PUNYA KULIT SENSITIF ? BEGINI PANDUAN MEMBELI SKINCARE YANG TEPAT ALA SINDOSHIPPING !

Memilih produk skincare untuk kulit sensitif memang cukup tricky. Jika produk yang kamu pilih tidak tepat, kulit bisa langsung bereaksi negatif seperti muncul merah-merah dan ruam pada kulit, gatal, bahkan hingga mengakibatkan iritasi. Kulit sensitif bisa sangat rentan terhadap beberapa kandungan dalam produk skincare. Oleh karena itu, kamu sebaiknya lebih berhati-hati dan harus teliti dalam memilih produk yang akan kamu gunakan. Agar tak salah pilih, simak tips memilih produk skincare untuk merawat kulit sensitif berikut ini.

Perhatikan Jenis Skincare

Sebelum memutuskan untuk membeli dan memakainya, kita wajib untuk memperhatikan jenis skincare yang akan kita pakai. Karena memiliki jenis kulit yang sensitif, udah pasti kita harus memilih produk skincare untuk kulit sensitif. Biasanya terdapat tanda di setiap kemasan skincare khusus untuk kulit sensitif.  

Lakukan Tes Sebelum Memakai

Jika ragu pada produk skincare yang sudah dibeli, kita bisa melakukan tes terlebih dahulu. Caranya? Aplikasikan skincare tersebut ke tangan dan mengujinya selama 24 jam. Skincare dikatakan aman jika enggak ada reaksi yang timbul usai kita mengaplikasikan produk tersebut.

Hindari Produk Skincare yang Mengandung Alkohol dan Parfum

Kandungan alkohol dalam skincare berfungsi sebagai antiseptik dan membantu penyerapan produk ke dalam kulit secara maksimal. Sayangnya, penggunaan skincare dengan kandungan alkohol kurang cocok untuk kulit sensitif karena berpotensi mengakibatkan kulit menjadi kering dan iritasi. Hal ini disebabkan alkohol bisa merusak lapisan dermis pada kulit yang fungsinya menjaga kelembaban kulit. Tak hanya alkohol, skincare yang mengandung parfum atau pewangi buatan pun kurang ideal untuk kulit sensitif. Pemilik kulit sensitif disarankan untuk memilih produk skincare yang tidak mengandung pewangi. Sebab, kandungan pewangi bisa mengakibatkan iritasi dan munculnya ruam pada kulit. Apabila kamu tetap ingin menggunakan skincare yang mengandung pewangi, pilihlah kandungan pewangi dari bahan alami seperti ekstrak buah dan bunga untuk meminimalkan risikonya.

Jangan Gunakan Produk dengan Bahan Acid Terlalu Tinggi

Saat ini kandungan acid dalam produk skincare memang sedang populer. Kandungan ini biasanya terdapat pada produk skincare seperti toner, serum, dan pelembap. Adanya kandungan acid dalam produk skincare sebenarnya bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati atau lebih dikenal dengan istilah chemical exfoliating. Sayangnya, kandungan ini kurang bersahabat untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif. Terlebih, jika kandungan acid dalam skincare terlalu tinggi sehingga berpotensi menimbulkan iritasi. Apabila kamu tetap ingin melakukan chemical exfoliating menggunakan skincare yang mengandung acid, maka pilihlah yang konsentrasinya rendah dan bersifat mild. Selain itu, jangan gunakan produk skincare yang mengandung acid setiap hari, cukup setiap 2 kali dalam seminggu agar kulit tidak iritasi.

Lakukan Patch Test Terlebih Dahulu

Untuk menghindari terjadinya iritasi saat menggunakan produk skincare, pastikan kamu melakukan patch test terlebih dahulu. Patch test dapat dilakukan pada bagian belakang telinga yang merupakan bagian kulit sensitif. Apabila bagian tersebut tidak memunculkan reaksi iritasi, maka produk tersebut aman digunakan untuk kulit wajah. Proses patch test perlu dilakukan dalam waktu 1-3 hari untuk mengetahui hasilnya secara maksimal. Tetap ingat, jika proses tersebut memunculkan reaksi seperti timbulnya ruam, kemerahan, rasa gatal, jangan lanjutkan pemakaian pada kulit wajah kamu.

Gunakan Produk Skincare Khusus untuk Kulit Sensitif

Tips selanjutnya adalah menggunakan produk skincare yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Produk skincare yang dibuat khusus sesuai tipe kulit kamu pasti lebih aman untuk digunakan. Umumnya, skincare untuk kulit sensitif mengandung bahan-bahan yang memiliki fungsi menghidrasi, melembapkan, menenangkan, dan menyegarkan kulit. Produk skincare untuk kulit sensitif minim akan bahan-bahan kimia, dan lebih mengutamakan manfaat dari bahan-bahan alami. Sangat disarankan untuk memilih produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya, alpukat, kelapa, borage seed, centella asiatica yang baik untuk kulit sensitif.

Perhatikan Masa Pemakaian Produk

Tips dalam memilih skincare untuk kulit sensitif selanjutnya adalah selalu memperhatikan masa pemakaian produk. Pastikan tanggal kadaluarsa produk tersebut masih lama sehingga aman untuk kamu gunakan. Setelah menggunakannya pun, kamu perlu memantau masa PAO (Period After Opening) produk tersebut. Keterangan masa PAO produk biasanya terletak di belakang kemasan, digambarkan dengan simbol tutup botol yang terbuka, serta dilengkapi dengan tulisan seperti 3M, 6M, 12M, 24M. Tulisan 3M berarti masa pemakaian produk setelah dibuka adalah 3 bulan, 6M berarti 6 bulan, dan seterusnya. Kamu perlu menghentikan penggunaan produk tersebut apabila telat melewati masa PAO. Sebab, produk skincare yang digunakan setelah melewati tanggal kadaluarsa atau masa PAO bisa menjadi salah satu penyebab utama yang memicu reaksi negatif seperti munculnya ruam, timbul rasa gatal, dan iritasi pada kulit sensitif.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih skincare untuk kulit sensitif. Pada dasarnya, memilih skincare untuk kulit sensitif memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Namun, hal ini bukan berarti kamu akan kesulitan dalam memilih dan menggunakan produk skincare yang tepat. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, ya! Jangan lupa, tetap jaga dan rawat kulit kamu!

Tunggu apalagi segera coba experience menarik dengan Sindo Shipping, tidak perlu ragu atau bingung. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa kami, segera hubungi nomor whatsapp customer service kami +6281296055142 atau layanan khusus JASTIP +6285333343118 , apabila anda ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

+62 821-4505-8370

+62 815-4684-0079

Jika anda ingin mengetahui informasi serta promo menarik lebih lanjut bisa klik link untuk kunjungi dan follow seluruh sosial media kami di bawah ini:

Instagram: SINDOSHIPPING

JASTIP: jastipsindo_

Tiktok: SINDOSHIPPING 

Facebook: Sindoshipping 

Pinterest: Sindoshipping

Twitter: SINDOSHIPPING

Youtube: Sindo Shipping

Jangan lupa cek artikel informasi lainnya mengenai :

😉 HAPPY SHIPPING WITH SINDO SHIPPING 😉

We are waiting for your shipment!

(Naskah : Tim Content Creator Sindo Shipping)