian sampai di alamat tujuan.

Sudah ada aneka kacamata import yang mau anda beli? Yuk bisa cepat dipesan sebelum kehabisan dan jangan ragu bisa segera kalian checkout keinginan barang yang diinginkan langsung kirim ke warehouse kami, karena Sindo shipping akan membantu pengiriman dari luar negri ke rumah anda dengan jaminan aman. Jangan lupa jika ingin mengirimkan barang tersebut dari atau ke luar negeri bisa menggunakan jasa Sindo Shipping supaya menghemat biaya pengirimanmu.

Tunggu apalagi, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menghubungi customer service kami di +6281296055142 atau untuk informasi promo lebih lanjut bisa kunjungi website ini dan follow seluruh social media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

JASTIP: jastipsindo_

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

YOU SHOP WE SHIP!

(Naskah : Yanti Tim Sindo Shipping)