JALUR PENGIRIMAN DARI PESAWAT DAN LAUT, MANA YANG LEBIH BAIK?

Jasa pengiriman barang saat pandemic ini meningkat cukup signifikan dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Tercatat dari periode Januari hingga Mei 2020 ada kenaikan dalam jasa pengiriman barang sebesar 50% dibanding tahun lalu. Ini karena pandemic, tren belanja masyarakat berubah menjadi belanja dirumah. Melonjak nya jasa pengiriman barang tidak lepas dari e-commerce yang semakin tinggi juga. Dan paling banyak dikirim adalah obat-obatan, kebutuhan rumah tangga, fashion, sepeda dan peralatan lainnya.

 

Saat melakukan pengiriman barang tentunya tidak lepas dari beberapa hal khususnya prosedur pengiriman barang. Dimana harus dipatuhi oleh konsumen yang akan mengirim barang. Pengiriman barang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis jalur, baik itu melalui jalur darat, laut maupun udara. Agar proses pengiriman barang dapat berjalan dengan lancer, maka sebaiknya pengirim barang mampu mematuhi segala prosedur yang telah ditetapkan dalam perusahaan pengiriman barang yang dipercayainya. Jika prosedur telah dilakukan dengan benar, maka hal ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan baik pengiriman maupun perusahaan pengiriman barang itu sendiri.

1. Pemesanan

Sebelum melakukan pemesan tentunya yang perlu dilengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan seperti data alamat, kode pos, nama sesuai KTP dan No Handphone.

Hal ini berfungsi untuk mempermudah proses komunikasi jika terdapat beberapa hal yang diperlukan dengan cepat pada saat pengiriman.

Selain itu pengirim harus menjelaskan secara rinci jenis barang, value barang serta berat muatan barang yang akan dikirim

2. Packing barang

Barang yang akan dikirim tentu saja harus dikemas atau dipacking terlebih dahulu. Cara packing yang benar adalah sesuai dengan jenis atau sifat dari barang terkait yang akan dikirim. Hal tersebut adalah untuk keamanan agar barang tidak rusak hingga sampai ketujuan.

3. Mengirimkan barang ke Gudang

Dimana barang setelah di packing dan telah melakukan pemesanan silahkan dikirimkan ke alamat yang dituju ataupun dengan jasa lain untuk di drop ditempat yang di tuju. Sesuaikan dengan alamat yang memang dikirimkan telah sesuai. Untuk dikirimkan ke Gudang sebelum dikirim ke alamat anda.

 

Pengiriman barang saat ini bukan hanya dari satu daerah ke daerah lainnya tapi dengan kegiatan perdagangan secara global atau yang sering disebut export-import bagi setiap negara didunia pastinya sangat dipengaruhi oleh adanya jasa perusahaan pelayaran yang terlibat didalamnya baik itu via kapal laut maupun kapal udara.

Secara umum, memang ada kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan kegiatan pengiriman barang dengan mode pengiriman yang telah disepakati oleh kedua pihak tersebut baik via laut maupun udara.

a. Pengiriman Via Laut

Kelebihannya:

– Cost atau biaya freight/pengiriman relative lebih murah dibandingkan via udara

– Cocok digunakan untuk pengiriman barang yang berukuran besar dan low value

– Cocok digunakan untuk produk atau barang yang tahan lama

Kekurangannya:

– Waktu yang relative lebih lama dibandingkan via udara. Estimasi penerimaan bisa sampai 1-2 bulan. Oleh karena itu, jika anda sebagai shipper ataupun buyer, anda harus menetukannya dengan bijak.

 

b. Pengiriman Via Udara

Kelebihannya:

– Waktu penerimaan relative lebih cepat dibandingkan via laut. Jika anda membutuhkan barang tersebut urgent dan tidak suka menunggu lama, lebih baik anda memakai pengiriman via udara

– Biasanya dipakai untuk baarang yang bernilai tinggi (high value) dan produk yang tidak tahan lama

Kekurangannya:

– Pengiriman via udara harag freight atau biaya pengirimannya itu relative tinggi

– Dan tidak semua barang bisa dikirim melalui via udara

–  

Barang yang tidak dapat dikirim Via Udara

Berikut ini adalah barang yang tidak dapat dikirim via ekspedisi udara oleh ekspedisi beberapa jenis barang yang tidak dapat di kirim yaitu,

1. Barang Mudah Terbakar

 

• Semua barang gas, flammable gas (gas dapat terbakar), nonflammable gas (gas tidak mudah terbakar), toxic gas (gas beracun), dan nontoxic gas (gas tanpa racun).

• Flammable liquid (cairan dapat terbakar).

• Berbagai jenis barang padat yang mudah terbakar; flammable solid (benda padat mudah terbakar), spontaniously combustible (benda yang mudah terbakar secara spontan), dangerous when wet (Benda yang berbahaya ketika basah).

 

2. Barang Mudah Meledak

• Explosives (benda atau bahan peledak).

3. Alkohol 

4. Senjata Api dan Senjata Tajam

5. Barang Magnetic

• Dinamo

• Baterai

 

6. Obat- obatan, Narkotika, psikotropika yang terlarang.

 

7. Barang yang mudah rusak dan mencemari lingkungan.

 

8. Barang yang melanggar norma kesusilaan.

 

9. Binatang hidup, kecuali ekspedisi yang memiliki izin resmi pengiriman hewan.

 

10. Barang biologis yang mudah busuk dan menularkan penyakit.

 

11. Barang berharga seperti Uang, surat berharga, emas, perak, permata, perhiasan kecuali memiliki sertivikasi dari izin resmi dari lembaga terkait.

 

12. Barang-barang lainnya yang melanggar peraturan perundang-undangan.

 

Ada baiknya anda memeriksa barang yang akan anda kirim sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku agar barang anda kami sampaikan dengan baik ke tujuan pengiriman anda. Serta berusaha terbuka dan jujur pada petugas kami dalam memberikan keterangan terkait barang anda agar memudahkan mengklasifikasikan barang anda agar tidak bercampur dengan barang-barang yang nantinya membuat barang anda rusak maupun berubah bentuk. Peraturan ini merupakan win win solution pada satu sisi menghindarkan Anda dari kelalaian atau tidak sengaja mengirimkan barang terlarang, dan pada sisi lain membantu Anda mendapatkan informasi mengenai perlindungan apabila barang yang dikirim ternyata mudah rusak. Biasanya setiap jasa ekspedisi memiliki kebijakan tersendiri yang mengatur hal tersebut.

Dan untuk estimasi biaya pengiriman dari laut Singapore – Indonesia yaitu 140.000/kg sementara dari udara sesuai dengan jangkauan tempat yang dituju dengan range harga yang berbeda seperti:

Singapore – Batam 100.000/kg

Singapore – Jakarta 190.000/kg

Singapore – Luar Jakarta 200.000/kg

Singapore – Jawa 200.000/kg

Singapore – Sulawesi 230.000/kg

Singapore – Kalimantan 230.000/kg

Singapore – Sumatera 200.000/kg

Singapore – Aceh 230.000/kg

Singapore – Papua 250.000/kg

Indonesia – Singapore 350.000/kg

 

Jadi pengiriman via laut serta udara memiliki keuntungan serta kekurangan masing-masingnya. Tergantung dengan kebutuhan serta barang apa yang akan dikirimkan. Karena beberapa item barang tidak bisa dikirim via udara seperti spray sementara via laut dapat dikirim spray tersebut. Lebih bijak dalam pemilihan pengiriman barang sesuai dengan kebutuhan membuat anda lebih mengerti dan mengurangi resiko yang akan terjadi serta menambah pengetahuan tentang perbedaan pengiriman via luat dan darat. Happy shipping